Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat

DAPODIK.co.id - Kumpulan Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat. Sejak ditetapkannya Covid-19 sebagai pandemi, Pemerintah sudah mengeluarkan Surat Edaran yang menetapkan aturan belajar dari rumah (learn from home) bagi anak-anak sekolah danbekerja dari rumah (work from home) bagi guru, termasuk mereka yang bekerja di satuan PAUD.

 

Untuk dunia pendidikan di Indonesia kondisi ini merupakan hal yang tak terduga bagi guru, orang tua, dan anak. Guru, orang tua, dan anak- anak tiba-tiba harus mencari cara agar proses belajar tetap berjalan meskipun mereka di rumah dalam jangka waktu yang tidak tentu.

 

Sebagian satuan PAUD masih tetap dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Sebagian satuan PAUD yang lain, mengalami kesulitan disebabkan jaringan internet yang tidak stabil atau bahkan tidak ada. Pada keadaan seperti ini, peran Pemerintah untuk mendukung orang tua, guru, dan anak dalam pembelajaran di rumah menjadi sangat penting.


Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah, antara lain, menyediakan materi belajar pendidikan jarak jauh (PJJ) bagi semua sasaran pendidikan dari jenjang PAUD, pendidikan dasar hingga pendidikan menengah melalui tayangan televise TVRI dan berbagai sumber belajar daring, seperti Rumah Belajar, PAUD Pedia dan Anggun PAUD.

 

Namun dalam implementasinya, pelaksanaan PJJ tidak selalu berjalan mulus. Khususnya dalam pendidikan anak usia dini, masih banyak keluhan dari guru mengenai kesulitan dalam mengoperasikan komputer, mengakses jaringan internet, internet tidak stabil, kesulitan mengomunikasikan pesan kepada orang tua, kesulitan menyusun perencanaan pembelajaran yang sederhana dan sesuai untuk diterapkan anak di rumah melalui orangtua, dan juga kesulitan guru dalam melakukan penilaian terhadap hasil belajar anak di rumah.

 

Disisi lain, keluhan juga datang dari orangtua, yaitu kesulitan mendampingi anak belajar karena belum paham caranya, tidak biasa menggunakan teknologi digital untuk pembelajaran anak, tidak memahami maksud pesan yang disampaikan guru, dan lain-lain.

 

Berdasarkan berbagai kendala yang dialami guru dan orangtua, Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini dalam rangka fasilitasi kebijakan belajar dari rumah telah menyusun seperangkat bahan ajar salah satunya berjudul Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Melalui bahan ajar ini diharapkan guru dan orang tua memiliki pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran bersama anak di rumah.

 

Belajar dari rumah semasa anak di rumah saat ini, tentu saja tidak kalah menyenangkan bagi anakanak. Dimana pun anak berada, dunia mereka adalah bermain. Lingkungan rumah tetap saja menjadi tempat yang menarik dan menjadi petualangan seru untuk mereka jelajahi. Pengalaman sehari-hari mulai anak bangun tidur hingga tidur kembali dapat menjadi pengalaman bermain sekaligus belajar bagi anak.

 

Mandi sendiri didampingi bunda dapat menjadi pengalaman anak mempelajari anggota tubuhnya, menjaga dan merawat tubuhnya, serta belajar tentang perilaku hidup sehat. Dapur bisa berubah menjadi area memasak, membuat makanan kesukaan dan menghias masakan bersama bunda.


Halaman rumah atau kebun di belakang rumah dapat menjadi tempat bertanam, bermain air, menggali, menggemburkan, dan memupuk tanaman bersama ayah atau anggota keluarga lainnya.

 

Setiap kali anak melakukan kegiatan, selama itu pula anak belajar sesuatu. Misalnya, saat bunda mengajak anak menyusun pakaian di lemari, anak belajar mengelompokkan celana bersama celana, kaos kaki di tempatnya, baju disusun dengan baju-baju lainnya, lalu anak diajak menghitung berapa jumlah kaos kaki yang dimilikinya. Kegiatan mengelompokkan dan menghitung benda yang dilakukan akan melatih kemampuan anak tentang konsep matematika yang pada akhirnya dapat mengembangkan aspek perkembangan kognitif mereka.

 

Agar kegiatan di rumah bersama ayah dan bunda atau anggota keluarga lainnya dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak secara optimal, guru perlu menyusun rencana pembelajaran yang berisi kegiatan-kegiatan menyenangkan dengan memanfaatkan alat dan benda-benda di dalam dan sekitar rumah.

 

Rancangan pembelajaran yang disusun guru selanjutnya disampaikan kepada ayah dan bunda atau anggota keluarga lainnya di rumah untuk dilaksanakan bersama anak atau dapat juga anak melakukan sendiri didampingi oleh anggota keluarga.

 

Kumpulan Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat

 

Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat

Selengkapnya, Download Kumpulan Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat:


1.    Bermain Bahasa Di Rumah


2.    Bermain Matematika Yang Menyenangkan Dengan Anak Di Rumah


3.    Bermain Musik dan Gerak


4.    Bermain Seni Kriya


5.    Pentingnya Bermain Bagi Anak Usia Dini


6.    Pengasuhan Positif


7.    Membangun Komunikasi Positif Antara Guru PAUD dengan Orang Tua Murid


8.    Media Daring


9.    Mengenal Dukungan Psikologis Awal


10. Penilaian Perkembangan Anak Selama Belajar Dari Rumah


11. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

Demikin Postingan Terbaru Terkait Kumpulan Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, Semoga Ada Manfaatnya.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "Kumpulan Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat"