Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Bermain Matematika Yang Menyenangkan Dengan Anak Di Rumah)

DAPODIK.co.id - Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Bermain Matematika Yang Menyenangkan Dengan Anak Di Rumah). 

 

Pengertian Bermain Matematika

Bermain matematika bagi anak usia dini merupakan kegiatan yang dirancang untuk mengenalkan konsepkonsep matematika permulaan dengan cara bermain yang menyenangkan. Anak-anak sebenarnya mulai belajar matematika dalam kegiatan sehari-hari. Ketika melihat jari-jari tangannya, anak akan belajar berhitung.


Ketika anak memiliki 2 kue coklat dan 1 kue diberikan kepada ibunya, anak akan tahu bahwa kue coklatnya bersisa 1 buah. Keseharian anak sangat dekat dengan matematika, tetapi banyak yang memahami bahwa matematika hanya tentang angka, penjumlahan, dan pengurangan. Padahal, ada banyak konsep matematika permulaan lainnya yang perlu dikenalkan kepada anak.

 

Mengapa anak perlu mengenal matematika?

Dalam keseharian, pengetahuan matematika berguna bagi semua orang dari anak-anak hingga orang dewasa. Mengenalkan matematika sejak usia dini kepada anak membantu anak memiliki life skills (kecakapan hidup) di masa depan.

 

Hampir semua aspek kehidupan manusia berhubungan dengan matematika. Ketika ingin memasak nasi, kita harus mengukur seberapa banyak air yang diperlukan untuk membuat nasi matang dengan sempurna. Ketika berbelanja, kita harus paham nilai uang dan mampu menghitungnya. Kompetensi inti yang berkembang pada anak melalui
kegiatan main matematika adalah:

      Anak mampu memecahkan masalah, menalar, membuktikan, menghubungkan, menentukan alat dan strategi pemecahan masalah

      Mengomunikasikan pemikirannya dengan menggunakan benda-benda konkret dalam mengenal lambang bilangan.

      Anak juga mampu melakukan pengukuran dan membandingkan objek dan ruang, membandingkan bentuk dua dan tiga dimensi, menjelaskan letak (lokasi) dan pergerakan benda.

      Anak mampu memahami dan membuat pola, serta memperkirakan kelanjutan pola tersebut dan mengeksplorasi tentang ‘kemungkinan’ dalam kehidupan sehari-hari berdasar informasi atau data.

 

Manfaat Bermain Matematika

Melalui kegiatan bermain matematika yang menyenangkan sejak usia dini, anak diharapkan mampu:

1.    membelajarkan anak konsep matematika yang benar dengan cara yang menarik dan menyenangkan

2.    menghindari ketakutan terhadap matematika sejak awal

3.    membantu anak belajar matematika secara alami melalui bermain

4.    menstimulasi aspek perkembangan kognitif anak untuk belajar memecahkan masalah, berpikir logis, kritis, dan kreatif

5.    mengenal konsep matematika secara matang sebagai dasar untuk kemampuan membaca anak (misalnya: kemampuan untuk mengenal bentuk, memahami posisi kanan kiri)

6.    membangun aspek sosial emosional, anak belajar untuk bekerja sama dengan teman atau orang dewasa, percaya diri, mandiri, sabar serta mampu belajar menaati aturan main.

 

Konsep Matematika Permulaan

Konsep matematika permulaan yang perlu dikenalkan kepada anak di antaranya adalah sebagai beriut.

 

Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Bermain Matematika Yang Menyenangkan Dengan Anak Di Rumah)

 

Bermain Matematika Yang Menyenangkan Dengan Anak Di Rumah

Selengkapnya, Paparan dan Download Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Bermain Matematika Yang Menyenangkan Dengan Anak Di Rumah):

 


Link Download Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Bermain Matematika Yang Menyenangkan Dengan Anak Di Rumah) - (Klik Disini)

 

Demikin Postingan Terbaru Terkait Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Bermain Matematika Yang Menyenangkan Dengan Anak Di Rumah), Semoga Bermanfaat.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.