Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Bermain Seni Kriya)

DAPODIK.co.id - Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Bermain Seni Kriya).


Apa itu seni?

Seni adalah sebuah proses penyaluran diri melalui ekpresi dan kreativitas. Seni bagi anak usia dini merupakan media untuk mengetahui dan memahami dunia sekelilingnya. Melalui seni, anak memiliki kesempatan penuh untuk terlibat aktif dengan cara menggali, mengekspresikan dan mendatangkan pemahaman mereka melalui cara
yang menyenangkan.

 

Kebebasan anak berekspresi inilah kunci utama yang mendukung tumbuhnya kreativitas. Sehingga harus dipastikan bahwa guru/orangtua tidak terlalu banyak memberi instruksi. Biarkan anak menghasilkan karya secara bebas sesuai dengan
ide dan kreativitasnya.

 

Apa itu seni kriya?

Seni kriya merupakan bagian dari kegiatan seni. Seni kriya adalah kegiatan menghasilkan karya seni menggunakan tangan melalui beragam media-media seni. Melalui seni kriya ini, anak mengidentifikasi, membangun dan menghubungkan antara pengetahuan, minat dan pengalaman dan kemudian mengekspresikannya melalui sebuah karya.

 

Mengapa seni kriya penting bagi anak?

Kegiatan seni kriya memberikan kesempatan yang sangat luas bagi anak bereksplorasi,
berkesperimen dan mencari tahu dengan menggunakan seluruh inderanya. Seni kriya
memberikan pengaruh positif untuk seluruh aspek, perkembangan termasuk pengembangan konsep diri, kemampuan kerjasama, kolaborasi, identitas budaya dan apresiasi. Hasil karya yang dibuat anak adalah refleksi dari ide, imaginasi, kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, pengetahuan dan pengalamannya.

 

Dari pembahasan di atas, maka dapat disimpulkan manfaat dari seni kriya adalah sebagai berikut;

1.    Sebagai refleksi perkembangan kognitifnya; ide, penyelesaian masalah, berpikir kritis, mempredikasi dan mencoba sesuatu yang baru.


2.    Mengembangkan kemampuan motorik sebagai bekal untuk kemampuan menulis, koordinasi anggota tubuhnya, kelenturan dan gerakangerakan yang dapat mendukung tumbuh kembangnya.


3.    Sebagai salah satu cara berkomunikasi dan mengekspresikan perasaan dan emosi.


4.    Mengembangkan kemampuan bahasa.


5.    Membangun kemampuan kerjasama dan apresiasi.

 

Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Bermain Seni Kriya)

 

Bermain Seni Kriya

Selengkapnya, Paparan dan Download Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Bermain Seni Kriya):

 


Link Download Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Bermain Seni Kriya) - (Klik Disini)

 

Demikin Postingan Terbaru Terkait Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Bermain Seni Kriya), Semoga Bermanfaat.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Bermain Seni Kriya)"