Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Bermain Musik dan Gerak)

DAPODIK.co.id - Modul Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Bermain Musik dan Gerak). 

 

Apa Itu Seni Musik dan Gerak?

Anak secara alami senang menikmati musik dan bergerak. Sejak dapat mendengar di dalam kandungan, alunan musik yang diperdengarkan mampu merangsang syaraf-syaraf otak pada bayi. Seiring bertambahnya usia, anak dapat bereaksi dengan gerakan sederhana mengikuti irama musik.

 

Di usia 2-3 tahun anak dapat bergerak mengikuti musik walaupun gerakan yang dihasilkan belum teratur. Pada tahapan berikutnya, anak dapat mengikuti gerakan yang dicontohkan atau bergerak sesuai dengan keinginannya dengan diiringi musik yang beragam.

 

Musik dan gerak merupakan seni yang paling akrab bagi anak usia dini karena musik sangat dekat dengan kehidupan manusia sehari-hari. Hal ini terlihat pada penggunaan irama, aksen dan dinamika pada waktu berbahasa dan berbicara. Beberapa penelitian mempercayai bahwa seni musik dan gerak memiliki peran yang penting dalam mengembangkan seluruh potensi anak. Musik dan gerak memfasilitasi anak untuk mampu berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka.

 

Kegiatan ini juga sebagai media untuk mengekspresikan diri serta mengomunikasikan emosi, ide, dan perasaan. Anak-anak yang kaya dengan pengalaman seni memiliki kemampuan berpikir imajinatif, pendengaran, bahasa, fisik, kreativitas, kecerdasan akan ruang dan social emosinya berkembang optimal.

 

Kebebasan anak berekspresi juga mendukung tumbuhnya kreativitas. Namun sebaliknya jika guru/ orang tua terlalu banyak memberikan instruksi yang harus diikuti anak-anak, kebebasan itupun tidak akan ada, bahkan akan menghilangkan dan memotong imajinasi serta kreativitas mereka.

 

Mengapa Seni Musik dan Gerak Penting Bagi Anak?

Kegiatan bermain musik dan gerak memiliki peran penting bagi pencapaian perkembangan anak yang optimal. Dengan kegiatan ini, anak dapat menyalurkan energi berlebih mereka, membangun keterampilan sosial dengan cara ikut berpartisipasi, memberikan ide dan membuat kesepakatan, misalnya kesepakatan dalam kelompoknya tentang gerakan dan music yang digunakan.

 

Seni musik dan gerak mampu mengintegrasikan aspek fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial dan emosional terstimulasi secara bersama. Kegiatan seni musik dan gerak melibatkan seluruh fungsi indra sehingga memperkaya rangsangan bagi syarafsyaraf kognitif anak karena gerak bisa menghidupkan pikiran dan musik bisa menjadi inspirasi untuk membuat gerakan lebih bermakna.

 

Bermain musik dan gerak merupakan sarana bagi anak untuk mengekspresikan ide, imajinasi, perasaan dan emosi mereka. Mereka dapat menciptakan nadanada baru dan gerakan-gerakan baru tanpa takut salah karena mereka memiliki kebebasan tersebut Musik Bermain musik dan gerak merupakan sarana bagi anak untuk mengekspresikan ide, imajinasi, perasaan dan emosi mereka. Mereka dapat menciptakan nadanada baru dan gerakan-gerakan baru tanpa takut salah karena mereka memiliki kebebasan tersebut Musik.

 

Keterampilan motorik juga terbangun melalui kegiatan ini, motorik halus, motorik kasar juga gerakan manipulatif. Dengan bergerak dan menari, anak juga membangun kecerdasan spasial. Percaya diri, mampu mengambil keputusan sederhana, terampil memecahkan masalah sederhana, berpikir kritis, fokus dan mampu bekerjasama juga akan terasah melalui kegiatan seni musik dan gerak ini.

 

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan manfaat dari kegiatan seni musik dan gerak adalah sebagai berikut:

·         Meningkatkan kemampuan anak berpartisipasi dalam kelompok

·         Mengembangkan keterampilan social

·         Menjadi sarana positif untuk mengekspresikan perasaan anak

·         Membangun konsep diri dengan berbagi/menampilkan musik dan gerakan (tarian) sesuai dengan keinginan diri/budayanya

·         Melatih kemampuan menyimak, misalnya menyimak perubahan tempo, nada dan melodi

·         Membangun kesadaran anak akan gerakan, posisi dan sadar ruang (spatial)

·         Membangun kreativitas dan imajinasi

·         Mengenalkan kosakata baru melalui lagu yang dinyanyikan

·         Mengajak anak bereksplorasi tentang sebab akibat terhadap perubahan bentuk musik dan pola gerakan

·         Mengembangkan motorik kasar dengan gerakan dan tarian

·         Mengembangkan motorik halus dengan bermain music dan gerakan jemari

·         Meningkatkan keseimbangan, koordinasi, kesigapan, kelenturan otot, dan gerakan tubuh anak

·         Mendorong gerak pikir dan rasa

·         Membangkitkan semangat dalam jiwa anak

·         Memberikan kepuasan rohaniah dan jasmaniah pada anak, misalnya rasa kagum, gembira

 

Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Bermain Musik dan Gerak)

 

Bermain Musik dan Gerak

Selengkapnya, Paparan dan Download Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Bermain Musik dan Gerak):

 


Link Download Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Bermain Musik dan Gerak) - (Klik Disini)

 

Demikin Postingan Terbaru Terkait Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Bermain Musik dan Gerak), Semoga Bermanfaat.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Bermain Musik dan Gerak)"