Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengecek Dapodik Kemendikbud Terbaru 2023

DAPODIK.CO.ID - Cara mengecek Dapodik merupakan salah satu informasi yang banyak dicari di internet saat ini. Jika dulu, sempat booming dengan program Padamu Negeri sebagai pusat data entri kependidikan, kini di era Kabinet Presiden Jokowi, pendataan di bidang pendidikan dipusatkan pada aplikasi dapodik (data pokok pendidikan).

Dapodik adalah aplikasi online yang bermanfaat dalam pengolahan dan entri data baik pendidik, peserta didik hingga profil sekolah yang dapat diakses seluruh sekolah.

Keberadaan dapodik sangat berperan penting dalam membantu operator atau admin sekolah dalam merekam dan menyatukan seluruh data pendidikan secara nasional.

Dapodik juga berguna untuk melakukan verifikasi data guru yang erat kaitannya dengan berbagai tunjangan dan beasiswa.

Dan terkait dengan dapodik, seperti judul di atas, pada kesempatan ini admin akan bagikan informasi mengenai cara mengecek Dapodik Kemendikbud untuk pembaca setia semua.

CEK APLIKASI DAPODIK

Terdapat beberapa cara untuk melakukan cek data yang sudah dikirim atau dientri oleh operator sekolah. Cek data dilakukan untuk memastikan apakah data yang telah dikirim berhasil diterima oleh server pusat Dapodik ataukah belum.

Melalui software (aplikasi) yang telah disediakan oleh Pendataan Dikdas Kemendikbud, data pendidikan bisa dientri. Software/ aplikasi tersebut juga bisa diunduh secara gratis. Proses berlangsung dengan mengirimkan data pendidikan tiap-tiap sekolah ke server pusat Dapodik secara online.

Nah, berikut ini admin dapodik.co.id memberikan cara mengecek dapodik Kemendikbud terbaru melalui info pendataan dikdas dan sistem manajemen pendataan.

CARA MUDAH MENGECEK DAPODIK KEMENDIKBUD TERBARU

Cara mudah mengecek dapodik Kemendikbud melalui Info pendataan dikdas:

1.    Pertama kunjungi situs dengan alamat http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/ Anda akan menemukan tampilan laporan pendataan pendidikan dasar.

2.    Selanjutnya klik tanda plus (+) yang berada di samping kiri nama propinsi yang telah dipilih.

3.    Setelah memilih nama provinsi, nantinya akan muncul nama-nama kota/ kabupaten.

4.    Langkah berikutnya klik tanda plus (+) yang terletak di samping kiri nama kabupaten/ kota Anda.

5.    Lalu, pilih kecamatan dan nama sekolah Anda. Pada tahap ini Anda akan melihat tabel sekolah. Tabel sekolah muncul bersama dengan keterangan.

6.    Apabila telah diterima, akan ada keterangan status dan tanggal diterima.

7.    Jika dalam tabel muncul keterangan berhasil diproses berarti data sudah diterima server.

8.    Jika muncul tulisan cek konversi, ini menandakan bahwa data masih berada dalam proses sinkronisasi.

9.    Apabila status masih kosong, artinya sekolah belum melakukan pengiriman data atau proses pengiriman data ke server mengalami kegagalan.

CARA MUDAH MENGECEK DAPODIK KEMENDIKBUD TERBARU

Cara mengecek dapodik kemendikbud melalui sistem manajemen pendataan:

1.    Pertama, kunjungi situs dengan alamat http://sp.datadik.kemdikbud.go.id.

2.    Selanjutnya, masukkan username dan password sesuai dengan password dan username yang sering digunakan oleh operator sekolah.

3.    Sesudah berhasil login, Anda akan melihat tampilan menu beranda, serta menu register pengiriman.

4.    Langkah selanjutnya, klik menu sekolah di sebelah kiri atau lakukan tab data sekolah pada bagian atas untuk melihat data siswa, data PTK dan data sekolah.

5.    Berikutnya, klik nama sekolah Anda yang telah tercantum pada daftar sekolah untuk melakukan pengecekan data. Melalui proses ini, Anda juga dapat melakukan cek data sarana parasarana sekolah, daftar PTK, daftar nama dan profil siswa.

Berdasarkan manajemen pendataan pendidikan tersebut, Anda bisa memperoleh berbagai informasi tentang input data yang telah dilakukan baik data sekolah, siswa, PTK hingga sarana dan prasarana sekolah. Dalam laman tersebut juga tersedia informasi tentang daftar register pengiriman untuk melakukan cek status verifikasi.

PENJELASAN LENGKAP APLIKASI DAPODIKDASMEN

Manfaat Dapodik Bagi Peserta Didik

Keseluruhan data siswa yang masuk dalam database dapodik akan menjadi acuan berbagai hal yang erat kaitannya dengan keberlangsungan studinya. Data peserta didik nantinya diperlukan dalam proses persiapan mengikuti Ujian Akhir Nasional (UNAS).

Dari data siswa tersebut, pemerintah akan memperoleh gambaran tentang profil siswa sehingga dapat membantu pemerintah dalam mencanangkan berbagai program sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Dengan data dapodik, siswa juga dapat mengikuti program beasiswa khususnya bagi mereka yang kurang mampu.

Dapodik merupakan instrument penting yang dijadikan dasar dalam banyak hal di dunia pendidikan nasional.

Tunjangan profesi guru, pemberian bantuan sekolah, program beasiswa serta penerapan kurikulum baru berkaitan erat dengan keberadan dapodik.

Keseluruhan data sekolah meliputi sarana prasarana, data peserta didik hingga tenaga pendidik dapat Anda dapatkan di Dapodik.

Sistem Pengelolaan Dapodik


Secara keseluruhan Dapodik diluncurkan oleh Kemendikbud sehingga tanggung jawab pengelolaannya dibebankan pada pemerintah. Dalam prakteknya di lapangan, Kemendikbud bekerjasama dengan direktorat jendral melakukan fungsi Mendikbud.

Misalnya: Ditjen PAUDNI, Ditjen GTK, Direktorat Jendral Guru dan tenaga pendidik.
Untuk tingkat sekolah, tugas pengelolaan Dapodik diberikan kepada seorang operator atau admin yang sangat kompeten dalam bidang IT. Hal ini disebabkan karena tugas admin atau opretor sering berhubungan dengan perkembangan dan kemajuan teknologi komunikasi yang berkaitan erat dengan perkembangan Dapodik.

Kewajiban Guru Akan Dapodik

Tanggung jawab dan tugas melakukan entri data Dapodik secara tidak mutlak dibebankan pada operator sekolah atau admin. Guru yang bersangkutan hendaknya tetap aktif dalam melakukan proses validasi data-data yang masuk ke Dapodik.

Masing-masing guru berperan penting dalam menyampaikan data yang lengkap dan detail kepada oprator atau admin guna proses pengisian dapodik. Selanjutnya, guru dapat melakukan pengecekan untuk memastikan data yang telah diinput valid atau tidak.

Demikianlah ulasan yang dapat admin dapodik.co.id pada kesempatan kali ini tentang cara mudah mengecek Dapodik Kemendikbud terbaru dan hal-hal yang berkaitan dengan dapodik, dan semoga ulasan di atas bermanfaat.

87 komentar untuk "Cara Mudah Mengecek Dapodik Kemendikbud Terbaru 2023"

  1. Balasan
    1. Anonim14:21

      Min, adik saya baru pindah sekolah dari SMP Negeri ke sekolah yang ada di pondok pesantren, cara cek apakah benar-benar sudah terdaftar di kemendikbud gimana ya?
      Mastiin kalau memang sudah terdaftar sebagai pelajar aktif di sekolah baru yang ada di pondok pesantren.

      Hapus
  2. Min saya udah lulus pad masalah kip dapodik saya bermasalah udah validasi nisn untuk siswa yang lulusan tapi tetap juga gagal kira2 jalan keluarnya gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. perbaikan di jenjang sekarang

      Hapus
    2. Min sya,kan pinda dari SMA ke SMK ,Tris nam sya blom trdaftar d SMk .saya bisa lulus apa gak

      Hapus
    3. Anonim21:58

      Sama min selalu gagal kalau mau mendaftar di kip kuliah padahal bener NISN, NPSN saya

      Hapus
  3. Min kan tmn saya baru saja masuk dapodik tapi dicari di data GTK kok blum muncul ya..apa perlu waktu buat menyingkronkan..tp yg satunya baru masuk juga dicek di data GTK muncul namanya ,mohon pencerahannya ,terima kasih

    BalasHapus
  4. Min saya mutasi data nuptk dari paud ke smp ,semua sudah sya lakukan pergi ke dinas ataupun menghubungi operator sekolah namun di info GTK blum jga ada perubahan,alias nuptknya masih terdata d paud mohon solusinya min....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah dikerjakan oleh dinas, silahkan menunggu saja.
      penarikan data dari hasil sikron terbaru itu emang butuh waktu lumayan lama

      Hapus
  5. Sama seperti kasus saya, dr paud ke SMP sdh melapir kedinas tp nuptk saya gk nampk n data saya terkunci gk bisa diubh, ttp msh guru kls datany pdhl skrg seharusny guru Mapel, solusiny gmn it y pak.. cr mngubh data ny

    BalasHapus
    Balasan
    1. perbaiki data di dapodiknya

      Hapus
    2. min mau tanya masala kan adik saya mendapat kartu kip tapi tgl dan thn di kartu keluarga tgl 2-8-2005 klo di kip cman bulan april 2004 terus kan ada pengajuan berkas utuk krtu kip utuk sma apa bisa terinput datanya karna ada perbedaan tgl di kk atau di kip bagaimna cara karna semenjak smp kls stu sampai lulus ada kartu kip jelaskan

      Hapus
    3. bisa rubah di verval PD

      Hapus
  6. Min mau tanya , saya sudah ajukan data agar nama saya masuk dapodik, saat saya cek di dapodikdasmen "sekolah kita" nama saya sudah ada tetapi saat di cari di gtk data saya tidak ditemukan, itu bagaimana solusinya ya min ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru masuk di dapodik ya?

      Hapus
    2. Berkas sudah diurus min, sdah diajukan ke diknas oleh kepala sekolah, apakah jika data saya sudah ada didapodikdasmen artinya saya sudah masuk dapodik ? Trus yang gtk itu bagaimana min ?

      Hapus
    3. Trus yang gtk itu bagaimana min
      maksudnya gimana?

      Hapus
  7. Pas saya cari nama di " cari akun gtk" nama saya nggak ditemukan min, sedangkan klo saya cari di " data sekolah kita " dapo kemdikbud go.id nama saya sudah tercantum sbg guru di sekolah tersebut. Apakah artinya itu saya sudah masuk dapodik atau belum ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek selengkapnya di alamat info FTK

      Hapus
    2. Anonim22:22

      Sy sudah punya NUPTK, tapi sy lupa, dan berkas nya hilang ke bawa banjir, pihak sekolah jg tidak menyimpan arsip nya, bagai mana cara mengetahui NUPTK

      Hapus
    3. Anonim20:18

      Cari ajah di "Cek GTK"

      Hapus
  8. Kata kepala sekolah saya sudah di masukan dapodik tapi pas cek di "data sekolah kita" nama saya belum ada sedangkan sudah dari Januari saya di sekolah itu kenapa ya min? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  9. Mohon bantuannya bagaimana biar kita bosa cek sendiri nama kita sudh terdaftr di dapodik atau blm

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada tombol cari dibagian kanan atas blog kami ini
      silahkan di cari saja artikel itu

      Hapus
  10. Anonim13:40

    Min, mau naya nih apakah yang Lulusan Sarjana Pendidikan Matimatika dari salah satu Universitas swasta itu sudah tergolong PPG dan sudah terdaftar di Dapodik, mohon pencerahaannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek saja di sim pkb pribadi

      Hapus
    2. lupa akun sim pkb gimana solusinya?

      Hapus
    3. silahkan menghubungi ketua komunitas atau bisa juga ketua KKG/MGMP atau operator dinas

      Hapus
  11. kenapa tdak bisa instal dapodik terbaru 2021f

    BalasHapus
  12. selamat malam min.
    Saya mengajar di 2 sekolah yang satunya di SMAN dan yang satunya di SMKS. saya terdata di dapodik swasta. saya ingin dapodik saya disekolah negeri. perlu diketahui saya belum memiliki NUPTK. Yang saya ingin tanyakan apaka saya bisa pindah dapodik ke SMAN negeri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. apaka saya bisa pindah dapodik ke SMAN negeri?
      bisa sekali

      Hapus
  13. Min apa perbedaan guru honorer dengan tenaga honorer sekolah pada status kepegawaian

    BalasHapus
    Balasan
    1. guru honorer ya sebagai guru
      tenaga honorer adalah tenaga kependidikan atau pegawai di sekolah

      Hapus
  14. Min saya lulusan SMA thn 2019, ketika akan mendaftar KIPK di THN itu selalu saja gagal dengan alasan NIK-nya tidak sinkron di dapodik, karna saya belum tahu hrs apa jd saya menunda kuliah/gapyear. Tahun 2021 ini saya mau ikut lagi, tp sekolah tidak mau bantu dengan alasan karna saya sudah lulus jd bakalan susah betulin nya. Min mohon bantuannya karna ini tahun terakhir saya bisa daftar KIPK untuk kuliah, saya dari keluarga yang kurang mampu jd kipk itu sangat berarti bagi saya. Mohon bantuannya min ๐Ÿ™๐Ÿผ๐Ÿ˜ญ

    BalasHapus
    Balasan
    1. NIK-nya rubah di dukcapil saja

      Hapus
    2. Anonim10:36

      disekolah bisa gak ngecek nik mi

      Hapus
    3. bisa jika sudah diimput di aplikasi dapodik

      Hapus
  15. Selama saya milik NUPTK sampai saat ini belum dapat tunjangan jd bagimana kelancaran kedepan sekian

    BalasHapus
  16. Bagaimana cara mangetahui sekolah induk yang mendaftarkan saya depodik?karna saat di sekolah saya sekarang Nik sudah terdaftar dan tidak dapat di urus untuk mendaftar dipodik??

    BalasHapus
    Balasan
    1. mengetahui guru, pegawai atau siswa?

      Hapus
  17. Anonim22:43

    Selamat malam min, mohon info dan bantuannya, terkait masalah prakerja istri saya, permasalahan nya NIK kamu terdaftar dikementrian pendidikan dan kebudayaan (data pendidikan tinggi) sedangkan istri saya tidak pernah kuliah dan sekarang sudah berumur 30 thn,mohon bantuannya min, riwayat pendidikan istri saya terakhir hanya pelatihan di BLK(Balai Latihan Kerja)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menuju kantor dukcapil untuk memperbaiki NIK nya

      Hapus
  18. Ijin bertanya.
    NIK anak saya sudah terdaftar dan aktif di sistem dukcapil. Sudah dilakukan pengecekan langsung oleh dukcapilnya.
    Tetapi di sistem dapodik selalu tertera NIK tidak valid. Operator sekolah berusaha melakukan verifikasi pun selalu disebut NIK tidak valid.
    Kami harus bagaimana ya?

    BalasHapus
  19. Min izin bertanya...
    Kan saya sudah pindah sekolah,dari TK ke SD,mau masukin nama di dapodik SD. .nah data di dapodik TK nama saya sudah di keluarkan,dan sudah singkron,,tapi ketika mau masukin ke dapodik SD " data ptk tidak di temukan"
    mohon info bagaimana cara nya agar bisa masuk ke dapodik SD?
    Trimakasih๐Ÿ™๐Ÿ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari TK jauh di keluarkan, lakukan butasi saja melalui menejemen dapodik di TK

      Hapus
    2. Sudah di keluarkan,tapi datanya belum muncul min...mohon solusinya min...

      Hapus
    3. di sekolah tujua, silahkan lakukan sinkronisasi dapodiknya

      Hapus
  20. Min saya mau masuk kuliah tapi, nama saya Sudah tidak terdaftar di dapodik, saya sudh hubungi pihak sekolah namun tidak bisa juga,
    Apa yg harus saya lakukan min, plis jawab soalnya penting bngat menyangkut beasiswa

    BalasHapus
  21. Ijin bertanya, di dapodik TMT 1 Juli 2008, meski pernah pindah induk th 2019 dan msh mengajar aktif hingga saat ini. Tp mengapa terkait afirmasi p3k, sy dianggap blm mengabdi slm 3 th berturut turut.bgm ini? Mohon infony..trm ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. di dapodik sudah di isi sk 2019 jadi diambil sk yang baru

      Hapus
  22. Kenapa anak saya sekolah nya di Cirebon
    Dapodik nya terdaftar di kerawang

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung bertanya ke pihak sekolah anak anda bersekolah

      Hapus
  23. kenapa sy tidak bisa masuk ke http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id
    kata chrome nya ... "oops.. situs tidak ditemukan"

    BalasHapus
  24. Min saya mau tanya apa dapodik bisa di dua sekolah berbeda?

    BalasHapus
  25. Min mau tanya apa ada data didapodik kalau yang ngajarnya di MTsN sementara SK ngajarnya dari dinas pendidikan (Pemda)

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah di MTsN sementara SK ngajarnya dari dinas pendidikan (Pemda) sudah di imformasikan ke operator dinas?

      Hapus
  26. Anonim20:39

    Kenapa no NIK SAYA DI TOLAK TERUS PADAHAL SAMA

    BalasHapus
  27. Anonim10:01

    Min saya 2014 udh trdaftr tpi 2017 gak ngajar lg apakah masi terdaftar min?

    BalasHapus
  28. Anonim22:53

    Min saya udah terdaftar di dapodik masalahnya akun gtk saya kok tidak bisa bukak lagi pswrd salah padahal pswrd nya itu benar pswrd dari awal pembuatan gtk.saya cek dapodik saya sudah aktif? Kasih saran min

    BalasHapus
  29. ijin bertanya, saya gagal terus dalam menarik siswa mutasi. menarik siswa mutasi hanya sampai "peserta didik berhasil didaftarkan". tidak sampai "peserta didik (nama siswa) saat ini terdaftar di (nama sekolah)". bagaimana ya? saya sudah clear all history, all time. sudah instal ulang juga. mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. peserta didik berhasil didaftarkan berarti siswa tersebut sudah ada di sp data

      Hapus
  30. Anonim11:46

    Min,,di sekolah smp tempat saya kerja dulu saya sdh terdaftar dapodik,,setelah itu saya harus pindah daerah dan sempat tdk bekerja,,sekarang saya sdh bekerja kembali,,sempat tdk bekerja selama 4thn lebih,,apakah dapodik saya msh bisa d pke d tempat kerja saya yg baru sekarang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, tidak bisa d pke lagi d tempat kerja

      Hapus
  31. Anonim17:35

    bagaiman cara mengecek NUPTK

    BalasHapus
  32. Anonim17:38

    SUDAH MASUK DAPODIK ,masih kuliah S.2 Apa bisa dapat bantuan beasiswa.. trimakasih

    BalasHapus
  33. Anonim07:44

    Status di NISN tidak aktif ..sedangkan anak saya lagi daftar SMA ..bagaimana itu min ?

    BalasHapus
  34. Anonim15:36

    Anak saya juga baru daftar SMA sama SMP tapi keterangan SINS tidak aktif gimana min?

    BalasHapus
  35. Artikel ini sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin mengecek data Dapodik Kemendikbud terbaru. Dengan penjelasan yang jelas dan langkah-langkah yang mudah diikuti, pembaca dapat dengan mudah melakukan cek data pendidikan. Pengguna dapat memanfaatkan aplikasi Dapodik untuk mengentri data pendidik, siswa, dan sekolah secara online. Selain itu, artikel ini juga memberikan panduan untuk mengecek status data, verifikasi, dan sinkronisasi. Informasi ini sangat penting terutama bagi operator sekolah dan guru untuk memastikan data yang tepat dan akurat. Terima kasih atas artikel yang informatif ini!

    BalasHapus
  36. Anonim14:00

    Apakah ada perubahan signifikan dalam proses pengecekan Dapodik Kemendikbud untuk tahun 2023?
    https://it.telkomuniversity.ac.id/mrp-adalah/2023?

    BalasHapus
  37. Anonim12:03

    Kenapa adek saya tidak bisa di temukan namanya lulusan tahun 2022/2023
    Sampai sekarang belum ditemukan datanya tolong di bantu pak
    Asal sekolah SDS KITA YADIKA 101950

    BalasHapus
  38. Anonim15:11

    Ijin bertanya, Kenapa pengecekan NISN berdasarkan nama dan pengecekan NISN berdasarkan nama sekolah nama siswanya bisa berbeda dan tidak sepadan dengan dukcapil? Apakah perbedaan nama siswa berpengaruh dengan penerimaan kip yang sebelumnya sudah terdaftar sebagai penerima

    BalasHapus
  39. Anonim20:16

    Min Istri saya pernah masuk dapodik trus ga lama berenti ngajar dan udh 3 tahun mau ngajar lagi. Liat di cek GTK status dapodiknya "tidak Aktif (mutasi) " Kalau ngajar lagi apa dapodiknya bisa di aktifkan lagi..?

    BalasHapus
  40. Anonim19:44

    min,sekolah iduk saya smp hnya 5rombel jjm saya 15jm,saya ambil 9jm d luar.sampe sekrg jam d noninduk tdk tbaca d info gtk.dpt kabr dr dinas jjm non induk tdk bolh lebh dr 6jm. jadi sya hrs gmna min?

    BalasHapus
  41. Anonim07:26

    min saya pindahan dari pondok ke SMK swasta, saya sudah dapat NIS dan NISN tapi ketika dicari datanya tidak ditemukan. saya harus bagaimana ya min

    BalasHapus
  42. Anonim15:18

    Halo min mau tanya nama saya terdaftar di dapodik tapi baru baru pembukaan tes ppp3k kemaren ketika masukan identitas kow tidak terbaca solusinya dong bos

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.