Buku Pedoman Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD

DAPODIK.CO.ID – Buku Pedoman Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD. Pada 15 tahun terakhir, terdapat 46.648 sekolah yang terdampak, sedangkan untuk PAUD masih belum ada data yang akurat. Data ini hanya dihimpun berdasarkan skala bencana menengah dan besar yang memberikan dampak signifikan pada sektor pendidikan Indonesia.

Buku Pedoman Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD

Semua orang mempunyai risiko terhadap potensi bencana, sehingga penanganan bencana merupakan urusan semua pihak. Oleh sebab itu, perlu dilakukan berbagi peran dan tanggung jawab dalam peningkatan kesiapsiagaan di semua tingkatan, baik anak, remaja, dan dewasa, seperti yang telah dilakukan di Jepang, untuk menumbuhkan kesadaran kesiapsiagaan bencana.

Bencana alam merupakan kejadian yang menimbulkan pengalaman traumatik bagi setiap manusia namun mempengaruhi setiap orang dengan cara yang berbeda. Meskipun demikian, terdapat reaksi emosi dan prilaku yang khas pada beberapa kelompok usia tertentu, misalnya pada anak usia dini.

Anak usia dini lebih mengalami kesulitan dalam menghadapi peristiwa traumatik karena memiliki keterbatasan dalam hal pengalaman hidup, keterampilan dalam penyelesaian masalah, kemampuan untuk mengekspresikan perasaan maupun kebutuhannya sehingga kehadiran orang dewasa.

Dengan banyaknya potensi bencana yang terjadi di Indonesia, maka menjadi penting pendidikan kebencanaan ini dilakukan sejak dini, dan hal ini bisa kita lakukan dengan mendidik para guru PAUD tentang pendidikan kebencanaan yang nantinya dapat disampaikan pada anak melalui kegiatan main sesuai prinsip pembelajaran di PAUD. 

Upaya pemberian pendidikan kebencanaan sejak dini merupakan tindakan penting dan mendasar yang bukan hanya sebagai tindakan pengembangan atau pengayaan kurikulum semata, tetapi juga merupakan tindakan preventif bagi kehidupan setiap anak dalam menghadapi fenomena tersebut di masa yang akan datang, sehingga ketika dihadapkan pada kejadian nyata setiap anak telah memiliki kesiapan yang optimal dalam menghadapinya.

BUKU PEDOMAN PENDIDIKAN KEBENCANAAN DI SATUAN PAUD

Agar penyelenggaraan Pendidikan Kebencanaan di PAUD sesuai arah kebijakan dan tepat sasaran, efisien, efektif dan optimal, maka disusunlah buku “Pedoman Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD”.

Tujuan Buku Pedoman Pendidikan Kebencanaan Di Satuan Paud:

1.    Tujuan Umum
Menjadi acuan dalam penyelenggaraan dan operasional Pendidikan Kebencanaan yang dilaksanakan di setiap satuan PAUD, sehingga sesuai dengan arah dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan PAUD, Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas, Kemdikbud.

2.    Tujuan Khusus
  • Memberikan acuan dalam penetapan arah dan tujuan dalam penyelenggaran pendidikan kebencanaan yang dilaksanakan di satuan PAUD secara tepat, efektif, efisien, dan optimal sesuai kebijakan yang telah ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan PAUD, Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas, Kemdikbud.
  • Memberikan acuan dalam penyusunan dan pengintegrasian kurikulum pendidikan kebencanaan yang akan dikembangkan di satuan PAUD secara tepat, efektif, efisien, dan optimal sesuai kebijakan yang telah ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan PAUD, Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas, Kemdikbud.
  • Memberikan acuan dalam penyusunan dan pengintegrasian RPP yang akan dilaksanakan di satuan PAUD secara tepat, efektif, efisien, dan optimal sesuai kebijakan yang telah ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan PAUD Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas, Kemdikbud.
  • Memberikan acuan dalam pelaksanaan pembelajaran melalui bermain dan aktivitas lainnya terhadap peserta didik dalam pendidikan kebencanaan yang di selenggarakan satuan PAUD secara tepat, efektif, efisien, dan optimal sesuai kebijakan yang telah ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan PAUD, Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas, Kemdikbud.
  • Memberikan acuan dalam pelaksanaan penilaian pembelajaran dan perkembangan anak dalam pendidikan kebencanaan yang di selenggarakan di satuan PAUD secara tepat, efektif, efisien, dan optimal sesuai kebijakan yang telah ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan PAUD, Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas, Kemdikbud.
  • Memberikan acuan dalam pelibatan mitra terkait yang mendukung pelaksanaan pendidikan kebencanaan yang diselenggarakan di satuan PAUD secara tepat, efektif, efisien, dan optimal sesuai kebijakan yang telah ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan PAUD, Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas, Kemdikbud.
Berikut Ini Adalah Paparan Pedoman Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD:



Demikian Artikel Terbaru Terkait Buku Pedoman Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD, Semoga Ada Manfaatnya.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

Unduh Disini Buku Pedoman Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Buku Pedoman Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD"

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel