Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Penilaian Perkembangan Anak Selama Belajar Dari Rumah)

DAPODIK.co.id - Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Penilaian Perkembangan Anak Selama Belajar Dari Rumah). Penilaian merupakan proses pengukuran hasil kegiatan belajar anak. Pengukuran dilakukan berdasarkan hasil pengamatan perilaku dan karya yang dibuat anak.

 

Pengamatan yang dilakukan harus bersifat autentik, yaitu sesuai dengan fakta yang sesungguhnya. Penilaian hasil kegiatan belajar anak harus terukur, berkelanjutan, dan menyeluruh mencakup pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak selama kurun waktu tertentu.

 

Karena proses pembelajaran selama masa pandemi dilakukan di rumah, orang tua akan membantu guru dalam mengamati pertumbuhan dan perkembangan anak.

 

Orang tua mengamati berbagai aktivitas anak di rumah melalui pengamatan terhadap segala hal yang dilakukan anak ataupun diucapkan anak, termasuk ekspresi wajah, gerakan, dan karya anak, baik di halaman rumah, di ruang keluarga, di dapur, kamar mandi, maupun di tempat tidur.

 

Dalam hal ini orang tua hanya mengamati dan merekam proses belajar anak ke dalam bentuk video atau memfoto hasil karya anak yang kemudian disampaikan kepada guru melalui media daring (online) seperti Whatsapp atau e-mail. Selain itu, orang tua juga perlu mengamati pertumbuhan fisik anak, seperti mengukur berat tubuh, tinggi badan/panjang badan, dan lingkar kepala.

 

Dalam hal orang tua mengalami kesulitan mengakses jaringan internet atau jaringan tidak stabil, orang tua dapat menceritakan kegiatan yang dilakukan melalui telepon langsung kepada guru atau lewat SMS.

 

Guru kemudian melakukan penilaian (pengukuran) perkembangan belajar anak berdasarkan kiriman video, foto, SMS, atau informasi langsung yang disampaikan oleh orang tua melalui telepon. Diharapkan guru segera mencatat perkembangan anak, terutama ketika orang tua melaporkan perkembangan anak secara lisan melalui telepon karena dikhawatirkan guru akan lupa informasi tentang pertumbuhan dan perkembangan anak jika tidak langsung mencatatnya.

 

Agar orang tua dapat memberikan informasi pertumbuhan dan perkembangan anak dengan efektif, hal penting yang perlu diperhatikan guru dalam menyampaikan pesan kepada orang tua mengenai kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan anak di rumah haruslah jelas dan mudah dipahami orang tua.

Dengan melakukan penilaian, guru dan orang tua dapat mengetahui perkembangan belajar anak, mengamati hal-hal apa saja yang anak tahu, apa saja yang anak bisa, dan apa saja yang menjadi kebiasaan anak. Berdasarkan hasil pengamatan tersebut guru dapat merancang program pembelajaran sesuai dengan minat, kekuatan, dan kebutuhan anak.

 

Program pembelajaran yang direncanakan dan disusun sesuai dengan profil perkembangan anak akan menstimulasi potensi anak menjadi anak yang kompeten. Anak akan menjadi semakin tahu, semakin bisa, dan semakin memiliki kebiasaan yang baik.

 

Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Penilaian Perkembangan Anak Selama Belajar Dari Rumah)

  

Penilaian Perkembangan Anak Selama Belajar Dari Rumah

Selengkapnya, Paparan dan Download Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Penilaian Perkembangan Anak Selama Belajar Dari Rumah):

 


Link Download Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Penilaian Perkembangan Anak Selama Belajar Dari Rumah) - (Klik Disini)

 

Demikin Postingan Terbaru Terkait Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Penilaian Perkembangan Anak Selama Belajar Dari Rumah), Semoga Ada Manfaatnya.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Penilaian Perkembangan Anak Selama Belajar Dari Rumah)"