Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Membangun Komunikasi Positif Antara Guru PAUD dengan Orang Tua Murid)

DAPODIK.co.id - Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Membangun Komunikasi Positif Antara Guru PAUD dengan Orang Tua Murid).

 

Mengapa Perlu Membangun Komunikasi Positif Antara Guru Paud dan Orang Tua Murid

Komunikasi antara sekolah dengan orang tua/wali murid merupakan bentuk realisasi dari akuntabilitas sekolah. Komunikasi dan interaksi yang terjadi di sekolah walaupun dalam waktu yang sempit harus terjalin dengan baik dan efektif agar bisa memengaruhi kehidupan peserta didik. Keberhasilan guru dalam menjalin komunikasi dengan orang tua tentang kemajuan belajar anak di sekolah, menjadi kesempatan emas bagi guru untuk membuat jembatan komunikasi yang sangat penting dalam kehidupan anak. Pentingnya komunikasi antara orang tua dan guru, terutama untuk memastikan anak-anak belajar secara efektif dan mendapatkan yang terbaik bagi pertumbuhan dan perkembangan karakter anak.

 

Komunikasi antara sekolah dengan orang tua/wali murid merupakan bentuk realisasi dari akuntabilitas sekolah. Komunikasi dan interaksi yang terjadi di sekolah walaupun dalam waktu yang sempit harus terjalin dengan baik dan efektif agar bisa memengaruhi kehidupan peserta didik.

 

Keberhasilan guru dalam menjalin komunikasi dengan orang tua tentang kemajuan belajar anak di sekolah, menjadi kesempatan emas bagi guru untuk membuat jembatan komunikasi yang sangat penting dalam kehidupan anak. Pentingnya komunikasi antara orang tua dan guru, terutama untuk memastikan anak-anak belajar secara efektif dan mendapatkan yang terbaik bagi pertumbuhan dan perkembangan karakter anak.

 

Pengelolaan pendidikan, termasuk di PAUD, dalam kondisi pandemi telah mendorong percepatan penggunaan teknologi dalam pembelajaran, terutama kepada pembelajaran secara daring. Guru dalam waktu singkat mengalihkan pembelajaran tatap muka di sekolah menjadi pembelajaran daring/jarak jauh, berkolaborasi dengan orang tua. Hal ini menjadi tantangan bagi banyak pihak, memiliki pembekalan yang cukup. Oleh karena itu, guru dan orang tua perlu didukung dengan panduan yang memungkinkan peserta didik untuk terus terlibat dalam proses pembelajaran sehingga hak anak dalam memperoleh pendidikan dapat dipenuhi.

 

Salah satu bentuk dukungan yang telah dilakukan pemerintah terkait pembelajaran adalah dengan menerbitkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Virus Corona. Pada surat edaran tersebut dijelaskan bahwa selama pandemi berlangsung proses pembelajaran dari rumah melalui pembelajaran daring/ jarak jauh.

 

Kondisi ini juga mempengaruhi pola interaksi dan komunikasi antara guru dan orang tua ketika bentuk komunikasi yang terjalin lebih banyak didominasi dalam bentuk teks atau tulisan meskipun tidak dapat menggantikan instruksi tatap muka secara utuh. Bentuk komunikasi ini diharapkan dapat mendukung proses pembelajaran anak di rumah. Namun, guru juga harus mempertimbangkan bahwa daya dukung pembelajaran pada setiap anak berbeda sehingga efektivitas “belajar dari rumah (BDR)” berbeda-beda pada setiap anak.

 

Keberhasilan guru dalam menjalin komunikasi dengan orang tua tentang kemajuan belajar anak di sekolah, menjadi kesempatan emas bagi guru untuk membuat
jembatan komunikasi yang sangat penting dalam kehidupan anak. Pentingnya komunikasi antara orang tua dan guru, terutama untuk memastikan anak-anak
belajar secara efektif dan mendapatkan yang terbaik bagi pertumbuhan dan perkembangan karakter anak selama masa pandemi.

 

Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Membangun Komunikasi Positif Antara Guru PAUD dengan Orang Tua Murid)

 

Membangun Komunikasi Positif Antara Guru PAUD dengan Orang Tua Murid

Selengkapnya, Paparan dan Download Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Membangun Komunikasi Positif Antara Guru PAUD dengan Orang Tua Murid):

 


Link Download Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Membangun Komunikasi Positif Antara Guru PAUD dengan Orang Tua Murid) - (Klik Disini)

 

Demikin Postingan Terbaru Terkait Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Membangun Komunikasi Positif Antara Guru PAUD dengan Orang Tua Murid).

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "Modul Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang PAUD Kurikulum Darurat, (Membangun Komunikasi Positif Antara Guru PAUD dengan Orang Tua Murid)"