Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Akun Pembelajaran belajar.id Kebutuhan Kegiatan Belajar Mengajar

DAPODIK.co.id - Mengenal Akun Pembelajaran belajar.id Kebutuhan Kegiatan Belajar Mengajar. Dasar Hukum Akun Pembelajaran, berdasarkan Peraturan Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Nomor 16 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pemanfaatan Data Pokok Pendidikan untuk Akun Akses Layanan Pembelajaran.

 

Diketahui bahwa Akun Pembelajarandi digunakan untuk mengakses Aplikasi Pembelajaran,  Akun Pembelajaran merupakan akun elektronik dengan domain belajar.id yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses aplikasi pembelajaran berbasis elektronik.

 

Salah satu digitalisasi sekolah yang diluncurkan oleh Kemendikbudristek adalah akun  belajar.id yang terbaru. Tujuannya untuk memfasilitasi pembelajaran baik secara daring maupun luring. Agar masyarakat lebih memahami kegunaan akun belajar.id, admin dapodik.co.id telah memberikan berbagai macam artikel khus belajar.id seperti:


Cara Mendapatkan Nomor UKG/ Prites Di Portal Layanan Program GTK Kemendikbud Terbaru (Klik Di Sini).


Panduan Integrasi Akun SIM PKB Dengan Akun Belajar ID (Klik Di Sini).


Mengenal Akun Pembelajaran belajar.id Kebutuhan Kegiatan Belajar Mengajar (Klik Di Sini).


Cara Menautkan Akun SIM PKB Dengan Akun Belajar ID Guru Jenjang TK/ PAUD, SD, SMP, SMA, dan SMK (Klik Di Sini).


Cara Mendapatkan Username dan Password Akun belajar.id (Klik Di Sini).


Cara Mengecek Akun Pembelajaran Guru Sudah Aktif Atau Belum di belajar.id (Klik Di Sini).


Pengertian, Tujuan, Penerima, dan Cara Mendapatkan Akun Pembalajaran belajar.id  (Klik Di Sini).

 

Solusi Mengatas Akun belajar.id Pada Dokumen Yang di Unduh Tidak Sesuai Dengan Jumlah Aktual Guru/ Tendik Pengguna Di Sekolah (Klik Di Sini).


Cara Tendik Registrasi Akun SIM PKB untuk Mentautkan Akun SIMPKB di belajar.id (Klik Di Sini).


Operator Dapodik/ Kepala Sekolah Tidak Menemukan Username Akun belajar.id Guru, Ini Solusinya (Klik Di Sini).


Cara Admin belajar.id Menemukan Password Atau Mereset Password Akun belajar.id Guru (Klik Di Sini).


Manfaat Menggunakan Akun belajar.id (Klik Di Sini).


Cara Cek Daftar Guru di Sekolah Yang Sudah Aktifasi Akun belajar.id (Klik Di Sini).


Mengenal Akun Pembelajaran belajar.id Kebutuhan Kegiatan Belajar Mengajar

 

Mengenal Akun Pembelajaran belajar.id

Sasaran Akun Pembelajaran – belajar.id

 

1.    Peserta didik

a.    PAUD

b.    SD dan Program Paket A kelas 1 s.d 6

c.    SMP dan Program Paket B kelas 7 s.d 9

d.    SMA dan Program Paket C kelas 10 s.d 12

e.    SMK kelas 10 s.d 12 - SLB kelas 5 s.d kelas 12

 

2.    Pendidik pada jenjang pendidikan anak usia dini, dasar dan menengah

 

3.    Tenaga Kependidikan, yaitu Kepala Satuan Pendidikan dan Operator

 

4.    Pegawai Kementerian

 

5.    Pemerintah Daerah, yaitu Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Bidang pada Dinas Pendidikan, Pengawas Sekolah, Penilik Sekolah, dan Pamong Belajar

 

Akun Pembelajaran belajar.id dibuat dalam bentuk akun Google dengan tujuan adalah: 1. Akun Pembelajaran otomatis mendapat akses ke aplikasi pendukung pembelajaran dalam Google Workspace for Education yang siap pakai dan telah banyak digunakan public,  2. Pembuatan dan penggunaan Akun Pembelajaran bebas biaya, 3. Pengunaan aplikasi pembelajaran Google Workspace for Education bebas biaya, 4. Sistem Google mampu mengelola puluhan juta akun sekaligus dengan keamanan tingkat tinggi, 5.  Akun yang sama dapat digunakan untuk mengakses aplikasi Kemendikbud serta berbagai aplikasi lainnya di luar ekosistem Google.

 

Terdapat beberapa Aplikasi yang dapat diakses dengan Akun Pembelajaran, belajar.id yaitu: Pos elektronik (e-mail), Pengelolaan administrasi pembelajaran secara elektronik, Penyimpanan dan pembagian dokumen secara elektronik, Penjadwalan proses pembelajaran secara elektronik, Pelaksanaan proses pembelajaran secara daring, Akses Rumah Belajar Kemendikbud untuk materi pembelajaran dan masih banyak lagi.

 

5 Langkah Cara akses dan aktivasi Akun Pembelajaran, belajar.id yaitu:

 

1.    LANGKAH 1, Akses pd.data.kemdikbud.go.id, Operator Satuan Pendidikan masuk ke laman pd.data.kemdikbud.go.id.

 

2.    LANGKAH 2, Unduh Akun, Pada laman tersebut, operator pilih tombol "Unduh Akun" untuk unduh dokumen CSV.

 

3.    LANGKAH 3, Distribusi Akun, Operator Satuan Pendidikan mendistribusikan akun ke setiap pengguna di satuan pendidikannya.

 

4.    LANGKAH 4, Aktivasi Akun Pembelajaran belajar.id, Login ke laman mail.google.com dan gunakan user ID dan password yang telah didistribusikan.

 

5.    LANGKAH 5, Menyetujui Syarat dan Ketentuan, Pengguna menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan Akun Pembelajaran serta mengganti password Akun Pembelajaran.

 

Permintaan dan aktivasi Akun Pembelajaran (Pemerintah Daerah)

 

LANGKAH 1,  http://ringkas.kemdikbud.go.id/permohonanakundinas

Pejabat struktural pada Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota mengisi formulir pembuatan Akun Pembelajaran.

 

LANGKAH 2, Maksimal 7 hari setelah pengisian formulir, informasi terkait Akun Pembelajaran dapat dilihat melalui salah satu dari metode berikut :

Metode 1 - Akun pembelajaran dikirimkan melalui alamat email pribadi yang sudah terdaftar. Metode 2 - Operator Dinas membuka https://sdm.data.kemdikbud.go.id/ dan login menggunakan akun operator Dinas. Pilih Instansi > Pilih Provinsi > Pilih Kabupaten/Kota > Pilih nama Dinas > Klik Detail > klik Detail pada nama pemilik Akun Pembelajaran > cek email Akun Pembelajaran pada halaman tersebut.

 

Keamanan Akun Pembelajaran

Keamanan Akun Pembelajaran diatur sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dalam rangka memberikan perlindungan terhadap:

1.    kerahasiaan data, informasi, dan/atau dokumen aktivitas Akun Pembelajaran; dan

2.    kemungkinan terjadinya kelalaian dalam penggunaan dan/atau penyalahgunaan data, informasi, dan/atau dokumen aktivitas Akun Pembelajaran.

 

Kemendikbudristek melakukan koordinasi teknis perlindungan keamanan data dengan K/L terkait.

 

Dengan Akun Pembelajaran, kamu bisa mengakses berbagai kebutuhan kegiatan belajar mengajar. Mulai dari mengakses platform Kemdikbudristek sampai beragam aplikasi yang akan memudahkan kegiatan belajar mengajar, baik secara tatap muka ataupun jarak jauh.

 

Demikian Artikel Terbaru Terkai Mengenal Akun Pembelajaran belajar.id Kebutuhan Kegiatan Belajar Mengajar. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


4 komentar untuk "Mengenal Akun Pembelajaran belajar.id Kebutuhan Kegiatan Belajar Mengajar"

  1. Bagaimana untuk kepala satuan Pendidikan dalam mengontrol guru dan tendik nya, apakah mengikuti akun belajar tsb atau tidak?

    BalasHapus
  2. bagaimana jika kepala satuan pendidikan lupa pasword belajar

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.