Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Petunjuk Pengisian No Peserta Ujian Di Aplikasi Dapodik - Nomor Peserta US Terbaru

DAPODIK.CO.ID - Petunjuk Pengisian No Peserta Ujian Di Aplikasi Dapodik - Nomor Peserta US Tahun Ini Terbaru serta memahami perbedaan jumlah digit kode nomor peserta ujian sekolah tahun.

Nomor peserta ujian sekolah (US) merupakan nomor yang sangat penting bagi seorang peserta didik, sebab dengan memiliki nomor peserta ujian maka dapat di artikan bahwa peserta didik tersebut telah terdaftar dan secara resmi dapat mengikuti tahapan dalam pelaksanaan ujian di sekolah.


Bagi sekolah yang akan menyelenggarakan pelaksanaan ujian nasional maka harus dapat memahami tentang pentingnya memiliki nomor peserta ujian sekolah bagi peserta didik yang akan mengikuti pelaksanaan US dan dapat mengetahui arti dan makna dari nomor peserta US tersebut.

Selain itu sebelum menyelenggarakan ujian sekolah juga perlu untuk membaca dan memahami aturan dalam menyelenggarakan ujian nasional yang telah di tuangkan dalam POS US.

Nomor peserta ujian juga merupakan nomor yang sangat penting karena nantinya nomor tersebut akan di input di dalam ijazah saat peserta didik berhasil lulus dalam tahapan mengikuti ujian sekolah selain itu nomor peserta ujian juga sangat di butuhkan saat melakukan penginputan data peserta didik di dalam aplikasi dapodik.

Jika pada tahun sebelum nomor peserta ujian memiliki format dimana setiap peserta ujian memiliki nomor peserta yang terdiri dari 14 digit yang memiliki makna: Pada Digit pertama merupakan kode jenjang, digit ke dua adalah kode tahun, 2 digit ke tiga merupakan kode provinsi, 2 digit ke empat adalah kode kota/kabupaten,3 digit ke lima yaitu kode sekolah, 3 digit ke enam merupakan kode siswa/ Nomor urut siswa dan 1 digit ke tujuh adalah kode Cek digit/link maka berbeda halnya dengan tahun sebelumnya. Dimana pada tahun lalu  format penulisan nomor peserta ujian mengalami beberapa perubahan, letak perubahannya yaitu terletak pada nomor kode sekolah dan nomor kode siswa yaitu terjadi penambahan digit angka pada kedua kode tersebut.

Nomor peserta ujian sekolah yang dimiliki oleh peserta didik memiliki jumlah digit yang berbeda antara tahun sebelumnya dengan tahun ini JIka jumlah digit nomor peserta ujian pada tahun lalu berjumlah 14 digit maka pada tahun ini jumlah digit nomor peserta ujian peserta didik yaitu berjumlah 16 digit. Begitu pula untuk nomor peserta ujian sekolah di tahun ini tentunya jumlah digit kode peserta US akan sama dengan jumlah digit nomor peserta US pada tahun yang lalu.

Petunjuk Pengisian No Peserta Ujian

Format Baku
2-12-02-01-001-002-7

Keterangan:
·         2: kode jenjang
·         12: kode tahun ujian
·         02: kode provinsi
·         01: kode rayon
·         001: kode sekolah
·         002: kode peserta
·         7: cek kode peserta

Untuk Peserta Didik WNA diisi dengan keterangan "Luar Negeri

Demikian Petunjuk Pengisian No Peserta Ujian Di Aplikasi Dapodik - Nomor Peserta US Tahun Terbaru Yang Bisa Admin Bagikan, Semoga Ada Manfaatnya.

26 komentar untuk "Petunjuk Pengisian No Peserta Ujian Di Aplikasi Dapodik - Nomor Peserta US Terbaru"

  1. No peserta UN jumlahnya 22 digit Tapi di aplikasi dapodik hanya 20 digit bagaimana cara input no peserta UN yang benar

    BalasHapus
  2. min..tolong krim no peserta US SMA 2021 yang benar min,,sebagai bahan perbandingan..terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. di dalam artikel di atas sudah jelas kok

      Hapus
  3. Mau tanya min, di lokasi saya SD Negeri tidak ada Pelaksanaan UN dikarenakan Corona. Jadi untuk input data mereka di Dapodik apakah boleh dikosong atau ada alternatif lain ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menunggu saja informasi input nilai dari pusat

      Hapus
  4. min,, katanya kalau mau input no pendaftaran ujian ,, ada digit yg dihapus ya? digit yg mana yg harus dihapus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menunggu juknis perubahan pengisian ijasa 2021

      Hapus
  5. Mohon petunjuk ..untuk nomor peserta ujian di SD Jakarta hanya 10 digit...untuk daftar ke SMP tidak bisa...pengisian online..

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan cari di artikel kami tentang juknis penulisan ijasa 2021

      Hapus
  6. min, cara mengetahui kode lembaga bagaimna ?

    BalasHapus
  7. Cara ngecek Un SD anak yg sekarang sdh kls 7 gimana ya min?

    BalasHapus
  8. Min kode sekolah itu dapat diambil dari mana ya 🙏🙏

    BalasHapus
  9. kode sekolah didapatkan dari dinas

    BalasHapus
  10. untuk cara memberikan nomer peserta ujian sekolah (US) apa sama dengan pemberian nomer ujian UN ?

    BalasHapus
  11. Anonim15:11

    Untuk tahun 2022. Nomor ujian sekolah SD contohnya bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. contohnya ada di dalam artikel di atas

      Hapus
  12. Dapodik SD 2022 tidak tersedia menu Nomor Ujian. Mohon penjelasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. dimodifikasi mardiri saja berdasarkan juknis Ujian Nasional yang lalu

      Hapus
  13. Anonim21:47

    Nomor ujian sekolah ada minimal maksimalnya ya min

    BalasHapus
  14. Min di menu apa yaa untuk memasukan No Peserta US ? klo yg saya lihat di dapodik SMP hanya memasukan No Peserta UN SD aja di dapodik SMP mohon pencerahannya yaa min nuhun...

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.