Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Tendik Registrasi Akun SIM PKB untuk Mentautkan Akun SIMPKB di belajar.id

DAPODIK.CO.ID - Cara Tendik Registrasi Akun SIM PKB untuk Mentautkan Akun SIMPKB di belajar.id. Apa itu SIM PKB, mungkin sebagian dari Anda belum tahu. SIM PKB Ini sebenarnya adalah Sistem Informasi Manajemen untuk  Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang merupakan suatu yang penting untuk guru pembelajar. Dengan ini, pembelajar bisa mendapatkan apa yang jadi haknya seperti tunjangan, ptk, gtk dan masih banyak lagi. Anda bisa cek info di app online untuk ini.


Sistem Informasi manajemen Pengembangan Keprofesian & Berkelanjutan SIM PKB sendiri merupakan sistem informasi manajemen pengembangan keprofesian yang berkelanjutan. PKB pada dasarnya menjadi kendaraan utama dalam upaya membawa para guru pendidik pada perubahan yang diinginkan.

Selain itu, SIM PKB ini sendiri juga berfungsi untuk meningkatkan kemampuan guru dan kompetensi mereka dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai seorang pengajar. Ia juga wajib diikuti oleh semua guru sejak Ditjen GTK menetapkan pengembangan program keprofesian pada tahun lalu.

Cara Tendik Registrasi Akun SIM PKB untuk Mentautkan Akun SIMPKB di belajar.id

Cara Tendik Registrasi Akun SIM PKB untuk Mentautkan Akun SIMPKB di belajar.id

Sahabar pembaca setia dapodik.co.id dimanapun anda berada, Cara Tendik Registrasi Akun SIM PKB untuk Mentautkan Akun SIMPKB di belajar.id. Akun belajar.id digunakan sebagai layanan pembelajaran untuk pendidik dan peserta didik bagaimana. Yuk, kita simak ulasan singkatnya untuk akses layanan baru dari kementerian pendidikan dan kebudayaan.

 

Salah satu digitalisasi sekolah yang diluncurkan oleh Kemendikbudristek adalah akun  belajar.id yang telah diluncurkan. Tujuannya untuk memfasilitasi pembelajaran baik secara daring maupun luring. Agar masyarakat lebih memahami kegunaan akun belajar.id, admin dapodik.co.id telah memberikanberbagai macam artikel seperti:


Cara Mendapatkan Nomor UKG/ Prites Di Portal Layanan Program GTK Kemendikbud Terbaru (Klik Di Sini).


Panduan Integrasi Akun SIM PKB Dengan Akun Belajar ID (Klik Di Sini).


Mengenal Akun Pembelajaran belajar.id Kebutuhan Kegiatan Belajar Mengajar (Klik Di Sini).


Cara Menautkan Akun SIM PKB Dengan Akun Belajar ID Guru Jenjang TK/ PAUD, SD, SMP, SMA, dan SMK (Klik Di Sini).


Cara Mendapatkan Username dan Password Akun belajar.id (Klik Di Sini).


Cara Mengecek Akun Pembelajaran Guru Sudah Aktif Atau Belum di belajar.id (Klik Di Sini).


Pengertian, Tujuan, Penerima, dan Cara Mendapatkan Akun Pembalajaran belajar.id

 

Baca Juga: Solusi Mengatas Akun belajar.id Pada Dokumen Yang di Unduh Tidak Sesuai Dengan Jumlah Aktual Guru/ Tendik Pengguna Di Sekolah (Klik Di Sini)


Setelah admin dapodik.co.id mengetahui ternyata masaih banyak sekali pegawai atau sekarang disebut tendik di sekolah jenjang TK/ PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK belum aktivasi akun pembejarannya belajar.id. Itu karenakan tendik tidak memiliki akun simpkb.

Setelah admin mencari solusinya, ternya tendik juga bisa login di simpb. Nah, bagaiana cara untuk bisa mendapatkan akun simpkb untuk login di simpkb?

Berikut ini adalah Cara Tendik Registrasi Akun SIM PKB untuk Mentautkan Akun SIMPKB di belajar.id:


1.    Masuk di alamat https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/.

2.    Klik Masukan Registrasi  Akun GTK. (lihat gambar dibawah ini):

 Cara Tendik Registrasi Akun SIM PKB untuk Mentautkan Akun SIMPKB di belajar.id - www.dapodik.co.id

3.    Setelah andah klik Registrasi  Akun GTK  maka secara otomatis akan di arahkan ke tab baru registrasi dengan link https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/registrasi. (lihat gambar dibawah ini):

Cara Tendik Registrasi Akun SIM PKB untuk Mentautkan Akun SIMPKB di belajar.id - www.dapodik.co.id

4.    Masukan Nomor Peserta UKG, tanggal lahir dan centan recaptcha.
Jika registrasi tidak berhasil atau terkendala, Silahkan menghubungi Admin Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat atau Admin P4TK di wilayah kerja masing-masing untuk meminta bukti CETAK AKUN Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan alternatif lainnya

Cara Tendik Registrasi Akun SIM PKB untuk Mentautkan Akun SIMPKB di belajar.id - www.dapodik.co.id

5.    Setelah itu klik registrasi

Langkah selanjutnya akan muncul pemberitahuan persetujuan:

Cara Tendik Registrasi Akun SIM PKB untuk Mentautkan Akun SIMPKB di belajar.id - www.dapodik.co.id

Anda akan melakukan cetak akun Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan secara mandiri.

Harap dicetak atau disimpan (save as PDF) dengan baik. Bila Anda telah mengaktifkan akun ini maka tidak bisa lagi mencetak ulang akun Anda secara mandiri dari situs ini.

Bila sewaktu-waktu Anda lupa akun maka dapat melakukan reset password melalui Admin Dinas Pendidikan atau Admin P4TK naungan Anda.

Setelah itu setuju dan cetak dan simpan di draiver di leptop atau computer anda.

Nah, sekarang silahkan bapak/ ibu pegawai atau tendik untuk meminta akun pembelajaran belajar.id di operator sekolah untuk login di akun belajar.id.

Demikian Artikel Terbaru Terkait Cara Tendik Registrasi Akun SIM PKB untuk Mentautkan Akun SIMPKB di belajar.id, Semoga Ada Manfaatnya.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.