Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Menggunakan Akun belajar.id

DAPODIK.co.id - Manfaat Menggunakan Akun belajar.id. Media online, pembelajaran daring, pandemi Covid-19 adalah tiga kata kunci yang sering muncul dalam penelitian-penelitian dan karya  tulis   yang sering kita temui sekarang ini. Kata kata ini tidak secara kebetulan mengisi khazanah penulisan  sepanjang tahun 2020 hingga awal tahun 2022 ini. Namun, situasi pandemi Covid-19 yang tengah dihadapi dunia hari hari ini tidak bisa menghentikan dinamika kehidupan manusia dan lingkungannya. Tak heran juga bahwa Pendidikan pun tidak mungkin berhenti dalam mengisi kehidupan manusia itu, maka manusia tetap mencari dan mengupayakan cara agar tetap bisa melakukan proses Pendidikan yaitu dengan cara daring atau online.

 

Negara-negara  yang terdampak Covid-19 sejak awal mengantisipasi cara pembelajaran melalui online karena sebelumnya sudah ada yang menerapkan blended learning (memadukan pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi dengan tatap muka), bahkan pada akhirnya hampir seluruh sekolah menerapkan penutupan pembelajaran dengan tatap muka dan beralih kepada pembelajaran secara PJJ baik berbasis luar jaringan, maupun dalam jaringan.

 

Dalam perjalanannya, pembelajaran jarak jauh bermetamorfosa mencari bentuk atau model yang mendekati pemenuhan kebutuhan warga belajar baik siswa, guru, orang tua maupun masyarakat.

 

Upaya perbaikan sebaiknya memenuhi saran dan permintaan peserta belajar karena merekalah yang menjadi objek dan penerima manfaat pembelajaran. Berikut ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran daring selama pandemi Covid-19, maka pendidik harus memenuhi sepuluh saran dari responden, yakni: (1) pembelajaran dilakukan melalui video call; (2) pemberian materi pembelajaran yang ringkas; (3) meminimalisir mengirim materi dalam bentuk video berat untuk menghemat kuota; (4) pemilihan materi dalam video harus berdasarkan kriteria bahasa yang mudah dipahami; (5) tetap memberikan materi sebelum penugasan; (6) pemberian soal yang variatif dan berbeda tiap peserta didik; (7) pemberian tugas harus disertakan cara kerjanya; (8) memberikan tugas sesuai dengan jadwal pelajaran; (9) mengingatkan peserta didik jika ada tugas yang diberikan; dan (10) mengurangi tugas.

 

Pada awal pandemi Akun belajar.id (Google suite for education) masih dipakai dengan lingkungan terbatas atau masih berbayar, maka banyak guru guru yang masih menggunakan akun pribadi termasuk untuk pembuatan Google Classroom, Perkembangan selanjutnya di akhir semester ganjil diluncurkan GSFE oleh Kemendikbud menjadi flatform yang dipakai gratis dan akunnya pun diberikan kepada guru-guru dan siswa, perkembangan ini terus berkembang sehingga di semester genap harus membuat Google classroom yang baru. Hal ini membutuhkan penyesuaian-penyesuaian baik di guru maupun di peserta didik.

 

Penerapan akun belajar.id bukan berarti tanpa kendala. Beberapa masalah yang dihadapi dalam penerapan akun belajar.id diantaranya kurangnya kemampuan dalam memahami cara memasang akun belajar.id pada handphone atau laptop. Selain itu, pemikiran di benak guru dan siswa akan adanya kerepotan bila harus mengganti akun yang lama juga menjadi kendala. Hal ini disebabkan kurangnya sosialisasi secara tatap muka atau virtual oleh pimpinan atau admin di sekolah, atau disebabkan belum dijadikannya sebagai kebijakan yang wajib karena pada awalnya diluncurkan sebagai optional (diartikan bisa dipasang boleh juga tidak). Kendala berikutnya adalah keterbatasan akun belajar.id untuk mengakses video di Youtube atau adanya pengaturan yang belum di atur ulang karena ketidaktahuan, yang sebenarnya masih bisa diatasi.

 

Manfaat Menggunakan Akun belajar.id 


Manfaat Menggunakan Akun belajar.id - www.dapodik.co.id


Selain terdapat beberapa kendala, akun belajar.id juga masih banyak manfaatnya, diantaranya:

 

1.    Memudahkan kolaborasi antara Kepala Sekolah/admin, guru dan peserta didik.

 

2.    Keamanan akun yang semakin meningkat.

 

3.    Memberi kemudahan kepada pembelajar/ guru untuk memakai aplikasi-aplikasi yang ada di google bila telah mengaktifkan dan menggunakan akun @belajar.id.

 

4.    Memberikan space penyimpanan data bagi admin, guru, dan siswa dengan kapasitas yang tidak terbatas (google Suite For education), walaupun nantinya setealah menjadi Google Workspace For Education akan diberi berbatas sebesar 100 T untuk Fundamental (kapasitas ini juga sudah sangat cukup bahkan berlebih).

 

5.    Memudahkan dalam kegiatan meet karena di Classroom sudah ada dalam setiap kelas yang dibuat, memudahkan bagi siswa dan guru.

 

Demikian Artikel Terbaru Terkai Manfaat Menggunakan Akun belajar.id. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.