Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Operator Dapodik/ Kepala Sekolah Tidak Menemukan Username Akun belajar.id Guru, Ini Solusinya

DAPODIK.co.id - Operator Dapodik/ Kepala Sekolah Tidak Menemukan Username Akun belajar.id Guru, Ini Solusinya. Salah satu wujud dari Merdeka Belajar adalah melakukan digitalisasi sekolah. Selain bentuk adaptasi dengan era baru, dimana teknologi informasi terus tumbuh dan berkembang cepat, digitalisasi juga memudahkan kegiatan belajar mengajar.

 

Salah satu digitalisasi sekolah yang diluncurkan oleh Kemendikbudristek adalah akun  belajar.id yang telah diluncurkan. Tujuannya untuk memfasilitasi pembelajaran baik secara daring maupun luring. Agar masyarakat lebih memahami kegunaan akun belajar.id, admin dapodik.co.id telah memberikanberbagai macam artikel seperti:


Cara Mendapatkan Nomor UKG/ Prites Di Portal Layanan Program GTK Kemendikbud Terbaru (Klik Di Sini).


Panduan Integrasi Akun SIM PKB Dengan Akun Belajar ID (Klik Di Sini).


Mengenal Akun Pembelajaran belajar.id Kebutuhan Kegiatan Belajar Mengajar (Klik Di Sini).


Cara Menautkan Akun SIM PKB Dengan Akun Belajar ID Guru Jenjang TK/ PAUD, SD, SMP, SMA, dan SMK (Klik Di Sini).


Cara Mendapatkan Username dan Password Akun belajar.id (Klik Di Sini).


Cara Mengecek Akun Pembelajaran Guru Sudah Aktif Atau Belum di belajar.id (Klik Di Sini).


Pengertian, Tujuan, Penerima, dan Cara Mendapatkan Akun Pembalajaran belajar.id  (Klik Di Sini).

 

Solusi Mengatas Akun belajar.id Pada Dokumen Yang di Unduh Tidak Sesuai Dengan Jumlah Aktual Guru/ Tendik Pengguna Di Sekolah (Klik Di Sini).


Cara Tendik Registrasi Akun SIM PKB untuk Mentautkan Akun SIMPKB di belajar.id (Klik Di Sini).



Akun Pembelajaran diberikan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari berbagai satuan pendidikan, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan.


Dengan Akun Pembelajaran, kamu bisa mengakses berbagai kebutuhan kegiatan belajar mengajar. Mulai dari mengakses platform Kemdikbudristek sampai beragam aplikasi yang akan memudahkan kegiatan belajar mengajar, baik secara tatap muka ataupun jarak jauh.

 

Akun belajar.id ini merupakan sebuah SSO (Single Sign On) dimana akun tersebut bisa digunakan untuk mengakses berbagai layanan aplikasi pembelajaran. Sederhananya adalah akun elektronik yang dikeluarkan secara resmi oleh Kemendikbudristek berupa user id dan juga password.

 

Sebelum bapak/ ibu guru mendapatkan akun pembelajaran belajar.id, seorang operator sekolah harus menyiapkan username dan passwordnya. Pada saat operator sekolah mengunduhnya, munculah permasalah. Salah satu permasalahannya adalah Akun belajar.id Pada Dokumen Yang di Unduh Tidak Sesuai Dengan Jumlah Aktual Guru/ Tendik Pengguna Di Sekolah.

 

Apabila anda sebagai Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) menemukan ketidaksesuaian antara jumlah akun belajar.id yang tersedia dengan jumlah pengguna yang sebenarnya, silakan mengikuti langkah-langkah berikut:

 

1.     Buka laman https://pd.data.kemdikbud.go.id.

 

2.     Log in menggunakan akun SSO Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di mana akun terdaftar di https://sdm.data.kemdikbud.go.id.

 

3.     Klik tombol “Unduh Akun”, pilih “Peserta Didik” atau “PTK” untuk mengunduh data berisi nama akun (User ID) dan kata sandi akun (password).

 

4.     Buka data dengan format .csv yang sudah diunduh, lalu identifikasi nama pengguna yang berkendala.

 

5.     Cek nama tersebut dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik)

       Apabila nama tersedia di Dapodik, maka sekolah dapat mengirimkan pengajuan pembuatan akun belajar.id dengan  menghubungi helpdesk melalui tombol “Butuh Bantuan” di kanan bawah laman belajar.id dengan melampirkan:

- Nama Sekolah

- Nama sesuai Dapodik

- Jenjang

- NPSN

         Apabila nama tidak tersedia di Dapodik, maka Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) harus melengkapi data terlebih dahulu ke Dapodik. Kemudian, sekolah dapat mengajukan pembuatan Akun Pembelajaran dengan  menghubungi helpdesk melalui tombol “Butuh Bantuan” di kanan bawah laman belajar.id dengan melampirkan:

- Nama Sekolah

- Nama sesuai Dapodik

- Jenjang

- NPSN

 

Operator Dapodik/ Kepala Sekolah Tidak Menemukan Username Akun belajar.id Guru, Ini Solusinya

 

Operator Dapodik/ Kepala Sekolah Tidak Menemukan Username Akun belajar.id Guru, Ini Solusinya


Berikut ini adalah langkah-langkah menemukan username akun belajar.id guru:

 

1.    Login di https://admin.google.com/.

 

Operator Dapodik/ Kepala Sekolah Tidak Menemukan Username Akun belajar.id Guru,

2.    Masukkan username dan password akun admin ……….@admin.sd.belajar.id. (Operator dapodik/ Kepala Sekolah).

 

Operator Dapodik/ Kepala Sekolah Tidak Menemukan Username Akun belajar.id Guru

3.    Setelah berhasil masuk, silakan klik pada menu User Add or manage users. (Lihat gambar berikut ini).

 

Operator Dapodik/ Kepala Sekolah Tidak Menemukan Username Akun belajar.id Guru, Ini Solusinya

4.    Cari nama guru yang belum memiliki username akun belajar.id.

 

Operator Dapodik/ Kepala Sekolah Tidak Menemukan Username Akun belajar.id Guru

5.    Langkah terakhir adalah, dibagian kolom user akan muncuk username belajar.id guru yang anda cari, silahkan copy dan berikan kepada guru yang belum memilikinya.

 

Operator Dapodik/ Kepala Sekolah Tidak Menemukan Username Akun belajar.id Guru, Ini Solusinya

Catatan penting, yang bisa ambil, reset paswor dan lain-lainnya adalah admin (operator dapodik/ kepala sekolah). Admin yang dimaksud adalah yang sudah ditentukan secara otomatis oleh system.

 

Demikian Artikel Terbaru Terkai Operator Dapodik/ Kepala Sekolah Tidak Menemukan Username Akun belajar.id Guru, Ini Solusinya. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.


Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.