Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Tujuan, Penerima, dan Cara Mendapatkan Akun Pembalajaran belajar.id

Dapodik.co.id - sahabar pembaca setia dapodik.co.id dimanapun anda berada, Pengertian, Tujuan, Penerima, dan Cara Mendapatkan Akun Pembalajaran belajar.id. Akun belajar.id digunakan sebagai layanan pembelajaran untuk pendidik dan peserta didik bagaimana. Yuk, kita simak ulasan singkatnya untuk akses layanan baru dari kementerian pendidikan dan kebudayaan.

 

Salah satu digitalisasi sekolah yang diluncurkan oleh Kemendikbudristek adalah akun  belajar.id yang telah diluncurkan. Tujuannya untuk memfasilitasi pembelajaran baik secara daring maupun luring. Agar masyarakat lebih memahami kegunaan akun belajar.id, admin dapodik.co.id telah memberikanberbagai macam artikel seperti:


Panduan Integrasi Akun SIM PKB Dengan Akun Belajar ID (Klik Di Sini).


Mengenal Akun Pembelajaran belajar.id Kebutuhan Kegiatan Belajar Mengajar (Klik Di Sini).


Cara Menautkan Akun SIM PKB Dengan Akun Belajar ID Guru Jenjang TK/ PAUD, SD, SMP, SMA, dan SMK (Klik Di Sini).


Cara Mendapatkan Username dan Password Akun belajar.id (Klik Di Sini).


Cara Mengecek Akun Pembelajaran Guru Sudah Aktif Atau Belum di belajar.id (Klik Di Sini).


Pengertian, Tujuan, Penerima, dan Cara Mendapatkan Akun Pembalajaran belajar.id

 

Baca Juga: Solusi Mengatas Akun belajar.id Pada Dokumen Yang di Unduh Tidak Sesuai Dengan Jumlah Aktual Guru/ Tendik Pengguna Di Sekolah (Klik Di Sini)


Pengertian Akun Pembelajaran belajar.id

 

Pengertian, Tujuan, Penerima, dan Cara Mendapatkan Akun Pembalajaran belajar.id - www.dapodik.co.id

Sebelum kita mengenal cara kerjanya kita harus mengetahui apa itu akun pembelajaran dari web resmi kemdikbud belajar.id. Menurut belajar.id, akun pembelajaran adalah sebuah akun elektronik yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berisikan User dan Password masuk untuk layanan baru aplikasi pembelajaran dengan basis internet seperti halnya layanan aplikasi zoom, google meet dan lainnya

 

Tujuan Kegunaan Akun Pembelajaran belajar.id

 

Pembuatan akun pembelajaran dari kementerian dan kebudayaan ini tidak serta merta dibuat tanpa alasan dan tujuan. Di tengah Pandemi Virus Covid-19 yang meningkat. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemdikbud) memiliki inisiatif untuk membuat sebuah akun pembelajaran yang digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara daring saat masa pandemi atau dalam keadaan yang tidak memungkinan untuk bertatap muka. Sehingga proses pembalajaran dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi bisa menjadi solusi disaat siswa tidak datang ke sekolah.

 

Yang Dapat Mengunakan Akun Pembelajaran belajar.id

 

Akun pembelajaran ini dibuat untuk para pemangku pendidikan mulai dari siswa, guru dan tenaga kependidikan. Adapun untuk peserta didik atau siswa harus dibatasi yaitu untuk Siswa kelas 5 dan 6 SD , Siswantuk semua Kelas Jenjang SMP, Siswa Untuk Semua Jenjang SMA, dan Siswa Kelas 5 Sampai kelas 12 SLB.

 

Cara Mendapat Akun Pembelajaran belajar.id

 

Untuk mendapatkan akun pembelajaran ini, seorang operator yang harus mengunduh username dan password yang telah disediakan oleh Kemdikbud. Sehingga guru, siswa dan tenaga kependidikan harus meminta langsung user dan password ke Operator Dapodik. Untuk lengkapnya sebagai berikut:

 

1.    Operator Dapodik dapat login dengan user dan password yang terdaftar di Sdm.data.kemdikbud.go.id untuk membuka laman resi di pd.data.kemdikbud.go.id.

 

2.    Setela terbuka silahkan anda mencari menu “unduh akun”.

 

3.    Silahkan anda unduh semua dalam bentuk CSV yang berisi username dan passwordnya. Dari mulai Admin, peserta didik, dan Pendidikan Tenaga Kependidikan.

 

4.    Pilih Menu Admin, untuk mengunduh akun pembelajaran untuk admin dapodik

 

5.    Pilih Menu PTK, untuk mengunduh akun pembelajaran untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan

 

6.    Pilih Menu Peserta Didik, untuk mengunduh akun pembelajaran untuk Peserta didik.

 

7.    Operator Dapodik sekolah harus membagikan kepada yang berhak menerima karena semua akun sudah diunduh oleh operator dapodik dan dibagikan. Biasanya semua unduhan berbentuk CSV.

 

8.    Setelah peserta didik, guru dan tenaga kependidika sudah mendapatkan akun pembelajaran selanjutnya mereka harus mengganti password dengan cara sebagai berikut.

 

9.    Silahkan anda buka mail.google.com Kemudian anda login dengan menggunakan user dan password yang telah diberikan oleh operator dapodik sekolah. Silahkan anda ganti passwordnya minimal 8 karakter yang berisi huruf besar, angka dan kalimat yang sesuai dengan kemanaan tingkat tinggi. Selanjutnya anda akan dapat login ke email belajar tersebut.

 

Kegunaan Akun Pembelajaran

 

Untuk apasih, akun pembelajaran ini dibuat oleh kementerian pendidikan? Nah, biasanya ketika kita membuka sistem aplikasi belajar online sebuah sistem membutuhkan keamanaan untuk loginnya, kemudian ada opsi pilihan login menggunakan akun gmail google. Akun gmail inilah yang nantinya akan dapat digunakan untuk membuka diberbagai macam aplikasi pembelajaran. Berikut dafatr aplikasi belajar online yang dapat dibuka dengan menggunakan akun pembelajaran ini:

 

Rumah belajar, Google Slide, Google Doc, Khan Academy, Pintaria, Google classs room, google sheet, google hangout, google drive, zoom, bahaso, udemy, zenius, pahamfy, coursera, Ruang guru, data classroom, lanschol, story jumper, tes blendspace, buncee, drawp for school, rediker, tynker, CK 12, Fomrative, Schoolrunner, Realsart, Unicheck, Quizizz, Knovation Learning, Salamender Soft, Flat for Edu, PBS Learning Media, Quipper

 

Demikian Artikel Terbaru Terkai Pengertian, Tujuan, Penerima, dan Cara Mendapatkan Akun Pembalajaran belajar.id. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

 

Sumber: Belajar.id