Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BUKU SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP LENGKAP SEMUA MATA PELAJARAN

DAPODIK.CO.ID - BUKU SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP LENGKAP SEMUA MATA PELAJARAN. Salah  satu  tugas  dan  fungsi  Direktorat  Sekolah  Menengah  Pertama  (SMP) yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia  Nomor:  9  Tahun  2020,  tentang  Perubahan  atas  Peraturan  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 45 Tahun 2019, tentang Organisasi dan Tata Kerja  Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan,  antara  lain  “penyusunan  norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang penilaian pada sekolah menengah pertama” dan  “fasilitasi  penyelenggaraan  di  bidang  penilaian  pada  sekolah  menengah pertama”.

 

Sistem  pendidikan  harus  mendorong  tumbuhnya  praktik  belajar-mengajar yang  menumbuhkan  daya  nalar  dan  karakter  peserta  didik  secara  utuh. Pencanangan    kebijakan  ”Merdeka  Belajar”  oleh  pemerintah  memberikan peluang yang seluas-luasnya pada guru dan sekolah untuk mengembangkan kreativitas  dan  inovasi  dalam  mendesain  sebuah  rencana  pelaksanaan pembelajaran  dan  penilaian  yang  bertanggungjawab,  sehingga  pencapaian kompetensi siswa secara komprehensif, baik pada ranah sikap pengetahuan, dan  keterampilan  siswa  semakin  meningkat.  Untuk  mencapai  kompetensi yang diharapkan tersebut, tentu saja harus dapat dibuktikan melalui penilaian (asesmen) pendidikan secara akuntabel.

 

Penilaian yang dimaksud  di atas, dapat dilakukan oleh internal guru yang bersangkutan  selama  proses  pembelajaran  atau  dapat disebut juga  sebagai ”Penilaian Berbasis Kelas” untuk semua mata pelajaran, baik yang bersifat formatif  maupun  sumatif. Hasil penilaian tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu indikator hasil pencapaian kompetensi siswa atas materi yang telah diajarkan,  yang  selanjutnya  dapat  dijadikan  dasar  penentuan  tindak  lanjut proses pembelajaran.

 

Selain itu, sebagai bentuk akuntabilitas pembelajaran yang telah dilakukan guru,  maka  satuan  pendidikan  dapat  melakukan  penilaian  internal  satuan pendidikan,  dengan  mekanisme  penetapan  standar  minimal  pencapaian kompetensi siswa yang ditetapkan oleh satuan pendidikan masing-masing.

 

Bentuk  penilaian  ini  dapat  dikatakan  sebagai  ”Penilaian  yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan”. Penilaian oleh Satuan Pendidikan ini diselenggarakan secara  sumatif,  dengan tujuan untuk  mengukur sejauh mana ketercapaian kompetensi yang telah diajarkan guru kepada para siswa. Sehingga secara fungsional hasil penilaian tersebut dapat digunakan sebagai bagian pengambilan keputusan terhadap siswa  sekaligus gambaran kualitas hasil belajar mengajar di sekolah (asessment of learning).

 

Adapun  bentuk-bentuk  dokumen  Norma,  Standar,  Prosedur,  dan  Kriteria  (NSPK) yang telah berhasil disusun tersebut antara lain berupa manual, pedoman, panduan, dan  contoh-contoh  inspirasi  di  bidang  pembelajaran  dan  penilaian.  Penyiapan dokumen-dokumen  NSPK  tersebut  dilakukan  dalam  rangka  memberikan  fasilitasi layanan dan penjaminan mutu pendidikan, khususnya pada jenjang SMP.

 

Pada  saat  penilaian  yang  diselenggarakan  oleh  Satuan  Pendidikan  ini ilaksanakan  di  akhir  jenjang  SMP  (Kelas  IX),  maka  yang  diukur  adalah ketercapaian  Standar  Kompetensi  Lulusan  (SKL)  melalui  Ujian  Sekolah (US).  Sesuai  dengan  Peraturan  Menteri  Pendidikan  dan  Kebudayaan  RI Nomor  43  Tahun  2019,  tentang  Penyelenggaraan  Ujian  yang Diselenggarakan  Satuan  Pendidikan  dan  Ujian  Nasional,  khususnya  pada Pasal  5  ayat  (1)  yang  menyatakan  bahwa  “Bentuk  Ujian  yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 berupa: a. portofolio; b. penugasan; c. tes tulis; dan/atau d. bentuk kegiatan lain  yang  ditetapkan  Satuan  Pendidikan  sesuai  dengan  kompetensi  yang diukur berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP)”.

 

Untuk  memberikan  gambaran  yang  lebih  jelas  tentang  berbagai  bentuk penilaian  tersebut  di  atas,  diperlukan  contoh-contoh  inspirasi  yang diharapkan  dapat  membantu  guru  dalam  memahami  konsep  dan melaksanakan  kebijakan  penilaian  dimaksud.  Buku  ini  dimaksudkan Direktorat  Sekolah  Menengah  Pertama  (SMP),  Direktorat  Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memberikan contoh-contoh inspiratif bagi guru dan sekolah untuk menerapkan bentuk-bentuk penilaian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

 

Ujian  yang  diselenggarakan  oleh  satuan  pendidikan  (sekolah)  merupakan proses  pengumpulan  informasi/data  tentang  capaian  pembelajaran  peserta didik  (siswa)  dalam  aspek  sikap,  pengetahuan,  dan  keterampilan  yang dilakukan  secara  terencana  dan  sistematis  dalam  bentuk  penilaian  akhir semester, penilaian akhir tahun, dan ujian satuan pendidikan.

 

Penilaian Akhir Semester (PAS) digunakan sebagai salah satu pertimbangan untuk  pengisian  laporan  hasil  belajar.  Penilaian  Akhir  Tahun  (PAT) digunakan  untuk  salah  satu  pertimbangan  penentuan  kenaikan  kelas.Ujian yang  diselenggarakan  oleh  Satuan  Pendidikan/Ujian  Sekolah  (US) merupakan  penilaian  hasil  belajar  oleh  Satuan Pendidikan  yang  bertujuan untuk  menilai  pencapaianstandar  kompetensi  lulusan  untuk  semua matapelajaran.  US  digunakan  untuk  salah  satu  pertimbangan  penentuan kelulusan peserta didik dari jenjang pendidikan tertentu.

 

PAS mengukur hasil belajar dengan materi semua KD pada  semester gasal. PAT dilaksanakan pada akhir semester genap dengan materi semua KD pada semester  genap.  US  mengukur  dan  menilai  kompetensi  peserta  didik terhadap Standar Kompetensi  Lulusan (SKL) sesuai Permendikbud Nomor 21  Tahun  2016  dan  SKL  tambahan  yang  ditetapkan  sekolah.  Dengan demikian,  kompetensi  yang  diujikan  dalam  PAS,  PAT,  dan  US  meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Selain  itu,  PAS,  PAT,  dan  US  seharusnya  mampu  mengungkapkan kecakapan  literasi,  berpikir  kritis,  berpikir  kreatif,  dan  kemampuan komunikasi peserta didik.

 

Tujuan  disusunnya  inspirasi  soal  ujian  yang  diselenggarakan  oleh  satuan pendidikan  pada  tingkat  SMP  ini  adalah  untuk  menyediakan  sumber inspirasi bagi guru tentang berbagai bentuk penilaian  yang diselenggarakan satuan pendidikan.

 

Buku ini terdiri dari dua bagian, yakni bagian pertama berisi konsep ujian yang diselenggarakan satuan pendidikan dan bagian kedua berupa contoh contoh inspiratif berbagai bentuk ujian pada mata pelajaran di jenjang SMP.

 


BUKU SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP BUKU SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP LENGKAP SEMUA MATA PELAJARAN

 

Link Unduh BUKU SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP BUKU SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP LENGKAP SEMUA MATA PELAJARAN IPS (klik disini).

 

Link Unduh BUKU SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP BUKU SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP LENGKAP SEMUA MATA PELAJARAN IPA (klik disini).


Link Unduh BUKU SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP BUKU SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP LENGKAP SEMUA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS  (klik disini).


Link Unduh BUKU SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP BUKU SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP LENGKAP SEMUA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (klik disini).


Link Unduh BUKU SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP BUKU SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP LENGKAP SEMUA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (klik disini).


Link Unduh BUKU SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP BUKU SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP LENGKAP SEMUA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (klik disini).


Link Unduh BUKU SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP BUKU SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP LENGKAP SEMUA MATA PELAJARAN PKN (klik disini).


Link Unduh BUKU SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP BUKU SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP LENGKAP SEMUA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (klik disini).


Link Unduh BUKU SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP BUKU SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP LENGKAP SEMUA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA (klik disini).


Link Unduh BUKU SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP BUKU SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP LENGKAP SEMUA MATA PELAJARAN PRAKARYA (klik disini).


Demikian Informasi Terbaru Terkait BUKU SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP BUKU SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP LENGKAP SEMUA MATA PELAJARAN Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.