Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CONTOH SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS

DAPODIK.CO.ID - CONTOH SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS Ujian  yang  diselenggarakan  oleh  satuan  pendidikan  (sekolah)  merupakan proses  pengumpulan  informasi/data  tentang  capaian  pembelajaran  peserta didik  (siswa)  dalam  aspek  sikap,  pengetahuan,  dan  keterampilan  yang dilakukan  secara  terencana  dan  sistematis  dalam  bentuk  penilaian  akhir semester, penilaian akhir tahun, dan ujian satuan pendidikan.

 

Penilaian Akhir Semester (PAS) digunakan sebagai salah satu pertimbangan untuk pengisian  laporan hasil belajar. Penilaian Akhir Tahun  (PAT) digunakan untuk salah satu pertimbangan penentuan kenaikan kelas. Ujian yang  diselenggarakan  oleh  Satuan  Pendidikan/Ujian  Sekolah  (US) merupakan  penilaian  hasil  belajar  oleh  Satuan  Pendidikan  yang  bertujuan untuk  menilai  pencapaian  standar  kompetensi  lulusan  untuk  semua  mata pelajaran. US digunakan untuk salah satu pertimbangan penentuan kelulusan peserta didik dari jenjang pendidikan tertentu.

 


PAS mengukur hasil belajar dengan materi semua KD pada semester gasal. PAT dilaksanakan pada akhir semester genap dengan materi semua KD pada semester genap.

 

US mengukur dan  menilai kompetensi peserta didik  terhadap  Standar Kompetensi  Lulusan (SKL) sesuai Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 dan SKL tambahan yang ditetapkan sekolah. Dengan demikian, kompetensi yang diujikan dalam PAS, PAT, dan US meliputi  sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Selain itu, PAS, PAT, dan US seharusnya mampu mengungkapkan kecakapan literasi, berpikir kritis, berpikir kreatif, dan kemampuan komunikasi peserta didik.

 

Pada saat penilaian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan ini dilaksanakan  di  akhir  jenjang  SMP  (Kelas  IX),  maka  yang  diukur  adalah ketercapaian  Standar  Kompetensi  Lulusan  (SKL)  melalui  Ujian  Sekolah (US).  Sesuai  dengan  Peraturan  Menteri  Pendidikan  dan  Kebudayaan  RI Nomor  43  Tahun  2019,  tentang  Penyelenggaraan  Ujian  yang Diselenggarakan  Satuan  Pendidikan  dan  Ujian  Nasional,  khususnya  pada Pasal  5  ayat  (1)  yang  menyatakan  bahwa  “Bentuk  Ujian  yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 berupa: a. portofolio; b. penugasan; c. tes tulis; dan/atau d. bentuk kegiatan lain  yang  ditetapkan  Satuan  Pendidikan  sesuai  dengan  kompetensi  yang diukur berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP)”.

 

Untuk  memberikan  gambaran  yang  lebih  jelas  tentang  berbagai  bentuk penilaian  tersebut  di  atas,  diperlukan  contoh-contoh  inspirasi  yang diharapkan  dapat  membantu  guru  dalam  memahami  konsep  dan melaksanakan  kebijakan  penilaian  dimaksud.  Buku  ini dimaksudkan Direktorat Sekolah Menenga Pertama  (SMP),  Direktorat  Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memberikan contoh-contoh inspiratif bagi guru dan sekolah untuk menerapkan bentuk -bentuk penilaian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

 

Dengan  adanya  pengantar  umum  berbagai  bentuk  ujian  yang diselenggarakan sekolah dan inspirasi contoh-contoh bentuk penilaian di atas, maka sekolah  dan  guru  diharapkan  dapat  memanfaatkannya  untuk  menerapkan  bentuk bentuk ini. Dengan demikian, ujian yang diselenggarakan sekolah tidak hanya melulu tes tertulis, tapi bisa beragam bentuk. Pada akhirnya, kompetensi siswa dapat dinilai dengan  lebih  akurat,  dan  pengambilan  keputusan  terhadap  siswa  juga  lebih  tepat. Kunci untuk melakukan ini semua adalah berani mencoba, melakukan perencanaan, dan mengimplementasikannya.

 

Selengkapnya, Paparan Serta Unduh CONTOH SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS Sebagai Berikut:


 

Link Unduh CONTOH SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (klik disini).