Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CONTOH SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

DAPODIK.CO.ID - CONTOH SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. Ujian  yang  diselenggarakan  oleh  satuan  pendidikan  (sekolah)  merupakan proses  pengumpulan  informasi/data  tentang  capaian  pembelajaran  peserta didik  (siswa)  dalam  aspek  sikap,  pengetahuan,  dan  keterampilan  yang dilakukan  secara  terencana  dan  sistematis  dalam  bentuk  penilaian  akhir semester, penilaian akhir tahun, dan ujian satuan pendidikan.

 

Penilaian Akhir Semester (PAS) digunakan sebagai salah satu pertimbangan untuk  pengisian  laporan  hasil  belajar.  Penilaian  Akhir  Tahun  (PAT) digunakan  untuk  salah  satu  pertimbangan  penentuan  kenaikan  kelas.Ujian yang  diselenggarakan  oleh  Satuan  Pendidikan/Ujian  Sekolah  (US) merupakan  penilaian  hasil  belajar  oleh  Satuan  Pendidikan  yang  bertujuan untuk  menilai  pencapaian  standar  kompetensi  lulusan  untuk  semua  mata pelajaran. US digunakan untuk salah satu pertimbangan penentuan kelulusan peserta didik dari jenjang pendidikan tertentu.

 


CONTOH SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL


Salah satu tugas dan fungsi Direktorat Sekolah Menengah  Pertama  (SMP)  yang  tertuang  dalam  Peraturan  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 9 Tahun 2020, tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 45 Tahun 2019, tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan  dan  Kebudayaan,  antara  lain  “penyusunan  norma,  standar, prosedur,  dan  kriteria  di  bidang  penilaian  pada  sekolah  menengah pertama”  dan  “fasilitasi  penyelenggaraan  di  bidang  penilaian  pada sekolah menengah pertama”.

 

Adapun bentuk-bentuk dokumen Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) yang telah berhasil disusun tersebut antara lain berupa manual, pedoman, panduan, dan contoh-contoh inspirasi di bidang pembelajaran dan penilaian. Penyiapan dokumen-dokumen NSPK tersebut dilakukan dalam  rangka  memberikan  fasilitasi  layanan  dan  penjaminan  mutu pendidikan, khususnya pada jenjang SMP.

 

Agar dokumen-dokumen yang telah dihasilkan oleh Direktorat SMP bersama tim penulis yang berasal dari unsur akademisi dan praktisi pendidikan tersebut, dapat dimanfaatkan secara optimal oleh semua  pihak  terkait,  baik  dari  unsur  dinas  pendidikan  kabupaten/kota, para pendidik, dan tenaga kependidikan, sehingga pada akhirnya dapat menjadi  bagian  alternatif  yang  dapat  membantu  sekolah  dalam penyelenggaraan pendidikan.

 

Penilaian  yang  dimaksud  di  atas,  dapat  dilakukan  oleh  internal  guru  yang bersangkutan  selama  proses  pembelajaran  atau  dapat  disebut  juga  sebagai ”Penilaian Berbasis Kelas” untuk semua mata pelajaran, baik yang bersifat formatif  maupun  sumatif.  Hasil  penilaian  tersebut  dapat  dijadikan  sebagai salah satu indikator hasil pencapaian kompetensi siswa atas materi yang telah diajarkan,  yang  selanjutnya  dapat  dijadikan  dasar  penentuan  tindak  lanjut proses pembelajaran.

 

Sebagai bentuk akuntabilitas pembelajaran yang telah dilakukan guru,  maka  satuan  pendidikan  dapat  melakukan  penilaian  internal  satuan pendidikan,  dengan  mekanisme  penetapan  standar  minimal  pencapaian kompetensi  siswa yang ditetapkan oleh satuan pendidikan masing-masing. Bentuk  penilaian  ini  dapat  dikatakan  sebagai  ”Penilaian  yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan”. Penilaian oleh Satuan Pendidikan ini  iselenggarakan  secara  sumatif,  dengan  tujuan  untuk  mengukur  sejauh mana ketercapaian kompetensi yang telah diajarkan guru kepada para siswa.

 

Untuk  memberikan  gambaran  yang  lebih  jelas  tentang  berbagai  bentuk penilaian  tersebut  di  atas,  diperlukan  contoh-contoh  inspirasi  yang diharapkan  dapat  membantu  guru  dalam  memahami  konsep  dan melaksanakan  kebijakan  penilaian  dimaksud.  Buku  ini  dimaksudkan Direktorat  Sekolah  Menengah  Pertama  (SMP),  Direktorat  Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memberikan contoh-contoh inspiratif bagi guru dan sekolah untuk menerapkan bentuk -bentuk penilaian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

 

Selengkapnya, Paparan Serta Unduh CONTOH SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Sebagai Berikut


 

Link Unduh CONTOH SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (klik disini)


Posting Komentar untuk "CONTOH SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL"