Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CONTOH SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

DAPODIK.CO.ID - CONTOH SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM. Sistem pendidikan  harus  mendorong  tumbuhnya  praktik  belajar-mengajar yang  menumbuhkan  daya  nalar  dan  karakter  peserta  didik  secara  utuh.

 

Pencanangan  kebijakan  ”Merdeka  Belajar”  oleh  pemerintah  memberikan peluang yang seluas-luasnya pada guru dan sekolah untuk mengembangkan kreativitas  dan  inovasi  dalam  mendesain  sebuah  rencana  pelaksanaan pembelajaran  dan  penilaian  yang  bertanggungjawab,  sehingga  pencapaian kompetensi siswa secara komprehensif, baik pada ranah sikap pengetahuan, dan  keterampilan  siswa  semakin  meningkat.  Untuk  mencapai  kompetensi yang diharapkan tersebut, tentu saja harus dapat dibuktikan melalui penilaian (asesmen) pendidikan secara akuntabel.

 

Penilaian yang dimaksud di atas, dapat dilakukan oleh internal guru yang bersangkutan selama  proses  pembelajaran  atau  dapat disebut juga  sebagai ”Penilaian Berbasis Kelas” untuk semua mata pelajaran, baik yang bersifat formatif  maupun  sumatif. Hasil penilaian tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu indikator hasil pencapaian kompetensi siswa atas materi yang telah diajarkan,  yang  selanjutnya  dapat  dijadikan  dasar  penentuan  tindak  lanjut proses pembelajaran.

 

 

Sebagai bentuk akuntabilitas pembelajaran yang telah dilakukan guru,  maka  satuan  pendidikan  dapat  melakukan  penilaian  internal  satuan pendidikan,  dengan  mekanisme  penetapan  standar  minimal  pencapaian kompetensi siswa yang ditetapkan oleh satuan  pendidikan masing-masing.

 

Bentuk  penilaian  ini  dapat  dikatakan  sebagai  ”Penilaian  yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan”. Penilaian oleh Satuan Pendidikan ini diselenggarakan secara  sumatif,  dengan tujuan untuk  mengukur sejauh mana ketercapaian kompetensi yang telah diajarkan guru kepada para siswa. Sehingga secara fungsional hasil penilaian tersebut dapat digunakan sebagai bagian pengambilan keputusan terhadap siswa  sekaligus gambaran kualitas hasil belajar mengajar di sekolah (asessment of learning).

 

Pada saat penilaian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan ini dilaksanakan  di  akhir  jenjang  SMP  (Kelas  IX),  maka  yang  diukur  adalah ketercapaian  Standar  Kompetensi  Lulusan  (SKL)  melalui  Ujian  Sekolah (US).  Sesuai  dengan  Peraturan  Menteri  Pendidikan  dan  Kebudayaan  RI Nomor  43  Tahun  2019,  tentang  Penyelenggaraan  Ujian  yang Diselenggarakan  Satuan  Pendidikan  dan  Ujian  Nasional,  khususnya  pada Pasal  5  ayat  (1)  yang  menyatakan  bahwa  “Bentuk  Ujian  yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 berupa: a. portofolio; b. penugasan; c. tes tulis; dan/atau d. bentuk kegiatan lain  yang  ditetapkan  Satuan  Pendidikan  sesuai  dengan  kompetensi  yang diukur berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP)”.

 

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang  berbagai bentuk penilaian tersebut di  atas,  diperlukan  contoh-contoh  inspirasi  yang diharapkan  dapat  membantu  guru  dalam  memahami  konsep  dan melaksanakan  kebijakan  penilaian  dimaksud.  Buku  ini  dimaksudkan Direktorat  Sekolah  Menengah  Pertama  (SMP),  Direktorat  Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memberikan contoh-contoh inspiratif bagi guru dan sekolah untuk menerapkan bentuk -bentuk penilaian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

 

Selengkapnya, Paparan Serta Unduh CONTOH SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Sebagai Berikut:


 

Link Unduh CONTOH SOAL UJIAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN TINGKAT SMP MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (klik disini)