Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Gagal Sinkronisasi Aplikasi EDS Didkdasmen Offline Aplikasi PMP : Status Koneksi internet Lambat, Silahkan Update Sinkronisasi Anda Dengan Versi Terbaru

DAPODIK.CO.ID - Aplikasi EDS daring pmp dan aplikasi EDS offline pmp, baik yang online maupun offline, ternyata sesungguh sangat menguras pikiran dan tenaga operator sekolah. Bagimana tidak, masalah demi masalah terus saja terjadi pada aplikasi EDS Dikdasmen PMP sehingga pengisian kuisioner terhambat. Mayoritas sekolah kesuliitan mengisi EDS PMP secara online.

Kemudian bagaimana dengan EDS PMP Offline Dikdasmen? Sama saja. Banyak masalah yang muncul. Satu diantaranya adalah tidak bisa sinkronisasi karena status. koneksi internet lambat dan muncul lagi di suruh update sinkronisasi dengan versi terbaru. Untuk diketahuioleh operator sekolah bahwa kesalahan sebenarnya bukan pada koneksi internet, akan tetapi pada aplikasinya yang belum begitu matang.

Banyak juga para operator mengalami kegagalan ketika sedang mengalami kegagalan. Padahal semua tahap telah dilalui dengan benar. Masalah ini tampaknya selalu muncul sebab diberbagai forum operator sekolah, hal ini selalu ditanyakan oleh operator sekolah atau operator yang rangkap mengerjakan semua aplikasi pendidikan di sekolah.

Nah maka dari itu pada kesempatan kali ini admin akan membagikan informasi sekaligur tutorial atau panduan mengenai Cara Mengatasi Gagal Sinkronisasi Aplikasi EDS Didkdasmen Offline Aplikasi PMP: Status Koneksi internet Lambat, Silahkan Update Sinkronisasi Anda Dengan Versi Terbaru.

Namun sebelumnya admin dapodik.co.id akan menjelaskan dulu mengenai apa itu sinkronisasi Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP dan disertai apa penyebab kegagalan proses sinkronisasi.

Cara Mengatasi Gagal Sinkronisasi Aplikasi EDS Didkdasmen Offline Aplikasi PMP : Status Koneksi internet Lambat, Silahkan Update Sinkronisasi Anda Dengan Versi Terbaru
Cara Mengatasi Gagal Sinkronisasi Aplikasi EDS Didkdasmen Offline Aplikasi PMP : Status Koneksi internet Lambat, Silahkan Update Sinkronisasi Anda Dengan Versi Terbaru

Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP ?

Sinkronisasi Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP adalah sebuah fitur yang berada di Aplikasi PMP yang berfungsi untuk melakukan pengiriman data ke server pusat.

Data yang dikirm meliputi semua data yan ada di Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP, mulai dari pengawas,kepala sekolah, guru,  Peserta Didik, ampai dengan komite sekolah.

Dengan melakukan sinkronisasi maka itu artinya anda telah melakukan pengiriman data terbaru yang diperbaiki sebelumnya.

Ingatlah bahwa aplikasi Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP ini dibuat secara semi offline. Maksudnya perbaikan data yang anda lakukan tida bisa otomatis terkirim ke server pusat. Melainkan nanti akan dikirim secara kolektif secara online dengan memanfaatkan fitur Sinkronisasi.

Untuk cara melakukan Sinkronisasi Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP adalah sebagai berikut:

Penyebab Sinkronisasi Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP Gagal

Agar proses sinkronisasi Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP berjalan dengan sukses maka terlebih dahulu anda harus mengetahui penyebab kegagalannya.

Ada beberapa penyebab kegagalan sinkronisasi Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP, yaitu:

1.    Sever sedang mengalami perbaikan. Ini adalah penyebab sinkronisasi Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP gagal yang pertama. Terkadang untuk meningkatkan kualitas akses tim dapodikdasmen akan melakukan perbaikan sever. Selama proses ini berlangsung maka anda tidak akan bisa melakukan sinkronisasi Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP maupun Aplikasi PMP Online. Tanda jika sever sedang mengalami perbaikan adalah website Aplikasi PMP tidak bisa diakses.

2.    Belum Melakukan Validasi. Syarat Utama agar bisa melakukan sinkronisasi adalah Validasi.validasi yang dimaksud adalah ada beberapa konsioner yang tidak di isi. Selama proses ini tidak dilakukan maka anda tidak akan bisa melakukan sinkronisasi.

3.    Koneksi Internet Laabat. Ini adalah penyebab umum. Karena jaringan internet yang digunakan lambat maka mengakibatkan proses sinkronisasi Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP menjadi gagal.

4.    Banyak yang Melakukan Sinkronisasi. Pada jam-jam kerja banyak operator yang melakukan sinkronisasi Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP. Akibatnya server menjadi sibuk dan bisa mengakibatkan proses sinkronisasi beberapa operator gagal.

Itulah beberapa penyebab umum proses sinkroniasi Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP gagal. Bagi anda yang mengalami kegagalan silahkan pahami ke empat hal tersebut.

Tips Sinkronisasi Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP Terbaru Agar Cepat Berhasil

Setelah anda mengetahui penyebab kegagalan sinkronisasi Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP maka selanjutnya akan admin sampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan Tips Sinkronisasi Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP Terbaru Agar Cepat Berhasil. Simaklah baik-baik:

1.   Pastikan Server Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP Aktif

Karena sinkroniasi Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP itu bertujuan mengirim data ke server maka pastikan bahwa server sedang dalam keadaan aktif. Tidak sedang dalam perbaikan. Karena jika sedang dalam perbaikan maka sampai kapanpun anda tidak bisa melakukan sinkronisasi Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP.

Tunggu sampai server Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP aktif kembali. Biasanya jika sedang mengalami perbaikan akan ada pemberitahuan terlebih dahulu. Atau jika tidak, maka cobalah buka website http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. Apabila bisa diakses maka itu tandanya aktif, jika tidak maka sedang dalam perbaikan.

2.   Lakukan Validasi

Bagi operator baru terkadang ada yang masih bingung untuk melakukan sinkronisasi. Mereka biasanya langsung Klik Menu Sinkroniasasi tanpa melakukan validasi terlebih dahulu.

Jika ini yang dilakukan maka sampai kapanpun tidak bisa Sinkronisasi. Proses sinkronisasi baru bisa dilakukan selama semua data valid. Maka Klik terlebih dahulu Menu Validasi.

Pastikan semua data sudah valid atau sudah terisi dan tidak ada gambar merah. Apabila terdapat data yang invalid harus segera di cari dan diperbaiki sampai valid. Jika data invalid masih ada satu saja maka anda tid bisa melakukan sinkronisasi.

3.   Gunakan Akses Internet Yang Lancar

Ini menjadi salah satu kunci utama keberhasilan sinkronisasi Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP. Gunakanlah akses internet yang lancar sesuai dengan daerah anda.

Jangan sampai akses internet yang digunakan putus-putus. Jika ini terjadi maka dapat dipastikan proses sinkronisasi Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP akan gagal di tengah jalan.

Tidak harus menggunakan wifi, sebab admin sendiri selama ini juga menggunakan hotspot dari smartphone. Kuncinya adalah akses internet berjalan dengan lancar.

4.   Status Koneksi Anda Dengan Internet Connected

Tips yang ke empat ini masih berhubungan dengan yang nomor 3 di atas. Ketika melakukan sinkronisasi Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP anda harul melihat status koneksi anda dengan internet.

Pastikan status tersebut sudah Connected. Artinya koneksi berjalan dengan lancar dan anda bisa melakukan sinkronisasi.

Apabila Status koneksi Disconnected maka anda tidak bisa melakukan sinkronisasi. Lihat contoh pada gambar di atas.

5.   Cari Waktu Yang Sepi

Kegagalan proses sinkronisasi biasanya terjadi ketika jam kerja. Pada waktu tersebut banyak operator yang sedang melakukan sinkronisasi.

Akibatnya server menjadi sangat sibuk yang mengakibatkan sebagian operator mengalami kegagalan sinkronisasi Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP.

admin dapodik.co.id anjurkan anda untuk melakukan sinkronisasi di waktu yang sepi. admin sendiri biasanya melakukan sinkronisasi Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP setelah subuh. Hal itu ternyata manjur karena admin selalu berhasil melakukan sinkroniasasi.

6.   Hapus Semua History (Riwayat Penelusuran Google)

Terkadang ketika anda melakukan browsing di internet ada virus yang masuk dalam web browser yang anda gunakan untuk Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP.

Hal ini bisa mengakibatkan kinerja Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP menjadi terhambat termasuk dalam hal sinkronisasi. Oleh karenaitu hapuslah history tersebut agar web browser bersih dari virus yang mengganggu.

7.   Instal Ulang Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP

Ini adalah Tips terakhir jika anda mengalami kegagalan dalam sinkronisasi Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP. Terkadang ada yang keliru dalam proses instalasi Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP.

Apabila ini terjadi maka dapat mempengaruhi kinerja dari Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP termasuk ketika proses sinkronisasi.

Untuk itu lakukanlah instal ulang terhadap Aplikasi EDS Dikdasmen Offline PMP. Installah sesuai dengan buku panduan yang ada supaya bisa digunakan secara maksimal.

Demikianlah informasi mengenai Cara Mengatasi Gagal Sinkronisasi Aplikasi EDS Didkdasmen Offline Aplikasi PMP: Status Koneksi internet Lambat, Silahkan Update Sinkronisasi Anda Dengan Versi Terbaru. Pada dasarnya proses sinkronisasi berlangsung sangat cepat.

Jika kurang jelas dan ada pertanyaan bisa anda tanya pada kolom komentar. Untuk dapat mengikuti berita terbarua dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler khusus dunia pendidikan.

23 komentar untuk "Cara Mengatasi Gagal Sinkronisasi Aplikasi EDS Didkdasmen Offline Aplikasi PMP : Status Koneksi internet Lambat, Silahkan Update Sinkronisasi Anda Dengan Versi Terbaru"

  1. Saya tanggal 11 Des. Ini mau sinkronisasi untuk tambah pengguna juga masih belum bisa. Katanya masih perbaikan. Apa benar ya teman2 operator.

    BalasHapus
  2. Bila re-install, apakah hrs mengisi lagi kuesionernya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Versi 2019.12.18 - Final, jaringan internet baik, dan juga sudah mencoba ganti ke provider yg lain, status masih DISCONNECTED

      Hapus
    2. back up dulu data Versi 2019.12.18 kemudian uninstal baru instal ulang lagi aplikasi PMP yang terbaru

      Hapus
  3. solusi sinkron katanya server sibuk

    BalasHapus
  4. Bismillah,
    Mau bertanya min, Saya sudah lama sekali telah menyelesaikan pengisian EDS2020 dan selalu muncul: "Server sedang sibuk, silakan dicoba beberapa menit lagi.." Sy sudah coba semua cara diatas, mulai Hapus cache, History, Backup-Restore, Instal Ulang Laptop, Online di jam2 sepi, dinihari, subuh dsbnya dan menggunakan fasilitas koneksi internet yg sgt baik tapi tetap sj muncul pesan "Server sedang sibuk, silakan dicoba beberapa menit lagi.." Dan semua langkah2 diatas sudah sy lakukan berulangkali dengan waktu yg sgt lama mulai awal desember tapi tetap tak berhasil.
    Kira2 solusinya dimana yach gan? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti leptop yang spesimes sesuai di inginkan aplikasi

      Hapus
  5. EDS harus diisi sampai 31 Desember ternyata setelah diisi sulit sinkronisasi gimana yang benar nih, ap sebaiknya tak diisi binggung kerja operatornya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus di isi sebelum 31 desember

      Hapus
  6. Sudah saya isi. tinggal sinkronisasi. akan tetapi yang terjadi muncul "Server sedang sibuk, silakan dicoba beberapa menit lagi.." Mohon Sulusinya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. solusinya, hapus dulu histori broswer anda
      maru lakukan sinkronisasi lagi

      Hapus
  7. Saya mengisi EDS 2 sekolah di 1 komputer, yang satu sudah sinkron yang 1 belum, katanya "server sedang sibuk, silahkan coba beberapa menit lagi". Apakah hal ini yang menyebabkan belum sinkron?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, salah satu kendala muncul masalah itu

      Hapus
  8. Min ijin bertanya. Aplikasi yang sudah terinstall di komp sya adalah EDS 2020.B
    Sudah isi data kuisioner lengkap, cek pakta integritas dll.
    Ketika mau sinkron, muncul tulisan
    "Kode registrasi sekolah anda salah, silahkan cek kode registrasi"

    Kemudian sya coba akses server melalui komp client... Tgl trakhir sinkron EDSnya berbeda. Di server 26 okt.. Ketika akses di komp client tgl sinkron nya 15 nov.

    Alhasil sampai saat ini blum bisa sinkron dan masuk datanya ke website pusat.
    Mohon solusi 🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. jawabannya lakukan nomor 6,
      jikak tetap nelum berhasil maka lakukan cara nomor 7 pada artikel di atas

      Hapus
  9. Min ijin bertanya. Aplikasi yang sudah terinstall di komp sya adalah EDS 2020.B
    Sudah isi data kuisioner lengkap, cek pakta integritas dll.
    Ketika mau sinkron, muncul tulisan
    "Kode registrasi sekolah anda salah, silahkan cek kode registrasi"

    Kemudian sya coba akses server melalui komp client... Tgl trakhir sinkron EDSnya berbeda. Di server 26 okt.. Ketika akses di komp client tgl sinkron nya 15 nov.

    Alhasil sampai saat ini blum bisa sinkron dan masuk datanya ke website pusat.
    Mohon solusi 🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. jawabannya lakukan nomor 6,
      jikak tetap nelum berhasil maka lakukan cara nomor 7 pada artikel di atas

      Hapus
    2. Ketikan melakukan cara no 7, apakah ada cara untuk membackup data isian kuisionernya dulu min?
      Atau apakah stelah melakukan install ulang data isiannya tetap akan muncul, dan tinggal melakukan proses sinkron saja?

      Hapus
    3. ada cara membackupnya. cari caranya di artikel blog kami

      Hapus
  10. Mohon solusi para master mau sinkron pmp 2020 versi b.pengguna tdk aktif katanya

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.