Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Aplikasi e-Raport SD Terintegrasi Dengan Aplikasi Dapodik Yang Dikeluarkan Oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Setditjen Dikdasmen)

 DAPODIK.CO.ID - E-Rapor SD adalah aplikasi/ perangkat lunak berbasis web yang berfungsi untuk menyusun laporan capaian kompetensi peserta didik (Rapor) pada satuan pendidikan di tingkat Sekolah Dasar (SD). Aplikasi e-Rapor SD dikembangkan dengan mengacu pada kaidah-kaidah sistem penilaian pada Sekolah Dasar (SD) yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar (Dit. PSD) dan dapat diimplementasikan pada satuan pendidikan pelaksana Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013.


Aplikasi e-Raport SD  Terintegrasi Dengan Aplikasi Dapodik Yang Dikeluarkan Oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Setditjen Dikdasmen)
Aplikasi e-Raport SD Terintegrasi Dengan Aplikasi Dapodik Yang Dikeluarkan Oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Setditjen Dikdasmen)

Secara teknis Aplikasi e-Rapor SD didesain terintegrasi dengan Aplikasi Dapodik yang dikeluarkan oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Setditjen Dikdasmen). Pada saat ini telah dirilis Aplikasi e-Rapor SD yang dapat terintegrasi dengan Aplikasi Dapodik versi terbaru. 

Aplikasi e-Rapor SD akan terus dikembangkan dan dilakukan penyesuian sejalan dengan perkembangan Aplikasi Dapodik. Aplikasi e-Rapor SD dikembangkan oleh Tim Pengembang e-Rapor SD.

Aplikasi ini tentu masih jauh dari sempurna. Untuk itu, demi kesempurnaan aplikasi ini, masukkan dari stakeholder sangat kami perlukan. Jika ada masukan terkait aplikasi ini, silahkan menghubungi kami melalui kontak tim pengembang atau tim suport sebagaimana ditampilkan dalam aplikasi ini.

Download Aplikasi e-Raport SD Terintegrasi Dengan Aplikasi Dapodik Yang Dikeluarkan Oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Setditjen Dikdasmen)

Secara teknis Aplikasi e-Rapor SD didesain terintegrasi dengan Aplikasi Dapodik. Pada saat ini telah dirilis Aplikasi e-Rapor yang dapat terintegrasi dengan Aplikasi Dapodik versi terbaru. 

Aplikasi e-Rapor SD akan terus dikembangkan dan dilakukan penyesuian sejalan dengan perkembangan Aplikasi Dapodik. Aplikasi e-Rapor SD dikembangkan oleh Tim Pengembang e-Rapor SD.

 

Persyaratan Teknis Server


Untuk mendukung instalasi Aplikasi Analisis Soal versi 1.0 diperlukan server atau komputer yang difungsikan sebagai server dengan spesifikasi minimal:
1) Prosesor minimal setara dual core.
2) OS windows XP/7/ 8/ 10, (32/64 bit) disarankan windows 7 ke atas atau win server 2012.
3) RAM minimal 2 GB, disarankan 4 GB.
4) Ruang kosong pada drive C minimal 1 GB.
5) Disarankan menggunakan browser “Chrome”

1.   Langkah Persiapan

Agar instalasi dapat berjalan dengan baik,  beberapa hal yang harus dipersiapkan antara lain:
a. Server ataucomputer yang difungsikan sebagai server harus terinstal aplikasi Dapodik 
b. Non aktifkan windows firewall.
c. Non aktifkan antivirus yang terpasang pada server atau computer

Download Aplikasi e-Raport SD 2020 Terintegrasi Dengan Aplikasi Dapodik Yang Dikeluarkan Oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Setditjen Dikdasmen)

2.   Login Sebagai Admin Kemudian Lakukan Hal-Hal Sebagai Berikut: 

1. Ambil data-data dari Dapodik. 
2. Generate data user melaluimenu Data User. 
3. Ubah Password Admin. 
4. Tambah Admin (Jikadiperlukan) melalui menu Data Administrator-tambah Administrator 
5. Ringkas Nama Mata Pelajaran 
6. Mapping Mapel Rapor. 
7. Input KKM Mata Pelajaran 
8. Input Tanggal Rapor 
9. Mencetak Leger,Rapor setelah semua nilai lengkap dikirim oleh guru mapel dan wali kelas. 
10. Sinkron Nilai ke Dapodik. 
11. Backup Data e-Rapor

Download Aplikasi e-Raport SD 2020 Terintegrasi Dengan Aplikasi Dapodik Yang Dikeluarkan Oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Setditjen Dikdasmen)

3.    Login 

Buka browser pada computer client, kemudian pada URL ketikkan IP server disertai dengan port erapor. 
Misalnya, bila IP Komputer server adalah 192.168.1.254, maka pada url client adalah: http://192.168.1.254:2689 atau dapat pula diakses menggunakan URL http://192.168.1.254:3689
Username: admin
Password: admin123456
Level User: Sekolah
Semester seseuai semester berjalan
Klik tombol “Masuk”

Untuk lebih jelasnya silahkan mengunduh aplikasi dan panduan e-Raport SD tersebut pada link dibawah ini :

Aplikasi e-Rapor SD unduh

Panduan Aplikasi e-Rapor SD unduh

Panduan Penilaian unduh

Demikian Sekilas Tentang Aplikasi e-Raport SD Terintegrasi Dengan Aplikasi Dapodik Yang Dikeluarkan Oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Setditjen Dikdasmen), Semoga Bermanfaat.


Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Download Aplikasi e-Raport SD Terintegrasi Dengan Aplikasi Dapodik Yang Dikeluarkan Oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Setditjen Dikdasmen)"