Kamis, 01 Maret 2018

Cara Tambah PTK Baru (Honorer) Pada Aplikasi Dapodikdasmen

Dapodik.co.idTim Dapodikdasmen dengan resmi telah merilis Aplikasi Dapodikdasmen sebagai langkah menindak  lanjut penyatuhan Aplikasi Dapodik untuk jenjang Pendidikan Dasar ( Dapodik SD/ SMP/SLB) dan jenjang Pendidikan Menengah Dapodik SMA/SMK). 
https://dapodikntt.blogspot.co.id/2018/03/cara-tambah-ptk-baru-honorer-tahun-2018.html

Pada Aplikasi Dapodik 2019 ini terdapat beberapa perubahan dan pembenahan yang cukup segnifikan dalam hal referensi, registrasi, mekanisme memasukkan data GTK baru, pengaturan kurikulum dan pembelajaran. Pembenahan ini dilakukan sebagai upaya sinkronasi aturan/regulasi, prosedur dan mekanisme.

Pada kesempatan kali ini, admin akan memberikan informasil tentang Cara Tambah PTK Baru (Honorer). 

Silahkan simak penjelasannya di bawah ini:


              1.      Prosedur tambah PTK dilakukan oleh dinas kab/kota/provinsi melalui aplikasi manajemen dapodikdasmen (http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id) menggunakan SSO (Single Sign On) Dapodik.

              2.      Jika sekolah tersebut berstatus sekolah swasta, maka berkas yang perlu diberikan kepada petugas dinas kab/kota/provinsi adalah formulir identitas PTK baru dan SK Pengangkatan dari kepala sekolah/yayasan.

              3.      Jika sekolah yang akan menambahkan PTK Baru berstatus sekolah negeri, maka berkas yang perlu diberikan kepada petugas dinas kab/kota/provinsi adalah formulir identitas PTK baru dan SK Penugasan/Pengangkatan dari dinas kab/kota/provinsi.

              4.      Selanjutnya petugas dinas kab/kota/provinsi mengecek analisis kebutuhan guru di wilayahnya masing-masing melalui aplikasi SIM Rasio Guru. Seluruh kewenangan dalam prosedur penambahan PTK Baru diberikan kepada dinas kab/kota/provinsi setempat.

              5.      Petugas dinas kab/kota/provinsi menambahkan PTK Baru melalui aplikasi manajemen dapodikdasmen.

              6.      Petugas dinas kab/kota/provinsi memberi informasi kepada sekolah bahwa proses tambah PTK Baru telah selesai dilakukan.

Itulah penjelasan singkat tentang panduan atau Cara Mengisi Lintang dan Bujur di Aplikasi Dapodik 2019. Semoga artikle ini bermanfaat buat sahabat-sahabat operatoe sekolah semuanya. 

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.