About us

Cara Tambah PTK Baru (Honorer) Pada Aplikasi Dapodikdasmen

Cara Tambah PTK Baru (Honorer) Pada Aplikasi Dapodikdasmen
Dapodik.co.idTim Dapodikdasmen dengan resmi telah merilis Aplikasi Dapodikdasmen sebagai langkah menindak  lanjut penyatuhan Aplikasi Dapodik untuk jenjang Pendidikan Dasar ( Dapodik SD/ SMP/SLB) dan jenjang Pendidikan Menengah Dapodik SMA/SMK). 



Pada Aplikasi Dapodik 2019 ini terdapat beberapa perubahan dan pembenahan yang cukup segnifikan dalam hal referensi, registrasi, mekanisme memasukkan data GTK baru, pengaturan kurikulum dan pembelajaran. Pembenahan ini dilakukan sebagai upaya sinkronasi aturan/regulasi, prosedur dan mekanisme.

Pada kesempatan kali ini, admin akan memberikan informasil tentang Cara Tambah PTK Baru (Honorer). 

Silahkan simak penjelasannya di bawah ini:


              1.      Prosedur tambah PTK dilakukan oleh dinas kab/kota/provinsi melalui aplikasi manajemen dapodikdasmen (http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id) menggunakan SSO (Single Sign On) Dapodik.

              2.      Jika sekolah tersebut berstatus sekolah swasta, maka berkas yang perlu diberikan kepada petugas dinas kab/kota/provinsi adalah formulir identitas PTK baru dan SK Pengangkatan dari kepala sekolah/yayasan.

              3.      Jika sekolah yang akan menambahkan PTK Baru berstatus sekolah negeri, maka berkas yang perlu diberikan kepada petugas dinas kab/kota/provinsi adalah formulir identitas PTK baru dan SK Penugasan/Pengangkatan dari dinas kab/kota/provinsi.

              4.      Selanjutnya petugas dinas kab/kota/provinsi mengecek analisis kebutuhan guru di wilayahnya masing-masing melalui aplikasi SIM Rasio Guru. Seluruh kewenangan dalam prosedur penambahan PTK Baru diberikan kepada dinas kab/kota/provinsi setempat.

              5.      Petugas dinas kab/kota/provinsi menambahkan PTK Baru melalui aplikasi manajemen dapodikdasmen.

              6.      Petugas dinas kab/kota/provinsi memberi informasi kepada sekolah bahwa proses tambah PTK Baru telah selesai dilakukan.

Itulah penjelasan singkat tentang panduan atau Cara Tambah PTK Baru (Honorer) Pada Aplikasi Dapodikdasmen. Semoga artikle ini bermanfaat buat sahabat-sahabat operatoe sekolah semuanya. 

20 Komentar untuk "Cara Tambah PTK Baru (Honorer) Pada Aplikasi Dapodikdasmen"

  1. lalu, kalau petugas dinas kabupaten sudah menambahkan guru tersebut, bagaimana cara operator sekolah menambahkan ke dapodik? karena dari menu guru dan tendik di manajemen dapodikdasmen hanya tersedia menu menarik ptk dari sekolah lain saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah petugas dinas kabupaten sudah menambahkan guru tersebut, silahkan operator sekolah singkron lagig dapodik sekolah, maka secara otomatis guru tersebut masuk ke aplikasi dapodik

      Hapus
  2. Apakah Sk pengangkatan dari yayasan tersebut SK guru tetap yayasan?atau bisa menggunakan SK guru tidak tetap yayasan?

    BalasHapus
  3. Apakah input data PTK hanya bisa dilakukan oleh pemerintah provinsi setempat untuk jenjang SMA? karena dari pihak operator sekolah tidak bisa menginput data PTK baru ke dapodik.
    Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  4. Apakah memasukkan data guru honor yang baru harus melalui operator sekolah?
    Dalam waktu berapa lama guru honor mengabdi baru bisa masuk dapodik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada juknis aplikasi dapodik versi 2020, guru honor yang baru harus melalui operator dinas, dengan melampirkan data yang di butuhkan oleh dinas.
      =================================================
      setelah operator dinas mengimpun data guru honor tersebut dan di singkron maka dalam waktu 24 jam guru tersebut sudah masuk di dapodik sekolah. Dari situ kalo sudah ada informasi dari operator dinas, operator sekolah harus singkron dulu baru guru tersebut tampak di dapodik sekolah.

      Hapus
  5. Apakah Syarat Berkas nya hanya FC SK Pengangkatan saja? Ada info dari yg lain bahwa Ijazah SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi pun dikumpulkan. Mohon jawabannha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara Tambah PTK Baru (Honorer) Pada Aplikasi Dapodikdasmen, di atur oleh masing-masing daerah sesuai dengan kebijakan dan kemauan operator dapodik di daerah masing-masing.

      Hapus
  6. Apakah guru baru yang Blom ada didapodik yg masih mengajar masih 1 smester bisa masuk dapodik sekolah?

    BalasHapus
  7. Apakah guru yang akan masuk dapodik harus ijazah yang linier? Misalnya ijazah pendidikan Matematika juga harus dengan ijazah tersebut..

    BalasHapus
  8. Maaf.. maksudnya, misalkan guru dengan ijazah IPA apa tidak bisa masuk dapodik hanya karena mengajar bahasa indonesia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa di masukin jikan jumlah guru jangan kelebihan di sekolah itu

      Hapus
  9. Mohon informasi, adakah panduan resmi yg menyebutkan syarat2 tambah gtk baru honorer ke dapodik tersebut?
    Apakah ada ketentuan berikut termasuk syarat :
    1. GTK Honorer Harus sudah 2 tahun mengajar
    2. Harus GTY
    3. Surat Pernyataan tidak mengundurkan diri selama dua tahun(Honorer)

    Apa bedanya syarat tambah PTK dan syarat penerbitan NUPTK ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum ada panduannya seperti iti.

      tentunya beda antara syarat PTK dan Penerbitan NUPTK

      Hapus
  10. Apakah prosedur ini sama dengan bila mau menambahkan PTK baru ke sekolah non-induk?
    Harus mengisi formulir PTK dan membawanya ke Dinas Provinsi?

    Saya mengajar di Jakarta Barat, berkas-berkas ini harus saya bawa ke Dinas Jakarta barat, atau yang di Gatot Subroto.

    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali, ini sama juga denga menambahkan PTk baru

      Hapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel