Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Katekese (Profesional) PPG Dalam Jabatan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, Kementerian Agama RI

DAPODIK.co.id – Modul Katekese (Profesional) PPG Dalam Jabatan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, Kementerian Agama RI. Katekese berasal dari kata catechein, catechesis atau katekeo (Yunani). Akar kata dari kata itu adalah kat dan echo. Kat artinya keluar, ke arah luar dan echo berarti gema/gaung. Catechesis berarti suatu gema yang diperdengarkan atau disampaikan ke luar. Sedangkan catechein (kata kerja) berarti menggemakan atau memperdengarkan keluar. Dari akar kata itu, dapat dirumuskan secara etimologis bahwa katekese adalah segala macam usaha untuk menggemakan atau menggaungkan atau memperdengarkan kepada orang lain apa yang menjadi obyek katekese yaitu Yesus Kristus. Usaha ini dapat dijalankan oleh semua umat beriman terutama para guru agama baik di lingkup persekutuan umat maupun di lingkup sekolah.

 

Dari kata katekese itu kemudian muncul istilah-istilah yang berhubungan yaitu katekismus, katekumen, katekumenat, kateketik:

 

a.    Katekismus adalah buku pelajaran iman yang dikeluarkan secara resmi oleh pimpinan Gereja. Dari sifat dan sasarannya, katekismus ada yang bersifat universal, nasional maupun lokal. Salah satu katekismus yang kita kenal sekarang ini adalah Katekismus Gereja Katolik yang berlaku untuk Gereja semesta. Seiring dengan munculnya buku tersebut, Konferensi Wali Gereja Indonesia menerbitkan buku Iman Katolik: Buku Informasi dan Referensi. Buku-buku ini menjadi bahan dan acuan utama katekese bagi umat beriman.

 

b.    Katekumen adalah calon baptis. Mereka adalah orang-orang yang telah dipersiapkan oleh katekis melalui proses pembelajaran (katekisasi) untuk menerima sakramen baptis. Mereka secara pribadi terpanggil, tertarik dan berkehendak untuk menjadi katolik. Katekumenat adalah masa persiapan atau masa pembelajaran katekumen tersebut. Umumnya masa persiapan ini berlangsung satu tahun. Ada 4 masa dan tiga tahap. Keempat masa itu adalah prakatekumenat, katemumenat, persiapan akhir dan mistagogi. Sedangkan tahapnya adalah tahap pertama yaitu upacara pelantikan menjadi katekumen,
tahap kedua upacara pemilihan menjadi calon baptis dan upacara penerimaan sakramen
baptis.

 

c.     Katekumenat adalah proses pembelajaran seorang katekumen oleh katekis melalui pertemuan berkala. Proses ini dimulai setelah orang diterima melalui tahap pertama sampai orang masuk tahap ketiga yaitu baptisan. Istilah katekumenat kadang diganti dengan istilah katekisasi. Biasanya berlangsung sekitara 1 tahun.

 

d.    Katekis adalah orang yang memberikan katekese. Ia disebut juga pembina iman atau guru agama. Di antara mereka ada orang-orang yang dipersiapkan secara khusus melalui proses pendidikan formal dan mendapat missio canonica dari pimpinan Gereja. Namun ada pula yang sekedar dibekali dengan materi-materi tertentu disertai pelatihan agar mampu menjalankan tugas katekese. Sekalipun pendidikannya terbatas, namun banyak di antara mereka memiliki totalitas dan ketulusan dalam menjalankan tugas katekese. Mereka inilah yang disebut dengan katekis volunter.

 

e.    Kateketik adalah ilmu pendidikan agama atau ilmu bina iman, yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan pembinaan iman. Dalam lembaga pendidikan tinggi, ada sekolah tinggi kateketik yang memiliki kewenangan dan tanggung jawab mempersiapkan para tenaga guru agama melalui proses pendidikan formal. Sedangkan di lingkup lembaga Gereja, ada komisi kateketik yang bertanggung jawab mengelola dan melayani umat untuk segala urusan yang berhubungan dengan pewartaan atau katekese. Komisi Kateketik ini menjadi representasi Gereja untuk urusan dan tanggung jawab isi katekese/pengajaran agama katolik. Di antara mereka yang pakar dalam ilmu kateketik disebut kateket.

 

Modul Katekese (Profesional) PPG Dalam Jabatan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, Kementerian Agama RI

 

Download Modul Katekese (Profesional) PPG Dalam Jabatan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, Kementerian Agama RI

Sebagaimana telah ditetapkan dalam Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru yang disusun oleh Ristekdikti 2017, pendidikan merupakan investasi masa depan yang sangat bernilai, yang harus disiapkan dan dijalankan dengan sungguh-sungguh oleh pemerintah. Hal ini untuk mencapai apa yang telah diamanahkan oleh Undang-Undang Dasar 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia warga negara.

 

Untuk mengusahakan pendidikan yang demikian, dibutuhkan para guru yang professional dan kompeten dalam bidangnya karena mereka yang akan menjalankan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Seperti dirumuskan dalam Peraturan Pemerintah no 74, tahun 2008, para guru dituntut memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

 

Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) diselenggarakan untuk menyiapkan dan menghasilkan guru-guru profesional, yang unggul dan siap menghadapi tantangan zaman. Diantara guru-guru profesional itu adalah guru-guru Agama Katolik yang mengajar di sekolah formal dari tingkat Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah.

 

Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) diselenggarakan untuk menyiapkan dan menghasilkan guru-guru profesional, yang unggul dan siap menghadapi tantangan zaman. Diantara guru-guru profesional itu adalah guru-guru Agama Katolik yang mengajar di sekolah formal dari tingkat Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah.

 

Selengkapnya, Paparan dan Download Modul Katekese (Profesional) PPG Dalam Jabatan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, Kementerian Agama RI:

 


Link Download Modul Katekese (Profesional) PPG Dalam Jabatan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, Kementerian Agama RI, Klik Disini.

 

Demikian Artikel Terbaru Terkait Modul Katekese (Profesional) PPG Dalam Jabatan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, Kementerian Agama RI, Semoga Ada Manfaatnya.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "Modul Katekese (Profesional) PPG Dalam Jabatan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, Kementerian Agama RI"