Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Virtual Account PIP Sekolah Dasar (SD ) Tahun Anggaran 2023

DAPODIK.CO.ID - Cara Cek Virtual Account PIP Sekolah Dasar (SD ). Kabar terbaru bagi operator sekolah diseluruh Indonesia. Tahun ajaran baru Operator Dapodik sudah bisa melihat sendiri Nama-Nama Peserta Didik yang menerima dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP).

Melalui Website pip.kemdikbud.go.id sekolah bisa mengecek status pencarian dana PIP siswa yang sudah masuk ke rekening masing-masing. Beberapa data yang ditampilkan pada SK penerima PIP di website tersebut adalah Nama Siswa, Cek BRI, Nominal Uang Yang Diterima, Tahap, dan Nomor Virtual Account.

Nah, agar siswa mendapatkan dana PIP bisa diusulkan melalui aplikasi dapodik dengan ketentuan pemegang kartu KIP,KIS,KSS,PKH (silahkan diminta copy nya untuk memudahkan entry kedapodik).

Tutorial Cara Cek Virtual Account PIP Sekolah Dasar (SD )

Cara Cek Virtual Account PIP Sekolah Dasar (SD )

Jika siswa tidak memiliki kartu-kartu tersebut, tetap bisa diusulkan pihak sekolah denga ketentuan lain apakah termasuk (mohon maaf) dengan memilih alasan menerima PIP di aplikasi dapodik berikut:
1. Miskin
2. Rentan Miskin
3. Yatim
4. Piatu
5. Yatim Piatu
6. Orang tuanya sedang PHK
7. Dalam keadaan bencana alam

Berikut Adalah SYARAT PENCAIRAN dana PIP 

Surat keterangan Kepsek (Format lihat juknis)
Foto kopi. Raport hal. Biodata
Foto kopi. Ktp pengambil (bpk/ibu)
Foto kopi. KK
Foto kopi. KIP,KSS,PKH (Jika ada)
Login PIP SD SMP SMA SMK


pip.kemdikbud.go.id merupakan website resmi cek status penerima dana bantuan PIP tahun ini. Apabila bapak dan ibu ingin mengetahui cara login PIP berikut ini alamat yang aktif.

1.    SD mengakses PIPSD melalui laman : pipsd.kemdikbud.go.id Atau Klik Disini

2.    SMP mengakses PIPSMP melalui laman pipsmp.kemdikbud.go.id Klik Disini

3.    SMA mengakses PIPSMA melalui laman pipsma.kemdikbud.go.id Klik Disini

4.   SMK mengakses PIPSMK melalui laman pipsmk.kemdikbud.go.id Klik Disini

Cara Melihat Daftar Siswa Penerima PIP

Bapak/ ibu guru operator, pada tahun ini sekolah bisa melihat atau cek secara mandiri daftar siswa penerima PIP melalui website resminya sehingga tidak perlu menunggu informasi dari dinas pendidikan.

Dalam fitur akses tersedia 5 pilihan untuk login, login sebagai Dinas Provinsi, Login sebagai Dinas Kabupaten/Kota, Login Sebagai Sekolah, Login Sebagai Kemdikbu dan Login sebagai Pengelola. Untuk login sekolah bisa mengikuti cara dibawah ini.

Biasanya pencairan Dana PIP tiap tahun diterima pertahap oleh siswa. Bagi rekan-rekan yang belum mengetahui Cara Login Website PIP dan Melihat Daftar Siswa Penerima PIP SD, SMP, SMA SMK Terbaru Dengan Website SIPINTAR ENTERPRISE, berikut admin   www.dapodik.co.id bagikan langkah-langkahnya dalam 2 cara yaitu:

Untuk mengakses pada laman SIPINTAR ENTERPRISE, bagi sekolah bisa menggunakan 2 cari, yaitu :

CARA PERTAMA UNTUK AKSES SIPINTAR ENTERPRISE SEKOLAH

1.    Buka website resminya.

2.    Masukkan NPSN sekolah untuk username.


3.    Masukkan Kode Registrasi (KOREG) Dapodik.


4.    Login sebagai Sekolah.

5.    Klik Login (Jangan Login SSO Dapodik).

6.    Jika berhasil maka akan Masuk ke laman Beranda seperti tampak gambar berikut:


CARA KEDUA UNTUK AKSES SIPINTAR ENTERPRISE SEKOLAH

1.    Buka website resminya.

2.    Klik Login SSO Dapodik.


3.    Masukkan username dan password Dapodik Sekolah Anda.


4.    Klik Masuk.

5.    Jika berhasil maka akan Masuk ke laman Beranda.


Demikian Cara Cek Virtual Account PIP Sekolah Dasar (SD ), Smoga Ada Manfaatnya.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

45 komentar untuk "Cara Cek Virtual Account PIP Sekolah Dasar (SD ) Tahun Anggaran 2023"

  1. Sekedar masukan saja, mohon untuk pemberian dana kepada siswa, lebih di tinjau di pakai apa dana tersebut. Karena banyak sekali malah dipakai orangtuanya untuk sehari-hari, belanja yang bukan untuk pendidikan dan maaf malah dijadikan untuk membayar hutang.
    Karena PIP ini untuk kesejahteraan siswa dalam pendidikan, jadi saya mohon sekali untuk lebih ditinjau. Agar dana tersebut pemakaiannya jelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. pemakaian sudah di jelaskan lengkap. terserah saja orang tua, tidak mungkin pemerintah yang di suruh lagi urus perlengkapan peranngkat masarahat

      Hapus
  2. Saya ngecek ko tidak bisa ya, terus kalo mau daftar untuk mengikuti program kip gimana ya

    BalasHapus
  3. Aku ngecek anak ku dapat pip...penyaluran thn 2020...tapi aku tnya sekolah...kok gk tau ya...kt nya kl gak salah lwt pos...sdngkan aku gk ad pemberitahuan kl dpt pip...kartu ataupun buku tabungan nya jg gk dpt...gimna mau urus nya ya ? Kl dr sekolah sendiri gk tau

    BalasHapus
    Balasan
    1. tadinya pertama bilang ada. trus ga punya KIP gimana ni ???
      bingung kami menjawabnya

      Hapus
    2. Anak saya SDH ada kartu atmx kenph belum cair dari THN kemrin sampai ini Thun udah bulan desber blm jg cair

      Hapus
    3. langsung bertanya ke pihak sekolah

      Hapus
  4. Bantuan pip ktny di utamakan untuk yatim,piatu,serta miskin kenapa sy punya anak yatim tidak ad terdaftar bantuan pip???justru yang mampu mempunyai bnyk fasilitas seperti PNY kendaraan roda empat dapat bantuan pip???tolong jawabanny???

    BalasHapus
    Balasan
    1. lengkapi identitas mulai dari akta kelahiran, kartu keluarga , KTP dan lain-lainnya kemudian ajukan ke sekolah tempat anak anda bersekolah

      Hapus
  5. Anak saya sd th 2019dapat.tp tahun 2020 tdk dapat.dan saya mau mencairkan dana kata bank nanti ditelp.sampai sekarang nelom ditelpon kembali.sebenarnya dana kip itu sudah cair atau belum?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tahun 2019 pasti sudah di cairkan oleh pusat

      Hapus
  6. Saya cek di aplikasi si pintar,anak saya dapat PIP tahun penyaluran 2020 tetapi ketika saya minta surat pengantar dari sekolah untuk ke bank,pihak sekolah tidak bisa memberikan dengan alasan nama anak saya tidak ada virtual account nya.Ini bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama seperti anak saya dulu tahun 2019 dapat undangan dari bank bri tuk pencairan krn blm punya buku tabungan jd gak bisa cair saya di suruh isi formulir buat pembukaan rekenimg pip anak saya smp sekarang buku tabungan blm juga jadi alasan krn kendala dari anak saya yg udh pindah sekolah , virtual account dll . Padahal di cek si pintar dengn no nisn anak saya dpt bntuan dr tahun 2018-2020 tp blm pernah sekalipun cair krn kendala buku tabungan pdhl ank saya punya KIP .itu gimana cara ngurusnya saya smp bolak balik ngurus ke bank tp gk bisa ? Semoga dapodik bisa bntu anak saya .

      Hapus
    2. silahkan berkoordinasi dengan pihak dinas pendidikan

      Hapus
  7. Maaf saya mau tanyakan cara daftarkan user Dapodik gmn yg lewat hp
    Trus apakah bs memakai Gmail pribadi sendiri.....
    And Anak saya terdaftar diPiP 2018-2020 di aplikasi si PINTAR di 2 sekolah SD dan SMP tp pas dicek disekolah SD nama dan virtual akun y gx keluar......minta tolong info y Admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan berkoordinasi dengan pihak dinas pendidikan

      Hapus
  8. Maaf mau bertanya, anak saya sudah menerima KIP saat dia duduk di kelas 9 SMP dan sudah mempunyai no Virtual Account nya. dan sekarang dia kelas SMA kelas XI ( SMA kelas 2)
    Kenapa anak saya di SMA tidak menerima KIP lagi?? Saya menanyakan kepada operator dapodik di sekolah nya, mereka bilang anak saya tidak menerima.
    Setahu saya KIP ini kan tetap berlanjut selama anak masih sekolah bahkan sampai kuliah.
    Mohon minta penjelasannya...no KIP dengan Vitual Account sama atau beda ya??

    BalasHapus
  9. Kode registrasi dapodik apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kodenya hanya dumiliki sekolah masing-masing

      Hapus
  10. Anak saya penerima PIP,tp di tanyakan ke bank katanya suruh minta no rekening ke sekolah buat ngecek pencairanya,trs dari sekolah katanya blm ada pemanggilan dari pihak bank,pdhl di aplikasi sdh ada tgl pencairan,bank pencairanya,SK dan dinas yg mengajukan,ini sbnrnya gimana.

    BalasHapus
  11. gagal log-in karena lupa password sipintar Enterprise ,solusinya bagaimana

    BalasHapus
  12. Di th 2009 kedua anak saya yg
    bersekolah SD pernah dpt bantuan pip ,apakah itu akan berlanjut utk th skrg apa TDK ya.. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung bertanya ke pihak sekolah

      Hapus
  13. saya penerima PIP,tp di tanyakan ke bank katanya suruh minta no rekening ke sekolah buat ngecek pencairanya,trs dari sekolah katanya tidak ada no rek ,pdhl di aplikasi sdh ada tgl pencairan,bank pencairanya,SK dan dinas yg mengajukan,ini sbnrnya gimana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanyakan langsung ke dinas pendidikan,

      Hapus
  14. Saya ngecek di link anak saya dapat pip THN 2021 dengan data masih SMP sedangkan anak saya sudah masuk SMK.kata pihak SMP harus lsg ke SMK pas ditanyakan ke SMK belum ada.tapi udah terdaftar didapodik jadi ini gimana ya seharusnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, di smk harus pengajuan anaknya dulu

      Hapus
    2. Mohon bantuannya kan sudah terdaftar di dapodiknya tapi tetep harus daftar pip lagi di SMK nya

      Hapus
    3. ia benar,harus pengajuan lagi oleh sekolah SMK

      Hapus
  15. Satu lagi ya min di link itu anak saya penerima pip dengan data masih smp penyalur bank BRI ....sekarang anak saya udah smk.sedang SMK itu bank penyalurnya bank BNI jadi harus bagaimana mengurus pencairan nya.tolong bantuan penjelasan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung bertemu pihak sekolahnya

      Hapus
  16. Sekolahnya mengaku belum pernah mengajukan sehingga data VA tidak ditemukan, sebagai wali kami tidak punya akses ke dinas pendidikan,
    Mohon pencerahannya?

    BalasHapus
  17. Anak saya sudah dapat sms dari Kemendikbud bahwa anak saya dapat PIP..tapi koq kode buat pencairan y gk ada y ...mohon petunjuk terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung berhubungan dengan pihak sekolahnya

      Hapus
  18. Maaf saya mau tanya anak saya dapat sms dari kemendikbud kalau anak saya dapat PIP saya sudah kesekolah dan sekolah menyuruh ke bank dan pihak bank meminta virtual acount sementara dari sekolah tidak ada.mohan bantuannya

    BalasHapus
  19. Anonim17:42

    Anak saya penerima pip tahun ini
    Trus waktu pembuatan buku rek bulan agustus kata pihak bank belum masuk uang ny
    Tanggal 1 september saya cek kata pihak bank ud masuk di bulan 7 trus uang ny ud di ambil
    Emang ny uang yg ud di masuk apa bisa diambil lagi am pihak dinas lagi atau apa pihak lain bisa ngambil uang ny
    Mohon jawaban ny

    BalasHapus
  20. Anonim23:10

    Saya mau tanya bgmn cara mengetahui klu bantuan itu SDH cair Krn anak saya SDH aktivasi knp saya cek ke bank blm jg ada

    BalasHapus
  21. Anonim18:40

    Mohon bantuannya anak saya mendapat bantuan PIP 2023 sudh pernah dapat thun 2021 pas mencek lwat HP dana sudah masuk tapi rekening belum aktivasi padahal sudh punya buku rekening itu maksudnya apa

    BalasHapus
  22. Anonim09:12

    Siang,
    Anak saya sma penerima PIP,
    Sdh dapat surat rekom dan no virtual dari skolah, tpi sekolah tdk mndpt no rek,
    Sedangkn pihak bank bilang no rek cek di skolah, skolah tetap bilang, tdk mndpt no rek, hanya virtual account,
    Lalu saya harus cari kmna no rekeningnya?

    BalasHapus
  23. Anonim09:30

    Anak saya dapat pip d cek di kemendikbud , udah ke sekolah tp dr sekolah suruh ke partai karna data anak saya di masukin pip salah satu caleg yg mengambil data nya krna saya tidak pernah dptr ke partai ini (pan)untuk minta suket karna ada no rekening dan virtual acconnya ,masalahnya caleg partai ini di luar bandung tepatnya d bengkulu jd saya ssh ngehubungi dia k kantor pusat nya ga mau ngurusin hrs sama calegnya ngeluarin suket buat ke sekolah. apakah bisa saya ke dinas pendidikan untuk minta no rekening sama virtual acconnya.terimaksih mohon jawabannya

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.