Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jumlah Jam Mengajar (JJM) Guru PAUD Dan Rasio Guru Dengan Siswa Terbaru

DAPODIK.CO.ID - Jumlah Jam Mengajar (JJM) Guru PAUD dan Rasio Guru dengan Siswa Terbaru. Pada artikel yang membahas tentang JJM dan Rasio guru dengan siwa pada satuan pendidikan PAUD ini akan sangat bermanfaat bagi guru atau operator PAUD yang mengerjakan DAPODIK-DIKMAS. Untuk  itu silakan baca dan cermati sebagai berikut.


Secara mendetail, namun sebelumnya pastika anda sudah menginstal DAPODIK.

Rasio atau perbandingan ideal Bagi Guru PAUD,TK dan anak didiknya tertuang dalam Permendikbud no 137 tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang mengikat aturan rasio dan JJM seorang Guru PAUD.

 Adapaun penjelasannya adalah sebagai berkut :

Lembaga PAUD Anak Didik Berusia Hingga dua Tahun yakni Tempat Penitipan Anak (TPA)

Rasio guru dan anak yang harus dipenuhi adalah 1: 4. Artinya satu orang guru melayani maksimal empat orang anak didik.

PAUD dengan anak didik usia 2-4 tahun maka rasio guru dan anak maksimal 1: 8

PAUD dengan anak didik berusia 4-6 Tahun, yakni untuk jenjang Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK), Rasio guru dan anak maksimal 1:15. Artinya, satu orang guru KB ataupun TK sebaiknya tidak melayani lebih dari 15 orang anak didik.

Sedangkan untuk Jumlah Jam Mengajar/JJM pada Dapodik PAUDNI dan ketentuan pada SK-SK yang berlaku menyangkut JJM GURU TK/PAUDadalah sebagai Berikut:

Untuk PAUD dengan anak didik berusia hingga 2 tahun, maka satu kali pertemuan minimal 120 menit.

Pertemuan tersebut harus melibatkan orang tua, dan frekuensi pertemuan minimal satu kali per minggu PAUD dengan anak didik berusia 2-4 tahun, satu kali pertemuan minimal 180 menit dan frekuensi pertemuan minimal dua kali per minggu.

PAUD dengan anak didik berusia 4-6 tahun, satu kali pertemuan minimal 180 menit dan frekuensi pertemuan minimal lima kali per minggu.

Demikian informasi tentang JJM atau Jumlah Jam Mengajar Pada PAUD beserta Rasio Guru dengan Siswa. Semoga artikel ini bisa membantu para operator DAPODIK PAUD dalam menyelsaikan pekerjaannya.

13 komentar untuk "Jumlah Jam Mengajar (JJM) Guru PAUD Dan Rasio Guru Dengan Siswa Terbaru"

  1. Saya hanya mau tanya bagaimana dengan guru yang bersertifikat apakah rasio perbandingannya masih tetap sama maksimal 1:15 atau tidak??Terima kasih,,,

    BalasHapus
  2. Anonim05:10

    Saya mau tanya, saya baru lulus ppg tahun ini, di sekolah saya tahun ini tidak memenuhi beban kerja 24 jam , jelas tunjangannya tidak cair, apakah di tahun berikutnya apabila saya telah memenuhi beban kerja 24 jam, tunjangan sertifikasinya akan cair? Mohon pencerahannya, Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. segera perbaiki datanya menjadi minimal 24 jam dulu

      Hapus
  3. Anonim13:31

    Mau tanya Pak/Bu kl jam disekolah induk dpt 16 jam kemudian tambah 2 jam pembina Pramuka diakui 18 nggak disekolah induk. Rombel nya ada 4.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pramuka di dapodik tidak di akui

      Hapus
  4. Kalau guru yang belum sertifikasi rasio 1: 17 apa bisa

    BalasHapus
  5. Minta tlg share contoh SK PEMBAGIAN TUGAS PAUD

    BalasHapus
  6. Anonim15:48

    Bagaimana pembagian jam mengajar utk kepsek yg merangkap kepsek yg terpilih sebagai sekolah penggerak, kepsek tsb sdh sertifikasi, mohon info nya,thx

    BalasHapus
  7. Anonim16:56

    Apakah guru tk jika mengajar 10 siswa bisa cair serti nya. Karna siswa per kelas nya kebagiqn guru nya 1 guru kebagian 10 siswa

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.