Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan dan Solusi Mengatasi Data Siswa Tidak Muncul Di http://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/ (PD, PDUN Verbal PD)

Informasi yang admin akan terusan dari admin pendataan UN Pusat terkait info terkait pendataan di Aplikasi Dapodik.

Salam sejahtera dan salam bertemu kembali sahabat pendataan sekolah dimanapun anda berada. Alasan kenapa data tidak muncul di http://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/, salah satunya yang sering muncul permasalahan adalah tempat lahir atau ibu kandung kosong, mohon bisa disampaikan ke Operator Sekolah untuk melengkapi tempat lahir, ibu kandung, dan tanggal lahir melalui verval PD, agar supaya data tersebut bisa muncul di pencarian.
 
Penjelasan dan Solusi Mengatasi Data Siswa Tidak Muncul Di http://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/ (PD, PDUN Verbal PD)
Penjelasan dan Solusi Mengatasi Data Siswa Tidak Muncul Di http://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/

Untuk yang pas di PDUN datanya ada tetapi tidak muncul dan silahkan di cek ada variabel yang mengandung karakter => ’ (tanda TANYA di atas)

Jika ada, silahkan di edit di verval PD untuk identitasnya atau di dapodik untuk variabel lainnya dengan tanda ' (tanda SERU di atas).

Itu Karena di PDUN tidak bisa terbaca untuk karakter ’ (tanda TANYA di atas)

Terkait dengan mekanisme integrasi ini, ada beberapa point yang perlu digarisbawahi diantaranya:

1.    Belum semua data yang masuk ke dapodik otomatis masuk ke Verval PD ataupun PDUN karena ada proses quality control di internal dapodik pusat sebelum datanya di alirkan di integrasi sehingga muncul di Verval PD ataupun PDUN.

2.    Ketika data peserta didik sudah masuk ke server integrasi Kemdikbud dan  maka pada pagi hari data itu sudah muncul di Verval PD.

3.    Perlakukan Verval PD dan PDUN juga berbeda, untuk verval PD jika siswa itu tercatat di sistem dapodik dan Server Integrasi maka data otomatis muncul di Verval PD, tetapi untuk PDUN ada variabel lain yang harus dilengkapi yaitu Data Rincian Ruang Kelas (Rombel), Kepala Sekolah, dan Variabel lain kepentingan UN. Maka dari itu ada aliran terpisah antara kepentingan Verval PD dan PDUN.  Semuanya tergantung dari data yang ada di server integrasi. Selama data di server integrasi ada, maka akan muncul di PDUN tetapi, jika data di server integrasi belum ada, maka meski sudah valid di Verval PD tidak akan muncul di PDUN.


Demikian Yang Dapat Admin Bagikan Pada Kesempatan Kali Ini Terkait Penjelasan dan Solusi Mengatasi Data Siswa Tidak Muncul Di http://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/ (PD, PDUN Verbal PD), Semoga Bisa Membantu Bagi Yang Membutuhkannya. Terima Kasih


Jika kurang jelas dan ada pertanyaan bisa anda tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbarua dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler khusus dunia pendidikan.

58 komentar untuk "Penjelasan dan Solusi Mengatasi Data Siswa Tidak Muncul Di http://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/ (PD, PDUN Verbal PD)"

  1. SUDAH DIKIRIM DAPODIK TAPI BELUM MUNCUL SEMUA SISWA PADA VERVAL PD TAHUN 2021

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah sudah di pastikan bahwa Data Rincian Ruang Kelas (Rombel), Kepala Sekolah, dan Variabel lain kepentingan UN sudah lengkap ?

      Hapus
  2. Balasan
    1. apakah sudah di pastikan bahwa Data Rincian Ruang Kelas (Rombel), Kepala Sekolah, dan Variabel lain kepentingan UN sudah lengkap ?

      Hapus
  3. PROFIL SISWA tidak tampil gimana solusinya

    BalasHapus
  4. data di dapaodik sudah valid, namun belum muncul di data pd akm , mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah sudah menggunakan dapodik 2021.c dan sudah sinkron ?

      Hapus
  5. DATA DI DAPODIK SUDAH VALID NAMUN BELUM MUNCUL DI PD UN 2021

    BalasHapus
  6. tanya mas, kalo PD kelas 1 (sudah punya nisn) masih belum valid : gara2 salah tahun lahir (dari inputan di TK) : keterangan umur masih kurang/ tidak sesuai peraturan, kan otomatis belum bisa sinkron, jadi di vervalpdnew belum nampak,...gimana solusinya,...padahal cara rubah tahun lahir cuman diverval pd...tankiyu mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. rubah tahun lahirnya di vervalpd, sekarang sudah mudah, pastikan saja identitas sudah di berikan ke dukcapil

      Hapus
    2. Masalah sama, hanya kasus di saya data NIK dan Nama ibu siswa di dapodik SD masih salah, sehingga belum terdaftar di verval pd solusinya bagaimana?

      Hapus
  7. data di dapodik sudah valid tetapi masih ada data siswa yang belum muncul di dapodik sedangkan di manajemen dapodik siswa tersebut terdaftar. mohon solusinya bapak/ibu?

    BalasHapus
  8. data di dapodik sudah valid tetapi masih ada data siswa yang belum muncul di dapodik sedangkan di manajemen dapodik siswa tersebut terdaftar. mohon solusinya bapak/ibu?

    BalasHapus
  9. Ijin bertanya

    Jumlah siswa di dapodik tidak sama dengan di verval pd, padahal sudah di sinkron beberapa kali,
    Di verval pd jumlahnya kurang...
    Solusinya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek kebenaran dulu di dapodiknya,
      verval PPD itu hanya menarik data dari dapodik hasil sinkron terakhir jadi sahkan cek kembali kebenaran di dapodik

      Hapus
  10. Nama ibu kandung di akte dan di KK beda selisih satu huruf.. Apakah itu penyebab data siswa ga muncul.. Dan apakah akan mempengaruhi saat pendaftaran di SMA nanti? Mohon penjelasan sejelas Jelasnya. Terimakasih

    BalasHapus
  11. Mohon bantuan nya, siswa di dapodikdasmen sudah muncul data lengkap NISN
    Namun di perval pd, tidak ada, kenapa ya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. menuggu saja aplikasi dapodi 2022, kemudia lakukan sinkron

      Hapus
  12. Mohon bantuannya, ada satu siswa di sekolah saya tidak ada di dapodik, sp datadik dan verval pd itu gimana solusinya? Mohon penjelasannya, terima kasih.

    BalasHapus
  13. Maaf sebelumnya, anak saya Tk dan sudah lulus, lanjut ke SD, pihak Sd akan menginput data, dan ternyta dari pihak tk smua muridnya status belum dkeluarkan, sehingga pihak SD ank saya jd tidak bisa memasukkan data anak saya, saya sudah konfirm ke TK anak saya, tp disitu bilang pihak disdik belum bisa mengeluarka , bagaimana ini solusinya yah? Ini lokasi di kota depok. Mohon solusinya soalnya data di SD sedang ditunggu bgt, tp pihak Tk belum.bisa mengeluarkan siswa yg lulus

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada alasan, pihak tk harus keluarkan siswa yg sudah dulu

      Hapus
    2. Iyah disini permasalahannya ktnya ada di disdiknya yg memutuskan belum bisa dikeluarkan siswanya. Makanya dsni aneh, permasalahannya juga ga terang2an knp belum boleh dikeluarkan.

      Hapus
    3. Jadi pihak tk pun bingung, krena dari disdiknya yg belum boleh mengeluarkan siswa2 dr bbrpa tk. Tp permasalahannya ga terbuka.

      Hapus
    4. ya, kami tidak bisa membantu karena itu merupakan kewenangan daerah masing-masing

      Hapus
  14. Mohon bantuannya, ada 2 siswa saya di vervalpd maupun sp.datadik tidak muncul ternyata nama ledua siswa itu ada tanda ', terus bagaimana solusinya biar bs mncul di verval pd maupun sp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini karena siswa tersebut balum masuk di dapodik dan belum di sinkron

      Hapus
    2. Sy ops dr KB min, ini Siswa baru, siswa tersebut sudah sy input manual di dapodik dan juga sdh saya sinkron sebanyak 3 kali, tapi tetap sj tdk muncul ..anak tersebut atas nama Ainun Ni'mah dan Qurrotul A'ini yang tidak mncl di verval pd maupun sp...mohon bantuannya ya min

      Hapus
    3. berarti penarikan data dari dapodik ke verval PD oleh pusat belum. menunggu saja

      Hapus
  15. Siswa yg lain kog sdh muncul ya min, tp siswa yg namanya ada tanda bacanya itu yg ndak muncul sendiri...berarti ini solusinya menunggu dulu nggih? Apa input ulang trus tnda bacanya dihilangkan atau bagaimana ya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, menunggu beberapa hari kedepan
      tanda baca seperi gimana?

      Hapus
    2. Kalau dihapus apa ndak bermasalah di kemudian harinya min

      Hapus
    3. kalau namanya di dukcapil adakah tanda baca?

      Hapus
  16. Nama yg ndak mncl itu Ainun Ni'mah dan Qurrotul A'ini, kan sama-sama ada tanda ' mungkin permasalahannya

    BalasHapus
  17. Iya min, terus langkah selanjutnya gmn min, menunggu atau gmn

    BalasHapus
  18. Siap min...terima kasih bnyk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyampek skr kog belum berubah ya min jumlah siswa sy, apa sy entry ulang aja nama anak tsb, trs dibuang tanda ' atau gmn

      Hapus
    2. ia benar, sekarang belum ada perubahan dari hasil penarikan data dari dapodik

      Hapus
  19. CARA MENGISI TEMPAT LAHIR YANG KOSONG DI DAPODIK GIMANA YA

    BalasHapus
  20. mau tanya...? sewaktu biosd udah tarik siswa dan terdaftar 18 siswa
    tetapi di laman ANBK kok tidak munjul satu pun jumlah peserta ANBK'y...?
    gimana solusinya ?

    BalasHapus
  21. Mohon maaf jika siswa dari tk, data NIK dan nama ibu kandung tidak sesuai dengan data dukcapil, sehingga siswa tidak masuk verval pd sd solusinya bagaimana? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ruba saja NIK di dapodik sesuai data di dukcapil

      Hapus
  22. Mohon solusinya min,jumlah anak di dapodik 40 sesuai kondisi real,di spdatadik juga 40,namun di vervalpd cuma 39(tidak sesuai).
    Terima kasih,mohon solusinya

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.