Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Mengatasi SK Pengangkatan Pertama Kali Sebagai GURU (TMT Sebelum 31 Desember 2015) Agar Bisa Sukses Mendaftar Sebagai Peserta Prog. PPG

DAPODIK.CO.ID -Solusi Mengatasi SK Pengangkatan Pertama Kali Sebagai GURU (TMT Sebelum 31 Desember 2015) Agar Bisa Sukses Mendaftar Sebagai Peserta Prog. PPG. Salam sejahtera sahabat pendidikan di seluruh Indonesia, khusus sahabat-sahabat guru yang budiman. Pada saat web SIM PKB resmi membuka Pendataan Calon Peserta Seleksi Kemampuan Akademik Tahun 2021, muncul kegaduhan bagi seluruh bapak/ ibu guru yang ingin ikut sertakan diri dalam Pendataan Calon Peserta Seleksi Kemampuan Akademik tahun 2021.

Solusi Mengatasi SK Pengangkatan Pertama Kali Sebagai GURU (TMT Sebelum 31 Desember 2015) Agar Bisa Sukses Mendaftar Sebagai Peserta Prog. PPG

Kegaduhan itu yang muncul adalah pada tap Prasyarat Seleksi Akademik Bagian Diangkat Sebagai Guru Sampai Dengan 31 Desember 2015, Data Bapak/ Ibu Guru Didapodik Tertera Data Anda di Dapodik  Lengkapi di laman berikutnya maka tentunya Status Pemenuhan Prasyarat bertanda hitam berlebel tanda seru.

Banyak sekali pertanyaan, mengapa bagaimana dan kenapa??? Sampai saat ini juga menjadi pertanyaan besar bagi bapak/ ibu guru di seluruh Indonesia. Tidak ada penjelasan resmi yang di sampaikan oleh kementrian dalam hal ini adalah kemendikbud untuk menjawab kegaduhan ini.

Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini, admin www.dapodik.co.id menelusuri kenapa hal tersebut muncul dan membuat panik bapak/ ibu guru.

Dengan teliti dan mencari solusinya ternyata hal tersebut ada solusi untuk mengatasinya.

Solusi Mengatasi SK Pengangkatan Pertama Kali Sebagai Guru (TMT Sebelum 31 Desember 2015) Agar Bisa Sukses Mendaftar Sebagai Peserta Prog. PPG Adalah Sebagai Berikut:

1.    Pada saat bapak/ ibu guru hendak menuju Pendataan Calon Peserta Seleksi Kemampuan Akademik Tahun 2021 dan muncul seperti gambar di bawah ini,


Silahkan bapak/ibu guru lewati saja dengan cara lanjut dengan klik tombol “MENDAFTAR SEKARANG”, lihat gambar berikut ini:


2.    Setelah klik tombol MENDAFTAR SEKARANG, muncul tap baru seperti gambar berikut


3.    Untuk menjawab SK Pengangkatan Pertama Kali Sebagai Guru (TMT sebelum 31 desember 2015), jika bapak/ ibu guru yang pada saat CPNS nya diangkat tahun 2015 kebawah sudah tentu tidak mendapatkan kendala pada saat mendaftar sebagai Peserta Prog. PPG tapi bagi bapak/ ibu guru yang CPNS nya tahun 2015 keatas maka sudah di pastikan tidak bisa mendaftar sebagai Peserta Prog. PPG karena tidak ada tanggal SK tahun 2016 ke atas yang tertera. Rahasianya agar sukses adalah, silahkan pinjam saja SK GTK lainnya yang memiliki dengan yang tentunya SK diangkat tahun 2015 ke bawah. Karena pasti diseluruh kabupaten memilikinya yang namanya SK kontrak daerah atau profinsi.

4.    Setelah memilikinya, lakukan scan dan upload kemudia klik tap lanjut untuk mendaftar sebagai Peserta Prog. PPG.


Sangat mudah bukan, jika masih ada bapak/ ibu yang mengalami kendala silahkan beri komentar sehingga admin www.dapodik.co.id akan menjawan pertanyaan terkait Solusi Mengatasi SK Pengangkatan Pertama Kali Sebagai Guru (TMT Sebelum 31 Desember 2015) Agar Bisa Sukses Mendaftar Sebagai Peserta Prog. PPG.

Demikian Solusi Mengatasi SK Pengangkatan Pertama Kali Sebagai Guru (TMT Sebelum 31 Desember 2015) Agar Bisa Sukses Mendaftar Sebagai Peserta Prog. PPG, Semoga Ada Manfaatnya.

29 komentar untuk "Solusi Mengatasi SK Pengangkatan Pertama Kali Sebagai GURU (TMT Sebelum 31 Desember 2015) Agar Bisa Sukses Mendaftar Sebagai Peserta Prog. PPG"

  1. tetap harus tahun 2015 jadi guru kan ya

    BalasHapus
  2. selamat malam Bapak/ibu
    saya izin bertanya, 2019 saya menggunakan Surat Keterangan Yayasan bahwasannya saya mengajar dari thn 2015.(pada saat itu saya belum dapat SK pengangkatan karena sebelum 3 tahun kerja, saya resign). dan saya bisa mengikuti pre test 2019.
    tahun 2019 saya mengikuti pre test ppg dan hasilnya keluar bln februari 2021,
    saya lulus.
    pada saat pemberkasan diminta SK Pengangkatan pertama sebelum desember 2015. pertanyaan saya, apakah surat keterangan yayasan tersebut bisa dipakai untuk menggantikan SK pengangkatan pertama? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang lulus dengan menggunakan sk yayasan atau sk lain?

      Hapus
  3. selamat siang bapak/ibu, apakah sk pengangkatan pertama di 2015 ini harus berstatus cpns atau gty di tahun 2015 tersebut kah? saya punya kondisi telah diangkat honor yayasan tahun 2015, namun baru gty tahun 2017, namun lewat pretest, apakah dalam ini bisa memenuhi persyaratankah?

    BalasHapus
  4. Mf untuk SK pertama yang di upload skrg harus sama kah nomor nya dgn SK yg di upload waktu pembekasan dulu prasarat pretes?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus sama kah nomor nya?
      apa maksudnya?

      Hapus
    2. Mksudnya nomor SK yg di dapodik hrus sm dgn nanti SK yg akan di upload untuk pemberkasan?Begitu pak/bu

      Hapus
  5. Mohon tanggapan. Kalo saya pertama mengajar di yayasan dan mendapat SK guru kontrak tahun 2010. lalu tahun 2015 baru mendapat SK pengangkatan guru tetap. Sebaiknya SK yang diupload di sim pkb yang mana ya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. TMT di dapodik tertulis 2010 pak. Yang kepakai SK Guru kontrak 2010 atau SK Guru tetap 2015? makasih

      Hapus
    2. SK Guru kontrak 2010 atau SK Guru tetap 2015?
      ini maksudnya gimana ?

      Hapus
  6. Saya lulus pretes 2019 ,tmt pertama saya di sim pkb 2008 tapi karena sk 2008 hilang jd saya uplpd sk pengangkatan pertama 2010..
    Apakah tidak bermasalah pada pemberkasan administrasi krn beda dengan sim pkb tmtnya....???

    BalasHapus
    Balasan
    1. akan bermasalah karena tidak sesua dengan data pada saat mengikuti priten

      Hapus
  7. Kalau misalnya di simpkb TMT pengangkatan tahun 2008 itu saat singkron terakhir 2020. Sedangkan di dapodik itu TMT 2019. Apakah nantinya jadi masalah saat simpkb melakukan singkron dengan dapodik.????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lalu, apa yg harus dibenahi??? Apakah Dapodik di ganti tmt pengangkatan pertama?
      Sebelum simpkb singkron lagi dengan dapodik.
      Khawatir jika nnti simpkb update singkron dapodik, jadi TMT yg di dapodik yg dikonfirmasi. Otomatis tidak memenuhi persyaratan administrasi PPG. Mohon bantuannya.

      Hapus
  8. Apakah jika upload data di simpkb sudah disetujui masih ada kemungkinan gagal lolos??? Apa penyebab yg biasanya terjadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih adakemungkinan,
      penyebabnya karena banyak hal, salah satunya adalah ubload berkarya tidak sesua dengan syarat mutlak seperti ijaza yang tidak linear

      Hapus
  9. Haii mimin.. mau nanya nih, Dulu pas ikut pretest PPG saya honor di sekolah negri, tahun 2018 saya pindah ke sekolah swasta SK pertma yg harus saya lampirkan yg mana?

    Sk d sekolah negri dbawah tahun 2015,
    Atau SK d sekolah swasta sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sk pertama saya 2018 min
      Ndak ada yg tahun 2015


      Hapus
    2. ow, kirain ada, pake yang pertam kalau begitu

      Hapus
  10. Apakah bisa diubah tmt pengangkatan di simpkb ? Karena didapodik sudah benar.bagaimana solusi utk mengubahnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah bisa diubah tmt pengangkatan di simpkb ?
      tidak bisa
      silahkan sinkron dapodiknya setelah itu menunggu penarikan daa dari dapodik ke sim pkb

      Hapus
  11. Saya didapodik sudah benar tmt pengangkatannya tetapi mengapa disimpkb belum berubh?? Mohon pencerahan dan solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menunggu waktu yang cukup lama jika baru merubah data di daodiknya

      Hapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.