Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Mengatasi SK Pengangkatan Pertama Kali Sebagai GURU (TMT Sebelum 31 Desember 2015) Agar Bisa Sukses Mendaftar Sebagai Peserta Prog. PPG

DAPODIK.CO.ID -Solusi Mengatasi SK Pengangkatan Pertama Kali Sebagai GURU (TMT Sebelum 31 Desember 2015) Agar Bisa Sukses Mendaftar Sebagai Peserta Prog. PPG. Salam sejahtera sahabat pendidikan di seluruh Indonesia, khusus sahabat-sahabat guru yang budiman. Pada saat web SIM PKB resmi membuka Pendataan Calon Peserta Seleksi Kemampuan Akademik Tahun 2021, muncul kegaduhan bagi seluruh bapak/ ibu guru yang ingin ikut sertakan diri dalam Pendataan Calon Peserta Seleksi Kemampuan Akademik tahun 2021.

Solusi Mengatasi SK Pengangkatan Pertama Kali Sebagai GURU (TMT Sebelum 31 Desember 2015) Agar Bisa Sukses Mendaftar Sebagai Peserta Prog. PPG

Kegaduhan itu yang muncul adalah pada tap Prasyarat Seleksi Akademik Bagian Diangkat Sebagai Guru Sampai Dengan 31 Desember 2015, Data Bapak/ Ibu Guru Didapodik Tertera Data Anda di Dapodik  Lengkapi di laman berikutnya maka tentunya Status Pemenuhan Prasyarat bertanda hitam berlebel tanda seru.

Banyak sekali pertanyaan, mengapa bagaimana dan kenapa??? Sampai saat ini juga menjadi pertanyaan besar bagi bapak/ ibu guru di seluruh Indonesia. Tidak ada penjelasan resmi yang di sampaikan oleh kementrian dalam hal ini adalah kemendikbud untuk menjawab kegaduhan ini.

Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini, admin www.dapodik.co.id menelusuri kenapa hal tersebut muncul dan membuat panik bapak/ ibu guru.

Dengan teliti dan mencari solusinya ternyata hal tersebut ada solusi untuk mengatasinya.

Solusi Mengatasi SK Pengangkatan Pertama Kali Sebagai Guru (TMT Sebelum 31 Desember 2015) Agar Bisa Sukses Mendaftar Sebagai Peserta Prog. PPG Adalah Sebagai Berikut:

1.    Pada saat bapak/ ibu guru hendak menuju Pendataan Calon Peserta Seleksi Kemampuan Akademik Tahun 2021 dan muncul seperti gambar di bawah ini,


Silahkan bapak/ibu guru lewati saja dengan cara lanjut dengan klik tombol “MENDAFTAR SEKARANG”, lihat gambar berikut ini:


2.    Setelah klik tombol MENDAFTAR SEKARANG, muncul tap baru seperti gambar berikut


3.    Untuk menjawab SK Pengangkatan Pertama Kali Sebagai Guru (TMT sebelum 31 desember 2015), jika bapak/ ibu guru yang pada saat CPNS nya diangkat tahun 2015 kebawah sudah tentu tidak mendapatkan kendala pada saat mendaftar sebagai Peserta Prog. PPG tapi bagi bapak/ ibu guru yang CPNS nya tahun 2015 keatas maka sudah di pastikan tidak bisa mendaftar sebagai Peserta Prog. PPG karena tidak ada tanggal SK tahun 2016 ke atas yang tertera. Rahasianya agar sukses adalah, silahkan pinjam saja SK GTK lainnya yang memiliki dengan yang tentunya SK diangkat tahun 2015 ke bawah. Karena pasti diseluruh kabupaten memilikinya yang namanya SK kontrak daerah atau profinsi.

4.    Setelah memilikinya, lakukan scan dan upload kemudia klik tap lanjut untuk mendaftar sebagai Peserta Prog. PPG.


Sangat mudah bukan, jika masih ada bapak/ ibu yang mengalami kendala silahkan beri komentar sehingga admin www.dapodik.co.id akan menjawan pertanyaan terkait Solusi Mengatasi SK Pengangkatan Pertama Kali Sebagai Guru (TMT Sebelum 31 Desember 2015) Agar Bisa Sukses Mendaftar Sebagai Peserta Prog. PPG.

Demikian Solusi Mengatasi SK Pengangkatan Pertama Kali Sebagai Guru (TMT Sebelum 31 Desember 2015) Agar Bisa Sukses Mendaftar Sebagai Peserta Prog. PPG, Semoga Ada Manfaatnya.

261 komentar untuk "Solusi Mengatasi SK Pengangkatan Pertama Kali Sebagai GURU (TMT Sebelum 31 Desember 2015) Agar Bisa Sukses Mendaftar Sebagai Peserta Prog. PPG"

  1. tetap harus tahun 2015 jadi guru kan ya

    BalasHapus
  2. selamat malam Bapak/ibu
    saya izin bertanya, 2019 saya menggunakan Surat Keterangan Yayasan bahwasannya saya mengajar dari thn 2015.(pada saat itu saya belum dapat SK pengangkatan karena sebelum 3 tahun kerja, saya resign). dan saya bisa mengikuti pre test 2019.
    tahun 2019 saya mengikuti pre test ppg dan hasilnya keluar bln februari 2021,
    saya lulus.
    pada saat pemberkasan diminta SK Pengangkatan pertama sebelum desember 2015. pertanyaan saya, apakah surat keterangan yayasan tersebut bisa dipakai untuk menggantikan SK pengangkatan pertama? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang lulus dengan menggunakan sk yayasan atau sk lain?

      Hapus
    2. Bagaimana mbk apakah bisa dipakai surat keterangan saat pemberkasan?

      Hapus
    3. surat keterangan apa?

      Hapus
    4. Sama dengan saya Kak, saya juga demikian. Kontrak Yayasan dari 2016-2018. Lulus CPNs 2019, di dapodik saya masukan riwayat kerja selama di Yayasan(yayasannya program khusus, tapi non formal)tapi ada MOU dr dinas.

      Hapus
  3. selamat siang bapak/ibu, apakah sk pengangkatan pertama di 2015 ini harus berstatus cpns atau gty di tahun 2015 tersebut kah? saya punya kondisi telah diangkat honor yayasan tahun 2015, namun baru gty tahun 2017, namun lewat pretest, apakah dalam ini bisa memenuhi persyaratankah?

    BalasHapus
  4. Mf untuk SK pertama yang di upload skrg harus sama kah nomor nya dgn SK yg di upload waktu pembekasan dulu prasarat pretes?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus sama kah nomor nya?
      apa maksudnya?

      Hapus
    2. Mksudnya nomor SK yg di dapodik hrus sm dgn nanti SK yg akan di upload untuk pemberkasan?Begitu pak/bu

      Hapus
    3. ia benar, harus sama

      Hapus
  5. Mohon tanggapan. Kalo saya pertama mengajar di yayasan dan mendapat SK guru kontrak tahun 2010. lalu tahun 2015 baru mendapat SK pengangkatan guru tetap. Sebaiknya SK yang diupload di sim pkb yang mana ya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sk pengangkatan pertama

      Hapus
    2. TMT di dapodik tertulis 2010 pak. Yang kepakai SK Guru kontrak 2010 atau SK Guru tetap 2015? makasih

      Hapus
    3. SK Guru kontrak 2010 atau SK Guru tetap 2015?
      ini maksudnya gimana ?

      Hapus
  6. Saya lulus pretes 2019 ,tmt pertama saya di sim pkb 2008 tapi karena sk 2008 hilang jd saya uplpd sk pengangkatan pertama 2010..
    Apakah tidak bermasalah pada pemberkasan administrasi krn beda dengan sim pkb tmtnya....???

    BalasHapus
    Balasan
    1. akan bermasalah karena tidak sesua dengan data pada saat mengikuti priten

      Hapus
  7. Kalau misalnya di simpkb TMT pengangkatan tahun 2008 itu saat singkron terakhir 2020. Sedangkan di dapodik itu TMT 2019. Apakah nantinya jadi masalah saat simpkb melakukan singkron dengan dapodik.????

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentunya akan bermasalah

      Hapus
    2. Lalu, apa yg harus dibenahi??? Apakah Dapodik di ganti tmt pengangkatan pertama?
      Sebelum simpkb singkron lagi dengan dapodik.
      Khawatir jika nnti simpkb update singkron dapodik, jadi TMT yg di dapodik yg dikonfirmasi. Otomatis tidak memenuhi persyaratan administrasi PPG. Mohon bantuannya.

      Hapus
  8. Apakah jika upload data di simpkb sudah disetujui masih ada kemungkinan gagal lolos??? Apa penyebab yg biasanya terjadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih adakemungkinan,
      penyebabnya karena banyak hal, salah satunya adalah ubload berkarya tidak sesua dengan syarat mutlak seperti ijaza yang tidak linear

      Hapus
  9. Haii mimin.. mau nanya nih, Dulu pas ikut pretest PPG saya honor di sekolah negri, tahun 2018 saya pindah ke sekolah swasta SK pertma yg harus saya lampirkan yg mana?

    Sk d sekolah negri dbawah tahun 2015,
    Atau SK d sekolah swasta sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekolah swasta sekarang

      Hapus
    2. Sk pertama saya 2018 min
      Ndak ada yg tahun 2015


      Hapus
    3. ow, kirain ada, pake yang pertam kalau begitu

      Hapus
  10. Apakah bisa diubah tmt pengangkatan di simpkb ? Karena didapodik sudah benar.bagaimana solusi utk mengubahnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah bisa diubah tmt pengangkatan di simpkb ?
      tidak bisa
      silahkan sinkron dapodiknya setelah itu menunggu penarikan daa dari dapodik ke sim pkb

      Hapus
  11. Saya didapodik sudah benar tmt pengangkatannya tetapi mengapa disimpkb belum berubh?? Mohon pencerahan dan solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menunggu waktu yang cukup lama jika baru merubah data di daodiknya

      Hapus
  12. Saya TMT 2010,,sampai saat ini blum terjaring PPG,, karena SK nya di sistem 2015,, mohon bantuannya supaya bisa ikut serta di PPG tersebut,

    BalasHapus
    Balasan
    1. lengkapi data di dapodik dengan lengkap
      cari saja artikel kami tentag syarat sertifikasi

      Hapus
  13. kalau syarat PPG daljab yang TMT nya akhir 2015 itu akan berlaku sampai tahun 2022 kah? PPG 2023 TMT nya mulai tahun berapa ya? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. akan selalu berlaku, jika tidak pindah sekolah

      Hapus
  14. SK pengangkatan pertama saya di SMKS A thn 2015, dan mutasi ke SMKS B thn 2017.
    TMT di dapodik yg 2015.
    Apakah tdk akan bermasalah jika saya lampirkan SK pengangkatan sekolah lama?

    BalasHapus
  15. Selamat malam.
    Maaf saya ingin bertanya, saya lulus pretes 2017 dan saat ini di simpkb mendapat undangan ppg dalam jabatan. Tapi saya bermasalah di sk pengangkatan, krn saya baru diangkat menjadi guru tahun 2016.
    Untuk itu bagaimana?
    Apakah saya bisa lanjut pemberkasan?
    Bila tidak apakah nanti kelulusan saya ini masih bisa digunakan sampai aturannya berubah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan bertanya langsung ke pihak dinas terdekat

      Hapus
  16. siti22:35

    SK pertama saya di Sekolah swasta tahun 2012 (TMT mengajar disimpkb 2012), kemudian tahun 2017 saya pindah mengajar di Sekolah negeri (TMT mengajar di dapodik 2017) sampe sekarang. Lulus pretest 2017.

    Sebagai Syarat pendaftaran PPG DJ tahun 2021, SK pertama yang harus saya uploud yang mana??
    kemudian, apakah TMT mengajar yang betul mengikuti simpkb atau dapodik??

    mohon jawabanya admin.
    terimakasih

    BalasHapus
  17. Anonim15:04

    Bagaimana nasibnya untuk SK TMT Juni tahun 2016? Padahal sudah lulus pretest ppg dan ada menu pengajuan pemberkasan di sim pkb, apakah tidak ada solusi untuk ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah sudah daftar tahap 4 tahun ini?

      Hapus
    2. Anonim17:03

      Sudah, dan ditolak status revisi untuk TMT harus 2015, TMT di SIM PKB Juni 2016, dan saya hanya punya SK guru kontrak yayasan di tahun Juni 2016

      Hapus
    3. berarti menunggu lagi pembukaan prites

      Hapus
  18. Anonim23:18

    Assalamualaikum Min... SK pertama saya tahun 2018.... Kira2 masih bisa ngga Min

    BalasHapus
  19. Anonim13:52

    saya TMT 2015 di simpkb. tapi di dapodik 2016. dan saya lulus pretes. harus gimana ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau suda prites maka akan di undang untuk PPG

      Hapus
  20. Saya dapat panggilan PPG DALJAB, ikut pretest nya tahun 2019.
    TMT pengangkatan pertama di SLB tahun 2009. Habis itu pindah ke SMK negeri sampai dengan sekarang. Kira2 TMT pengangkatan yang saya uplod untuk pemberkasan bisakah SK di SLB tahun 2009?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang terdata di SIMPKB SK pengangkatan waktu di SMALB 1 Januari 2009

      Hapus
    2. yang dibutuhkan adalah 2 tahun saja

      Hapus
  21. saya lulus pretest ppg. TMT pengangkatan saya di simpkb terbaca 5 januari 2015 (smester genap), sedangkan SK yang saya punya juli 2014 (awal smester).
    Apa tidak masalah?
    terimakasih

    BalasHapus
  22. Mf sy nanya,,sy guru sekolh negeri dn SK sy yg baru di tk negeri thn 2017,,,sdangkn sk 2005 smpai 2009 msi kpla UPTD,, SK bupati sy mulai thn 2010 tpi di skolah sawsta... Trus SK mnakah yg hrus sy apload dgn SK pgangkatan Pertama???

    BalasHapus
  23. Izin bertanya admin
    Jika tmt tidak sesuai di simpkb dan dengan berkas yang d upload saat seleksi adm ppg dalam jabatan apakah ada masalah admin? Seleksi adm ny lulus
    tmt di simpkb 2016, namun sebetulnya punya sk 2015, tapi tidak masuk dapodik
    Mohon solusinya admin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika tmt tidak sesuai di simpkb dan dengan berkas yang d upload saat seleksi adm ppg dalam jabatan apakah ada masalah admin?
      pastinya akan berpengaru

      Hapus
    2. Maksud berpengaruhinya tidak bisa ikut ppg atau bagaimana admin
      Mohon pencerahannya min
      Jika sudah dinyatakan lulus seleksi adm dan sudah konfirmasi bersedia admin, tapi tmt di simpkb berbeda admin

      Hapus
    3. Tmt d simpkb 2016 admin
      Tapi memasukkan sk tahun 2015 saat upload seleksi adm ppgdj admin
      Apakah masalah? Kalau iya masalahnya gagal kuliah atau bagaimn admin? Karna sudah konfirmsi bersedia admin
      Mohon solusinya min

      Hapus
    4. rubah saja sk 2015 di dapodik

      Hapus
  24. Anonim01:11

    Ijin bertanya... SK pertama (masih Guru kontrak / tidak tetap) tahun 2013/2014, SK Guru tetap (GT) tahun 2015/2016. Sudah pre tes, SK yang diajukan yg mana ya untuk PPG. Apakah SK Pertama 2013/2014 (Tidak tetap) apa SK tahun 2015/2016 Guru tetap (GT)? Mohon jawabannya.

    BalasHapus
  25. Izin bertanya, saya CPNS 2019, sy sudah lulus pretest 2017 saat saya mulai honor, sudah 3x pemberkasan gagal karena syarat sk dibawah 2015, bagaimana solusinya ya?

    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  26. Pak dapodik. Co. Id, ijin bertanya,,
    Jika sudah ditolak permanen karena sk yg diupload 2016? Bagaimana nasib saya selanjutnya?
    Saya lulusan pretest 2017

    BalasHapus
  27. Saya mau tanya, saya sdh mengikuti PPG tahun 2021 gel 1. Saat saya ingin dftar guru penggerak ternyata tidak bisa karena tertera masa kerja kurang dari 5 tahun. Padahal masa kerja mulai GTT smpai skrang sdh 10thn. Apa yg harus saya lakukan untuk memperbaikinya... ? Mohon bantuanya.

    BalasHapus
  28. mau bertanya min, saya lulus PNS tahun 2015 di MIN negeri. tapi sebelunya say honor di sekolah yayasan tahun 2015. jadi bagaimana min, apakah boleh saya mendaftar

    BalasHapus
  29. TMT saya di SIMPKB sudah benar 2015, tapi di dapodik dan infogtk diketik 2016 oleh operator. kira-kira apakah bisa dirubah yang di dapodik? dan apakah bisa menyebabkan masalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan cek nomor UKG nya di dapodik

      Hapus
  30. Min mau tanya... TMT di simpkb saya itu 2010, misalkan nanti kepanggil pretes lalu saya uploaud SK dari KS pengangakatan guru baru boleh min ? Maksudnya SK pertama dari KS bukan dari SK Yayasan ??
    Tolong dijawab yaa min

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus dari sk kepala yayasan atau sk kepala dinas dan atau bupati

      Hapus
    2. Terimakasih min... saya akan minta lagi SK yayasan th. 2010 🙏, semoga tahun ini terpanggil ya min 🙏

      Hapus
  31. Saya belum pns pengen daftar ppg tapi sk awal 2016 ...apakah ada yang bisa bantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang bisa ada silahkan lengkapi datanya di dapodik

      Hapus
  32. Rolong bantu cari solusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. solusinya adalah silahkan lengkapi datanya di dapodik

      Hapus
  33. Ijin bertanya admin, Jika saya sudah pernah lulus pretest ppg tetapi belum bisa pemberkasan ppg karena syarat tmt <Desember 2015.apakah nantinya saya perlu ikut prestest lagi? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia benar, perlu ikut prestest lagi

      Hapus
  34. Selamat malam bpk/ibu admin,mohon izin bertanya. Tmt saya dari kepala yayasan tahun 2010 tp statusnya msh GTT yayasan dan baru diangkat menjadi GTY tahun 2018. Di simpkb TMT saya tertulis tahun 2010 sedangkan yg tercantum di info gtk SK GTY tahun 2018. Tahun 2018 saya lulus pretest tp gagal di pemberkasan. Yg saya tanyakan kira saya bisa mengikuti pretest ulang tahun ini tidak y? Kemudian apa yg hrus saya lakukan supaya bisa ikut prestest.
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg saya tanyakan kira saya bisa mengikuti pretest ulang tahun ini tidak y
      sangat bisa

      Hapus
  35. Mohon info, SK saya yg honor sekolah tahun 2013 dan 2018 SK kontrak daerah.. sekarang lulus PPPK tahap 1 2021..
    apakah bisa untuk ikut PPG 2022 sekarang? TMT SK mana yang mau di pakai untuk PPG? makasih sebelumnya 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat bisa ikut PPG
      TMT SK mana yang mau di pakai untuk PPG, sk yang sudah di masukan ke dapodik

      Hapus
  36. Admin sy mohon informasinya.

    sy izin bertanya terkait data sy di simpkb.

    Data simpkb sy tertera pengangkatan th. 2010 di tempat awal sy mengajar (2010-2015).
    Kebetulan sy sempat keluar dan jeda setahun (2016) tidak mengajar.
    Kemudian 1tahun berikutnya (th. 2017) sy kembali mengajar di depok ini sampai dengan sekarang .
    Status dapodik sy aktif dan sinkron, data pun tidak ganda.
    Sy sudah bertanya ke operator sy dan dinas saat th. 2019 sampai skrg data di simpkb sy tdk berubah TMTnya.

    Pertanyaan sy kenapa di simpkb msh tertera yg 2010 pengangkatannya?
    Kemudian bisakah sy ikut PPG?

    Mohon bisa diberikan solusinya 🙏🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. masukan sk pengagkatan menjadi guru di dapodik

      Hapus
    2. Sudah ada. Tetapi sy kan ga ada sk saat berhenti setahun. Bisakah sy ikut PPG th ini?apakah nanti tidak diminta sk dari awal sampai akhirnya?

      Hapus
  37. Izin bertanya pak..
    Untuk tmt pengangkatan diatas tahun 2015 kapan baru bisa terpanggil ppg..
    Saya tmt pengangkatan 18 Januari 2017..
    Syarat mengikuti sertifikasi minimal telah mengajar selama 5 tahun bukan pak?

    BalasHapus
  38. Permisi min tanya, saya lulus kuliah 2015 agustus. tapi saat itu saya sudah menghonor di yayasan dr bulan juli 2015. Kemudian awal januari 2016 saya menghonor juga di negeri. sampai skrg TMT yg di SIMPKB 2016 awal bukan 2015 krena mengacu menghonor di negeri. itu bagaimana solusinya y min? mohon pencerahannya 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. solusi untuk apa?

      Hapus
    2. apakah bisa mengikuti pretest ? bila diinput semuanya

      Hapus
  39. Saya mau bertanya min,
    Sk pertama saya 2013 tetapi masih operasi sekolah di sekolah negeri, di sim pkb saya TMT pengangkatan tahun 2013 nanti yg saya upload SK 2013 atau SK saya yg di sekolah swasta 2017 linier saya guru bahasa Indonesia sudah sesuai disekolah swasta yg bermasalah SK saya 2013 masih operator sekolah, solusinya bagaimana ya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. rubah jenis ptk melalui operator dinas

      Hapus
  40. Admin saya izin bertanya. Saya belum pernah ikut ppg.

    Saya terdata di dapodik honorer 17 juli 2017.
    Lulus cpns formasi 2019, baru di angkat PNS 2021.

    Apakah saya bisa ikut pretest ppg tahun ini?

    BalasHapus
  41. maaf min tmt di dapodik sy 2018 ap sy bisa mendaftar untuk 2022 2023

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat bisa di undang untuk mengikuti prites

      Hapus
  42. Assalamualaikum

    Maaf admin saya ingin bertanya terkait pemutakhiran data untuk undangan pretest PPG.
    TMT saya di SIMPKB tahun 2015 sesuai dgn SK GTT. Tetapi di info GTK TMT saya tahun 2017 sesuai SK GTY.

    Apakah nanti mempengaruhi jadi tdk di undang pretest tahun ini? Solusinya bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetapi di info GTK TMT saya tahun 2017 sesuai SK GTY.

      di info gtk sekarang belum di tarik data ytahun 2022
      menunggu saja, pastikan datanya di dapodik sudah benar

      Hapus
  43. Mohon maaf bertanya min.
    SK pertama honor saya 2013, tahun 2019 saya diangkat CPNS.
    Saya perbaharui data di dapodik, tetapi di TMT di simpkb berubah menjadi TMT CPNS. Apakah masih bisa diubah data di Simpkb melalui Dapodik menggunakan SK pertama kali honor?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah masih bisa diubah data di Simpkb melalui Dapodik menggunakan SK pertama kali honor?
      sangat bisa di rubah di dapodik, silahkan

      Hapus
    2. SK sy di dapodik TMT 14 Februari 2014 dan no suratnya beda dgn SK yg sy pegang TMT 1 Januari 2015, sy hubungi OPS utk ubah dataa sy tapi tdk di ubah2 sampai sekarang, apakah nnti masalah pada saat pemberkasan ppg

      Hapus
  44. Admin Saya mau tanya dlu saya honor di pondok pesantren tahun 2015, apakah TMT pada SK tersebut bisa dijdikan buat TMT disimpkb

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah TMT pada SK tersebut bisa dijdikan buat TMT disimpkb
      apakah di pondok pesantren tahun 2015 sudah dimasukan di dapodik?

      Hapus
  45. Selamat malam min..SK pertama saya tahun 2015 yakni SK honor sekolah yang ditandatangani kepsek dan ketua komite. Tahun 2016-2018 SK Kontrak daerah di sekolah baru. Tahun 2019 SK CPNS kembali ke sekolah awal mengajar(2015) sampai sekarang. Apakah bisa diundang pretest dan apakah jika lulus tidak menjadi masalah saat pemberkasan. Dan SK yang mana yang harus diupload saat pemberkasan jika lulus? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah bisa diundang pretest dan apakah jika lulus tidak menjadi masalah saat pemberkasan.
      sangat bisa di undang

      Dan SK yang mana yang harus diupload saat pemberkasan jika lulus? Terima kasih.
      cek saja sk yang di masukan di dapodik yang bisa di upload jika lulus


      Hapus
  46. TMT SIM PKB dan Dapodik 2014 tetapi sya baru mendapatkan SK Bupati sebagai guru honor 2016.. Bagaimana solusi agar tidak ada persoalan pda saat upload SK Pengangkatan Pertama..makasih.🙏

    BalasHapus
  47. saya TMT 2014 SK sebagai PTT di sekolah A, kemudian 2020 TMT 2020 sebagai CPNS di sekolah B. pakai SK TMT yang mana untuk bisa lewat pretest ?

    BalasHapus
  48. saya TMT 2014 SK sebagai PTT di sekolah A
    apakah sudah di masukan ke dapodik?

    BalasHapus
  49. Halo Admin, ijin bertanya, adakah info pretes ppg untuk tahun 2022 ini, karena tmt saya Juli 2016. bisakah ikut pretes ppg? terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada, baca saja artikel kami terbaru terkait PPG tahun 2022

      Hapus
  50. Assalamu alaikum saya mau
    bertanya tmt pengangkatan 01 april 2004 di sim pkb, di dapodik tmt pengangkatan CPNS 01 april 2009 apakah berpengaruh dalam mengikuti pemberkasan ujian pretest yang benar data dapodik bagaimanakah cara mengubah data tmt pengangkatan di sim pkb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca saja artikel kami terbaru terkait PPG tahun 2022

      Hapus

  51. Saya sudah lulus pretes THN 2019 dan saya tmt 2016 ..apakah bisa terpanggil atau gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca saja artikel terbaru kami tentang syarat mengikuti prites 2022

      Hapus
  52. admin dulu sk pertama saya tgl 24 juli 2001 dan membuat sk kedua tgl 25 juli 2002 saya di dapodik pki 25 juli 2002..tpi ada yg kliru saya rubah lewat dapodik setelah disingkron saya melihat di simpkb tertulis 24 juli 2002..

    BalasHapus

  53. Bapak mohon info, saya awal mengajar di SMP pada 2014, setelah itu saya pindah ke SMK pada 2017.
    Pertanyaan saya isian TMT Pengangkatan yang benar pada aplikasi Dapodik memakai yang tahun 2014 atau 2017? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tambahan:
      Saya sudah terdaftar dapodik di sekolah pertama mengajar (SMP) tsb yang TMT 2014, saya juga sudah mempunyai nomor UKG: 2015xxxxxxxx

      Hapus
    2. yang dipakai tahun 2014

      Hapus
  54. Mohon izin bertanya :
    Apabila TMT SimPKB tahun 2010 (sebagai Honor) akan tetapi Operator Sekolah menginput TMT pengangkatan status GTY (setelah menjadi karyawan tetap Yayasan) pada tahun 2018 pada InfoGTK.
    Apakah pengisian tersebut benar?
    Karena seolah-olah Delapan tahun mengajar akan tetapi tidak diakui (pada pengisian info GTK)
    Mohon pencerahannya apa yh harus saya lakukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan baca artikel terbaru kami tentang pengumuman pendaftarab PPGDJ 2022

      Hapus
  55. Saya pernah kontrak di sekolah swasta, setelah itu putus kontrak. Setahun berikutnya saya lulus test cpns.. ternyata data saya msh ada di dapodik dan akhirnya operator sekolah menarik data. Di simpkb saya tmt saya terhitung juli 2015 sedangkan saya lulus cpns 2019 tmt maret 2019. Data saya semua sdh valit. Misalnya saya terpanggil ppg apakah saya menyiapkan surat kontrak yayasan utk upload data atw sk cpns?

    BalasHapus
  56. Saya belum pernah ikut pretest ppg sebelumnya. Tmt GTT Oktober 2017 dan diterima CPNS formasi th 2018. Apakah bisa ikut pretest ppg untuk th 2022?

    BalasHapus
  57. Admin saya guru swasta tmt 2015 SK pertama mengjar saya di tanda tangani oleh kepala sekolah apakah nanti saat upload berkas bermaslah tidak

    BalasHapus
  58. Ijin bertanya pak admin,
    Saya guru di sekolah swasta TMT September 2015, tapi baru mendapatkan sk pengangkatan pertama pada Juni 2016. Di sim PKB TMT 2015. Namun di info gtk TMT 2020 karena baru diangkat PNS pada tahun tersebut. Apakah kondisi tersebut masuk kriteria syarat yg dapat ikut PPG th 2022?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan dibaca artikel kami terbaru terkait pengumuman pendaftaran PPG 2022

      Hapus
  59. Admin, bagaimana cara mengubah TMT mengajar di dapodik?

    BalasHapus
  60. rubahnya di aplikasi dapodik di sekelah

    BalasHapus
  61. Min, saya CPNS formasi 2019 dan menjadi PNS di tahun 2021. TMT pengangkatan pertama di Sim PKB saya tahun 2015 setelah pemutakhiran data berakhir, tapi SK TMT 2015 tersebut hilang waktu kena banjir. Nah, apakah pada saat ini saya masih bisa mengubah di dapodik terkait TMT saya menjadi 2016? Sehingga pada saat pendaftaran seleksi administrasi PPG pada tgl 10 februari 2022, SK yg saya upload adalah SK 2016

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah tidak bisa lagi diperbaiki datanya

      Hapus
  62. Izin bertanya..

    Jika tahun 2015 (TMT) terdaftar di dapodik sebagai guru honorer. Tetapi tahun 2020 pengangkatan PNS. Maka SK manakah yang harus digunakan sebagai SK pertama? Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. SK pertama yang di input didapodik apa??

      Hapus
  63. Akin23:18

    Halo admin, semoga selalu diberikan kesehatan.
    Izin bertanya admin, saya guru honor sekolah negeri dengan SK Kepala Sekolah pada Juli 2015, TMT di simpkb Juli 2015. Kemudian tahun 2019 saya lulus PNS, SK manakah yg harus saya upload agar bisa lulus verifikasi berkas PPG, apakah SK 2015 atau SK 2019 ?
    Terima kasih, mohon kiranya berkenan menjawab.

    BalasHapus
  64. jika sk pengangkatan / kontrak hilang apa ada solusi nya? misal minta surat riwayat mengajar apakah bisa?

    BalasHapus
  65. Selamat pagi admin, mohon pencerahan. Saya mengajar pertama kali di yayasan A GTT tahun 2015 dan SK dari yayasan saat pertama mengajar tahun 2015 status GTT. Lalu tahun 2017 saya pindah ke sekolah swasta B dan mendapat SK yayasan 2018 status GTT. Saya baru GTY tahun 2021. TMT di SIMPKB tertulis 2016. Yang saya tanyakan TMT yg harus saya upload untuk syarat administrasi pendaftaran PPG yang mana ya? Terimakasih🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. lihat saja tmt di dapodik yang disini
      jika tmt tahun 2015 ada, kemudian 2018 juga diisi maka gunakan saja yang tmt tahun 2015

      Hapus
  66. Ijin bertanya kalau TMT di Simpkb tidak sama dengan SK bagaimana nggih?
    Di simpkb 2 juli 2012 tetapi di SK 2 Juni 2012

    BalasHapus
    Balasan
    1. perbaiki datanya di dapodik saja agar sama

      Hapus
  67. Ijin bertanya.tmt di simpkb 2011 dengan SK GTT dari Kepsek.thun 2019 Lulus Cpns. Apakah kemungkinan bisa mendapat undangan PPG daljab 2022?..jika bisa,untuk persyaratan administrasi ..SK pertama yg diupload sk gtt atau sk cpns?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah kemungkinan bisa mendapat undangan PPG daljab 2022
      ada kemungkinan

      yang bisa sk cpns nya

      Hapus
  68. Hai min dapodik, SK pengangkatan pertama tahun 2005 d TK ( belum lulus S1) setelah lulus S1 tahun 2007 saya sudah pindah dan mengjar d SMPN. Boleh ka saya upload SK 2005?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh ka saya upload SK 2005?
      boleh, uploadnya di tabel karir di dapodik

      Hapus
  69. Anonim06:55

    Admin.
    Saya TMT di dapodik 15 juli 2014 SK pengangkatan dari Kepala Sekolah (Status Honor Sekolah) dan SK CPNS TMT 1 februari 2019, SK PNS TMT 2021. Diakun SIMPKB keterangan
    status Guru : PNS
    Diangkat sebagai guru pertama kali : TMT 15 juli 2014
    (Itu TMT honor dgn SK kepala sekolah)
    Dan tahun 2019 saya pernah ikut preetest dengan menggunakan data dan sk pertama kali mengajar diatas tapi belum lulus preetest.
    Pertanyaan saya :
    1. Apakah bisa ikut pretest PPG tahun ini ?
    2. Dan jika lulus persyaratan adminitrasi awal dan bisa mengikuti preetest ataupun jika nanti lulus preetest, apakah saat tahap pemberkasan tidak bermasalah menggunakan SK pertama diatas ?

    Mohon petunjuk dan infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah bisa ikut pretest PPG tahun ini ?
      sangat bisa

      Hapus
  70. Mimin ijin bertanya, saya ngajar DI sekolah negeri th 2014. Pindah ke swasta yg 2015. Diangkat yayasan th 2017. SK pertama yg harus saya upload yg di negeri atau swasta sekarang ya min?

    BalasHapus
  71. Wulan02:13

    Min.. saya tahun 2013 mengajar sampai 2015 di yayasan sebagai guru kontrak lalu resign mendapatkan surat keterangan mengajar lalu tahun 2019 keterima cpns. Di simpkb operator memasukan tmt 2013 berdasarkan surat ket mengajar. Jika nanti saya dapat undangan ppg sk tmt pertama apa yg sy apload menggunakan surat keterangan mengajar atau sk cpns? Mohon pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gunakan saja sk yayasan tahun 2013

      Hapus
  72. Admin di yayasan saya dulu tidak ada SK pengangkatan sebagai guru tetap, hanya ada ada Surat Perjanjian Kerja dan SK pengalaman kerja. Apakah bisa digunakan sebagai pengganti SK ? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hanya ada ada Surat Perjanjian Kerja dan SK pengalaman kerja. Apakah bisa digunakan sebagai pengganti SK,
      syratnya tidak memenuhi. tapi jika mau nekat ikut maka gunakan saja sk itu

      Hapus
  73. Bantu jawab dong min, saya dapat undangan, untuk PPG, di dapodik TMT saya 2006 dari yayasan, tahun 2014 SK cpns, bisa tidak saya pakai SK CPNS saja soalnya SK yayasan 2006 hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2006 dari yayasan di dapodik di hapus dulu.
      baru gunakan sk cpns saja

      Hapus
  74. Admin... DiSIMPKB TMT saya 2012 tapi kenapa pada saat mendaftar PPG 2022 yang muncul TMT 2015.Sk yg mana yang akan saya upload untuk persyaratan PPG 2022??

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg digunakan adalah sk pertama mengajar di sekolah

      Hapus
  75. min mau bertanya, tmt saya di simpkb 14 Juni. tpi diundangan peserta ppg tmtnya 10 juli. jdi tanggal SK yg hrus saya upload itu sesuai sama yg di simpkb atau di undangan peserta ppg ya min? Mksh min

    BalasHapus
    Balasan
    1. gunakan tmt 10 juli

      Hapus
    2. Tpi SK pertama saya tanggal 14 Juni min. Bagaimana ya?

      Hapus
  76. Apakah tmt awal menggunakan sk dr kepsek?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya gunakan sk dari kepala dinas atau bupati saja

      Hapus
  77. sebaiknya gunakan sk dari kepala dinas atau bupati saja

    BalasHapus
  78. sebaiknya gunakan sk dari kepala dinas atau bupati saja

    BalasHapus
  79. sebaiknya gunakan sk dari kepala dinas atau bupati saja

    BalasHapus
  80. sebaiknya gunakan sk dari kepala dinas atau bupati saja

    BalasHapus
  81. Assalamu'alikum.. sy mau nanya' SK awal mengajar sy dulu di MTs TMT 2010, trus pindah ke SMP TMT nya 2012.. sy harus masukkan SK yg mn di berkas PPG? TMT 2010 atau 2012.. di dapodik 2010 tp SK nya dr MTs

    BalasHapus
    Balasan
    1. di dapodik, sk apa yang telah di upload sekarang?

      Hapus
  82. Min mohon pencerahannya, TMT sy di SIM PKB 05 januari 2015 (ini saat sy pertama kali mengajar di SMK swasta, dan SK dari kepala yayasan ini hilang), kemudian ditahun yang sama SMK nya berubah menjadi SMK negeri, sy mendapatkan SK baru dari KEpsek tertanggal 15 juli 2015 (masih tahun yang sama).

    Apakah boleh sy upload SK yg tgl 15 juli 2015, tanggal dan bulan tidak sesuai dgn TKT sim pkb.

    Apakah tidak menjadi masalah dikemudian hari?

    Mohon solusinya min. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. sk kepala sekolah tidak linier

      Hapus
  83. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
    Mohon bertanya min, TMT di simpkb 2010 di SMK swasta, saya CPNS 2018,
    Dan yg jadi masalah yg 2010 itu saya gak ad SK gty, masih penugasan sebagai guru.
    Setelah 2 tahun tepatnya 2012 saya diterima di SMP swasta dan ada SK gty ny. .
    Mohon infonya, yg mana harus saya upload

    Makasih min,
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh

    BalasHapus
  84. Di simpkb dan info gtk tertera TMT pengangkatan 5 Juli 2018 tapi saat dapat undangan peserta PPG tertera TMT mengajar 16 Juli 2018..beda tanggal saja...mau bertanya sebaiknya yang harus saya upload yang SK tanggal brp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy juga seperti itu. Beda tanggal tmt awal di SIMPKB dan undangan PPG.

      Hapus
    2. Nyimak jawaban

      Hapus
  85. Izin bertanya min,

    Tmt saya di simpkb 2014,
    Tapi sk pengangkatan tahun 2014 itu sk nya masib bestatus GTT,, sedangkan untuk SK GTY itu tahun 2016 teteranya,
    Itu kira kira untuk pengauploadtan sk pengangkatan sk yang mana ya min,

    BalasHapus
  86. Tp TMT saya 2016.. apa bisa SK CPNS di upload?

    BalasHapus
  87. izin bertanya,

    TMT di simpkb thn 2012, SK nya dari sekolah swasta atay yayasan SK hilang karena sudah berpindah-pindah tempat. bagaimana solusinya? apakah kita tidak bisa minta ke dinas, pastinya ada simpanan/upload pertama mengajar di dinas? mohon arahannya min.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanyakan saja di dinas, mudah-mudahan diberikan
      soalnya pasti pejabat yang menandatangani sudah berganti

      Hapus
  88. Tp TMT saya 2016 itu pun SK Kepala Sekolah, apa bisa ya SK CPNS saya buat ?

    BalasHapus
  89. Tp TMT saya 2016 itupun SK Kepala Sekolah. Apa bisa SK Cpns diupload ?

    BalasHapus
  90. Izin bertanya
    CPNS 2008 SK pengangkatan pertama SK dr kepsek ,SK GBS,atau SK CPNS ? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  91. apa bisa SK CPNS di upload?
    sangat bisa

    BalasHapus
  92. izin bertanya...
    Tmt saya di simpkb th 2009 SK dari sekolah Negeri, thn 2019 saya mutasi ke sekolah swasta. SK pertama yg harus saya upload SK Sd negeri apa SK dari sd swasta? terima kasih...

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.