About us

Tutorial Cara Mengisi Pengajuan PIP Aplikasi Dapodik 2019 (Program Indonesia Pintar)

Tutorial Cara Mengisi Pengajuan PIP Aplikasi Dapodik 2019 (Program Indonesia Pintar)
DAPODIK.co.id – Tutorial Cara Mengisi Pengajuan PIP Aplikasi Dapodik 2019 (Program Indonesia Pintar). Program Indonesia Pintar (PIP) melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) adalah pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah (usia 6 - 21 tahun) yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin: pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), peserta Program Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu, penyandang disabilitas, korban bencana alam/musibah. PIP merupakan bagian dari penyempurnaan program Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Program Indonesia Pintar merupakan pemberian jaminan dan kelayakan untuk anak-anak usia sekolah yang terdaftar sebagai penerima bantuan pendidikan. PIP diusulkan lewat sistem manajemen Dapodik sekolah, oleh karena itu sahabat-sahabat operator perlu mengetahui cara mengisi PIP pada Aplikasi Dapodik 2019 yang secara resmi sudah dikeluarkan versi terbaru beberapa waktu yang lalu. Setiap peserta didik penerima PIP hanya akan mendapatkan 1 (satu) KIP, hal tersebut berdasarkan petunjuk teknis yang berlaku.

Berikut ini alur dan cara mengisi data PIP Aplikasi Dapodik 2019 yaitu dari mulai, input nama lengkap peserta didik, Nomor Induk Kependudukan /NIK, nomor KIP dan selesai.

Tutorial Cara Mengisi Pengajuan PIP Aplikasi Dapodik 2019 (Program Indonesia Pintar)

Berdasarkan alur di atas, pengisian PIP (Program Indonesia Pintar) diawali dengan peserta didik wajib mengisi nama lengkap dan NIK yang valid.

Kemudian petugas pendataan (operator sekolah)  mengisi status kepemilikan KIP (Kartu Indonesia Pintar) pada peserta didik.

Apabila peserta didik tersebut memiliki KIP maka wajib menginput nomor KIP dan nama yang tertera di kartu ke dalam Aplikasi Dapodik.

Jika memiliki KIP namun menolak dana PIP, isi alasan menolak PIP. Lebih jelasnya dapat di cermati gambar dibawah ini.

Sebagai calon penerima PIP dapat diusulkan pada Aplikasi Dapodik.

Dengan memilih isian layak PIP dan memilih referensi alasan layak PIP.

Demikian penjelasan diatas tentang cara mengisi PIP pada dapodik 2019 Mudah-mudahan dapat memberikan manfaat bagi sekolah, kepala sekolah, guru dan tentunya yang paling penting adalah bagi sahabat-sahabat operator sekolah.

Belum ada Komentar untuk "Tutorial Cara Mengisi Pengajuan PIP Aplikasi Dapodik 2019 (Program Indonesia Pintar)"

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel