Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Cara Mengisi Pengajuan PIP Aplikasi Dapodik Terbaru (Program Indonesia Pintar)

DAPODIK.CO.ID - Tutorial Cara Mengisi Pengajuan PIP Aplikasi Dapodik Terbaru (Program Indonesia Pintar). Program Indonesia Pintar (PIP) melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) adalah pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah (usia 6 - 21 tahun) yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin: pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), peserta Program Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu, penyandang disabilitas, korban bencana alam/musibah. PIP merupakan bagian dari penyempurnaan program Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Tutorial Cara Mengisi Pengajuan PIP Aplikasi Dapodik Terbaru (Program Indonesia Pintar)
Tutorial Cara Mengisi Pengajuan PIP Aplikasi Dapodik Terbaru

Program Indonesia Pintar merupakan pemberian jaminan dan kelayakan untuk anak-anak usia sekolah yang terdaftar sebagai penerima bantuan pendidikan. PIP diusulkan lewat sistem manajemen Dapodik sekolah, oleh karena itu sahabat-sahabat operator perlu mengetahui cara mengisi PIP pada Aplikasi Dapodik Terbaru yang secara resmi sudah dikeluarkan versi terbaru beberapa waktu yang lalu. Setiap peserta didik penerima PIP hanya akan mendapatkan 1 (satu) KIP, hal tersebut berdasarkan petunjuk teknis yang berlaku.

Berikut ini alur dan cara mengisi data PIP Aplikasi Dapodik Terbaru yaitu dari mulai, input nama lengkap peserta didik, Nomor Induk Kependudukan /NIK, nomor KIP dan selesai.

Tutorial Cara Mengisi Pengajuan PIP Aplikasi Dapodik Terbaru (Program Indonesia Pintar)

Berdasarkan alur di atas, pengisian PIP (Program Indonesia Pintar) diawali dengan peserta didik wajib mengisi nama lengkap dan NIK yang valid.

Kemudian petugas pendataan (operator sekolah)  mengisi status kepemilikan KIP (Kartu Indonesia Pintar) pada peserta didik.

Apabila peserta didik tersebut memiliki KIP maka wajib menginput nomor KIP dan nama yang tertera di kartu ke dalam Aplikasi Dapodik.

Jika memiliki KIP namun menolak dana PIP, isi alasan menolak PIP. Lebih jelasnya dapat di cermati gambar dibawah ini.

Sebagai calon penerima PIP dapat diusulkan pada Aplikasi Dapodik.

Dengan memilih isian layak PIP dan memilih referensi alasan layak PIP.

Demikian penjelasan diatas tentang cara mengisi PIP pada Aplikasi Dapodik Terbaru.  Mudah-mudahan dapat memberikan manfaat bagi sekolah, kepala sekolah, guru dan tentunya yang paling penting adalah bagi sahabat-sahabat operator sekolah.

8 komentar untuk "Tutorial Cara Mengisi Pengajuan PIP Aplikasi Dapodik Terbaru (Program Indonesia Pintar)"

  1. Selamat malam, hari ini ada dapat sms dari kemendikbud isinya tentang PIP bagaimana cara dapat bantuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah kami jelaskan di atas caranya

      Hapus
  2. Selamat malam,mohon maaf jadi klo kita tidak dari PKH dan lain2 sedangkan anak kita pintar apa tidak layak mebdapatkan pip

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam,mohon maaf jadi klo kita tidak dari PKH dan lain2 sedangkan anak kita pintar apa tidak layak mebdapatkan pip,
      maka tidak layak

      Hapus
    2. Anonim22:38

      Masya Allah,, padahal anak saya jg pintar lho,, masa di sebut g layak yaa,, cuma Krn bukan penerima PKH dll

      Hapus
  3. Cara mendaftar kip bagaimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari saja di artikel kami tentang Cara mendaftar kip

      Hapus
  4. Anonim20:06

    selamat malam,mohon maaf sebelum nya anak saya sudah dapat pip tapi sudah setahun pip nya tidak cair dan status pip nya tidak berlaku..tuh kenapa yaaa...mohon penjelasan nua

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.