Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Tanya-Jawab Seputar Aplikasi Dapodik Versi 2023

DAPODIK.CO.ID - 13 Tanya-Jawab Seputar Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2023. Sejak dirilisnya Aplikasi Dapodik Versi 2022, maka Aplikasi Dapodik versi sebelumnya dinyatakan tidak berlaku dan tidak dapat digunakan lagi.

13 Tanya-Jawab Seputar Aplikasi Dapodik Versi 2023
 

Tanya-Jawab Seputar Aplikasi Dapodik


Berikut Ini Adalah 13 Tanya-Jawab Seputar Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2023

1. Apa itu Aplikasi Dapodikdasmen?

Sistem Aplikasi Dapodikdasmen adalah aplikasi penjaring data pokok pendidikan pada kelompok jenjang pendidikan dasar di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Entitas data pokok tersebut meliputi sekolah termasuk sarana dan prasarana, Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK),Peserta Didik dan Proses Pembelajaran di dalam rombongan belajar (Rombel).

2. Mengapa sekolah harus menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen?

Berdasarkan Instruksi Menteri Pendidikan Nasional serta Surat Edaran Menteri mengenai aplikasi pendataan di lingkungan Kemendikbud, dinyatakan bahwa Aplikasi Dapodikdasmen merupakan aplikasi resmi yang digunakan untuk menjaring data pokok pendidikan dasar.

Data dari Aplikasi Dapodikdasmen akan digunakan sebagai acuan data dalam program-program Kemendikbud di tingkat pendidikan dasar seperti: pemberian Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Siswa Miskin (BSM), tunjangan guru, Ujian Sekolah, dan programprogram lainnya. Oleh karena itu sekolah harus berpartisipasi aktif dalam kegiatan pendataan Dapodikdasmen.

3. Apa akibatnya jika sekolah menolak menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen?

Data Aplikasi Dapodikdasmen digunakan sebagai acuan data dalam programprogram Kemendikbud di tingkat pendidikan dasar. Apabila sekolah tidak berpartisipasi aktif, maka sekolah akan rugi karena data milik mereka tidak akan sampai ke Kemendikbud. Sekolah tersebut otomatis tidak akan tersentuh program-program Kemendikbud.

4. Apakah Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) dapat menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen?

MI dan MTs berada di bawah naungan Kementerian Agama sehingga tidak dapat menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen.

5. Jenjang sekolah mana saja yang didata dalam Aplikasi Dapodikdasmen?

Jenjang pendidikan dasar yaitu TP/PAUD, SD, SDLB, SMP, SMPLB, dan SLB. Adapun untuk jenjang menengah ada di naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah (Dapodikmen).

6. Apakah termasuk sekolah terpencil dan luar negeri?

Ya, tidak terkecuali.

7. Apa perubahan di Aplikasi Dapodik Versi 2023?

Berikut adalah daftar perubahan pada Aplikasi Dapodik versi 2023:

  1. 1.    [Pembaruan] Pemindahan atribut Jenis PTK yang sebelumnya berada di formulir PTK berpindah ke formulir penugasan PTK.

    2.    [Pembaruan] Penambahan atribut berkebutuhan khusus pada formulir PTK.

    3.    [Pembaruan] Penambahan atribut Kelas Orang Tua pada data rinci sekolah khusus jenjang PAUD.

    4.    [Pembaruan] Penambahan end point pada web service dapodik guna keperluan terkait aplikasi e-Rapor.

    5.    [Pembaruan] Penambahan pengisian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) khusus untuk sekolah penggerak penyelenggara Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

    6.    [Pembaruan] Penambahan sub menu baru Mata Pelajaran Pilihan pada menu Rombongan Belajar khusus untuk sekolah penggerak.

    7.    [Pembaruan] Penambahan instrumen terkait implementasi Insersi Pendidikan Anti Korupsi

    8.    [Pembaruan] Penambahan validasi sekolah negeri diwajibkan mengisikan NPWP dan nama wajib Pajak.

    9.    [Pembaruan] Penambahan validasi jumlah jam mata pelajaran yang dapat diajarkan lebih dari satu guru agar jam/minggu tidak lebih dari struktur kurikulum.

    10. [Pembaruan] Penambahan validasi mata pelajaran pilihan yang diambil oleh peserta didik yang berada di fase F pada kurikulum merdeka Belajar.

    11. [Pembaruan] Penambahan validasi rasio rombongan belajar terhadap peserta didik bagi rombel dengan mata pelajaran pilihan.

    12. [Pembaruan] penambahan validasi no handphone untuk GTK menjadi warning

    13. [Perbaikan] Penutupan pengisian tingkat kerusakan pada Bangunan.

    14. [Perbaikan] Perubahan bisnis proses pengisian tingkat kerusakan pada ruang.

    15. [Perbaikan] Penutupan atribut NPWP dan nama wajib pajak pada pengisian formulir sekolah (pengisian melalui BOS/BOP Salur).

    16. [Perbaikan] Perubahan validasi antara data dinamis dan data sarpras menjadi invalid.

8. Apakah username dan password harus diganti dengan yang baru?

Tidak perlu, tetap menggunakan username dan password yang lama saja, tapi jika menemukan masalah yang mengharuskan, maka bisa mengganti username dan password.

9. Peringatan sebagian data tidak masuk, apa yg harus dilakukan?

Silakan lakukan generate ulang prefill dan registrasi ulang. Bila belum berhasil, silakan hubungi dinas kabupaten/ kota setempat.

10. Apakah validasi dan sync mengalami perubahan?

Tidak ada perubahan, sama dengan tahun ajaran yang lalu, baik cara dan metodologinya.

11. Apakah data yang invalid (merah) mencegah pengiriman data (sync)?

Data invalid tidak akan menghalangi pengiriman data ke server ketika dilakukan sinkronisasi.

12. Kapan Aplikasi Dapodik 2023 kedaluwarsa (expired)?

Sesuai dengan periode semester 1 tahun ajaran 2022/2023 - 31 Agustus 2022.

Sesuai dengan periode semester 2 tahun ajaran 2022/2023 - 30 Juni 2023.

13. Jika ingin berpindah komputer atau laptop untuk mengerjakan Aplikasi Dapodik, apa yang harus dilakukan?

    • Di komputer yang baru: generate ulang prefill baru, lalu instal aplikasi dan registrasi seperti biasa. Maka akan muncul data hasil sinkronisasi terakhir;
    • Di komputer yang lama lakukan uninstall aplikasi;
    • Jika tidak dilakukan tahapan seperti di atas, akan terjadi data berganda.

Demikian Artikel Terbaru Tentang, 13 Tanya-Jawab Seputar Aplikasi Dapodik Versi 2023. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


130 komentar untuk "13 Tanya-Jawab Seputar Aplikasi Dapodik Versi 2023"

  1. saya mau mendownload prefill terbaru, tetapi sampai sekarang tidak bisa didownload. apakah ada solusinya pak..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca saja disini
      https://www.dapodik.co.id/2019/08/tips-mengunduh-prefill-dapodikdasmen.html

      Hapus
    2. Saya regesrasi online dapodik versi 2020.a tetatpi saat selesai terjadi kesalahan pencarian sekolah gimn solusiny pak.

      Hapus
    3. tidak mungkin muncul seperti itu

      Hapus
    4. mohon pencerahan perihal data dinamis yang tidak muncul pertanyaannya di dappo 2023 sehingga kita masih invalid sarpras..terimakasih sblmnya

      Hapus
    5. Ya. Saya juga mengalami hal yang sama. Mohon di bantu untuk Admin.

      Permasalahannya adalah.

      Daftar pertanyaan pada data dinamis tidak ada/kosong

      Hapus
    6. Iya betul,sy jg kayak gini,daftar pertanyaannya kosong,tolong dong gimana solusinya

      Hapus
  2. bagaimana cara mengatasi koneksi internet yang disconnected, padahal sinyal wifi full.. dan sudahdipastikan data tidak ada yang invalid.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hapus histori broswernya dulu

      Hapus
    2. Selamat siang..mau bertanya..apakah bisa untuk jumlah siswa kelas x bisa 37 siswa..ini hanya 1 rombel..jumlah eombel untuk kelas z ada 7 rombel.
      Jumlah siswa kls x 253. 6 rombelnya 36 siswa per epmbel, jadi ada satu rombel yang siswanya 37. Apakah tidak bermasalah.. mohon penjelasan

      Hapus
  3. pak....di sekolah saya ada guru mutasian....email sudh terverifikasi di sp.kemdikbud.tapi...d saat saya mau tukar pengguna krena mau isi riwayat karier, email yg sudh trferifikasi itu g mau di buka " pengguna belum membuat akun ".gimana pak solusinya...?padahal email yg terferifikasi sudh sma n tidak berganda

    BalasHapus
    Balasan
    1. perbaikan dulu riwatnya di sekolah awal baru tarik online lagi

      Hapus
  4. pak....di sekolah saya ada guru mutasian....email sudh terverifikasi di sp.kemdikbud.tapi...d saat saya mau tukar pengguna krena mau isi riwayat karier, email yg sudh trferifikasi itu g mau di buka " pengguna belum membuat akun ".gimana pak solusinya...?padahal email yg terferifikasi sudh sma n tidak berganda

    BalasHapus
    Balasan
    1. perbaikan dulu riwatnya di sekolah awal baru tarik online lagi

      Hapus
  5. pak....di sekolah saya ada guru mutasian....email sudh terverifikasi di sp.kemdikbud.tapi...d saat saya mau tukar pengguna krena mau isi riwayat karier, email yg sudh trferifikasi itu g mau di buka " pengguna belum membuat akun ".gimana pak solusinya...?padahal email yg terferifikasi sudh sma n tidak berganda

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari verivikasia di link sp. ambil lagi email PTK tersebut, edit di dapodik lakukan tukar pengguna

      Hapus
  6. Assalamu'alaikum W....Wb...
    saya sebagai Operator Dapodik belum puas dengan Dapodik versi ini 2021, menurut saya, semua proses kerja lambat, pekerjaan selalu bertambah namun dalam proses Syncronisasi dan sebagainya yang seharusnya tambah gampang, cepat, malah sebaliknya, jadi rumit dan lamban,.....tolong klo setiap pergantian versi, mohon buatlah yang lebih baik, enak dan nyaman kerja, seperti tahun2 sebelumya, semua berubah, baik dari prasarana, peserta didik, data rombel, GTK, dll..tidak seperti tahun2 lalu, mohon solusi, pertimbangan,kebijakan pemerintah untuk semua proses ini,....upah kami tidak seberapa, sebenarnya kita sudah menganggap pekerjaan sebagai relawan, namun pekerjaan selalu bertambah, bertambah dan terus bertambah, bukan semakin gampang, enak, namun semakin rumit......tolong klo bisa system ini diperbaiki supaya bisa yang lebih baik.....terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih masukannya

      Hapus
    2. sama sama.......salam satu data, semoga menjadi yang lebih baik dan terbaik,....amiiin

      Hapus
    3. Bagaimana cara menggabung 2 Rombel menjadi 1 Rombel di Dapodik 2022.thks

      Hapus
    4. haps saja salah satu rombelnya

      Hapus
  7. USUL kami, kalo bisa ganti versi dapodik yang bisa dientry melalui microsoft Excel yang bisa kami Upload dan download, itu lebih baik....kita juga bisa kerja cepat, ketimbang buka aplikasi entry satu-satu....kalo systemnya lancar kan enak.....terima kasih

    BalasHapus
  8. semoga usul kami bisa diterima, supaya bisa menjadi yang lebih baik dan cepat dalam proses kerja kami....

    BalasHapus
  9. o ya......bpk admin........untuk tarik PTK pada web sp.datadik terbaru, kok masih belum bisa ya.....? dan sudah juga saya coba lewat web lama malah sudah gk bisa kebuka lagi....mohon penjelasannya......atau mungkin menunggu dapodik v 2021b ya......Terima kasih......

    BalasHapus
    Balasan
    1. web sp sementara dalam proses perbaikan, menunggu perubahan
      terima kasih sudah bertanya
      salam satu data

      Hapus
    2. o ya...terima kasih kembali pak.....kami menunggu proses dengan sabaaaar.....

      Hapus
    3. Anonim21:04

      Pada dapodik sekolah saya ketika sinkron disuruh update versi sinkronisasi tp sudah di klik tetapi tidak bisa selalu gagal terus gimana yaa solusinya?

      Hapus
    4. hapus histori broswernya dulu

      Hapus
    5. Anonim12:03

      Sudah saya coba tetapi tetap tidak bisa min, udah instal ulang lagi juga tetap gak bisa min, bagaimana ya minn?

      Hapus
    6. update dapodik 2023.B

      Hapus
  10. Assalamu'alaikum W.......Wb.......
    mohon maaf ni.. Bp/mas Admin, untuk laporan Bos gimana caranya ya....setelah saya entri semua jumlah nominal yang kami akan laporkan, saya mau simpan, tapi menu simpan gk ada, dan saya sudah coba berkali2, lalu saya coba keluar saja.....selanjutnya mau buka kembali hasil laporannya kok gk bisa tersimpan....bagaimana solusinya pak/mas...karena gk ada menu simpannya di system, jadi bingung..........terima kasih.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. di bagian bawa ada tombol kirim
      klik saja di situ dan secara otomatif akan tersimpan

      Hapus
    2. tidak ada tombol kirim mas.... yang ada hanya tombol tambah....gk ada yg lain....

      Hapus
  11. Tolong pak yang lulusan dari MI atau Mutasi dari MTs,..agar dipermudah memasukkan di Aplikasi Dapodik, seperti tahun tahun sebelumnya, di entri oleh operator sekolah sendiri....klo lewat dinas susah banget...
    mohon kembalikan seperti dulu entri sendiri

    BalasHapus
  12. Assalamu'alaikum...W.....Wb....
    gimana ini mas......untuk verval ponselnya......login susah masuk.....kadang bisa masuk, tp harus nunggu 20 menitan, apalagi saat verval satu siswa muter2 dulu 10 menit baru muncul biodatanya, setelah klik simpan....muter2 lagi nunggu 20 menit, dong kapan selesainya ini mas,....sedangkan jumlah siswa disekolah kami Ribuan....terus waktu vervalnya hanya beberapa hari,....verval siswa 1 orang saja 30 menitan, padahal kami menggunakan Indihome sinyal jos....kerja pun tengah malam, namun kenapa bisa demikian......verval 2 siswa satu jam......weleh,weleh,weleh......tolong dong mas......systemnya.......terima kasih......

    BalasHapus
    Balasan
    1. kerjakan saja yang bisa di kerjakan, sebaiknya isikan nomor HP duluan di aplikasi dapodik

      Hapus
    2. sudah semua kami isi nomor hp siswa maupun gtk...tinggal verval aja mas.......tapi gimana masalah batas waktu yg telah ditentukan habis, sedangkan yang kita verval cuman dapat beberapa siswa saja dalam minggu ini...

      Hapus
    3. ada perbaikan web verval ponsel sekarang

      Hapus
  13. takutnya nanti gk selesai verval, kita yang disalahkan mas admin......masih banyak kerjaan lain yang dari dapodik yg kita blum selesaikan.....belum TPG, Sarana, BOS,...dll....

    BalasHapus
  14. Saya seorang guru terdata didapodik selama 10 tahun,, kmudian sy brhenti mngajar 2 THN,, sekarang sy mengajar kembali disekolah baru. Apakah data ptk sy bisa ditarik kedapodik? N TMT mngajar saya masih diakui? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah data ptk sy bisa ditarik kedapodik?
      Sangat bisa

      N TMT mngajar saya masih diakui?
      N ini apa ?

      Hapus
  15. kenapa setelah instal dapodik 2021c nama operator yg sebelumnya aktif berubah jadi nama kepala sekolah sebagai operator?

    BalasHapus
  16. Permisi admin,,,
    Untuk tambah ptk pada dapodik melalui verval yayasan tambah ptk apakah berfungsi ya? Mengingat peraturan yg baru sdh berubah utk tambah ptk baru ke dapodik.
    Karena beberapa kali memasukan melalui verval yayasan tambah ptk baru sampai saat ini masih belum juga ada kesuksesan.
    Mohon penjelasan.
    Terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. verval yayasan maksudnya gimana ?

      Hapus
  17. Assalamualaikum admin..
    sy mengalami hal spt ini :




















    Assalamualaikum admin,
    bbrp waktu lalu sblm update aplikasi dapodik versi 2021.c saya sempat update/perbaikan 2 data ssw mll vervalpdnew2.data.kemdikbud.go id.
    Setelah update versi tsb kmdn sinkron, saya hendak melanjutkan memperbaiki data ssw kls VI. setiap kali diarahkan masuk ke kemdikbud login sll saja username dan password tdk terdaftar.. sy cek ke jaringan data yg terdaftar akun /username tdk berubah. Sy berinisiatif ubh password..ttp sj saat ini tdk bs masuk ke laman verval PD, mohon petunjuknya..terima kasih.

    BalasHapus
  18. Admin mohon pencerahannya.....
    Setelah install dapodik 2021.c akun kepala sekolah saya menjadi tidak terverifikasi.Kepala sekolah tersebut berstatus Plt.
    Tolong saya admin,saya sdh tnya ke operator dinas tapi sampai sekarang blm ada solusi.Saya tidak bisa sinkron karena akun kepala sekolah belum terverifikasi padahal sebelumnya di dapodik 2021.b akun kepala sekolah sudah terverifikasi

    Terima kasih atas bantuannya admin....

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan melakukan verifikasi ulang dengan menggunaka verval PTK tersebut

      Hapus
  19. Selamat siang_mhn solusinya_saya sudah cek di Dapodik Lokal versi 2021 e _jumlah siswa 723 tetapi mengapa di Manajemen Dapodik jumlah siswa malah jadi 724 _mhn solusinya ya admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. di Manajemen Dapodik tampilan datanya mengambil dari hasil sinkron dapodik.

      Hapus
    2. sinkron Dapodik _jumlah siswa nya 723_kenapa jadi 724 ya?

      Hapus
    3. meunggu saja perubahannya

      Hapus
  20. Berapa usia minimal anak untuk bisa mendaftar ke sekolah dasar pada sistem dapodik ?
    Apakah siatem dapodik 2021 sudah disesuaikan dengan peraturan mendikbud nomor 1 thn 2021 bahw usia 5.6 thn bisa masuk sekolah dasar dengan syarat kusus (kemampuan kecerdasan dan atau kesiapan psikis) ?

    Apakah perbedaan dapodik dan emis sekolah dasar ? Apakah peraturan pada dapodik dan emis sekolah dasar itu sama ?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dijelaskan pada artikel kami sebelumnya
      silah di cari artikel kami di www.dapodik.co.id

      Hapus
  21. Instal ulang Aplikasi Dapodik 2022 tidk bisa. Keterangannnya : Tidak terhubung dengan database.#2 Versi Aplikasi saat ini 2022. Saya cek di Servicesnya DapodikDB tidak muncul, cuma ada DapodikWebSrv. bagaimana solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. instal ulang saja laptopnya

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Tidak ada solusi lainkah? banyak aplikasi lainnya yg harus diinstal ulang jika instal ulang laptop

      Hapus
  22. tanya pak admin?
    saya mengelola atau merangkap OPS SMP dan SMK untuk mengatasi 1 laktop untuk jenjang SMP dan SMK bagaimana ya Pak Admin? bisa ndak ya 1 Laktop atau PC untuk kedua jenjang tersebut?

    BalasHapus
  23. Assalamulaikum pak..sy sudah terlanjuk entri siswa baru di aplikasi dapodik secara manual tidak lewat online ..apakah ada maslah nanti kedepanya karena dah terlanjur sy singkron ..apakah sy harus hapus dan ulang menggunakan tarik online at entri online
    ..mohon solusi nya mkasih...

    BalasHapus
  24. kak saya gagal/tidak bisa menghapus file dapodik di drive C, krn mau download versi 2022, mohon arahan. tks

    BalasHapus
  25. Mohon maaf, mau tanya.
    Pada saat proses penginputan data siswa baru, saya input dari spdatadik, yang mana informasinya harus memasukkan NISN setiap siswa dengan angka nol 10x (0000000000), agar siswa bisa terenteris.
    beberapa hari kemudian, saya cek di verval PD, dan kebetulan NISN siswa yang saya input dengan angka nol 10x tadi sudah muncul, sementara di dapdik masih tertulis nol 10x.
    Saya sudah mencoba melakukan sinkronisasi sampai 2 kali di tambah tarik data yang kemudian saya sinkronisasi lagi, tapi tidak ada perubahan di dapodik.

    Mohon pencerahan dan solusi perbaikannya bagaimana? ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika sudah dipastikan NISNnya benar maka menunggu saja beberapa minggu baru sinkron lagi

      Hapus
    2. Terima kasih atas masukan solusinya gan. Mungkin saya tergolong OPS baru, dan saya baru mengalami permasalahan seperti yang saya sampaikan tadi. Tapi kalau boleh tahu, apakah kasus seperti yang saya alami tersebut dialami OPS-OPS lain artinya hal tersebut bukanlah kasus baru, dan solusinya cukup dengan menunggu beberapa minggu lalu mensinkronisasi. atau ada langkah-langkah lain untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.
      Mohon petunjuk agar saya bisa menyelesaikannya dengan langkah yang tepat dan cepat. Terima Kasih.

      Hapus
  26. Mohon maaf mau bertanya...Apakah Bisa satu laptop Untuk dua jenjang yg berbeda SMK dan SD atau SD dan TK / Paud?

    BalasHapus
  27. Saya sudah mengisi dan mengunggah survey PTM di bagian beranda dapodik dan sudah tersimpan. Tetapi di dapodik masih saja bertanda merah "BELUM MENGISI". Sudah dicek selama 1 bulan tetap saja seperti itu. Bagaimana solusinya, mohon pencerahannya.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  28. Jika mengubah nik didapodik apakah akan berpengaruh k ijazah?

    BalasHapus
  29. Maaf Min mau tanya ,saya dari DKI , saya sudah mengajukan pemberkasan tambah PTK , sudah di approve oleh sudin bidang PTK dan di approve juga oleh admin dapodik. Pada situs OCS one clik servise , disitu bacaannya TIKET SELESAI, tidak ada perintah lagi suruh apa selanjutnya . kira2 apa tahapan selanjutnya min ? Mohon jawab ya min 🙏🏻

    BalasHapus
  30. Admin mau tanya ini sy sudah terlanjur ke dapodik versi 2022 genap tetapi dapodik sy belum update ke versi 2022.a dan 2022.c bagaimana cara mengembalikannya admin??

    BalasHapus
    Balasan
    1. dapodik 2022 genap tampilannya versi apa?

      Hapus
    2. Tampilan nya masih versi 2021/2022 genap (versi 2022). Seharusnya kan yang skrg sudah pakai (versi 2022.c) di karenakan sy belum update patch ke 2022.a dan 2022.c ini solusinya bagaimana y??

      Hapus
    3. instal laptopnya saja, baru instal dapodik dari awal

      Hapus
    4. Apakah harus install ulang laptop nya?? Ini sy juga belum sinkron dapodik yg versi 2022 genap. Kalau sy uninstall aplikasi dapodik yg lama dari laptop dan sy install ulang aplikasi dapodik dari awal tanpa harus sy install ulang laptop apakah bisa?? Soalnya kalau mesti install ulang laptop rumit

      Hapus
    5. ini merupakan solusi yang membuat agar tidak pusing

      Hapus
  31. Kalau sy uninstall aplikasi dapodik yg lama terus sy install aplikasi dapodik dari awal. Apakah seperti ini juga bisa admin?? Mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi sy gak perlu install ulang laptop kah admin?? Sy tinggal uninstall aplikasi dapodik lama dan install aplikasi dapodik dari awal?? Seperti ini juga bisa admin??

      Hapus
    2. Sy tinggal uninstall aplikasi dapodik lama dan install aplikasi dapodik dari awal??
      ya benar

      Hapus
  32. Tanpa sy harus install ulang laptop saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di coba jika tidak berhasil baru uninstal laptopnya

      Hapus
  33. kok diaplikasi 2022c tidak referensi Mapel Sertifikasi Penjaskes admin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak referensi Mapel Sertifikasi Penjaskes admin?
      maksudnya gimana?

      Hapus
  34. as.saya mau tanya kepala sekolah sudah mutasi di sekolah baru tapi tapi disekolah lama saya belum isi tst tugas tambahan kepala sekolah sehingga di sekolah baru saya tidak bisa verifikasi imel kepala sekolah di sekolah baru..mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. segera menghubungi operaor dinas

      Hapus
  35. Selamat pagi min, bagai caranya menginput data tanah dengan nama tanah antara (panjang x lebar) tidak sama dengan dengan luas yang di inputkan. Ini maksud bagaimana min? Tolong penjelasan nya agar isian pada dapodik tidak invalid lagi. Terima kasih sebelumnya🙏🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari saja artikel kami dengan judul:
      Solusi Mengatasi Bangunan Antara (Panjang x Lebar) Tidak Sama Dengan Luas Tapak Bangunan Yang Diinputkan

      Hapus
  36. Pak, disekolah saya kekurangan guru, kami terdiri dari 1 kepsek dan 4 orang guru. Untuk mengatasi kekurangan tersebut 2 orang guru merangkap kelas. Saat di isikan jadwal pelajaran maka terbaca di dapodik dikelas yang mereka rangkap ternyata 0 jam. Mohon penjelasannya🙏🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekolah jenjang apa?
      dan sekolahnya berapa rombel?

      Hapus
  37. Anonim11:33

    ijazah matematika mengajar di SD apakah linier?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di skolah sdnya ada jurusan matematika atau tidak?

      Hapus
    2. Anonim22:57

      https://ppg.kemdikbud.go.id/linieritas/cek-linieritas

      Hapus
  38. Anonim19:52

    mohon kasih saran. Di dapodik 2023 Pertanyaan di data dinamis tidak muncul sehingga mau memperbaiki invalid tidak bisa. Gimana caranya pak.

    BalasHapus
  39. pak guru saya mutasi ke sekolah lain, sudah dikeluarkan dan
    mau sinkron tp munculnya tarik data. bagaimana solusinya?

    BalasHapus
  40. Mohon bantuannya. Daftar pertanyaan pada data dinamis sekolah. Kosong

    BalasHapus
  41. saya mengalami kesulitan. ketika mau mengerjakan ivalid data dinamis dengan data sarpras. kendalanya klarena ketika klik data dinamis tidak ada pertanyaan yang yang diperlukan. (pertanyaannya tidak ada)

    083822395511 mohon pencerahannya. SDN 1 Bojong Kecamatan Rongga. Hatur nuhun

    BalasHapus
  42. Anonim22:55

    pa Admin.. mau tanya.. pertanyaan di data dinamis tidak muncul, yang mengakibatkan invalid dengan sarpras.. padahal pertanyaan dan jawaban di data dinamis belom pernah saya coba pergunakan... saya sudah coba instal ulang dan segala macem. tapi tetap pertanyaan di data dinamis masih tidak muncul...mohon banuan nya.. terimakasiiih...

    BalasHapus
  43. Anonim08:17

    min. mau bertanya di sekolah saya ada mutasi kepala sekolah baru di manajemen dapodik online akun kepala sekolah sudah terverifikasi tapi di dapodik offline nya akun kepala sekolah belum terverifikasi sehingga status kepala sekolah belum terpilh atau tidak bisa sinkronisasi. sudah dilakukan tarik data juga. statusnya belum berubah. mohon solusinya min.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang melakukannya adalah operaotr dinas agar statusnya berubah

      Hapus
  44. Anonim03:08

    Bagaimana solusinya ketika sinkron dapodik 2023 namun yang muncul "Tarik Data"?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari artikel kami disini tentang judul itu

      Hapus
  45. Anonim15:15

    mohon pencerahannya, data invailid 0 tapi ketika sinkrong yang muncul tombol tarik data

    BalasHapus
  46. Anonim08:11

    admin mohon solusinya data dinamis kosong dan tidak muncul pertanyaan

    BalasHapus
  47. Anonim10:50

    admin mau tanya, kalau akun kepala sekolahnya saat mau sinkron itu tidak terverifikasi tapi sebetulnya di tendik sudah terverifikasi solusinya bagaimana ya?

    BalasHapus
  48. Wisnu Ap11:44

    di menu validasi lokal terdapat warning " sekolah menerima BOS, namun tidak mengisi nomor rekening BOS " pertannyaan saya : untuk mengisi no rekening bos bagaimana, sedangkan di DAPODIK 2023.b sudah tidak ada menu input no rekening. mohon penjelasannya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. nomor rekening BOS bisa di isi juga di link bos kemdikbud

      Hapus
  49. Anonim22:26

    BAGAIMANA CARANYA MEMASUKAN NOMOR REKENING KE DAPODIK VERSI 2023.B

    BalasHapus
  50. cari artikelnya kami disini juga

    BalasHapus
  51. Anonim08:16

    Mohon solusi ruang kelas pada menu jadwal ada 2 kelas tidak muncul

    BalasHapus
    Balasan
    1. upsate dapodik versi 2023.c dulu

      Hapus
  52. Anonim23:56

    mohon soluisnya,plt kepsek tidak bisa role pengguna muncul keterangan, blm membuat akun, padaqhal di manajemen pengguna online akun sdh terverifikasi dan aktif.

    BalasHapus
  53. Anonim10:03

    mau tanya cara input npwp kn lewat bop salur caara masukkan npwp e itu bgmna ya

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.