Inilah Kesalahan Fatal Operator Dapodik Dalam Pendataan Aplikasi Dapodik 2018.b

Dapodik NTT,--- Pada postingan kali ini admin mengambil judul tentang  “Kesalahan Fatal Operator Dapodik Dalam Pendataan Dapodik 2018.b”.

Usia Aplikasi Dapodik 2018.b yang sudah lebih dari 5 tahun ini ternyata banyak dari Operator Dapodik yang melakukan kesalahan-kesalahan dalam proses pendataan. Secara umum proses pendataan terbagi  dalam 3 hal, yaitu persiapan, proses, dam evaluasi.
https://dapodikntt.blogspot.co.id/2018/02/inilah-kesalahan-fatal-operator-dapodik.html
Kesalahan Fatal Operator Dapodik Dalam PendataanAplikasi Dapodik 2018.b
Adapun kesalahan-kesalahan adalah sebagai berikut:

Dalam tahapan persiapan ini diantaranya adalah mempersiapkan formulir-formulir pendaftaran dan pengisian harus sesuai dengan kondisi nyata. Namun masih ada beberapa Operator Dapodik yang dalam tahapan mempersiapkan formulir-formulirnya ini tidak dilakukan dengan alasan ribet bahkan ada sekolah yang tidak mempunyai formulir Dapodik. Karena pada dasarnya, ketika Operator Dapodik melakukan pendataan harus ada bukti nyata kita atau bukti otentik sebagai dasar untuk memasukkan datanya. Baik data Sekolah, PTK, Peserta Didik dan lain sebagainya.

Tahapan Proses:
Tahapan ini tentang proses entri atau memasukkan data. Masih banyak Operator Dapodik yang melakukan proses memasukkan data ini tergesa-tergesa, dengan alasan agar cepat selesai dan kerena tekanan intruksi dari kepala sekolah. Proses input ini harus dilakukan dengan teliti agar nanti dikemudian hari tidak terjadi kesalahan memasukkan data. Jika perlu lakukan pengecekan kembali setelah selesai memasukkan data.

Tapan evaluasi ini adalah tahapan terakhir dalam pendataan. Setelah sincron Aplikasi Dapodik, kita lakukan evaluasi dengan cara melihat server dapodik. Apakah data yang kita masukkan sudah benar sesuain dengan yang kita inputkan atau belum. Proses atau tahapan evaluasi ini merupakan tahapan yang sangat jarang dilakukan oleh teman-teman Operator Dapodik. Banyak alasan dari yang mengucapkan “ yang penting kan sudah sincron, sampai dengan alasan tidak punya ”.

Demikian kesalahan-kesalahan fatal Operator Dapodik dalam pendataan Aplikasi Dapodik 2018.b yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga kedepannya kesalahan-kesalahan di atas tidak terjadi kembali di kalangan sahabat Operator Dapodik. Aye Leymakali

Jika bermanfaat Silakan Share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah Kesalahan Fatal Operator Dapodik Dalam Pendataan Aplikasi Dapodik 2018.b"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

-->