Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Riwayat Karir Guru Pada Aplikasi Dapodik Versi 2022

Salam jumpa sahabat pembaca setia artikel-artikel www.dapodik.co.id. Tiga bulan lebih aplikasi Dapodik Versi 2022 telah dirilis dan telah dikerjakan oleh operator sekolah di setiap jenjang pendidikan masing-masing. Banyak hal yang telah diperbaharui oleh tim pusat terkait pengembangan Aplikasi Dapodik. Salah satu diantaranya adalah pada tab Riwayat Karir Guru.

Aplikasi Dapodik Versi 2022

Berikut Ini Penjelasan Secara Detail Pada Pengimputan Riwayat Karir Guru Di Aplikasi Dapodik, Dapodik Versi 2022

Jenjang Pendidikan
Jenjang pendidikan yang diajar

Jenis Lembaga
Lembaga yang mengangkat PTK sebagai guru.

Status Kepegawaian
Status kepegawaian PTK saat menjadi guru pada lembaga terkait.

Jenis PTK
Jenis PTK sesuai SK pengangkatan guru pada lembaga terkait. Misalnya, diangkat sebagai guru Bimbingan dan Konseling, Guru Kelas, atau Guru Mata Pelajaran.

Lembaga Pengangkat           
Nama lembaga yang mengangkat PTK sebagai guru. Apabila lembaga adalah disdikbud kabupaten/kota, diisi dengan nama dinas terkait.
Apabila lembaga adalah sekolah, diisi dengan nama sekolah terkait.

No SK Kerja
SK pengangkatan sebagai guru pada lembaga terkait.

Tgl SK Kerja
Tanggal mulai bertugas sebagai guru pada lembaga terkait.

TMT Kerja
Tanggal akhir tugas sebagai guru pada lembaga terkait. Kosongkan apabila masih berlaku atau masih aktif sebagai guru pada lembaga tersebut.

TST Kerja
Nama kota/kabupaten tempat PTK sebagai guru pada lembaga terkait. Misalnya, Jakarta, Medan, Pontianak, Makassar, Jayapura, dan sejenisnya.

Tempat Kerja
Nama kota/kabupaten tempat PTK sebagai guru pada lembaga terkait. Misalnya, Jakarta, Medan, Pontianak, Makassar, Jayapura, dan sejenisnya.

TTD SK Kerja
Nama pejabat yang menandatangani SK pengangkatan PTK sebagai guru pada lembaga terkait.

Mapel Diajarkan
Nama mata pelajaran yang diajarkan oleh PTK pada lembaga terkait.

Demikian informasi yang dapat dibagikan kepada bapak/ibu guru seluruh Indonesia, semoga ada manfaatnya. Terima kasih

73 komentar untuk "Riwayat Karir Guru Pada Aplikasi Dapodik Versi 2022"

  1. Ass admin, tolong bantu saya gimana caranya nih input karir guru di dapodik 2020a? untuk tambah riwayat ada, tapi untuk menyimpan ga ada... mohon bantuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. input karir guru login menggunakan akun guru tersebut

      Hapus
  2. Kalo Misalkan Sebelum Jadi Guru di Tempat Kerja Kami mereka belum bekerja sebelumnya dimana pun hanya bantu orang tua gitu ngisinya bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu bukan jejak karirnya kalau membantu orang tua

      Hapus
    2. Kalo itu ingisi di Dinas Sosial,, biar dapat bantuan pengangguran

      Hapus
  3. Min mau tanya,saya guru honorer kalau pindah sekolah di sk pengangkatan itu pake sk pengangkatan sekolah baru di dapodik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pindah sekolah di sk pengangkatan itu pake sk pengangkatan sekolah baru di dapodik?
      apa maksudnya?

      Hapus
  4. Min mau tanya,saya guru honorer kalau pindah sekolah di sk pengangkatan itu pake sk pengangkatan sekolah baru di dapodik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pindah sekolah di sk pengangkatan itu pake sk pengangkatan sekolah baru di dapodik?

      Hapus
  5. Assalamualikum bro,,,riwayat karir guru belum terisi dan guru tersebut juga blom mempunyai akun..sedangkan dia sudah masuk kedapodik ,,gmn solusinya bro??

    BalasHapus
    Balasan
    1. riwayat karir guru belum terisi dan guru tersebut juga blom mempunyai akun, silahkan menghubungi operator sekolah

      Hapus
  6. mohon bantuannya ada invalid bahwa tgl sk kerja di riwayat karir tidak wajar karena melebihi dari tahun berjalan, bagaimana solosinya

    BalasHapus
  7. mohon solusinya diriwayat karir guru invalid tanggal tidak wajar karena lebih dari tahun berjalan, padahal yang saya masukkan tanggal sk guru yang pindah dilembaga kami 7-01-2019 sesuai tgl sk guru tersebut mulai tugas dilembaga kami

    BalasHapus
  8. invalid tanggal penugasan, tugas tambahan, penugasan, riwayat karir, tidak wajar dikarenakan lebih dari tahun berjalan, bagaimana solusinya ya,,,???

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah sudah mengisi datanya di riwayat karir guru?

      Hapus
  9. ditemukan data tidak wajar karena lebih dari tahun berjalan, padahal TST sudah dikosongi. bagamana solusinya????

    BalasHapus
  10. mohon solusinya bagaimana jika riwayat karir sudah terisi pada saat kita mengajar di sekolah yang kita ampu, tapi sk yang muncul itu sk dari sekolah yang dulu, padahal sudah 3 thn lebih resign dari sekolah yang dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal di rubah saja sesuai dengan apa yang benar sekarang

      Hapus
  11. UNTUK MERUBAH DATA KARIR GURU .BAGAIMANA CARA MEMBUKA NYA KARENA DI DAPODIK SUDAH TERKINCI

    BalasHapus
    Balasan
    1. di dapodik,tukar saja penggunanya, edit di PTK yang bersangkutan

      Hapus
    2. TST nya harus di isi ato tidak?
      TMT saya 01 januari 2009. Saya buat TST nya desember 2009. Salah ya...?

      Hapus
    3. TST nya harus di isi ato tidak?
      tidak perlu di isi

      Hapus
  12. bagaimana cara kepala sekolah menambahkan riwayat karir guru di dapdodik 2022a yang ketika menjadi guru belum semua terinput, di dapodik versi 2022a sudah terkunci dan tidak bisa ditambah/di ubah. terima kasih

    BalasHapus
  13. Tetap tidak berhasil kak🥺

    BalasHapus
  14. masalah tentang apa?

    BalasHapus
  15. TTD SK Kerja
    Nama pejabat yang menandatangani SK pengangkatan PTK sebagai guru pada lembaga terkait.

    "Nama Pejabat" nama orangnya atau nama jabatan?
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  16. Saya tahun 2015 sudah terdaftar di dapodik sekolah swasta..kmrn 2019 masuk sma negeri. Tmt saya yang 2015 apa masih bisa dimaaukkan di sma negeri ini ya? Bagai mana cara nya saya tanya operator respon nya kurang enak

    BalasHapus
  17. maaf mau tanya min untuk mapel yang diajarkan untuk mengisi riwayat karir guru pada guru TK apa ya min? terimakasih

    BalasHapus
  18. izin bertanya Min, tempat kerja tu diisi dengan Kabupaten/Kota atau diisi dengan nama sekolah ?? contoh : diisi Pekanbaru aja atau diisi SDN 195 Pekanbaru ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. lihat saja di profil sekolah, alamatnya pasti ada tertera

      Hapus
  19. Anonim10:22

    Pak izin bertanya, setiap tahun sk thl dari bkpsdm kabupaten di ganti. Apa setiap sk di masukkan atau sk pertama jadi thl aja ? terima ksih pak.

    BalasHapus
  20. sk thl apa kepanjangannya?

    BalasHapus
  21. Anonim02:48

    Ijin bertanya. Riwayat karir guru double. Sudah di hapus di aplikari dapodik. Tetapi di ptk.datadik tidak terhapus. Bagaimana solusi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menunggu 1 kali 24 jam baru di cek lagi

      Hapus
  22. Kalau riwayat karir guru lompat2, sk pertama- ke lima sebagai guru, kemudian pas pns sebagai TU trus buat penyesuaian ijazah dan jadi guru lagi , tuh gmn cara mengisi riwayat karir

    BalasHapus
  23. Mengisi riwayat karir guru bagaimana urutannya. Apakah dimulai dari sekolah awal mengajar. Atau riwayat mengajar awal diletakkan paling bawah dan paling atas tempat mengajar sekarang. (Jika sekolah berpindah-pindah)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah dimulai dari sekolah awal mengajar.
      benar di mulai dari pertama kali mengajar

      Hapus
  24. Saya punya 2 ijajah. S1 bahasa inggris 2012, s1 pgsd 2019. Sudah dihapus s1 bahasa inggris dr dapodik. Apakah saya perlu memasukkan kembali kedapodik ijajah s1 bahasa inggris itu lagi? Saya mengajar dr tahun 2006 sampai sekarang aktif dan terdata didapodik. Sekolah yang saya tempati masih tetap sama.bagaimana min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang dipakai sekarang Ijazah apa?

      Hapus
  25. Min saya baru diangkat jadi kepala 17 November 2021. Jadi TMT nya 17 November 2021 itu ya min?

    BalasHapus
  26. Saya sudah menghapus riwayat karir guru di dapodik karena salah input. Tetapi di sp datadik kok masih ada? Apakah tidak bisa dihapus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana bu?apakah masih terbaca di sp datadik?

      Hapus
    2. menunggu saja hasil penarikan datanya

      Hapus
  27. Jika menghapus riwayat kerja yang pertama apakah akan mengubah tmt ?

    BalasHapus
  28. Rani Diah Pratiwi12:48

    Mohon izin bertanya apabila kita mengabdi bertahun-tahun Apakah tiap mendapatkan SK itu dihitung riwayat karirnya atau dimasukkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika pertama kali sudah dimasukan maka secara otomatis akan dihitung

      Hapus
  29. Min aku mau tanya.aku udah pernah mengajar di sebuah sekolah Selma 6 tahun. Trus aku lulus PNS di kab. Lain. Trus data aku di dapodik udah terlanjur dientri baru di dapodik sekolah ygbaru dan TMT ku hanya terhitung sejak aku PNS di sekolah yg baru.
    Data ku tidak ditarik oleh operator sekolah yg baru, malah entri baru. Sedangkan data saya dari sekolah yg lama sudah dihapus.
    Yg jadi pertanyaan sy adalah, apakah TMT mengajar saya di dapodik akan berubah jika riwayat mengajar/karir guru saya di dapodik sy masukkan kembali data SK saya yg lama di sekolah sebelumnya?
    Mhon bantuannya..🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg jadi pertanyaan sy adalah, apakah TMT mengajar saya di dapodik akan berubah jika riwayat mengajar/karir guru saya di dapodik sy masukkan kembali data SK saya yg lama di sekolah sebelumnya?
      bisa saja. silahkan perbaiki datanya di dapodik

      Hapus
  30. Mau nanya kalau di satu kelas. Ada 2 guru haruskah di di jenis ptk nya Guru Kelas ? Atau jadi oprator di jenis PTK nya sebagai apa ?

    BalasHapus
  31. Mohon solusi saya masukkan sk pengangkatan pertama nya salah dan sudah saya hapus lalu input lagi di dapodik nya yang benar tetapi data di akun ptk nya tidak berubah jadi harus diapakan ya biar bisa berubah karena data nya sudah masuk semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah masukan di dapodik, silahkan di sinkron kemudian mennunggu hasil penarikan data dari dapodik ke info GTK

      Hapus
  32. mau nanya kmarin kan saya masukin ptk ke dapodik yang sebelumnya sudah pernah masuk di dapodik lalu kluar, pas mau verifikasi akun di ptk datadik nya tiba-tiba sudah terverifikasi tetapi di dapodik belum, dan email ptk di dapodik sama di ptk datadik juga berbeda itu gmna ya, karena kalau ga di benerin ada invalid di dapodik d sruh ngisi rwyat karir lewat akun dia, mohon solusinya pak terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang mau di rubah apanya?

      Hapus
    2. mau ngatasin akun ptk nya, dai dapodik tidak sama denga di sp datadik, sudah di tarik data berkali2 tetep tidak sama

      Hapus
    3. akun PTK masalahnya gimana?

      Hapus
    4. dapodik skolah saya ada invalid karena ada ptk baru yang harus ngisi riwayat kerja lewat akunnya dia, tetepi akunnya dia di dapodik blum terverifikasi otomatis kan klo blom terverifikasi g abisa masuk ke akun dia, nah sedangkan di sp datadik bacaannya sudah terverifikasi mau di ganti email juga gabisa2, saya sudah tarik data berkali2 ga sama2 akun yg d dapodik sama yang di sp datadik

      Hapus
    5. nah cara ngatasiinya tu bagaimana ya

      Hapus
    6. silahkan menghubungi operator dinas

      Hapus
  33. Min, gimana caranya mengeluarkan guru yg terdaftar di sp.datadik? Padahal sudah dikeluarkan dari dapodik tahun 2020. Di aplikasi dapodik sudah tidak ada namanya, tp pas buka daftar gtk di sp.dapodik malah statusnya surat tugas sudah diperbarui di sekolah saya, padahal sudah dikeluarkan dari dapodik. Mohon bantuannya 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. biarkan saja, nanti otomatis hilang juga

      Hapus
  34. Anonim10:30

    Ijin bertanya TMT Sy dr th 2000, dapat tugas tambahan sebagai kepsek 2020 apakah TMT Sy mengikuti yang 2020 atau tetap th 2000

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.