Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Reset Password (Lupa Pass word) MySAPK

DAPODIK.co.id - Cara Reset Password (Lupa Pass word) MySAPK. Pemutakhiran Data Mandiri ASN adalah proses peremajaan dan pembaharuan data secara mandiri yang bertujuan untuk mewujudkan data yang akurat, terkini, terpadu, berkualitas baik sehingga dapat menciptakan interoperabilitas Data.


MySAPK adalah aplikasi berbasis teknologi seluler untuk Pegawai Negeri Sipil yang terintegrasi dan terhubung secara daring dengan database PNS Nasional untuk informasi Profil Pegawai Negeri Sipil.


SIASN adalah rangkaian informasi dan data mengenai pegawai ASN yang disusun secara sistematis, menyeluruh dan terintegrasi dengan berbasis teknologi yang dituangkan dalam bentuk Bahasa pemrograman


Apa itu ASN dan PPT Non-ASN?

ASN
Aparatur Sipil Negara yang selanjutnya disingkat ASN adalah profesi bagi pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi pemerintah(PPPK).


PNS
Pegawai Negeri Sipil yang selanjutnya disingkat PNS adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, diangkat sebagai Pegawai ASN secara tetap oleh pejabat pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan.


PPPK
Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang selanjutnya disingkat PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.


PPT Non- ASN
Pejabat Pimpinan Tinggi adalah Pegawai Non ASN yang menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi.


Siapa saja yang terlibat dalam PDM-ASN?

Siapa saja yang terlibat dalam PDM-ASN?

PENGGUNA,  ASN dan PPT Non ASN yang menggunakan MySAPK.

VERIFIKATOR,  PNS yang ditunjuk oleh Instansi untuk melaksanakan proses verifikasi.
APPROVAL,  PNS di unit kerja kepegawaian/BKPPD/unit pelaksana teknis yang ditunjuk melakukan persetujuan.
ADMIN, PNS yang ditunjuk oleh Instansi sebagai Admin Instansi.

Apa saja data yang dimutakhirkan?

DATA PERSONAL, Data yang berisi informasi mengenai data diri PNS.
DATA RIWAYAT, Data yang berisi informasi riwayat terakhir PNS disertai dengan data dukung.

Apa yang dapat dilakukan pada saat pemutakhiran data mandiri?
1. Memeriksa dan memverifikasi Data Personal dan Riwayat
2. Melakukan perubahan Data Personal dan Riwayat terkini
3. Menambah Data Personal dan Riwayat terkini

Bagaimana menyelesaikan permasalahan data ASN?
Penyelesaian Permasalahan Jabatan
Jika pada MySAPK, data Jabatan belum diperbaharui ke Riwayat jabatan terakhir dan dalam kondisi ini ASN tidak mempunyai SK Jabatan terakhir, maka ASN dapat mengusulkan perubahan jabatan pada Unit Kepegawaian Instansi masing-masing untuk selanjutnya dimutakhirkan data Riwayat jabatan oleh unit di SIASN.

Penyelesaian Permasalahan Pendidikan
Untuk melakukan proses penyesuaian ijazah, maka ASN harus mengumpulkan berkas diantaranya fotokopi SK CPNS, SK PNS, SK KP terkhir, PAK asli untuk jabatan fungsional dan Penilaian Prestasi Kerja minimal baik untuk 2 tahun terakhir dan mengusulkan pada Unit Kepegawaian Instansi masing-masing.
Unit Kepegawaian akan mengusulkan dalam bentuk Kenaikan Pangkat Pilihan dan nantinya akan diproses oleh Bidang Mutasi Kantor Regional / Direktorat Pengadaan dan Kepangkatan BKN sesuai dengan wilayah kerja.

Pencantuman Gelar
Untuk melakukan proses pencantuman gelar, maka ASN harus mengumpulkan berkas diantaranya legalisir Ijazah & transkrip nilai, Akreditasi Prodi Tahun Lulus, Surat Izin Belajar/Tugas Belajar, Legalisir SK KP terakhir dan mengusulkan pada Unit Kepegawaian Instansi masing-masing. Jika unit kerja di SK KP tidak sama dengan unit kerja di Surat Izin Belajar maka PNS harus menyertakan SK Mutasi yang bersangkutan.
Unit Kepegawaian akan mengusulkan dengan Surat Pengantar kemudian akan diproses oleh Bidang Mutasi Kantor Regional / Direktorat Pengadaan dan Kepangkatan BKN sesuai dengan wilayah kerja.

Penyelesaian Permasalahan Pangkat & Golongan Ruang
Jika pada MySAPK data Pangkat dan Golongan Ruang ASN belum diperbaharui, maka ASN dapat mengumpulkan SK KP terakhir dan mengusulkan kepada Unit Kepegawaian.
Unit Kepegawaian akan menyertakan SK KP terakhir dari ASN dan Pertek KP sebagai bukti telah berada di pangkat tersebut untuk diperbaharui datanya oleh Direktorat Pengadaan dan Kepangkatan BKN/ Bidang Mutasi Kanreg sesuai dengan wilayah kerja.

Penyelesaian Permasalahan Pindah Instansi
Jika ASN ingin melakukan mutasi (Pindah Instansi), maka ASN harus mengumpukan berkas seperti pada gambar diatas, untuk selanjutnya berkas-berkas tersebut akan diusulkan oleh Unit Kepegawaian Instansi bersamaan dengan Surat Pengantar dan ditujukan ke Direktorat Pengadaan dan Kepangkatan BKN / Bidang Mutasi Kantor Regional sesuai wilayah kerja.

Penyelesaian Permasalahan Peninjauan Masa Kerja
Untuk mengesahkan Masa Kerja yang dibawa sebelum menduduki jabatan sebagai ASN, maka ASN harus melengkapi berkas berupa SK CPNS, SK PNS, SK KP terakhir, PAK asli (fungsional) dan Penilaian Prestasi Kerja bernilai minimal baik untuk 2 tahun terakhir dan mengajukan ke Unit Kepegawaian Instansi.
Unit Kepegawian akan mengusulkan Peninjauan Masa Kerja berdasarkan surat pengantar dan dokumen dari ASN dan selanjutnya akan diproses oleh Direktorat Pengadaan dan Kepangkatan BKN/Bidang Mutasi Kanreg sesuai dengan wilayah kerja.

Penyelesaian Permasalahan Cuti Diluar Tanggungan Negara
Untuk Usulan CLTN, ASN dapat mengajukan Surat Permohonan beserta alasan mengusulkan CLTN, Surat Keterangan Dokter/Dokter spesialis jika dalam kondisi sakit ke Unit Kepegawaian Instansi.
Unit Kepegawaian Instansi akan mengeluarkan Surat Permintaan Persetujuan CLTN dan Surat Penugasan untuk diusulkan ke Direktorat Status dan Kedudukan Kepegawaian BKN.

Perpanjangan CLTN
Untuk Usulan perpanjangan CLTN, ASN dapat mengajukan Surat Permohonan beserta alasan perpanjangan CLTN.
Unit Kepegawaian Instansi akan mengeluarkan Surat Persetujuan Perpanjangan CLTN untuk diusulkan ke Direktorat Status dan Kedudukan Kepegawaian BKN.

Pengaktifan CLTN
Untuk Usulan pengaktifan Kembali ASN dari CLTN, ASN dapat mengajukan Laporan Tertulis telah selesai menjalankan CLTN
Unit Kepegawaian Instansi akan mengeluarkan Surat Pengaktifan Kembali untuk diusulkan pengaktifan ke Direktorat Status dan Kedudukan Kepegawaian BKN.

Perbaikan Elemen NIP
Jika terdapat kesalahan NIP yang salah di MySAPK, maka ASN dapat mengajukan usulan perbaikan NIP dengan berkoordinasi melalui Biro SDM Instansi masing-masing.
ASN mengumpulkan fotokopi Ijazah saat pengangkatan CPNS, SK CPNS dan SK PNS dan menyampaikan kepada Biro SDM Instansi masing-masing.
Kemudian Biro SDM Instansi akan menyiapkan Surat Pengantar untuk ditujukan ke Direktorat Status dan Kedudukan Kepegawaian BKN.

Perbaikan Nama
Jika terdapat nama yang salah di MySAPK, maka ASN dapat mengajukan usulan perbaikan nama dengan berkoordinasi melalui Biro SDM Instansi masing-masing.
ASN mengumpulkan fotokopi Ijazah saat pengangkatan CPNS, SK CPNS dan SK PNS dan menyampaikan kepada Biro SDM Instansi masing-masing.
Kemudian Biro SDM Instansi akan menyiapkan Surat Pengantar untuk ditujukan ke Direktorat Status dan Kedudukan Kepegawaian BKN.

 

Cara Reset Password (Lupa Pass word) MySAPK

 


Berikut Tahapan melakukan Reset Password (Lupa Pass word) MySAPK:

 

1.    Bukan Aplikasi MySAPK yang telah terinstal pada komputer, laptop atau HP Bapak/Ibu.


2.    Klik atau Pilih “Lupa Password”.

 


3.    Setelah itu akan muncul jendela baru seperti dibawah ini:

 


4.    Masukkan NIP dan Alamat Email Bpk/Ibu yang terdaftar pada SAPK kemudian pilih “Lanjutkan”.

 

5.    Jika Alamat Email yang Bpk/Ibu masukkan tidak sama dengan Email yang terdaftar pada SAPK maka akan muncul Pemberitahuan seperti dibawah ini:

 


Silahkan Menghubungi BKPP Kab. Sumba Barat untuk memperbaharui Email anda dengan Email yang Aktif dan bisa dibuka  (Bpk/Ibu  harus  mengetahui  nama  Email  dan  Password  Email  yang  dimilikinya)  karena  metode Reset Password/Lupa Password hanya bisa dilakukan lewat Email.

 

6.    Jika alamat Email yang Bpk/Ibu masukkan sama dengan Email yang terdaftar pada SAPK maka akan muncul jendela baru seperti dibawah ini:

 


Silahkan cek Email Bapak/Ibu untuk mengetahui kode Token yang dikirim ke email Bapak/Ibu.

 


7.    Setelah itu masukkan Password Baru dan Kode Token yang diperoleh dari Email Bapak/Ibu lalu  (Password Minimal 6 karakter dan menggunakan minimal 1 huruf besar dan 1 angka).

 


Lalu Pilih Reset Password. Jika Reset Password Berhasil maka akan ada pemberitahuan seperti dibawah ini.

 


8.    Silahkan Login kembali menggunakan Username dan Password Baru yang telah Bapak/Ibu buat.

 

Demikian Artikel Terbaru Tentang, Cara Reset Password (Lupa Pass word) MySAPK . Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.