Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Generate Prefill Aplikasi Dapodik Versi Terbaru (http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id)

DAPODIK.co.id - Cara Generate Prefill Aplikasi Dapodik Versi Terbaru  (http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id). Generate prefill merupakan tahapan untuk mengambil data sekolah dari server agar dapat diregistrasi di Aplikasi Dapodikdasmen secara offline (dalam bentuk fail .prf). Generate prefill merupakan data sekolah dari hasil sinkronisasi terakhir.

Cara Generate Prefill Aplikasi Dapodik Versi 2019

Untuk  meningkatkan  keamanan  dari segi  pengguna,  saat ini  proses  generate prefill  dapat  dilakukan  setelah  petugas  pendataan  memasukkan  username, password yang benar dan kode registrasi Dapodikdasmen sekolah yang aktif.

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai langkah-langkah melakukan generate  prefill,  sebaiknya  petugas  pendataan  mengetahui  terlebih  dahulu ketentuan-ketentuan umum, antara lain: 
·         Generate  prefill  adalah  tahapan  untuk  mengambil  data  sekolah  dari server agar dapat diregistrasi di Aplikasi Dapodikdasmen secara offline.
·         Data sekolah yang diambil adalah hasil sinkronisasi terakhir.
·         Masukkan  username,  password  dan  kode  registrasi  sesuai  di  aplikasi Dapodik.
·         Jika  ada  penggantian  petugas  pendataan  di  sekolah  kode  registrasi,  username  dan  password  dapat  diganti  oleh  admin  Dapodikdasmen  di Dinas  Pendidikan  Kab/Kota  untuk  jenjang  tk/paud, SD/ SMP  dan  Dinas Pendidikan Provinsi untuk jenjang SMA/SMK/SLB.
·         Registrasi awal di aplikasi dapat dilakukan tanpa harus menggunakan prefill. Dengan syarat harus terhubung internet (online).
·         Jangan  lakukan  registrasi  dengan  menggunakan  prefill  yang  lama (kadaluarsa).  Jika  ingin  pindah  ke  komputer  lain  lakukan  siklus "sinkronisasi > generate prefill ulang" untuk mencegah duplikasi data.

Selengkapnya,untuk memulai proses generate prefill silakan lakukan langkah-langkahdi bawah berikut:
1)  Buka laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan
2)  Pilih menu “DATA PREFILL”
3)  Pilih salah satu tautan unduh prefill dapodik yang tersedia.
4)  Masukkan username, password, dan kode registrasi.

Formulir prefill 

Username dan password yang digunakan untuk mengunduh prefill merupakan data pengguna yang terdaftar di server pusat. Jika terdapat ketidaksesuaian data ketika melakukan proses generate prefill, segera lakukan konfirmasi dengan admin Dapodikdasmen Dinas Pendidikan Kab/Kota untuk jenjang SD/SMP dan Dinas Pendidikan Provinsi untuk jenjang SMA/SMK/SLB. 
Setelah  berhasil  memasukkan  username,  password,  dan  kode  registrasi,  klik “Generate” dan tunggu proses selesai. 

Proses generate prefill 
Klik “download” dan simpan prefill tersebut di drive C:\ dengan nama folder “prefill_dapodik”.

Unduh prefill 

 Unduh prefill dan cara penempatan di folder prefill_dapodik 

Demikian informasi terbaru terkait Cara Generate Prefill Aplikasi Dapodik Versi Terbaru. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Generate Prefill Aplikasi Dapodik Versi Terbaru (http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id)"