Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertanyaan dan Jawaban Seputar Info GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) Edisi Revisi

DAPODIK.co.id - Pertanyaan dan Jawaban Seputar Info GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) Edisi Revisi

 

Mengenal Aplikasi GTK

 

Aplikasi ini bagi para guru seharusnya sudah tidak asing lagi mengingat ini merupakan platform penting untuk mereka. Aplikasi GTK dirilis oleh Direktorat GTK Kemdikbud.

 

GTK merupakan kependekan dari Guru dan Tenaga Kependidikan. Sarana digital ini dapat membantu bapak/ibu melakukan pengecekan hasil verifikasi data yang sudah diinput sebelumnya. Platform tersebut merekam dan menampilkan data sekolah sekaligus tenaga guru dan pendidik secara lengkap.

 

Informasi tersebut sewaktu-waktu dapat diakses dan ditampilkan untuk berbagai keperluan.

 

Jika terjadi kesalahan data, proses revisinya dapat dilakukan via aplikasi Dapodik pada info GTK belum valid melalui operator sekolah bapak/ibu. Syaratnya Dapodik sekolah wajib melakukan sinkronisasi data paling tidak seminggu sebelumnya,  baru dapat mengecek validasi data.

 

Kesimpulannya, aplikasi Info GTK adalah sistem yang memuat data tentang identitas serta kegiatan guru dan diperoleh dari sistem Dapodik sekolah. Selain informasi tersebut, aplikasi ini juga menyimpan data sekolah induk serta data rombongan belajar.

 

Tujuan pembuatan aplikasi ini adalah memudahkan guru untuk melakukan pemantauan validitas data terbaru tentang identitas yang bersangkutan serta kegiatan kedinasannya.

Pembaruan data pada sistem sebenarnya adalah tugas operator sekolah.

 

Meski demikian guru dapat membantu dengan melakukan pengecekan agar operator dapat segera merevisi. Jadi aktivitas ini dapat dikatakan bagian dari tanggung jawab guru juga.

 

Manfaat GTK

 

Dengan memanfaatkan sarana cek info GTK online ini maka bapak/ ibu juga akan terhindar dari beberapa masalah yang sering terjadi pada guru. Salah satu yang cukup mengganggu adalah tertundanya pencairan tunjangan profesi guru.

 

Kondisi tersebut bisa terjadi karena informasi yang dimasukkan pada sistem Dapodik tidak sinkron dengan rekaman data pada aplikasi Info GTK.

 

Fungsi Info GTK

 

Adapun beberapa fungsinya adalah sebagai berikut.

1.    Memantau validitas data

Seperti pembahasan sebelumnya, validitas data sangat berpengaruh pada tunjangan profesi setiap guru. Tunjangan profesi guru bisa Bapak/Ibu dapatkan melalui SKTP (Surat Keputusan Tunjangan Profesi) yang nantinya akan tertera. Apabila belum valid, segera hubungi operator.

2.    Mengunduh kebijakan terkait GTK

Sebagai tempat untuk mengunduh berbagai regulasi/kebijakan terkait GTK, misalnya edaran Ditjen GTK, Peraturan Pemerintah, UU Guru dan Dosen, dan sebagainya.

3.    Memantau hasil data Dapodik

Bagi Bapak/Ibu yang ingin memantau data yang dimasukkan dalam Dapodik, silahkan buka info GTK. Jika masih ada kekeliruan, Bapak/Ibu bisa menghubungi operator untuk memperbaiki data tersebut.

 

Pertanyaan dan Jawaban Seputar Info GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) Edisi Revisi

 


Sahabat pembaca setia artikel-artikel dapodik.co.id yang berbahagia, berikut daftar Pertanyaan dan Jawaban Seputar Info GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) Edisi Revisi:

 

Apa itu Info GTK ?

Jawab :

Info GTK adalah informasi data guru dan tenaga kependidikan berdasarkan hasil entri data pada aplikasi dapodik untuk mengetahui validitas data.

 

Apa manfaat Info GTK bagi guru ?

Jawab :

Manfaat info GTK adalah:

a. Guru dapat memantau hasil entri data dapodik oleh operator sekolah.

b. Guru dapat memperbaiki kesalahan data melalui operator sekolah.

c. Guru dapat memantau terbitnya Surat Keputusan Penerima Tunjangan Profesi (SKTP) dan Surat Keputusan Penerima Tunjangan lainnya.

d. Guru dapat mengetahui berbagai informasi terkait kebijakan guru antara lain sertifikasi, penyetaraan Guru Bukan PNS (GBPNS), PAK dan lainnya.

 

Kapan Info GTK dapat diakses?

Jawab :

Info GTK dapat diakses oleh guru setelah operator sekolah mengentri data dapodik dan server GTK menarik data tersebut di setiap awal semester tahun ajaran.

 

Berapa lama masa aktif Info GTK?

Jawab :

Masa aktif info GTK berlaku hanya 6 bulan atau 1 semester sesuai dengan pendataan Dapodik.

 

Bagaimana cara mengakses Info GTK?

Jawab :

Info GTK dapat diakses melalui laman http://info.gtk.kemdikbud.go.id/, bisa melalui sim pkb, dan juga bisa melalui https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/.

 

Bagaimana cara membaca Info GTK?

Jawab :

Info GTK terdiri atas 3 kolom antara lain : 1. Kolom Uraian, 2. Kolom Data (data berdasarkan Dapodik yang di terima dari sekolah), 3. Kolom keterangan guna memperjelas isi dan maksud dari kolom ke 2 (data).

 

Bagaimana memperbaiki Info GTK yang masih salah?

Jawab :

Jika masih terdapat kesalahan atau kekurangan data pada Info GTK, guru melalui operator sekolah memperbaiki data dirinya melalui dapodik pada semester berjalan. Informasi perbaikan tersebut dapat di akses pada Info GTK, paling cepat 7 hari kerja.

 

Siapa yang dapat mengakses Info GTK?

Jawab :

Guru dapat mengakses Info GTK, melalui operator sekolah.

 

Apabila Info GTK data sekolah induk masih kosong, sementara updating data sudah dilakukan. Apa yang harus dilakukan oleh guru?

Jawab:

Guru melalui operator sekolah memastikan agar data sekolah induk tercentang (.) dan jika mengajar pada dua satminkal, hanya satu sekolah induk saja yang dicentang.

 

Bagaimana jika guru melalui operator sekolah sudah melakukan sinkron data, namun pada Info GTK data belum berubah?

Jawab:

Guru memastikan data dapodik sudah valid, setelah itu menunggu proses penarikan data oleh Setditjen GTK paling cepat 7 hari kerja.

 

Demikian Informsdi Terbaru Terkait Pertanyaan dan Jawaban Seputar Info GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) Edisi Revisi. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "Pertanyaan dan Jawaban Seputar Info GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) Edisi Revisi"