About us

Cara Pengisian Jadwal Pembelajaran Pada Aplikasi Dapodik Tahun Ajaran Baru

Cara Pengisian Jadwal Pembelajaran Pada Aplikasi Dapodik Tahun Ajaran Baru
Cara Pengisian Jadwal Pembelajaran Pada Aplikasi Dapodik Tahun Ajaran Baru
Cara Pengisian Jadwal Pembelajaran Pada Aplikasi Dapodik Tahun Ajaran Baru memiliki  keterkaitan  dengan  isian  pada  menu prasarana, rombongan belajar dan pembelajaran. Sehingga pengisian menu jadwal sangat bergantung dari isian yang sudah diinputkan dari ketiga menu tersebut.

Pengisian  prasarana  digunakan  untuk  memetakan  bangunan  yang dijadikan  ruang kelas, pada pengisian rombongan belajar digunakan untuk  memetakan  rombongan  belajar  dengan  memilih  jenis prasarananya,  pada  pengisian  pembelajaran  digunakan  untuk memetakan mata pelajaran dan guru mata pelajaran yang diinputkan
di masing-masing rombongan belajar.

Pengisian Jadwal Pembelajaran

Untuk mengisi jadwal, pertama klik menu Jadwal yang terdapat pada sidebar di sebelah kiri aplikasi.
Cara Pengisian Jadwal Pembelajaran Pada Aplikasi Dapodik Tahun Ajaran Baru
Selanjutnya,  pilih  prasarana  yang  akan  diinput  detail  jadwalnya. Prasarana yang ditampilkan hanya yang sudah diinputkan pada menu Sarpras. Setiap prasarana yang terpilih nantinya akan memunculkan data rombongan belajar yang menggunakan prasarana tersebut.
Untuk pengisian jadwal  terdapat tujuh hari (Senin s.d. Minggu) yang nantinya pilihan hari tersebut dipilih dan akan muncul beberapa data mata  pelajaran  disertai  data  guru  dan  alokasi  jumlah  jam perminggunya.  Sehingga,  sebelum  pengisian  pada  menu  jadwal, pastikan  pembelajaran  pada  tabel  rombongan  belajar  telah  terisi
dengan benar berikut data prasarananya.

Pada  tampilan  menu  jadwal  di  bagian  atas  terdapat  menu  untuk memilih prasarana yang akan diisi jadwalnya.  Pilih prasarana  ruang kelas  yang  akan  diisi  datanya  kemudian  pilih  jadwal  hari  lalu  klik tambah.
Akan muncul beberapa kolom dengan beberapa keterangan  seperti pada gambar di bawah.
Pembelajaran
Menampilkan  mata  pelajaran  yang  akan  diinput  kedalam  jadwal. Mata  pelajaran  yang  ditampilkan  diambil  dari  isian  pembelajaran pada tabulasi rombongan belajar.

Alokasi Jam
Penempatan  urutan  waktu  sesuai  dengan  alokasi  jumlah  jam mengajar pada pembelajaran.

Pembelajaran ke
Penempatan  urutan  waktu  mata  pelajaran  sesuai  dengan  alokasi
jadwal di sekolah setiap harinya.

Pilih pembelajaran yang akan dimasukkan, data mata pelajaran yang tampil  diambil  dari  isian  pembelajaran  pada  pada  salah  satu rombongan belajar yang menggunakan prasarana tersebut.

Selanjutnya  isi  kolom  alokasi  jam  dan  pembelajaran  ke-.  Untuk alokasi  jam  diambil  dari  menu  JJM  Pembelajaran  pada  salah  satu rombongan belajar dan untuk dimulai jam ke  didasarkan pada urutan mata pelajaran berdasarkan jadwal di sekolah pada hari yang sudah terpilih.
Gambar  di  atas  menjelaskan  isian  pembelajaran  salah  satu rombongan  belajar  yang  mengalokasikan  jumlah  jam  perminggu untuk  mata  pelajaran  Bahasa  Indonesia  sebanyak  4  jam.Pengisian alokasi jam jumlah jam mata pelajaran per minggu yang dapat dibagi menjadi beberapa jam di hari yang berbeda.

Contoh: jika dalam tabel pembelajaran di kelas 10A mata pelajaran Bahasa Indonesia diisi sebanyak 4  jam selama satu minggu dalam satu rombongan  belajar,  maka  pada  pengisian  jadwal  ini  dapat  dibagi menjadi  2  hari   (Senin  dan  Selasa)  dengan  masing-masing  2  jam alokasi.

Maka pemecahannya:
Mata  pelajaran  Bahasa  Indonesia  kita  tempatkan  di  hari  senin sebanyak  2  jam  pada  urutan  jadwal  di  isian  “Pembelajaran  ke-“  1 seperti pada gambar di bawah.


Setelah mengisi jadwal seperti gambar di atas, maka ketika sekolah akan memilih isian mata pelajaran Bahasa Indonesia kembali, terlihat tampilan seperti berikut.

Dari alokasi jumlah jam per minggu sebanyak 4 jam dan 2 jam sudah dipetakan  ke  dalam  jadwal,   maka  sisa  jam  untuk  mata  pelajaran tersebut adalah 2 jam.

Dengan  sisa  jam  yang  ada,  mata  pelajaran  Bahasa  Indonesia  dapat ditempatkan  di  hari  selasa  sebanyak  2  jam  pada  urutan  jadwal “Pembelajaran ke-3” seperti gambar di bawah ini.

Pengisian Jadwal Pembelajaran (Mata Pelajaran Agama)
Apabila dalam satu rombongan belajar terdapat lebih dari satu  mata pelajaran  Pendidikan  Agama,  isi  jumlah  jam  mengajar  untuk  mata pelajaran  Pendidikan  Agama  mayoritas  di  dalam  rombel  tersebut sebanyak  ketentuan  alokasi  jam  sesuai  kurikulum  dan  untuk  mata pelajaran Pendidikan Agama minoritas di rombel tersebut diisi 0 jam.

Sebagai  contoh,  misal  mata  pelajaran  Pendidikan  Agama  Islam sebagai  agama  mayoritas  di  rombel  tersebut,  maka  pada  tabel pembelajaran di rombel diisi:
  Jumlah jam Pendidikan Agama Islam sebanyak 2 jam
  Jumlah jam Pendidikan Agama lainnya sebanyak 0 jam

Pengisian  0  jam  ini  dilakukan  agar  tidak  masuk  ke  dalam  validasi jadwal  yang mengharuskan mata pelajaran yang memiliki jam tidak sama dengan 0 terinput ke dalam jadwal. Sehingga isian jadwal yang diinputkan hanya untuk mata pelajaran Pendidikan Agama mayoritas di rombel tersebut saja.

Cara Pengisian Jadwal Pembelajaran Pada Aplikasi Dapodik Tahun Ajaran Baru

Belum ada Komentar untuk "Cara Pengisian Jadwal Pembelajaran Pada Aplikasi Dapodik Tahun Ajaran Baru"

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel