Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertanyaan dan Jawaban Seputar Info GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) Edisi Revisi

DAPODIK.co.id - Pertanyaan dan Jawaban Seputar Info GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) Edisi Revisi

 

Mengenal Aplikasi GTK

 

Aplikasi ini bagi para guru seharusnya sudah tidak asing lagi mengingat ini merupakan platform penting untuk mereka. Aplikasi GTK dirilis oleh Direktorat GTK Kemdikbud.

 

GTK merupakan kependekan dari Guru dan Tenaga Kependidikan. Sarana digital ini dapat membantu bapak/ibu melakukan pengecekan hasil verifikasi data yang sudah diinput sebelumnya. Platform tersebut merekam dan menampilkan data sekolah sekaligus tenaga guru dan pendidik secara lengkap.

 

Informasi tersebut sewaktu-waktu dapat diakses dan ditampilkan untuk berbagai keperluan.

 

Jika terjadi kesalahan data, proses revisinya dapat dilakukan via aplikasi Dapodik pada info GTK belum valid melalui operator sekolah bapak/ibu. Syaratnya Dapodik sekolah wajib melakukan sinkronisasi data paling tidak seminggu sebelumnya,  baru dapat mengecek validasi data.

 

Kesimpulannya, aplikasi Info GTK adalah sistem yang memuat data tentang identitas serta kegiatan guru dan diperoleh dari sistem Dapodik sekolah. Selain informasi tersebut, aplikasi ini juga menyimpan data sekolah induk serta data rombongan belajar.

 

Tujuan pembuatan aplikasi ini adalah memudahkan guru untuk melakukan pemantauan validitas data terbaru tentang identitas yang bersangkutan serta kegiatan kedinasannya.

Pembaruan data pada sistem sebenarnya adalah tugas operator sekolah.

 

Meski demikian guru dapat membantu dengan melakukan pengecekan agar operator dapat segera merevisi. Jadi aktivitas ini dapat dikatakan bagian dari tanggung jawab guru juga.

 

Manfaat GTK

 

Dengan memanfaatkan sarana cek info GTK online ini maka bapak/ ibu juga akan terhindar dari beberapa masalah yang sering terjadi pada guru. Salah satu yang cukup mengganggu adalah tertundanya pencairan tunjangan profesi guru.

 

Kondisi tersebut bisa terjadi karena informasi yang dimasukkan pada sistem Dapodik tidak sinkron dengan rekaman data pada aplikasi Info GTK.

 

Fungsi Info GTK

 

Adapun beberapa fungsinya adalah sebagai berikut.

1.    Memantau validitas data

Seperti pembahasan sebelumnya, validitas data sangat berpengaruh pada tunjangan profesi setiap guru. Tunjangan profesi guru bisa Bapak/Ibu dapatkan melalui SKTP (Surat Keputusan Tunjangan Profesi) yang nantinya akan tertera. Apabila belum valid, segera hubungi operator.

2.    Mengunduh kebijakan terkait GTK

Sebagai tempat untuk mengunduh berbagai regulasi/kebijakan terkait GTK, misalnya edaran Ditjen GTK, Peraturan Pemerintah, UU Guru dan Dosen, dan sebagainya.

3.    Memantau hasil data Dapodik

Bagi Bapak/Ibu yang ingin memantau data yang dimasukkan dalam Dapodik, silahkan buka info GTK. Jika masih ada kekeliruan, Bapak/Ibu bisa menghubungi operator untuk memperbaiki data tersebut.

 

Pertanyaan dan Jawaban Seputar Info GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) Edisi Revisi

 


Sahabat pembaca setia artikel-artikel dapodik.co.id yang berbahagia, berikut daftar Pertanyaan dan Jawaban Seputar Info GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) Edisi Revisi:

 

Apa itu Info GTK ?

Jawab :

Info GTK adalah informasi data guru dan tenaga kependidikan berdasarkan hasil entri data pada aplikasi dapodik untuk mengetahui validitas data.

 

Apa manfaat Info GTK bagi guru ?

Jawab :

Manfaat info GTK adalah:

a. Guru dapat memantau hasil entri data dapodik oleh operator sekolah.

b. Guru dapat memperbaiki kesalahan data melalui operator sekolah.

c. Guru dapat memantau terbitnya Surat Keputusan Penerima Tunjangan Profesi (SKTP) dan Surat Keputusan Penerima Tunjangan lainnya.

d. Guru dapat mengetahui berbagai informasi terkait kebijakan guru antara lain sertifikasi, penyetaraan Guru Bukan PNS (GBPNS), PAK dan lainnya.

 

Kapan Info GTK dapat diakses?

Jawab :

Info GTK dapat diakses oleh guru setelah operator sekolah mengentri data dapodik dan server GTK menarik data tersebut di setiap awal semester tahun ajaran.

 

Berapa lama masa aktif Info GTK?

Jawab :

Masa aktif info GTK berlaku hanya 6 bulan atau 1 semester sesuai dengan pendataan Dapodik.

 

Bagaimana cara mengakses Info GTK?

Jawab :

Info GTK dapat diakses melalui laman http://info.gtk.kemdikbud.go.id/, bisa melalui sim pkb, dan juga bisa melalui https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/.

 

Bagaimana cara membaca Info GTK?

Jawab :

Info GTK terdiri atas 3 kolom antara lain : 1. Kolom Uraian, 2. Kolom Data (data berdasarkan Dapodik yang di terima dari sekolah), 3. Kolom keterangan guna memperjelas isi dan maksud dari kolom ke 2 (data).

 

Bagaimana memperbaiki Info GTK yang masih salah?

Jawab :

Jika masih terdapat kesalahan atau kekurangan data pada Info GTK, guru melalui operator sekolah memperbaiki data dirinya melalui dapodik pada semester berjalan. Informasi perbaikan tersebut dapat di akses pada Info GTK, paling cepat 7 hari kerja.

 

Siapa yang dapat mengakses Info GTK?

Jawab :

Guru dapat mengakses Info GTK, melalui operator sekolah.

 

Apabila Info GTK data sekolah induk masih kosong, sementara updating data sudah dilakukan. Apa yang harus dilakukan oleh guru?

Jawab:

Guru melalui operator sekolah memastikan agar data sekolah induk tercentang (.) dan jika mengajar pada dua satminkal, hanya satu sekolah induk saja yang dicentang.

 

Bagaimana jika guru melalui operator sekolah sudah melakukan sinkron data, namun pada Info GTK data belum berubah?

Jawab:

Guru memastikan data dapodik sudah valid, setelah itu menunggu proses penarikan data oleh Setditjen GTK paling cepat 7 hari kerja.

 

Demikian Informsdi Terbaru Terkait Pertanyaan dan Jawaban Seputar Info GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) Edisi Revisi. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


37 komentar untuk "Pertanyaan dan Jawaban Seputar Info GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) Edisi Revisi"

  1. Di Dapodik Sekolah data saya sudah diperbaiki dari sekolah non induk menjadi sekolah induk, tapi kenapa di info gtk data saya belum berubah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah diperbaiki, maka menunggu saja hasil penarikan dari sinkron dapodik ke Info GTK

      Hapus
    2. Kira2 kapan jadwal penarikan hasil singkron dapodik ke info gtk? soalnya sudah 2 minggu data info gtk saya belum berubah, punya teman2 yang lain juga sama belum berubah yang 1 sekolahan dengan saya

      Hapus
    3. tidak ada jadwal untuk mengetahui perubahannnya

      Hapus
    4. Bagaimana dengan guru yang sudah sertifikasi jika datanya belum valid di info gtk, sedangkan di dapodik sudah tidak bermasalah?

      Hapus
    5. sudah berapa lama dapodiknya sudah validnya

      Hapus
    6. Sudah lebih dari 2 minggu, dan sudah di singkron kembali setelah perbaikan semua data guru yang bermasalah

      Hapus
    7. menunggu saja kalau begitu

      Hapus
    8. Anonim20:56

      Boleh nanya pak/ibuk..sebelumnya saya mengajar di MTs 1 tahun, dan sekarang mengajar nya di SD tahfidz...apa bisa data saya mutasi dari emis ke dapodik pak/ibuk...kalau bisa caranya bagaimana pak/buk🙏

      Hapus
  2. sudah sekitar 2 minggu yang lalu di perbaiki data nya, dan sudah di singkron

    BalasHapus
  3. Berapa lama kita bisa membuka info gtk setelah sinkron,...

    BalasHapus
  4. Kenapa setiap membuka info gtk username kita tidak di temukan dan password anda tidak sesuai...padahal sudah drubah password sesuai aturan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. minta bantuan operator sekolah untuk meresetnya

      Hapus
  5. Info gtk saya tidak mau valid karena mutasi dari guru ke kepala sekolah dengan sekolah dasar yang berbeda.di info gtk catatan masalah masih tanda seru kuning.beban mengajar ceklis merah..bgmna caranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. di info gtk catatan masalah masih tanda seru kuning
      itu bagian apa yang masih kuning?

      Hapus
    2. Anonim02:43

      Untuk penarikan update data oleh server itu per berapa kali? Soalnya kalau penarikan untuk validasi nampaknya per 7 hari. Sehingga kalau ada perbaikan data, selagi penarikan update data belum dilakukan di maka data perbaikan tidak akan muncul

      Hapus
  6. Tugas tambahan kepala sekolah masih tanda seru kuning tadinya guru.terus silang merah pada beban mengajar

    BalasHapus
  7. Anonim03:03

    Untuk Guru Inklusi di TK apakah bisa linier, mengingat didapodik PAUD tdk ada beban mengajar khusus, hanya ada Guru Kelas PAUD, dan kode sertifikasinya pun beda, guru inklusi 800 sedangkan guru kelas PAUD 021..Mohon oencerahannya... Terimakasih...

    BalasHapus
  8. Anonim18:31

    Info gtk 2023 sampai saat ini belum valid. Pada bagian kepegawaian status peringatan (tidak aktif/tidak sertifikasi). Setelah cek data yg berbeda tempat lahir di dapodik pakai nama desa (data sebenarnya) tetapi di my SAPK pakai nama kabupaten. Sudah berusaha bolak balik ke BKD dan BKN tp tetap tidak bs diperbaiki karena di BKN memang harus pakai nama kabupaten.

    Jd bingung, Klo seperti ini data sy tidak akan valid yg berarti kedepannya sertifikasi jg tdk akan cair.

    Mungkin ada solusi dari admin.

    BalasHapus
  9. Saya mengajar klas 8 mapel Seni Budaya (K13)
    Saya juga mengajar kelas 7 mapel Seni Rupa (Kurmer)
    Sertifikasi saya Seni Budaya
    Status di Info GTK klas 8 Linier dengan Sertifikat
    Status di klas 7 TIDAK LINIER dengan sertifikat.
    Karena ini, status TIDAK VALID karena jam mapel di klas 7 tidak diakui.
    Padahal Seni Rupa dan Seni Budaya disini sama, bedanya di struktur kurikulum (K13 vs. Kurmer), kami ikuti aturan penamaan mapel sesuai pedoman dari pusat.

    Tgl 13 Mei 2023 kami lakukan revisi nama mapel klas 7 yg tadinya Seni Rupa kami ganti Seni Budaya. Sampai sekarang belum divalidasi. Padahal sudah 14 hari disinkron. Apa yang terjadi min.....?

    BalasHapus
  10. Anonim07:12

    Asalamualaikum ijin bertax sya sertifikasi kementrian agama kemudian pindah di kemendikbud,bisa berapa lama proses mutasinya?

    BalasHapus
  11. apakah guru sertifikasi sosiologi jamnya masih linier apabila jadi kepala SMK

    BalasHapus
  12. Anonim12:28

    Apabila kita sertifikasi di departemen agama kemudian mutasi Kemendikbud apakah sertifikasi kita bisa dirapel cairnya

    BalasHapus
  13. Anonim03:49

    Apa penyebab di verval ijazah tidak ada menu upload berkas nya??

    BalasHapus
  14. Anonim19:29

    Moho maaf mau bertanya dulu saya ngajar di smp swasta dan status nya bukan induk. sekarang pindah ke SD negeri karna lulus P3K jadi guru kelas SD. dan info gtk sampe sekarang tidak bisa di akses dengan alasan email tidak terdaftar di dapodik. sementara kalo ngecek SSO email terebut bisa di bukà.

    BalasHapus
  15. Anonim01:39

    Mohon maaf saya mau bertanya, sudah tiga hari saya masuk di info gtk mau verval ijazah tetapi hasilnya masih sistem dalam perbaikan. Sampai berapa lama sistem perbaikannya pak?

    BalasHapus
  16. Kenapa di gtk saya tercantumnya mapel seni budaya padahal saya tidak mengajar seni budaya, ada yg tau knpa dan cara mengatasinya?

    BalasHapus
  17. Anonim05:11

    Kenapa kalau buka info gtk selalu sistem rusak sementara buka info gtk guru lain bisa?

    BalasHapus
  18. Anonim08:06

    Assalamualaikum selamat pagi, kenapaya saya sudah 9 hari melakukan singkronisasi data melalui oprator sekolah di dapodik tapi di info gtk belum belum juga valid......

    BalasHapus
  19. Anonim06:24

    Kami dari SMK FARMASI SEKESAL , dengan alih bina ke YHT diketahui oleh operator baru kami, bahwa 4 guru status gtknya nonaktif dikeluarkan diwafatkan...sudah ke cabdin kota SBY ...dan belum ada solusi...harus. bagaimana yg kami lakukan

    BalasHapus
  20. Anonim16:15

    Satminkal di info gtk tidak ditemukan padahal di dapodik dan simpkb sudah sesuai. Solusinya gimana bpk ibu

    BalasHapus
  21. Dhea ginting20:04

    Saya sudah mengisi pendidikan formal di ptk.dapodik dan sudah disinkron oleh operator tapi di info gtk belum muncul pendidikan formalnya dan lulusan terakhir saya tidak berubah juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim04:32

      Riwayat pendidikan tidak terbaca di info gtk.padahal sudah sinkron dapodik.kalai begini gak bisa daftar p3k

      Hapus
  22. Anonim11:25

    ijin bertanya, kenapa yaah kalau saya login ke akun ingo gtk saya passwordnya selalu salah padahal password yang saya sudah isi sudah benar dan operator dapodik sekolah juga sudah mengganti password saya dan masih tidak bisa login

    BalasHapus
  23. Anonim09:25

    Sudah 3 Minggu perbaikan data, dan singkron tetapi di info gtk belum bisa masuk datanya

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.