Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Membantu Guru Dalam Menyampaikan Pesan-Pesan Atau Materi Pelajaran Kepada Siswa

DAPODIK.CO.ID – Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Membantu Guru Dalam  Menyampaikan Pesan-Pesan Atau Materi Pelajaran Kepada Siswa. Secara umum tujuan penggunaan media pembelajaran adalah membantu guru dalam menyampaikan pesan-pesan atau materi pelajaran kepada siswanya, agar pesan lebih mudah dimengerti, lebih menarik, dan lebih menyenangkan kepada siswa. Menciptakan situasi belajar yang tidak mudah dilupakan oleh siswa.

 

Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Membantu Guru Dalam Menyampaikan Pesan-Pesan Atau Materi Pelajaran Kepada Siswa



Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Membantu Guru Dalam Menyampaikan Pesan-Pesan Atau Materi Pelajaran Kepada Siswa

 

1. Prinsip-Prinsip Umum Penggunaan Media
Dalam memilih media untuk pembelajaran, pengajar sebenarnya tidak hanya cukup mengetahui tentang kegunaan, nilai, serta landasannya , tetapi juga harus mengetahui bagaimana cara menggunakan media tersebut. Adapun prinsip-prinsip umum pengunaan media sebagai berikut :

a.    Penggunaan media pemeblajaran hendaknya dipandang sebagai bagian intergral dalam sistem pembelajaran.

b.    Media pembelajaran hendaknya dipandang sebagai sumber dana.

c.    Pengajar hendaknya memahami tingkat hirarki (sequence) dari jenis alat dan kegunaannya.

d.    Pengujian media pembelajaran hendaknya berlangsung terus , sebelum , selama , dan sesudah pemakaiannya.

e.    Penggunaan multi media akan sangat menguntungkan dan memperlancar proses pembelajaran.

 

2. Langkah-Langkah Penggunaan Media

a.    Persiapan sebelum menggunakan media
1. Mempelajari petunjuk penggunaan media yang akan digunakan atau mungkin diperlukan buku-buku khusus tentang cara penggunaan media yang akan digunakan tersebut, terutama bila dibutuhkan perangkat keras seperti berbagai jenis pesawat proyektor (media elektronik). Periksalah voltase alat untuk disesuaikan dengan listrik setempat sebelum menghidupkan alat . Setelah itu , ikuti pentunjuk –petunjuk khusus tiap alat. Misalnya OHP ada petunjuk khusus penempatan layer, pemakaian pesawat yang menghemat lampu OHP , cara meletakkan alat , tempat berdiri gur dll.
2. Semua peralatan yang akan digunakan perlu disiapkan sebelumnya , sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran tidak akan terganggu oleh hal-hal yang bersifat teknis.
Perhatikan pengaturan ruang maupun pebelajar , bila media akan digunakan secara kelompok, penempatan media diatur sedemikian rupa sehingga memungkinkan semua pebelajar untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik.

b.    Pelaksanaan penggunaan media
Pada saat kegiatan belajar dengan menggunakan media berlangsung, hendaknya dijaga agar suasana tetap terjaga . Keadaan tenang tidak berarti pebelajar harus duduk diam , yang penting perhatian pebelajar tetap terjaga.
Bila hendak menggunakan pesawat proyektor yang memerlukan kegelapan ruang , usahakan agar pebelajar masih dapat menulis , sehingga masih mungkin membuat catatan yang perlu . Kalau misalnya dalam proses pembelajaran pengajar masih perlu menambahkan penjelasan yang harus ditulis dipapan tulis atau di transparansi , usahakan agar pebelajar tidak terhalang oleh posisi berdiri pengajar. Di samping itu , pengajar jangan sampai terlampau lama membelakangi pebelajar, sehingga kelas kacau karena perhatian pengajar berkurang.
Kalau media akan digunakan secara kelompok , usahakan setiap kelompok secara bergantian dipantau. Dengan demikian , pengajar dapat membantu pebelajar bila mendapat kesulitan. Selain itu, dapat menjaga ketertiban kelas (antar kelompok tidak saling terganggu) . Selama sajian media berlangsung dapat diselingi dengan pertanyaan, meminta pebelajar melakukan sesuatu , misalnya mengerjakan soal .

 

 

3. Evaluasi
Tahap ini merupakan tahap penyajian apakah tujuan pembelajaran telah tercapai, selain untuk memantapkan pemahaman materi yang disampaikan melalui media. Untuk itu perlu disediakan tes yang harus dikerjakan oleh pebelajar sebagai umpan balik . Kalau ternyata tujuan belum tercapai, maka pengajar perlu mengulangi sajian program media tersebut.

 

4. Tindak Lanjut
Dari umpan balik yang diperoleh , pengajar dapat meminta pebelajar untuk memperdalam sajian dengan berbagai cara , misalnya : diskusi tentang hasil tes , mempelajari referensi dan membuat rangkuman , melakukan suatu percobaan , observasi dll.

Dari uraian di atas merupakan suatu prinsip penggunaan media secara umum dalam pemebelajaran .

 

Demikian Penyampaian Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Membantu Guru Dalam Menyampaikan Pesan-Pesan Atau Materi Pelajaran Kepada Siswa. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


1 komentar untuk "Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Membantu Guru Dalam Menyampaikan Pesan-Pesan Atau Materi Pelajaran Kepada Siswa"

  1. Anonim12:26

    mohon izin admin cara mengatasi masalah dengan perintah : harap menginstal aplikasi dapodik terlebih dahulu menggunakan installer yang telah tersedia ( pindah laptop di laptop lama sudah di un install dan di laptop baru dengan peritah diatas)

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.