Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jurus Sukses Menembus Peserta Finalis Bahkan Sampai Menjadi Juara INOBEL

DAPODIK.CO.ID - 5 Jurus Sukses Menembus Peserta Finalis Bahkan Sampai Menjadi Juara INOBEL. Hasil karya inovasi adalah benar-benar asli karya kita sendiri, bukan jiplakan dari orang lain. Disini jangan melihat karya kita sederhana atau rumitnya. Justru karya yang sederhana, mudah dibuat, mudah digunakan dalam proses pembelajaran, mudah ditiru oleh guru lain, dan menggunakan bahan yang murah bahkan bekaslah yang mendapat penilaian tinggi.

 

Jangan sekali-kali menggunakan bahan berbahaya bagi peserta didik atau bahan yangdibuat pabrikan. Karya inovasi boleh juga hasil pengembangan dari sebuah karya inovasi yang sudah ada, yang penting bukan hasil jiplakan dari karya inovasi orang lain.



5 Jurus Sukses Menembus Peserta Finalis Bahkan Sampai Menjadi Juara INOBEL

 

1.    Yang harus diingat adalah guru akan melahirkan sebuah karya inovasi ketika guru memikirkan suatu perbaikan pembelajaran di kelasnya. Buang jauh-jauh, bahwa guru akan membuat inovasi itu hanya untuk lomba saja. Alasannya sederhana, ketika guru memikirkan sebuah inovasi untuk perbaikan pembelajaran, maka guru akan menguasai penuh seluk beluk inovasi itu, serta bagaimana menggunakannya dalam pembelajaran. Hal ini akan menjadi modal ketika pertanyaan dari juri tentang karya inovasi pembelajaran tersebut akan dijawab dengan tenang dan percaya diri.

 

2.    Buatlah sintaks pembelajaran dengan model atau pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dan dapat menanamkan konsep pembelajaran bukan memahamkan sebuah konsep pembelajaran. Misalnya model pembelajaran Problem Based Learning, Project Based Learning, Discovery Learning, atau sebuah sintaks yang kita buat sendiri dengan mengacu pada sebuah teori belajar.

 

3.    Dalam menyusun naskah Perlombaan INOBEL hindari plagiat. Karena tim penilai menggunakan aplikasi anti plagiat dalam menilai similarity dan citacy naskah INOBEL kita. Dalam menyusun naskah INOBEL perlu kita perhatikan dan pelajari aturan penulisan karya tulis ilmiah agar terhindar dari plagiat. Ada baiknya kita mempunyai soft ware untuk mengecek plagiat, supaya sebelum naskah dikirimkan chek plagiarisme similarity di bawah 40% agar dapat lolos tahap workshop, dan citacy di atas 75%.

 

4.    Lengkapi naskah karya INOBEL dengan bukti-bukti fisik foto bahan alat peraga atau media inovasi pembelajaran yang dibuat, foto dan alur pembuatannya, foto penggunaan dalam pembelajaran, fiti diseminasi pada teman-teman guru di sekolah maupun di KKG/MGMP.

 

5.    Yang terkahir mencoba, percaya diri, dan niat semata untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas kita dan menjadi rujukan guru di seluruh Indonesia.

 

Itulah 5 jurus menembus juara INOBEL tingkat nasional yang sudah admin rasakan keampuhannya. Selamat mencoba Bapak/Ibu Guru.


Demikian Informasi Terkait 5 Jurus Sukses Menembus Peserta Finalis Bahkan Sampai Menjadi Juara INOBEL. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

Posting Komentar untuk "5 Jurus Sukses Menembus Peserta Finalis Bahkan Sampai Menjadi Juara INOBEL"