Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terbaru, Persyaratan Pendaftaran PPG Daljab Atau Sertifikasi Guru Tahun 2021

DAPODIK.CO.ID - Catat, Persyaratan Pendaftaran PPG Daljab Atau Sertifikasi Guru Tahun 2021. Persyaratan Peserta Pendaftaran PPG dalam Jabatan (Daljab) Tahun 2021 atau Sertifikasi Guru Tahun 2021, secara implisit sudah dinyatakan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 38 Tahun 2020 Tentang Tata Cara Memperoleh Sertifikat Pendidik Bagi Guru Dalam Jabatan.

 


Permendikbud ini sebagai peganti Permendikbud Nomor 37 Tahun 2017 tentang  Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan Yang Diangkat Sampai Dengan Akhir Tahun 2015 yang dipandang sudah tidak memenuhi kebutuhan hukum masyarakat.

 

Didalam dalam Permendikbud Nomor 38 Tahun 2020, dinyatakan bahwa Sertifikasi bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Guru dalam Jabatan sebagai tenaga profesional pada satuan pendidikan untuk memenuhi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

Sertifikasi pendidik bagi Guru dalam Jabatan dilaksanakan melalui Program PPG dalam Jabatan. Program PPG dalam (PPG Daljab) diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan yang terakreditasi dan ditetapkan oleh Menteri.

 

Persyaratan Peserta Pendaftaran PPG dalam Jabatan (Daljab) Tahun 2021 atau Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2021, dapat kita baca pada 4 Permendikbud Nomor 38 Tahun 2020 yang menyatakan bahwa Calon Mahasiswa Program PPG dalam Jabatan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

a.    Memiliki kualifikasi akademik S-l/D-IV;

b.    Guru dalam Jabatan yang diangkat sampai dengan bulan Desember 2015; dengan ketentuan:

1) Diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian atau pejabat yang ditunjuk pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah; atau

2) Diangkat oleh pimpinan penyelenggara pendidikan pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat berdasarkan Perjanjian Kerja atau Kesepakatan Kerja Bersama.

c.    Guru dalam Jabatan pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, atau satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat;

d.    Terdaftar pada data pokok pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;

e.    Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK); dan

f.      Telah melengkapi dokumen persyaratan.

 

Tahap Penerimaan Mahasiswa Program PPG dalam Jabatan (PPG Daljab) tahun 2021, dimulai dari pendaftaran calon Mahasiswa Program PPG dalam Jabatan; seleksi penerimaan calon Mahasiswa Program PPG dalam Jabatan; dan pengumuman peserta. Adapun Pendaftaran calon Mahasiswa Program PPG dalam Jabatan dilakukan dengan cara:

a.    Calon Mahasiswa Program PPG dalam Jabatan melakukan pendaftaran melalui aplikasi sistem informasi manajemen pengembangan keprofesionalan berkelanjutan (SIM PKB); dan

b.    Mengunggah dokumen administrasi meliputi:

1. Ijazah akademik; dan

2. Surat keputusan pengangkatan Guru dalam Jabatan.

 

Adapun tahapan Seleksi penerimaan calon Mahasiswa Program PPG dalam Jabatan (PPG Daljab) tahun 2021 adalah sebagai berikut:

a.    Seleksi administrasi tahap I;

b.    Seleksi kemampuan akademik; dan

c.    Seleksi administrasi tahap II.

 

SELEKSI ADMINISTRASI TAHAP I MELIPUTI:

a.    Direktur Jenderal melakukan verifikasi dan validasi dokumen administrasi

b.    Dalam melakukan verifikasi dan validasi dokumen administrasi sebagaimana dimaksud dalam huruf a, Direktur Jenderal dibantu oleh tim verifikasi dan validasi dari LPMP; dan

c.    Berdasarkan hasil verifikasi dan validasi, Direktur Jenderal menetapkan calon Mahasiswa Program PPG dalam Jabatan yang lulus seleksi administrasi tahap I untuk mengikuti seleksi kemampuan akademik.

 

Seleksi kemampuan akademik dilakukan dengan tahapan:

a.    Direktur Jenderal dibantu tim verifikasi dan validasi dari LPMP melaksanakan seleksi kemampuan akademik;

b.    Seleksi kemampuan akademik meliputi:

1. Tes materi profesional, tes materi pedagogik, dan tes potensi akademik berbasis komputer; dan

2. Wawancara;

c.    Seleksi kemampuan akademik dilaksanakan di daerah masing-masing sesuai domisili calon Mahasiswa Program PPG dalam Jabatan.

 

SELEKSI ADMINISTRASI TAHAP II MELIPUTI:

a.    Calon Mahasiswa Program PPG dalam Jabatan yang dinyatakan lulus seleksi kemampuan akademik menyampaikan bukti fisik persyaratan administrasi sebagai berikut:

1. Fotokopi ijazah pendidikan terakhir yang telah dilegalisasi oleh perguruan tinggi yang mengeluarkan ijazah atau Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi atau Dinas Pendidikan;

2. Fotokopi surat keputusan pengangkatan pertama dan surat keputusan pengangkatan 2 (dua) tahun terakhir, dengan ketentuan:

a. guru yang berstatus sebagai pegawai negeri sipil dan guru yang berstatus bukan pegawai negeri sipil di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah dilegalisasi oleh kepala Dinas Pendidikan; dan

b. guru tetap yayasan di satuan pendidikan yang diselengarakan oleh masyarakat dilegalisasi oleh ketua yayasan;

3. Surat izin dari kepala sekolah atau pemimpin penyelenggara pendidikan satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat untuk menjadi Mahasiswa Program PPG dalam Jabatan;

4. Pakta integritas dari calon Mahasiswa bahwa berkas/dokumen yang diserahkan dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya; dan

5. Surat penyetaraan dari direktorat jenderal yang menyelenggarakan urusan di bidang pendidikan tinggi bagi Mahasiswa yang memiliki ijazah kualifikasi akademik S1/D4 dari luar negeri.

 

b.    Bukti fisik administrasi disampaikan kepada kepala Dinas Pendidikan;

c.    Kepala Dinas Pendidikan melakukan verifikasi dan validasi bukti fisik administrasi

d.    Kepala Dinas Pendidikan dalam melakukan verifikasi dan validasi dibantu oleh tim verifikasi dan validasi;

e.    Tim verifikasi dan validasi mengunggah hasil verifikasi dan validasi bukti fisik melalui aplikasi penetapan Mahasiswa PPG dalam Jabatan;

f.      Kepala Dinas Pendidikan menyampaikan bukti fisik hasil verifikasi dan validasi kepada kepala LPMP;

g.    Kepala LPMP melakukan verifikasi dan validasi tahap akhir bukti fisik.

h.    Kepala LPMP menyampaikan hasil verifikasi dan validasi bukti fisik kepada Direktur Jenderal.

 

Pengumuman peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi tahap I, seleksi kemampuan akademik, dan seleksi administrasi tahap II PPG dalam Jabatan (Daljab) tahun 2021 akan dilakukan oleh Direktorat Jenderal melalui laman www.ppg.kemdikbud.go.id.

 

Demikian Artikel Terbaru Terkait Terbaru, Persyaratan Pendaftaran PPG Daljab Atau Sertifikasi Guru Tahun 2021 Berdasarkan Permendikbud Nomor 38 Tahun 2020. Semoga Menjadi Bahan Persiapan Bagi Bapak/Ibu Guru Yang Akan Mengikuti PPG Daljab (Dalam Jabatan) Tahun 2021 Nanti. Semoga Ada Manfaatnya dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian dengan menekan tombol share di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


241 komentar untuk "Terbaru, Persyaratan Pendaftaran PPG Daljab Atau Sertifikasi Guru Tahun 2021"

  1. mulainya untuk pendaftaran PPG tanggal/bulan apa pa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pantau saja terus blog kami ini
      jika ada informasi terpercaya, segera akan kami sampai dengan artikel terbaru

      Hapus
    2. Maaf,saya mau tanya...saya PNS Guru PJOK SD
      umur 54 th..masa kerja 32 th (
      TMTCapeg Juni 1988 ) saya pernah dapat panggilan tahun 2019 tapi saat itu saya belum memiliki ijasah S1..jadi tdk ikut mengirimkan syarat2 nya. Tapi bulan Agustus 2020 saya telah lulus dan dapat Ijasah S1.dan sudah dimasukkan ke Dapodik . apakah saya akan dipanggil lagi di tahun 2021 ini .? Terimakasih

      Hapus
    3. apakah saya akan dipanggil lagi di tahun 2021 ?
      otomatis tidak bisa di
      undang

      Hapus
  2. saya pernah mendapat panggilan utk PPG,tapi saya belum mengumpulkan berkas,karna saya telat informasi ,waktu itu sudah tutup,apakah saya harus daftar lagi....gimana solusinya pak....apa yg harus saya lakukan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. panggilan PPG tahun berapa ?

      Hapus
    2. saya lulus pretes 2019. 2021 melkukan pemberkasan tetapi berkas ditolak karena ijazah tidak linear. padahal saat ini saya masih kuliah lagi melinearkan ijazah sdh semster 2. th depan insyylh lulus. di simp pkb saya dsruh melakukan perbaikan jika data sudah sesuai. pdhl ijasah saya kluar th depan. pertnyaan saya: apakah saya msih bisa melakukan pemberkasa ulang perbaikan unggah ijazah meskipun th depan ? atau saya harus mulai dr nol ikut pretes lagi? mhon jwabannya . terima kasih

      Hapus
    3. Saya PLPG 2017 dan lulus serta mendapatkan NRG Thn 2018.
      Skrg di SIM PKB ada info yg menyatakan saya lulus seleksi PPG dalam jabatan, maksud nya bagaimana ?
      Apa saya abaikan saja infonya ?
      Terimankasih

      Hapus
    4. silahkan menghubungi pihak dinas

      Hapus
  3. saya juga begitu, dapat panggilan seleksi di okt 2019, namun waktu itu saya ada masalah ttg akun simpkb masih mengurus ke dinas. setelah selesai sudah tutup pendaftaran.
    kira2 apakah saya akan dapat panggilan kembali ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa bu, menunggu panggilan mengikuti prites 2021

      Hapus
  4. saya pns 57 tahun 3 bulan , tahun 2019 ikut pretest ppg daljab pertama kali, dan tidak lulus, apakah boleh ikut test ppg kembali ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mhon maaf Pak, saya sebenarnya boleh ikut test sertifikasi lagi tidak pak mengingat usia saya pns sudah 57 tahun 5 bulan, apakah masih ada kesempatan ? sebab sekarang sedang ada pendaftaran sertifikasi, tapi kok usia dibatasi menajdi 57 tahun ? tolong dong pak pencerahannya saya sedang sangat bingunggg sekaliiii
      tolong ya pak jawabannya supaya hati saya tidak gundah gulana

      Hapus
    2. Pak, saya mohon pencerahannya, terima kasih sebelumya

      Hapus
    3. ya, kalau sudah berumur 57 tahun berarti tidak akan lagi di undang untuk pritesnya

      Hapus
    4. tapi ketika saya bertanya pada bapak yg tertera 01 desember 2020 degan usia 57 tahun 3 bulan, bapak bilang boleh ikut, kok sekarang jawabannya beda tolong dong pak jgan plin plan , pada dal beberapa artikel mengatakan usia maksimum ikut sertifikasi adalah 58 tahun ? aduuhh orang orang pinter di kementrian bikin kita guru guru jadi bingung, pak jgan cari korban utk dipensiunkan dini dong !

      Hapus
    5. test saya yg tidak lulus adalah test akademik pada tahun 2019 ! gimana nih pak tolong dong pencerahannya

      Hapus
    6. pertanyaan bapak kan ini : apakah boleh ikut test ppg kembali ?
      memang kami jawab boleh saja.

      kalau ikut tes prites yang tidak bisa lagi

      salahnya dimana jawaban kami

      Hapus
    7. jelaskan dong pak kok gak bisa ikut pretest lagi, memang kenapa ? kalau menjawab jgan sepotong potong saya kurang paham

      Hapus
  5. saya pns 57 tahun 3 bulan , tahun 2019 ikut pretest ppg daljab pertama kali, dan tidak lulus, apakah boleh ikut test ppg kembali ?

    BalasHapus
  6. Kak saya kan lulus CPNS yg di angkat tahun 2019 dan Thun 2020 ini udah sah jadi PNS..apakah saya bisa ikut PPG 2021 kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat bisa jika anda sudah masuk di aplikasi dapodik sekolah tempat bekerja

      Hapus
  7. 2021 apakah msh ada ppg daljab??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya sdh ikut pretest tp tidak lolos apakah untuk mengikuti hrs dfte kembali

      Hapus
    2. pastikan datanya di dapodik sudah masuk syarat prites. tinggal menunggu undangan di sim pkb

      Hapus
  8. kalau sudah ikut pretes Nopember 2019, tp belum ada kabarnya bagaimana ya kak ?

    BalasHapus
  9. Sudah ikut pretes 2019 dan lulus dan semua persyaratan sudah lengkap apakah di ppg daljab 2021 masih ada kesempatan ikut

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikut pretes 2019 dan lulus itukan sudah di laksanakan pada tahun 2020 ini dengan 4 tahap
      apakah tidak di undang atau bagaimana ?

      Hapus
    2. Kan masih buanyak pak peserta pree tes yg sudh lulus di 2017,2018 yg belum kepanggil PPG di 2020...itu gmn kira2 menurut aturan baru y,apakah hanya mengumpulkan berkas...dan enunggu penempatan LPTK atau pree tes ulang lgi?.....

      Hapus
    3. 2017,2018 sudah di pangggil, untuk mengikuti kegiatan ppg
      kemungkinan anda tidak lulus ya,
      ppg 2019 ada 5 tahap
      ppg 2020 ada 4 tahap

      Hapus
    4. Waktu pree tes 2018 saya lulus pree tes pak...sdh ferifikasi berkas oleh lpmp...sdh dinyataakan lulus ferifikasi berkas dan sdh dinyatakan sebagai calon ppg 2020...cm belum mendapat kesempatan mendapatankan lptk sesuai kuota nasional...krn yg jurusan pgsd se indonesia raya buanyak....dan yang bernasib sama sprti saya...bisa bapak cek d group ppg nusantara...itu ribuan...yang mau sya tanyakan...dg sttus sprti itu...bagamana...apa kah masukin berkas lgi atau ikut pree tes ulang?

      Hapus
  10. Sudah mengajukan NUPTK dari awal tahun dan sudah sampai ditjen tapi sangat lama untuk approvenya, apakah jika ada pembukaan pendaftaran 2021 diperbolehkan mengikuti tanpa disertai NUPTK?

    BalasHapus
  11. Maksut dari pernyataan ini bagaimana ya kak? "Guru dalam Jabatan yang diangkat sampai dengan bulan Desember 2015"

    Misal saya diangkat PNS tahun 2019 apakah bisa mendaftar ppg daljab?

    BalasHapus
  12. Bagaimana dengan posisi guru swasta?
    Apakah ada kemungkinan bisa ikut sergur?

    Dan bagaiaman alurnya?⁹

    BalasHapus
  13. Syarat wajib dari guru swasta untuk ikut sergur bagaiamana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah satunya adalah sudah masuk di aplikasi dapodik

      Hapus
  14. Saya lulus seleksi 2019, dan status lulus seleksi administrasi, namun keterangannya selalu : blm ditetapkan sbg calon mahasiswa PPG Daljab 2020,
    Kira² bagaimana sebaiknya ya?
    Mohon infonya, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. seleksi 2019, seleksi prites ya ?

      Hapus
    2. Iya betul pretes, lanjut pemberkasan, namun dari angkatan 1-4 selalu blm ditetapkan

      Hapus
    3. kemungkinan di duluan tahun 2018 di daerah anda
      menunggu saja panggilan mengikuti PPG pada tahun 2021

      Hapus
  15. Kak, bila tertulis:
    Belum lulus seleksi administrasi. Status verivikasi berkas: verivikasi dinas disetujui.
    Maksudnya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini muncul di sergur atau Status verivikasi berkas ini muncul dimana ?

      Hapus
  16. Kak..mau cek kelulusan pretest 2019 di sergur kok selalu data tdk ditemukan ya..
    Cek nya di poin yang mana ya..terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampai sekarang belum ada pengumuman pretest 2019.
      gabung di blog kami ini agar kalau sudah ada pengumuman segera akan kami posting.
      terima kasih

      Hapus
  17. Ass maaf mau nanya biar jelas .di Status data saya di dapodik di centang hijau ( sudah ajuan PPG 2019 ) itu bagaimana maksudnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ajuan saja, kemudian menunggu undangan otomatis dari sim pkb untuk mengikuti prites

      sudah ajuan PPG 2019:
      apakah sudah mengikuti prites di tahun 2019 ??

      Hapus
  18. bagaimana dengn kMi peseta PLPG 2017 yg blm lulus UTn apakah mSh Ada UTN 3
    Rasanya tidak adil peserta 2016 dapat kesempatan 4x utn yang pesertA 2017 velum Ada tindak lanjut smpe skg

    BalasHapus
    Balasan
    1. peserta PLPG sudah selesai di tahun 2018
      silahkan pantau saja sim pkb untuk mendapatkan undangan prites tahun berjalan sekarang

      Hapus
  19. Bagaimana dengan guru yang belum dipanggil untuk PPG ❓

    BalasHapus
  20. Saya sudah pernah ikut pretest yang pertama kali diselenggarakan dulu. Sudah ikut seleksi berkas namun, terkendala SK guru tetap yang belum 2 tahun. Apakah sekarang saya harus pretest ulang atau bagaimana?

    BalasHapus
  21. saya sudah ikut prestest 2019, lulus kemudian lulus seleksi administrasi. kemudian dicek PPG 2020 ternyata belum menjadi peserta PPG 2020. apakah nunggu kuota atau bagaimana kak? dan rencana kapan diadakan PPG 2021 kak? terimakasih

    BalasHapus
  22. prestest 2019 belum ada pengumuman lulus atau tidak lulus

    BalasHapus
  23. Saya ikut pretest tahun 2015, dalam status lulus seleksi administrasi
    Kemudian di cek pada akun PPG
    Anda belum menjadi peserta PPG dari tahun 2016- sampai sekarang, itu saya daftar lagi atau nunggu panggilan kak ...

    BalasHapus
  24. Saya mengabdi sejak 2017, lulus cpns tahun 2019 dan menjadi pns 2020. Apakah bisa ikut ppg daljab 2021? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah bisa ikut ppg daljab 2021?
      sangat bisa, silahkan registrasi di sim pkb
      cari caranya di artikel kami
      terima kasih

      Hapus
  25. Sy lulus pretes tahun 2018, tp tidk lulu s administrasi. Thun 2019 tidak ada lgi panggilan. Apakah masih bisa ikut tahun 2021??

    BalasHapus
  26. sya peseta PPG angkatan 2 UKSW tahun 2020,ikut daring selama 2 bulan. sya melahirkan sebelum waktu yg ditentukan,kondisi sya dan bayi sya lemah,sehingga tidak memungkinkan untuk lanjut, lalu sya mengndurkan diri. apakah sya msih bisa ikut tahun 2021??

    BalasHapus
    Balasan
    1. masukan ulang dulu berkas jika di undang lagi di tahun 2021

      Hapus
  27. Sy baru mengabdi setelah lulus pns 2019...tetapi belum pernah ikut pretes....sudah aktif di sim PKB, apakah sudah bisa di undang utk ikut pretes 2021....

    BalasHapus
    Balasan
    1. periksa datanya kebenarannya di dapodik agar bisa di undang

      Hapus
  28. Assalamu alaikum.
    Saya guru honor Sekolah Dasar Negeri sudah mengikuti Sertifikasi tahun 2007 dan sudah memiliki Sertifikat Pendidik (sudah linier)
    Saat ini Alhamdulillah saya sudah lulus PPPK tapi ditempatkan SMP.
    Apakah saya harus mengikuti PPG lagi?

    BalasHapus
  29. Assalamu alaikum.
    Saya guru honor Sekolah Dasar Negeri mengabdi sejak tahun 1999. Sudah mengikuti sertifikasi guru dalam jabatan tahun 2007, sudah lulus dan memiliki serifikat pendidik dan linier.
    Saat ini alhamdulillah saya lulus PPPK dan ditempatkan di SMP.
    Apakah saya harus mengikuti PPG lagi?

    BalasHapus
  30. Maaf Pak saya sangat membutuhkan kebenaran tentang informasi pretes PPG DALJAB.

    pertanyaannya, apakah di tahun 2021 ini akan diadakan lagi PRETES PPG daljab atau hanya sekedar pemberkasan bagi yg sudh lulus pretes pada tahun sebelumnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum anda informasi lengkap dari kemedikbud
      pantau saja blog kami ini agar mendapatkan informasi-informasi terbaru

      Hapus
  31. Mohon informasinya,Pak...saya pns 2009 ikut ujian seleksi PPG tgl 19 november 2019.saya cek di simpkb hanya tulis terkoneksi.apakah hasilnya suda keluar dan saya dinyatakan tidak lulus atau bgaimana,lalu bgaimana caranya saya daftar sertifikasi lagi.trimakasi sblumnya atas penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pns 2009 ikut ujian seleksi PPG tgl 19 november 2019
      ini untuk prites 2019 ya ?

      Hapus
  32. kak mau tanya... kalo LATSAR CPNS dan PPG DALJAB bisa bersamaan tidak ya?

    BalasHapus
  33. Mohon informasi ppg 2021. Dan perguruan tinggi mana yg bisaengikuti ppg di jaw barat? 2013 sy diangkat guru.

    BalasHapus
  34. Apakah guru non PNS di sekolah negeri bisa mengikuti PPG Daljab?
    SK kepala sekolah th 2012
    Ikut linier S1 PGSD lulus 2019
    Mendapat SK Bupati th 2020
    Sudah masuk dapodik dan punya NUPTK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah guru non PNS di sekolah negeri bisa mengikuti PPG Daljab?
      sangat bisa

      SK kepala sekolah th 2012
      tidak bisa

      Mendapat SK Bupati th 2020
      pastikan bahwa anda sudah masuk di sim pkb

      Sudah masuk dapodik dan punya NUPTK
      syukurlah

      Hapus
  35. Mohon di jawab.
    Dari info yang bapak bagikan tersebut,

    Apakah artinya di tahun 2021 ini akan ada PRETES PPG dalam jabatan lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah artinya di tahun 2021 ini akan ada PRETES PPG ,
      ADA

      Hapus
    2. Terimakasih BPK atas jawabannya👍

      Hapus
    3. Kak, saya belum pernah dipanggil untuk mengikuti PPG, tetapi saya sudah mempunyai NUPTK dan susah memiliki sim pkb. Apakah ditahun 2021 ada kemungkinan untuk saya di undang mengikuti PPG ?

      Hapus
    4. pastikan dulu data di dapodik sudah lengkap dab sudah memenuhi syarat undangan prites
      cari syarat undangan prites di artikel-artikel kami di blog ini

      Hapus
  36. Sy seorang honorer sekolah negeri lulus pretes ppg 2018, pas pemberkasan ke diknas sy gagal, karena SK kepala Diknas baru keluar. Smpai sekarang sy blm dipanggil lg dr sim pkb utk pemberkasan.. Kapanlah sy bs pemberkasan lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. perbaiki data melalui admin dinas

      Hapus
    2. mau nnya jg. permslhan sm dg yg di ats. sudah ngadap ke diknas, tp kata org diknas hrs verifiksi ulang lwt simpkb. tp smpe skrg di simpkb blm jg ada pengajuan untk verifiksi pengajuan berkas lagi

      Hapus
    3. menunggu saja kalau bilang di tunggu di sim pkb

      Hapus
  37. Mohon maaf pak, saya ingin bertanya, saya CPNS guru mapel diangkat tahun 2019 pak,kapan kira2 saya mendapatkan panggilan pre test untuk ppg ya pak dan satu lagi pak, klau di buka pendaftaran ppg pra jabatan apakah saya boleh kiut serta terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mendapatkan panggian di sim pkb jika data di dapodik sudah benar
      silagkan cek datanya anda di dapodik

      Hapus
    2. saya pns tahun 2009.ikut pretes pada tahun 2015 dan dinyatakan lulus.setelah pemberkasan saya tidak dipanggil untuk mengikuti ppg tahun 2016.karena tidak ada panggilan akhirnya saya ikut lagi pretes tahun 2019 dan dinyatakan tidak lulus.bagimana penjelasannya ?

      Hapus
    3. menunggu prites yang baru lagi

      Hapus
  38. Mohon maaf mau tanya, saya cek di sergur tertulis

    Belum lulus seleksi administrasi
    Status verivikasi berkas: belum mengirimkan berkas

    Apa itu tandanya saya dulu lulus pretes ppg tp blm melakukan pemberkasan ya?

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya benar, dulu lulus pretes ppg tp blm melakukan pemberkasan ke dinas

      Hapus
    2. Kalau seperti itu apakah masih bisa ikut pemberkasan tahun 2021 ini?

      Hapus
  39. Saya sudah mengikuti PPG 2018 tapi oleh krn sakit sementara PPG Saya tidak bisa mengikuti tes akhir dan dinyatakan tdk lulus. Apakah masih bisa ikut 2021?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa
      selengkapnya silahkan baca artikel kami yang terbaru

      Hapus
  40. Selamat pagi pak. Izin bertanya. Sy lulus pretest th. 2019. Untuk pemberkasan SK awal yang dilampirkan tahun berapa ya pak?

    Trimaksaih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2 tahun terakhir
      selengkapnya silahkan baca artikel kami yang terbaru

      Hapus
  41. Selamat pagi saya mau bertanya
    Saya sudah lulus pretest tahub 2015 dan sudah pemberkasan dan status di sergur.id sudah lulus administrasi tetapi belum menjadi calon peserta ppg 2020. Sekarang saya sudah jadi cpns pak jadi apakah saya harus lapor ke dinas pendidikan yang lama atau menunggu panggilan saja pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar, lapor ke dinas.
      baca artikel kami yang terbaru

      Hapus
  42. Assalaamualaikum, selamat sore. Saya lulus pre tes ppg 2018. Saya juga ada panggilan pemberkasan 2018 tapi tidak ikut pemberkasan karena bersamaan pendaftaran CPNS 2018. Akhirnya sy lebih fokus kependaftaran. Alhamdulillah saya lulus CPNS dan akun saya dari sekolah lama saya pindah ke sekolah batu. Ternyata setelah proses selesai malah muncul nomor ukg baru dan itu yabg singkron dapodik. Nomor ukg lama jadi tidak singkron padahal no itu yang saya terdaftar lulus pre tes ukg. Mohon saran apa yang harus saya lakukan dengan 2 nomor ukg ini? Apa bisa yang singkron dapodik nomor lama? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan cek nama di dinas agar bisa memasukan berkas administrasi
      baca artikel terbaru kami

      Hapus
    2. Bagaimana dengan no ukg yang ada 2 k? Dan singkron dapodik nomor baru.

      Hapus
    3. Nomor UKG saya pada dua k, ada nomor yang keluar 2015 = 201507065896 dan ada yang keluar 2019 = 201901074081setelah pindah sekolah penempatan.

      Hapus
    4. pake yang teakhir, jangan lupa untuk di masukan ke dapodik

      Hapus
    5. Maaf k, kalau pakai yang terakhir apa tidak pengaruh dengan ajuan PPG, sedangakan nomor ukg yang lulus pretes adalah nomor yang lama?

      Hapus
    6. sekarang sudah lulus prites atau gimana ?

      Hapus
  43. apakah ppg daljab hanya ada 1 gelombang tahun ini ?

    BalasHapus
  44. Kak mau tanya saya ikut pretes ppg 2018 dan lolos. Pada waktu itu status saya msh gtt. Kemudian tidak lolos seleksi administrasi berkas. Di sim pkb tulisannya berkas sudah di catat. Itu bagaimana ? Apa saya harus ikut ulang pretest lagi? Saya skrg status sudah cpns thn 2019.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek ke dinas apakah namanya ada atau tidak di tahun 2021 ini

      Hapus
    2. dulu masih di kabupaten tempat saya tinggal pas itu. dan sekarang saya ketrima cpns di kabupaten lain. saya cek nya ke dinas mana?

      Hapus
    3. Dinas pendidikan yg wktu msh gtt apa dinas pendidikan yg skrg tempat saya kterima cpns

      Hapus
  45. Assalamualaikum bpk/Ibu..
    Maaf tanya..sy pns umur sdh 43th..pretes ppg 3x blm lolos juga..sy tdk bs KP krn tdk punya serdik..bagaimana dg nasib saya..apakah sy bisa ikut program mandiri..terimksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. nasib anda di dunia pendidikan kami tidak bisa membantu karena itu bukan tujuan dari artikel-artikel kami

      Hapus
    2. Yg saya tanyakan utamanya adalah bukan nasib akan tetapi progr mandiri..apakah utk kasus spt saya bisa ikut..krn byk guru yg spt saya

      Hapus
    3. lah di tanyakan pertamakan ini:
      .bagaimana dg nasib????????
      atau kami yang kurag membaca

      Hapus
  46. Apakah tidak ada program sertifikasi dal jab program mandiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dimana saya dapat informasi PPG daljab mandiri bu..universitas mana yang menyelenggarakan program ini di jogja? Mohon info

      Hapus
    2. Dimana saya dapat informasi PPG daljab mandiri bu..universitas mana yang menyelenggarakan program ini di jogja? Mohon info

      Hapus
    3. cari saja artikel yang telah kami buat di dalam blog kami ini

      Hapus
  47. Saya sudah lulus pretes tahun 2018.. sudah ikut seleksi administrasi 2 kali..tahun 2019 saya gagal karena masih honorer dan belum mempunyai NUPTK, tahun 2020 saya mengajukan lagi saat Sudah CPNS dan mempunyai NUPTK.. tapi belum lulus seleksi administrasi, tetapi tertulis berkas sudah dicatat.. itu maksudnya gimana ya ? apakah saya akan mendapat undangan untuk seleksi administrasi lagi atau tidak?

    BalasHapus
  48. Saya mau tnya pak saya lulus pretest tahun 2019 dan pada seleksi admnstrasi saya tidak lulus karena terkendala SK dan ketika saya cek status verifikasi dikembalikan ke dinas, dan saat itu saya tidak mendapat panggilan utk melengkapi berkas yang kurang, apakah saya harus mengikuti pretest lagi atau bagaimana?mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakah saya harus mengikuti pretest lagi

      ya benar, harus ikut prites baru lagi

      Hapus
  49. Saya pretest PPG tahun 2016 dan lulus. Sempat ada panggilan pemberkasan PPG, namun tidak lulus karena waktu itu masih SK guru tidak tetap yayasan.
    Sekarang saya sudah PNS, namun di SIMPKB tidak ada fitur ajuan PPG 2021.
    Apakah itu artinya saya tidak masuk kuota PPG daljab 2021?
    Jika iya, masih adakah kesempatan bagi saya untuk ikut seleksi pemberkasan PPG daljab selanjutnya?
    Mohon pencerahannya, terima kasih.🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya benar, itu artinya saya tidak masuk kuota PPG daljab 2021
      masih adakah kesempatan ?
      selalu ada kesempatan yang terpenting bahwa data didapodik sudah lengkap

      Hapus
  50. Saya lulus pretes th 2018, tidak lulus administrasi karena kendala honorer tidak ad SK dr bupati.apakah Thun ini bisa ikut administrasi? D simpkb saya blum muncul keterangan untuk upluoad berkas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah Thun ini bisa ikut administrasi?

      tidak bisa, silahkan ikuti kembali ujian prites selanjutnya

      Hapus
  51. Saya lulus pretes th 2018, tidak lulus administrasi karena kendala honorer tidak ad SK dr bupati.apakah Thun ini bisa ikut administrasi? D simpkb saya blum muncul keterangan untuk upluoad berkas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah Thun ini bisa ikut administrasi?

      tidak bisa, silahkan ikuti kembali ujian prites selanjutnya

      Hapus
  52. Izin bertanya. Saya lulus pretes tahun 2018 karena beberapa hal saya tidak bisa ikut seleksi administrasi di tahun 2019 maupun 2020. Syarat batu terpenuhi di tahun ini. Tp saya belum mendapat tautan di sim pkb untuk ungah berkas. Apakah saya harus ke dinas setempat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap menunggu, dan jangan lupa untuk sering buka sim pkb nya

      Hapus
  53. Saya GTT di sekolah negeri, tahun 2018 lulus pretest PPG, tidak lulus administrasi Krn SK Bupati belum punya dan NUPTK juga belum ada,,
    Tahun 2020 kmrn saya sudah mendapatkan SK Bupati dan mendapat surat pengantar dari dinas untuk mendapatkan NUPTK,,
    sekarang keterangan masih dalam antrian untuk yg NUPTK,
    Sedangkan yg PPG di sergur saya cek keterangannya: belum lolos administrasi, berkas sudah dicatat,,

    maksudnya bagaimana ya? Apakah saya bisa ikut PPG dg melengkapi berkas atau sudah tidak bisa, jadi harus pretest lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan menunggu undangan prites ulang lagi

      Hapus
  54. Di SIM PKB saya juga belum muncul tautan ttg PPG

    BalasHapus
  55. Sy lolos pretest thn 2018 dan lolos seleksi administrasi ... Dari 4 angkatan sy blm masuk ... di simpkb tertulis calon PPG thn 2020.. sdh ada info angkatan selanjutnyakah?

    BalasHapus
  56. Saya cpns 2011,lulus tes 2015 dan masuk kuota plpg 2016 gelombang 4, tp sebelum berangkat plpg terkendala aturan baru yang mana saya harus pretest lagi di tahun 2018 dan 2019 dan kenapa nilainya tidak muncul seperti pretest di tahun sebelumnua? Tapi bgt buka SIM pkb saya tidak lulus lg.

    BalasHapus
  57. Saya sudah lulus prestes 2017. Sudah lolos pemberkasan oleh LPMP juga tetapi belum terpanggil karena kuota terbatas. Sekarang status saya CPNS, apakah harus upload ulang berkas seperti SK CPNS?

    BalasHapus
  58. Mohon info tentang PPG Daljab mandiri..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada tombol cari bagian kanan atas blog kami ini
      masukan yang ingin di cari ketik cari

      Hapus
  59. Sy pernah ikut pretes di th 2015,tpi sampai saat ini sy belum mendapat undangan,nilai protes sy 75,apakah dinyatakn lulus pretesnya? Dan jika belum lulus apakah sy hrs mengikuti prites di th 2021 ini?

    BalasHapus
  60. pak.mohon bantuannya,bagaimana cara mendapatkan undangan PPG 2021 ini pak,simpkb sudah aktif pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah aktif di simpkb, silahkan cek syarat mendapatkan undangan
      kami juga sudah menulis di artikel blog ini
      cari saja syarat undangan ppg di blog kami ini

      Hapus
  61. Maaf bapak admin mau nanya saya pns usia 37 sudah ikut pretest 3x tetapi blm lulus apakah ditahun 2021 kemungkinan diundang lagi untuk mengikuti pretest 2021

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah ditahun 2021 kemungkinan diundang lagi untuk mengikuti pretest 2021???
      sangat bisa di undang lagi, pastikan saja data anda di dapodik sudah lengkap sebagai syarat undangan prites

      Hapus
  62. Izin bertanya Pak admin, saya ikut pretest PPG tahun 2019 dan dinyatakan lulus, saat ini sedang tahap seleksi administrasi
    Yang mau saya tanyakan terkait SK 2th mengajar, saat ini saya sudah pindah sekolah (dapodik saya jg sdh di sekolah yang baru) apakah SK 2th dikeluarkan harus dikeluarkan oleh sekolah yg sama? oleh sekolah lama? Atau sekolah baru?
    Atau boleh menyesuaikan tahun pertama sekolah lama dan tahun kedua sekolah baru. Jika mengurusnya ke sekolah lama, bagaimana dengan status dapodik saya yg sudah pindah dan surat izin kepala sekolah. Mohon pencerahannya, saya bingung harus mengurus kemana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, sebelumnya kami mau bertanya apakah anda berstatus PNS atau non PNS ?

      Hapus
    2. Saya non PNS dari sekolah swasta

      Hapus
    3. SK 2th mengajar berarti tahun ajaran 2019/ 2020 semester ganjil dan genap dan
      ahun ajaran 2020/ 2021 semester ganjil dan genap

      Hapus
    4. Berarti tidak harus dari sekolah yang sama ya, sesuai kenyataan saja bahwa untuk tahun 2020/2021 saya sudah pindah. Seperti itu?

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    6. Berarti tidak harus dari sekolah yang sama ya?
      ya benar

      Hapus
    7. Terimakasih infonya, membantu sekali.

      Hapus
  63. Assalamualaikum apakah untuk masuk daftar ppg daftar dulu atau ada panggilan

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah dinyatakan lulus pritas maka akan memaasukan syarat administrasi, jika lulus administrasinya makan silahkan daftar ppg untuk mengikuti daring

      Hapus
  64. Assalamu'alaikum, izin bertanya admin
    saya guru SMK, pernah lulus pretes PPG 2018, namum saya tidak uplod pemberkasan saat administrasi, apakah saya bisa ikut pemberkasaan tahun 2021 ini atau pretes ulang pak?
    info di sim pkb saya saat ini tidak ada tmpt utk uplod berkas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung bertemu dengan operator dinas saja

      Hapus
  65. Saya mengajar di TK, sy sdh pernah registrasi akun Sim Pkb tahun 2019, apakah setiap tahun saya harus registrasi akun....
    Dan ditahun 2021 ini, apakah saya hrs registrasi lg, supaya dapat undangan Pretest ppg daljab 2021, mhn penjelasannya pak... 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah setiap tahun saya harus registrasi akun?
      tidak perlu

      Dan ditahun 2021 ini, apakah saya hrs registrasi lg,
      sekali lagi tidak tidak perlu
      pastikan saja data anda sudah benar di dapodik

      Hapus
  66. Saya GTT di sekolah negeri. Namun mendapat sk kepala dinas baru sekali yaitu 2017. Selanjutnya tidak diterbitkan sk bupati /kepala dinas lagi, karena sampai saat ini kadin masih plt. Apakah bisa daftar pretest thn 2021?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung sk yang di pakai di dapodik
      jika masih menggunakan sk dinas yang lama maka anda tetap akan di undang untuk mengikuti prites

      Hapus
  67. Saya Guru Kotrak Kerja Individu yang berada di Jakarat sudah lulus tes akademik pengumuman yg bulan februari 2021. Trus di sim pkb nya ada pengajuan berkas. Pertanyaannya apakah Guru KKI bisa lulus tes administrasi tahap 2 ini. Karena informasi yang didapat harus lebih sabar lagi dalam pengabdian. Mohon penjelasan angin segar dan harapannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukannya tahap 1 batasnya tanggal 7 maret ?

      Hapus
  68. assalamualaikum. saya lulus pretes ppg 2019. th 2021 sudah ikut pemberkasan tetapi berkas yang saya ajukan ditolak. krena ijazah saya tidak linear. saat ini saya masih kuliah di UT melinearkan ijazah sdh semster 2. tahun depan insyyh sudah lulus kluar ijazahnya. di simp pkb saya dsruh melakukan perbaikan jika sudah sesuai. pdh ijzah saya kluare tahun depan. pertnyaan saya: apakah saya masih bisa melkukan perbaikan pemberkasan ulang mskipun th depan krn menunggu ijzah kluar? atau harus kembali dari nol ikut pretes ppg lagi) terimakasih atas jawabnnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tua juga, soalnya keputas setiap tahun tahun berubah-berubah

      Hapus
  69. Mau bertanya
    Jika status berkas sudah verval, apakah tahap selanjutnya adalah pengumuman hasil seleksi administrasi atau ada lagi tes seleksi akademik lagi???

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal menunggu pengumuman hasil seleksi administrasi

      Hapus
  70. Saya mengikuti plpg 2017 ,lulus dan mendapatkan sertifikat pendidik dan NRG di tahun 2018 .
    Sampai skrg sudah menerima tunjangan sertifikasi.
    Siang td saya dpt info jika saya lulus seleksi ppg dalam jabatan.
    Saya cek di SIM PKB ,memang ada
    Maksudnya bagaimana Bpk / Ibu ?
    Mohon petunjuk, apakah saya harus lapor ke Lpmp ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama ini apakah sudah menerima uang sertifikasi atau belum ?

      Hapus
  71. Mohon ijin bertanya apakah ppg tahun 2021 ini melalui undangan apa kita daftar. Ter8makasih

    BalasHapus
  72. Mohon pencerahan, saya pegawai tetap di sekolah swasta pernah di undang ppg tahun 2019, tetapi berkas saya sebagai pegawai tetap belum memenuhi syarat di tahun tersebut karena baru di angkat tahun 2018.
    Apakah saya masih bisa di undang ppg 2021, karena terjadi kesalahan dalam pengimputan data jam mengajar oleh operator sekolah, yang seharusnya ada 3 jam yang linear tetapi terisi 0 jam.
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertanyaan kami, apakah sekarang sudah menjadi guru ?

      Hapus
  73. Kalau kami berstatus cpns 2019 dan baru mengajar tahun 2019 apakah bisa mengikuti ppg daljab

    BalasHapus
  74. Saya sudah ikut pretes PPG Dalam Jabatan bulan november 2019, namun tidak lulus.
    Pertanyaan:
    1. Apakah Saya akan dipanggil ikut pretes kembali atau saya harus mengajukan pendaftaran baru.
    2. Kapan ada penbukaan ppg daljab tahun 2021

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Apakah Saya akan dipanggil ikut pretes kembali atau saya harus mengajukan pendaftaran?
      akan di pambilkan lagi,namun pastikan dulu data di dapodik sudah lengkap sebagai syarat pritest

      2. Kapan ada penbukaan ppg daljab tahun 2021
      menunggu saja, sekarang infonya belum ada

      Hapus
  75. Saya lulus pretes 2019. Ajuan saya di tolak. Apakah saya memiliki kesempatan lagi untuk seleksi adm atau kah harus pretes kembali?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajuan saya di tolak
      ini untuk tahun ini atau tahun yang lalu?

      Hapus
    2. sudah melakukan perbaikan berkas yang bermasalah atau belum ?

      Hapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.