Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terbaru, Persyaratan Pendaftaran PPG Daljab Atau Sertifikasi Guru Tahun 2021

DAPODIK.CO.ID - Catat, Persyaratan Pendaftaran PPG Daljab Atau Sertifikasi Guru Tahun 2021. Persyaratan Peserta Pendaftaran PPG dalam Jabatan (Daljab) Tahun 2021 atau Sertifikasi Guru Tahun 2021, secara implisit sudah dinyatakan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 38 Tahun 2020 Tentang Tata Cara Memperoleh Sertifikat Pendidik Bagi Guru Dalam Jabatan.

 


Permendikbud ini sebagai peganti Permendikbud Nomor 37 Tahun 2017 tentang  Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan Yang Diangkat Sampai Dengan Akhir Tahun 2015 yang dipandang sudah tidak memenuhi kebutuhan hukum masyarakat.

 

Didalam dalam Permendikbud Nomor 38 Tahun 2020, dinyatakan bahwa Sertifikasi bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Guru dalam Jabatan sebagai tenaga profesional pada satuan pendidikan untuk memenuhi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

Sertifikasi pendidik bagi Guru dalam Jabatan dilaksanakan melalui Program PPG dalam Jabatan. Program PPG dalam (PPG Daljab) diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan yang terakreditasi dan ditetapkan oleh Menteri.

 

Persyaratan Peserta Pendaftaran PPG dalam Jabatan (Daljab) Tahun 2021 atau Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2021, dapat kita baca pada 4 Permendikbud Nomor 38 Tahun 2020 yang menyatakan bahwa Calon Mahasiswa Program PPG dalam Jabatan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

a.    Memiliki kualifikasi akademik S-l/D-IV;

b.    Guru dalam Jabatan yang diangkat sampai dengan bulan Desember 2015; dengan ketentuan:

1) Diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian atau pejabat yang ditunjuk pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah; atau

2) Diangkat oleh pimpinan penyelenggara pendidikan pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat berdasarkan Perjanjian Kerja atau Kesepakatan Kerja Bersama.

c.    Guru dalam Jabatan pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, atau satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat;

d.    Terdaftar pada data pokok pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;

e.    Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK); dan

f.      Telah melengkapi dokumen persyaratan.

 

Tahap Penerimaan Mahasiswa Program PPG dalam Jabatan (PPG Daljab) tahun 2021, dimulai dari pendaftaran calon Mahasiswa Program PPG dalam Jabatan; seleksi penerimaan calon Mahasiswa Program PPG dalam Jabatan; dan pengumuman peserta. Adapun Pendaftaran calon Mahasiswa Program PPG dalam Jabatan dilakukan dengan cara:

a.    Calon Mahasiswa Program PPG dalam Jabatan melakukan pendaftaran melalui aplikasi sistem informasi manajemen pengembangan keprofesionalan berkelanjutan (SIM PKB); dan

b.    Mengunggah dokumen administrasi meliputi:

1. Ijazah akademik; dan

2. Surat keputusan pengangkatan Guru dalam Jabatan.

 

Adapun tahapan Seleksi penerimaan calon Mahasiswa Program PPG dalam Jabatan (PPG Daljab) tahun 2021 adalah sebagai berikut:

a.    Seleksi administrasi tahap I;

b.    Seleksi kemampuan akademik; dan

c.    Seleksi administrasi tahap II.

 

SELEKSI ADMINISTRASI TAHAP I MELIPUTI:

a.    Direktur Jenderal melakukan verifikasi dan validasi dokumen administrasi

b.    Dalam melakukan verifikasi dan validasi dokumen administrasi sebagaimana dimaksud dalam huruf a, Direktur Jenderal dibantu oleh tim verifikasi dan validasi dari LPMP; dan

c.    Berdasarkan hasil verifikasi dan validasi, Direktur Jenderal menetapkan calon Mahasiswa Program PPG dalam Jabatan yang lulus seleksi administrasi tahap I untuk mengikuti seleksi kemampuan akademik.

 

Seleksi kemampuan akademik dilakukan dengan tahapan:

a.    Direktur Jenderal dibantu tim verifikasi dan validasi dari LPMP melaksanakan seleksi kemampuan akademik;

b.    Seleksi kemampuan akademik meliputi:

1. Tes materi profesional, tes materi pedagogik, dan tes potensi akademik berbasis komputer; dan

2. Wawancara;

c.    Seleksi kemampuan akademik dilaksanakan di daerah masing-masing sesuai domisili calon Mahasiswa Program PPG dalam Jabatan.

 

SELEKSI ADMINISTRASI TAHAP II MELIPUTI:

a.    Calon Mahasiswa Program PPG dalam Jabatan yang dinyatakan lulus seleksi kemampuan akademik menyampaikan bukti fisik persyaratan administrasi sebagai berikut:

1. Fotokopi ijazah pendidikan terakhir yang telah dilegalisasi oleh perguruan tinggi yang mengeluarkan ijazah atau Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi atau Dinas Pendidikan;

2. Fotokopi surat keputusan pengangkatan pertama dan surat keputusan pengangkatan 2 (dua) tahun terakhir, dengan ketentuan:

a. guru yang berstatus sebagai pegawai negeri sipil dan guru yang berstatus bukan pegawai negeri sipil di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah dilegalisasi oleh kepala Dinas Pendidikan; dan

b. guru tetap yayasan di satuan pendidikan yang diselengarakan oleh masyarakat dilegalisasi oleh ketua yayasan;

3. Surat izin dari kepala sekolah atau pemimpin penyelenggara pendidikan satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat untuk menjadi Mahasiswa Program PPG dalam Jabatan;

4. Pakta integritas dari calon Mahasiswa bahwa berkas/dokumen yang diserahkan dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya; dan

5. Surat penyetaraan dari direktorat jenderal yang menyelenggarakan urusan di bidang pendidikan tinggi bagi Mahasiswa yang memiliki ijazah kualifikasi akademik S1/D4 dari luar negeri.

 

b.    Bukti fisik administrasi disampaikan kepada kepala Dinas Pendidikan;

c.    Kepala Dinas Pendidikan melakukan verifikasi dan validasi bukti fisik administrasi

d.    Kepala Dinas Pendidikan dalam melakukan verifikasi dan validasi dibantu oleh tim verifikasi dan validasi;

e.    Tim verifikasi dan validasi mengunggah hasil verifikasi dan validasi bukti fisik melalui aplikasi penetapan Mahasiswa PPG dalam Jabatan;

f.      Kepala Dinas Pendidikan menyampaikan bukti fisik hasil verifikasi dan validasi kepada kepala LPMP;

g.    Kepala LPMP melakukan verifikasi dan validasi tahap akhir bukti fisik.

h.    Kepala LPMP menyampaikan hasil verifikasi dan validasi bukti fisik kepada Direktur Jenderal.

 

Pengumuman peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi tahap I, seleksi kemampuan akademik, dan seleksi administrasi tahap II PPG dalam Jabatan (Daljab) tahun 2021 akan dilakukan oleh Direktorat Jenderal melalui laman www.ppg.kemdikbud.go.id.

 

Demikian Artikel Terbaru Terkait Terbaru, Persyaratan Pendaftaran PPG Daljab Atau Sertifikasi Guru Tahun 2021 Berdasarkan Permendikbud Nomor 38 Tahun 2020. Semoga Menjadi Bahan Persiapan Bagi Bapak/Ibu Guru Yang Akan Mengikuti PPG Daljab (Dalam Jabatan) Tahun 2021 Nanti. Semoga Ada Manfaatnya dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian dengan menekan tombol share di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


34 komentar untuk "Terbaru, Persyaratan Pendaftaran PPG Daljab Atau Sertifikasi Guru Tahun 2021"

  1. mulainya untuk pendaftaran PPG tanggal/bulan apa pa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pantau saja terus blog kami ini
      jika ada informasi terpercaya, segera akan kami sampai dengan artikel terbaru

      Hapus
  2. saya pernah mendapat panggilan utk PPG,tapi saya belum mengumpulkan berkas,karna saya telat informasi ,waktu itu sudah tutup,apakah saya harus daftar lagi....gimana solusinya pak....apa yg harus saya lakukan...

    BalasHapus
  3. saya juga begitu, dapat panggilan seleksi di okt 2019, namun waktu itu saya ada masalah ttg akun simpkb masih mengurus ke dinas. setelah selesai sudah tutup pendaftaran.
    kira2 apakah saya akan dapat panggilan kembali ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa bu, menunggu panggilan mengikuti prites 2021

      Hapus
  4. saya pns 57 tahun 3 bulan , tahun 2019 ikut pretest ppg daljab pertama kali, dan tidak lulus, apakah boleh ikut test ppg kembali ?

    BalasHapus
  5. saya pns 57 tahun 3 bulan , tahun 2019 ikut pretest ppg daljab pertama kali, dan tidak lulus, apakah boleh ikut test ppg kembali ?

    BalasHapus
  6. Kak saya kan lulus CPNS yg di angkat tahun 2019 dan Thun 2020 ini udah sah jadi PNS..apakah saya bisa ikut PPG 2021 kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat bisa jika anda sudah masuk di aplikasi dapodik sekolah tempat bekerja

      Hapus
  7. 2021 apakah msh ada ppg daljab??

    BalasHapus
  8. kalau sudah ikut pretes Nopember 2019, tp belum ada kabarnya bagaimana ya kak ?

    BalasHapus
  9. Sudah ikut pretes 2019 dan lulus dan semua persyaratan sudah lengkap apakah di ppg daljab 2021 masih ada kesempatan ikut

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikut pretes 2019 dan lulus itukan sudah di laksanakan pada tahun 2020 ini dengan 4 tahap
      apakah tidak di undang atau bagaimana ?

      Hapus
  10. Sudah mengajukan NUPTK dari awal tahun dan sudah sampai ditjen tapi sangat lama untuk approvenya, apakah jika ada pembukaan pendaftaran 2021 diperbolehkan mengikuti tanpa disertai NUPTK?

    BalasHapus
  11. Maksut dari pernyataan ini bagaimana ya kak? "Guru dalam Jabatan yang diangkat sampai dengan bulan Desember 2015"

    Misal saya diangkat PNS tahun 2019 apakah bisa mendaftar ppg daljab?

    BalasHapus
  12. Bagaimana dengan posisi guru swasta?
    Apakah ada kemungkinan bisa ikut sergur?

    Dan bagaiaman alurnya?⁹

    BalasHapus
  13. Syarat wajib dari guru swasta untuk ikut sergur bagaiamana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah satunya adalah sudah masuk di aplikasi dapodik

      Hapus
  14. Saya lulus seleksi 2019, dan status lulus seleksi administrasi, namun keterangannya selalu : blm ditetapkan sbg calon mahasiswa PPG Daljab 2020,
    Kira² bagaimana sebaiknya ya?
    Mohon infonya, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. seleksi 2019, seleksi prites ya ?

      Hapus
    2. Iya betul pretes, lanjut pemberkasan, namun dari angkatan 1-4 selalu blm ditetapkan

      Hapus
    3. kemungkinan di duluan tahun 2018 di daerah anda
      menunggu saja panggilan mengikuti PPG pada tahun 2021

      Hapus
  15. Kak, bila tertulis:
    Belum lulus seleksi administrasi. Status verivikasi berkas: verivikasi dinas disetujui.
    Maksudnya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini muncul di sergur atau Status verivikasi berkas ini muncul dimana ?

      Hapus
  16. Kak..mau cek kelulusan pretest 2019 di sergur kok selalu data tdk ditemukan ya..
    Cek nya di poin yang mana ya..terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampai sekarang belum ada pengumuman pretest 2019.
      gabung di blog kami ini agar kalau sudah ada pengumuman segera akan kami posting.
      terima kasih

      Hapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.