Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Data Prefill Tidak Ditemukan, Memproses Data Mohon Tunggu Pada Registrasi Update Instal Aplikasi Dapodik 2021 Offline Online Terbaru

DAPODIK.CO.ID, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merilis Aplikasi Dapodik Versi 2021. Pemutakhiran data semester 1 tahun ajaran 2020/2021 dilaksanakan menggunakan aplikasi terbaru yaitu Aplikasi Dapodik versi 2021.


Integrasi data dan pembaruan aplikasi telah dilaksanakan agar Aplikasi Dapodik versi 2021 dapat digunakan untuk pengumpulan data dari satuan pendidikan pada jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan khusus, dan pendidikan kesetaraan. Informasi selengkapnya mengenai Rilis Aplikasi Dapodik dapat anda baca disini: Rilis Aplikasi Dapodik Versi 2021 -Pemutakhiran Data Semester 1 Tahun Ajaran 2020/2021.

Pada saat proses Instalasi dan Download Prefill Aplikasi Dapodik. Terdapat pesan error yang menyatakan "Data Akun Kepala Sekolah Belum Terdaftar Silahkan Hubungi Dinas". Untuk mengatasai permalahan tersebut ikuti langkah-langkah berikut:

1.    Pastikan Akun Operator Sekolah sudah terdaftar. Apabila belum terdaftar silahkan menghubungi operator Dinas Pendidikan setempat. Caranya baca disini.

2.    Kunjungi Laman https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/ dan login menggunakan akun operator sekolah.

3.    Pilih menu Akun > Tambah Akun.

4.    Pilih Jenis Akun PTK kemudian Pilih Nama Kepala Sekolah.

5.    Isi Email dan Pasword untuk akun Kepala Sekolah.

6.    Pastikan email yang digunakan aktif dan dapat diakses.

7.    Klik Simpan Setelah anda melakukan proses tersebut, Download ulang prell dapodik atau lakukan registrasi online ulang agar dapat masuk ke Aplikasi Dapodik 2021.

Unduh Juga: Link Alternatif Download Aplikasi Dapodik Versi 2021 Disini
Unduh Juga: Link Unduh Panduan Dapodik Versi 2021 Disini

Tambahan Pengetahuan Yang Sangat Penting Di Ketahui:
1.    Bagi yang sudah mau instal dapodik sekarang login di  https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/untuk melengkapi datanya, langkah awal silhkan benahi akun PTK (terutama akun kepseknya silahkan gunakan email yang aktif sebagai cikal bakal untuk login  https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ untuk login sebagai individual GTK.
2.    Ketika login https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/ karena sekarang belum muncul isi dari menu PTK dan SISWA (dimana nantinya untuk tarik menarik sepanjang masa, perkaman jejak siswa dan PTK juga disini, jadi silahkan benahi dulu akunnya masuk ke menu akun, kemudian PTK lalu klik tampilkan maka akan muncul semua PTK baik itu guru dan tendik. Silhkan klik ikon pensil untuk mengganti email atau user dan pass PTK menggunakan email aktif dan masuk ke menu tambah akun kalau ada akun PTK yang hilang.
3.    Ketika isi dari tampilan siswa besok atau lusa atau hari berikutnya sudah muncul, silahkan tarik siswa barunya.
4.    Ketika membenahi akun PTK sebelum instal, usahakan menggunakan regis online.
5.    Kalau ada akun PTK yang tidak ada ketika ditampilkan masuk ke menu tambah akun kalau ada akun PTK yang hilang silahkan pilih mau tambah akun ADMIN, PTK, atau PESERTA DIDIK.
6.    Jika ada perubahan kepala sekolah, silahkan menggunakan salah satu dari 2 cara seperti:
a.     Kalau kepala sekolahnya belum ada di dapodiknya sekarang, rubah dulu data rinci kepseknya yang sekarang dari guru mapel menjadi kepsek melalui admin dinas, kemudian tarik PTK yang jadi kepseknya kemudian minta approve admin dinas lalu instal dapodiknya dan tetapkan sebagai kepsek (isi tersebut kepala sekolah lama dan buat TMT kepala sekolah baru bagian tugas tambahan. kalau sudah ada di dapodiknya abaikan bagian tarik PTK  lalu kemudian buatkan akunnya.
b.     Kalau kepala sekolah sudah ada di dapodiknya sekarang maka silahkan dibuatkan akunnya di https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/, nanti setelah instal dapodiknya baru benahi tugas tambahan (isi tersebut kepala sekolah
lama dan TMT kepala sekolah baru).

Demikian Penjelasan Lengkap Terbaru Terkait Solusi Data Prefill Tidak Ditemukan, Memproses Data Mohon Tunggu Pada Registrasi Update Instal Aplikasi Dapodik 2021 Offline Online Terbaru, Semoga Bermanfaat

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

4 komentar untuk "Solusi Data Prefill Tidak Ditemukan, Memproses Data Mohon Tunggu Pada Registrasi Update Instal Aplikasi Dapodik 2021 Offline Online Terbaru"

  1. Jika ketika mau tambah akun Kepsek, nama kepsek yang bersangkutan tidak tampil/muncul. Padahal pada menu PTK ada, mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bawa sk pengangkatan kepsek ke operator dinas agar operator dinas merubah status kepsek dari PTK menjadi tendik

      Hapus
  2. ketika regitrasi online download prefill muncul keterangan Data akun kepala sekolah belum terdaftar, mohon lakukan penambahan akun kepala sekolah terlebih dahulu melalui laman Manajemen Sekolah padahal akun kepsek sudah di update di https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ kasus setelah tarik kepsek baru. Mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. solusinya, silahkan bertemu operator dinas agar di verivikasi kepsek nya

      Hapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.