Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui NISN Siswa SD, SMP, SMA , Di Seluruh Sekolah Indonesia Dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri - Cek NISN Online Dengan Mudah Serta Cepat

Pengertian Nomor Induk Siswa Nasional adalah, kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri; Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud. 

Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (https://nisn.data.kemdikbud.go.id/).


Cara Mengetahui NISN Siswa SD,  SMP,  SMA , Di Seluruh Sekolah Indonesia Dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri - Cek NISN Online Dengan Mudah Serta Cepat, pembaca setia blog www.dapodik.co.id dimanapun anda berada, kabar gembiira ternyata cek NISN bisa dilakukan dengan sistem online karena untuk mengetahui NISN Siswa tersebut aktif atau tidak di sekolahnya anda. Pada tahun ini data pada website Nisn Kemendikbud telah terintegrasi dengan Data referensi kemendikbud (Verval PD) sehingga untuk mengecek NISN Siswa diperlukan data-data valid yang bersumber dari Dapodik sekolah masing-masing.
  
Kebutuhan NISN saat ini menjadi signikan mengingat NISN merupakan salah satu syarat pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) ke semua jenjang.

Bagi orangtua peserta didik yang ingin mengetahui NISN anaknya bisa dilakukan secara mandiri dari rumah dengan menyiapkan beberapa data penting dan valid yaitu sebagai berikut:
1. NISN Valid (Sesuai Ijazah)
2. Nama Ibu (Valid Sesuai Dokumen sah)
3. Ponsel Android/Laptop
4. Paket Internet

Cara Mengetahui NISN Siswa SD,  SMP,  SMA , Di Seluruh Sekolah Indonesia Dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri - Cek NISN Online Dengan Mudah Serta Cepat

Mungkin ini yang sangat bermanfaat untuk semuanya bahwa pada kesempatan kali ini dapodik.co.id menuliskan langkah-langkah singkat dan mudah bagaimana cara mengetahui atau CEK NISN siswa secara daring melalui laman resmi NISN milik kementerian Pendidikan dan Kebudayaan:

Pertama: Buka browser internet, kemudian klik Link Berikut : https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/, Jika muncul notikasi "Dikarenakan masih ada proses kongurasi server, maka untuk sementara alamat pencarian NISN (https://nisn.data.kemdikbud.go.id/) dirubah ke alamat ini." klik tombol Close.


Kedua: Pada form pencarian NISN siswa, Ketikkan NISN (10 Digit), Nama Ibu Kandung, Kode Capctha (Harus sesuai, perhatikan huruf kecil dan kapitalnya), kemudian klik Tombol "Cari Data".
Jika data Nisn Valid atau aktif, maka di sebelah kanan akan tampil Hasil pencarian NISN yang menampilkan informasi data Siswa seperti gambar di bawah ini:


Ketiga: Untuk mencetak hasil pencarian NISN tersebut, cukup di screenshot saja kemudian pindahkan/ kirim ke Laptop dan cetak. Nah dokumen inilah yang nantinya menjadi syarat untuk Pendaftaran Peserta didik Baru yang valid untuk diserahkan ke panitia PPDB Sekolah yang di lamar.


Tanbahan Pengetahuan Tanya Jawab NISN - NISN TIDAK DITEMUKAN

Pada beberapa kasus pencarian NISN muncul masalah NISN Tidak ditemukan padahal data yang dientrikan sudah sesuai dokumen yang sah (Valid ). Jika anda mengalami permasalahan ini maka lakukanlah langkah-langkah dibawah ini:

Pertama, Hubungi operator dapodik di tempat anak anda bersekolah. Kemudian minta data Nama ibu kandung dan NISN yang di entri ke aplikasi dapodik.

Kedua, Jika data ternyata berbeda, silahkan data yang diberikan oleh operator dapodik tersebut, maka jika NISN tampil dihasil pencarian, artinya harus ada perbaikan data, baik itu nama ibu kandung maupun NISN.

Ketiga, Serahkan data NISN dan Nama Ibu kandung yang valid ke operator dapodik dan minta dia melakukan perbaikan data melalui situs Verval PD.

Dengan langkah-langkah yang telah admin www.dapodik.co.id berikan diatas, sekiranya NISN akan valid dan aktif di hasil pencarian situs NISN Kemendikbud.

Demikianlah Langkah-langkah yang bisa admin berikan tentang “Cara Mengetahui NISN Siswa SD,  SMP,  SMA , Di Seluruh Sekolah Indonesia Dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri - Cek NISN Online Dengan Mudah Serta Cepat” di laman ini. Semoga bermanfaat dan menjadi tambahan informasi edukasi untuk pembaca setia www.dapodik.co.id.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

16 komentar untuk "Cara Mengetahui NISN Siswa SD, SMP, SMA , Di Seluruh Sekolah Indonesia Dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri - Cek NISN Online Dengan Mudah Serta Cepat"

  1. Mohon info bagaimana cara mengetahui nisn pada anak pendaftar baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak masuk di jenjang sd, smp atau sma sederajat ???

      Hapus
  2. Nisn anak saya status tidak aktif di sekolah bagaiman solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan berurusan lang dengan pihak sekolah anak anda

      Hapus
  3. Data ditemukan terdeteksi ganda,
    Jika siswa aktif, mohon koordinasi dengan satuan pendidikan.
    Jika siswa tidak aktif, mohon verifikasi lewat Verval Lulusan dengan melampirkan ijasah terakhir.

    bagaimana solusinya pak?
    yang bersangkutan baru lulus TK

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanyakan langsung ke operator dinas

      Hapus
  4. kok saya tidak bisa mencari nisn saya padahal data saya sudah valid

    BalasHapus
    Balasan
    1. munculnya pemberitahuaan seperti apa ?

      Hapus
  5. mohon pencerahannya dapodik tidak ditemukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. dapodik tidak ditemukan di mana ?

      Hapus
    2. Saya sudah mengkonfirmasikan ke yg bersangkutan di sekolah (org yg mengurus data dapodik) mengenai data saya yg tidak terdaftar di dapodik
      Tapi dia gak bisa mengatasi ..
      Jadi gmana solusinya ?

      Hapus
    3. Saya sudah mengkonfirmasikan ke yg bersangkutan di sekolah (org yg mengurus data dapodik) mengenai data saya yg tidak terdaftar di dapodik
      Tapi dia gak bisa mengatasi ..
      Jadi gmana solusinya ?

      Hapus
    4. tanyakan saja pada kepala sekolahnya

      Hapus
  6. Anonim10:29

    anak saya mutasi dari sekolah madrasah ke SDN pada bulan Februari 2022. bulan lalu NISN anak saya tidak aktif disatuan pendidikan saya sudah melapor ke operator sekolah dan katanya sudah terdaftar di DAPODIk, dan minggu lalu sy kembali cek dan ternyata data anak saya tidak diketemukan. Bagaimana solusi yang dapat diberikan DAPODIK.

    BalasHapus
  7. mohon info bagaimana cara mengetahui sekolah siswa? karena siswa saya terdeteksi terdaftar di satuan pendidikan lain dan saya tidak bisa traking. mohon solusinya

    BalasHapus
  8. Anonim07:53

    Mohon info bagaimana caranya agar orang tua bisa mengetahui sekolah anaknya, karena anak saya diputuskan hubungan komunikasi dengan saya oleh mantan istri saya.
    NISN anak sudah saya ketahui menggunakan Nama IBU kandung anak, Dan tanggal lahir anak.
    Tetapi hanya status aktif saja Yang muncul, sedangkan Nama sekolahnya tidak. Tolong bantu saya untuk bisa bertemu anak saya.

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.