Surat Rekomendasi Psikolog Siswa Sekolah Dasar (SD) Umur Kurang Dari 6 Tahun

Memasuki pendaftaran peserta didik baru (PPDB) tentunya bagi anda orangtua dari peserta didik yang akan mendaftarkan anaknya yang telah memasuki usia SD. Tentu sudah mulai ada rencana sekolah mana yang cocok buat anak saya?. Bagaimana dengan anak saya yang kurang dari 6 tahun? Padahal anak saya kurang 1 hari dari tanggal batasan minimal diterimanya yakni tanggal 02 Juli 2014. 



Sesuai dengan peraturan penerimaan peserta didik baru pada jenjang sekolah dasar bila ada anak kurang dari 6 tahun wajib melampirkan surat rekomendasi dari psikolog?. Tentunya anda akan bertanya ke mana saya mencari psikolog guna memperoleh surat rekomendasi tersebut?. Saya tinggal di daerah yang tidak dekat dengan pusat kota, mohon maaf boleh dibilang daerah 3T.

Guna mempermudah pelayanan bagi orang tua peserta didik yang ternyata anaknya kurang dari 6 tahun satuan pendidikan Sekolah Dasar dapat memberikan rekomendasi pengganti dari rekomendasi psikolog.

Panitia Pendaftaran Peserta Didik baru bisa mengeluarkan surat rekomendasi dari dewan guru yang ditunjuk oleh sekolah untuk melakukan serangkaian pemeriksaan psikologi terhadap siswa baru yang memiliki usia kurang dari 6 tahun.

Pemeriksaan yang dimaksud meliputi beberapa indikator-indikator dibawah ini:

1.            Pengamatan bentuk dan kemampuan membedakan

2.            Motorik halus

3.            Pengertian tentang besar jumlah dan perbandingan

4.            Pengamatan tajam

5.            Pengamatan krisis

6.            Konsentrasi 

7.            Daya ingat

8.            Pengertian tentang objek dan penilaian terhadap situasi

9.            Memahami cerita

10.         Gambar

Saat pemeriksaan, Umar tampak sungguh-sungguh. Hasil pemeriksaan menunjukkan kesiapan psikomotorik, kogitif, sosial dan emosi Umar termasuk kelompok siap untuk sekolah. Skor optimal yang diperoleh Umar untuk subtes Pengamatan bentuk dan kemampuan membedakan, pengertian tentang perbandingan besar jumlah & membandingkan dan daya ingat.

Skor standar untuk siap sekolah adalah 93. Skor standar yang diperoleh Umar adalah 107. Artinya, dari kemampuan psikologis secara umum, Umar siap mengikuti pembelajaran di Sekolah Dasar.

Berikuti ini contoh kalimat rekomendasinya "Saat Tahun Pelajaran 2020/2021, usia kronologis Umar adalah 5 Tahun 11 Bulan. Dengan mempertimbangkan skor di atas Umar SIAP BERSEKOLAH di SD."

Selanjutnya surat rekomendasi dari dewan guru tersebut ditandatangani oleh guru yang melakukan pemeriksaan dan diketahui oleh Kepala Sekolah pada satuan pendidikan tersebut.

Setelah peserta didik dinyatakan layak oleh psikologi dan dewan guru, maka dokumen tersebut diserahkan kepada Operator sekolah untuk diupload pada situs pendataan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Bagi anda yang memerlukan surat  rekomendasi psikolog dapatanda unduh di sini.

Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi anda orangtua, Panitia PPDB, dan Sekolah guna mengsuksesnya kegiataan PPDB tahun ini. Sampai jumpa dengan artikel www.dapodik.co.id selanjutnya.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

24 Komentar untuk "Surat Rekomendasi Psikolog Siswa Sekolah Dasar (SD) Umur Kurang Dari 6 Tahun"

  1. Mohon maaf kalau pakai surat rekomendasi itu, sudah benar2 bisa diterima atau ada seleksi lagi

    BalasHapus
  2. Yang dimaksud dewan guru tersebut, apakah guru dari paud atau guru SD?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dewan guru itu untuk semua jenjang sekolah

      Hapus
  3. Anaknya usia 5,8 tapi ditolak karna akan berpengaruh terhadap saat dia duduk dikelas 6,tidak bisa ujian sd atau tidak lulus apakah benar?

    BalasHapus
  4. Terimakasih atas penjelasan tentang rekomendasi bagi peserta didik yg kurang dari 6 tahun. Mf ada beberapa pertanyaan, tlg penjelasannya
    1. Apakah di rekomendasi yg dicantumkan nilai keseluruhan dari indikator pemeriksaan ?
    2. Brp skor minimal n maksimal dari tiap2 indikator?
    3. Apakah klu usia kurang dari 6 tahun nntnya akan terkendala ketika peserta didik mengikuti ujian di kls 6?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1, TIDAK ADA NILAINYA
      2.TIDAK ADA SKORNYA
      3. MASUK SEKOLAH SAJA TIDAK BISA

      Hapus
  5. Anak saya umur 7 thn 1 bln sudah naik kelas 3 sd... apakah nanti bermasalah saat kelas 6... minta sarannya lebih baik mengulang di kelas 2 atau kalau lanjut terus bisa bermasalah tidak saat ujian kelas 6...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau anak tersebut masuk sekolah sebelum peraturan di luncurkan maka bisa di katakan aman dan kedepan bisa ikut ujian nasional

      Hapus
  6. Mohon pencerahannya. Ada siswa kls satu umur dibawah 6 THN. Di dapodik muncul keterangan invalid. Apa solusinya agar anak masih dapat melanjutkan di SD?

    BalasHapus
    Balasan
    1. invalid warna kuning ga masalah,
      tapi kalau di tolak harus buat surat psikoloki.
      cari suratnya di blog kami juga ini

      Hapus
    2. untuk upload suratnya dimana ya??

      Hapus
    3. langsung ketemu dengan operator dinas saja

      Hapus
  7. Mohon maaf apakh ada detail format testnya...? Dan siapakh yg mengetes ankx apakh guru SD atw TKnya?

    BalasHapus
  8. Syarat apa yg harus dimiliki surat psikolog untuk didaftarkan kedapodik

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca saja surat rekomendasi yang telah di bagikan di artikel ini

      Hapus
  9. Anak saya dites, dan sdh ada suratnya, hanya saja tidak ada nomor nya. Apakah itu suratnya sah

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu surat sah jika di berikan kepada pihap sekolah

      Hapus
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel