Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Instal Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah ( R K A S ) Tahun 2021 Versi Aplikasi 2.0 - Edisi Revisi

DAPODIK.CO.ID - Pada tahapan instalasi ini merupakan tahapan awal untuk memasang aplikasi  RKAS pada komputer kita. Langkah yang pertama kita lakukan adalah mendownload aplikasinya di alamat: http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id.


Pada halaman ini kita diberikan 2 pilihan tombol, yaitu tombol download dan tombol login. Berikut perbedaannya :

a.    Tombol Download: untuk pihak sekolah mengunduh installan aplikasi RKAS yang berbasis desktop.

b.    Tombol Login : untuk masuk ke aplikasi dinas pendidikan kabupaten atau pun provinsi yang berbasis website.

Karena disini kita akan membahas aplikasi RKAS untuk pihak sekolah makan kita klik download. Setelah di download, buka explorer kemudian cari file software RKAS sesuai  dengan alamat direktori ketika download. Setelah ditemukan kemudian lakukan proses install dengan cara :


double mengklik file Setup-RKAS.exe.
-  Klik Yesuntuk melanjutkan proses instalasi.


-
  Ceklis create a desktop shortcut(jika diperlukan), kemudian klik next.


-
  Klik Install.


-
  Tunggu hingga proses instalasi selesai.


Klik  Finish, Sampai pada bagian ini sebenarnya proses instalasi sudah selesai. 
Berikutnya secara otomatis aplikasi RKAS akan terbuka.


Tunggu hingga splash screen hilang dan masuk k aplikasi RKAS. Ketika sudah 
masuk kedalam  aplikasi, untuk pertama kali kita akan diminta melakukan konfigurasi. Pada form konfigurasi untuk Kode Registrasi anda  dapat memintanya pada dinas pendidikan.



Form Registrasiakan muncul ketika pertama kali aplikasi diinstall, tujuannya adalah untuk mengaktifkan / mendaftarkan sekolah kita kedalam sistem. Pada tahapan ini diwajibkan terkoneksi dengan internet, karena data registrasi ini akan di cocokkan dengan data di dinas pendidikan. Berikut penjelasan masingmasing kolom inputan:
  
a.    Kode Registrasi (wajib diisi): kolom ini  diisi dengan kode registrasi sekolah  kita yang sudah diajukan ke dinas pendidikan. Kode  ini setiap sekolah berbeda-beda. Untuk itu mintalah kode registrasi ke dinas pendidikan kabupaten.

b.    Nama (wajib diisi): kolom ini diisi oleh nama operator sekolah.

c.    Email (wajib  diisi): kolom email ini wajib diisi karena alamat email ini akan  digunakan untuk login kedalam aplikasi. Alamat email ini tidak boleh sama satu dengan yang lainnya.

d.    No Handphone: kolom ini diisi dengan nomor hendphone operator atau boleh dengan nomor telepon sekolah.

e.    Password (wajib diisi) : kolom ini harap diisi sebaik mungkin karena akan digunakan ketika login. Password harus kombinasi angka, huruf kecil, kapital supaya tidak mudah diketahui.

f.      Ulangi Password (wajib diisi): kolom ini untuk memastikan bahwa password kita sudah benar.

g.    Indikatorterhubung ke server atau tidak. (wajib terhubung internet).


h.    Tombol Registrasi : tombol ini digunakan untuk mengirim data ke dinas pendidikan. Tombol ini akan aktif jika terhubung dengan internet, dan akan disable jika tidak terhubung dengan internet.

     Hasilnya seperti gambar dibawah ini:


-  Kemudian klik tombol registrasi


- Selesai.

Demikian Cara Instal Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah ( R K A S ), semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk pantau trus DAPODIK.co.id untuk mendapatkan informasi, tutorial dan lain-lain.


Buku Panduan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah ( R K A S ) Unduh Di Sini

Aplikasi RKAS Versi Aplikasi 2021 Unduh Di Sini

Prefill Aplikasi RKAS Versi 2021 Unduh Di Sini 



Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Instal Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah ( R K A S ) Tahun 2021 Versi Aplikasi 2.0 - Edisi Revisi"