About us

Rilis Aplikasi Rencana Kegiatan Dan Anggaran Sekolah (Arkas) Versi 2.0 Untuk Periode Anggaran Tahun 2020 – Download Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) Terbaru Dari KEMDIKBUD

Rilis Aplikasi Rencana Kegiatan Dan Anggaran Sekolah (Arkas) Versi 2.0 Untuk Periode Anggaran Tahun 2020 – Download Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS).

Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler tahun 2020 merupakan salah satu implementasi Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mekanisme baru dalam penyaluran dan penggunaan dana BOS Reguler diharapkan meningkatkan daya dukung BOS untuk kebutuhan operasional sekolah. Mendukung program BOS yang transparan dan akuntabel sekolah diharuskan memperhatikan ketentuan pengelolaan Dana BOS Reguler di sekolah.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler, melakukan input RKAS pada sistem yang telah disediakan oleh Kementerian merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab tim BOS sekolah.


Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) merupakan sistem yang disediakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melakukan input RKAS oleh Tim BOS sekolah. Untuk melakukan proses input RKAS pada periode anggaran tahun 2020, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah merilis ARKAS Versi 2.0. Pembaruan ARKAS versi 2.0 mengakomodir perubahan sesuai mekanisme BOS reguler tahun 2020, diantaranya yaitu:

Beberapa pembaruan ARKAS versi 2.0 mengakomodir perubahan sesuai mekanisme BOS reguler tahun 2020, diantaranya yaitu:
ü Pembaruan tampilan.
ü Perubahan Aktivasi BKU dari Triwulan ke Tahapan.
ü Perubahan laporan realisasi (K7a) per Triwulan menjadi per Semester.
ü Referensi Kode menggunakan aturan juknis BOS terbaru.
ü Salin Anggaran tahun sebelumnya untuk SMA, SMK dan SLB di hapus dikarenakan berbeda total referensi kode nya.
ü Pilihan guru yang ber-NUPTK dan belum bersertifikat pada saat memilih kegiatan Pembayaran Honor Guru.
ü Pilihan tenaga administrasi saat memilih kegiatan Pembayaran Honor Tenaga Administrasi.
ü Pilihan pegawai perpustakaan saat memilih kegiatan Pembayaran Honor Pegawai Perpustakaan.
ü Pilihan Honor penjaga sekolah/satpam/pegawai kebersihan saat memilih kegiatan Pembayaran Honor penjaga sekolah/satpam/pegawai kebersihan.
ü Data Siswa update berdasarkan Kepmendikbud.
ü Penambahan anggaran SilPA BOS Afirmasi / Kinerja

Rilis Aplikasi Rencana Kegiatan Dan Anggaran Sekolah (Arkas) Versi 2.0 Untuk Periode Anggaran Tahun 2020 – Download Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) Terbaru Dari KEMDIKBUD.

Baca Juga: Juknis Aplikasi Rencana Kegiatan Dan Anggaran Sekolah (Arkas) Versi 2.0 Untuk Periode Anggaran Tahun 2020 Terbaru Dari KEMDIKBUD

UNDUHAN

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

6 Komentar untuk "Rilis Aplikasi Rencana Kegiatan Dan Anggaran Sekolah (Arkas) Versi 2.0 Untuk Periode Anggaran Tahun 2020 – Download Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) Terbaru Dari KEMDIKBUD"

  1. Untuk mengambil aplikasi Arkas apakah bisa harus melalui dinas kabupaten atau cukup di sekolah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak perlu ke dinas, download saja juga bisa

      Hapus
  2. Di dlm aplikasi saya dikeluhkan pada pembayaran honor non PNS!
    1. Karena ada ptk non PNS pindah k skolah kami
    2. Ptk non PNS baru memiliki NUPTK
    Semuanya belum trkaper di ARKAS, bgaimana solusinya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau baru pindah, butuh waktu lumayan lama baru bisa aktif guru tersebut di ARKAS.

      Hapus
  3. apakah bisa 1 aplikasi RKAS 2020 dikerjakan untuk 2 sekolah dan bagaimana cara kerjanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa untuk 2 sekolah.1 aplikasi tetap untuk 1 sekolah

      Hapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel