Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Penilaian Tes Tertulis Terbaru - Panduan Bagi Pendidik Dalam Melakukan Penilaian Tertulis

DAPODIK.co.id - Panduan Penilaian Tes Tertulis Terbaru - Panduan  Bagi  Pendidik  Dalam  Melakukan  Penilaian Tertulis. Penilaian hasil belajar peserta didik merupakan kegiatan  pengumpulan dan pengolahan informasi hasil belajar peserta didik untuk mengetahui perkembangan pembelajaran dan menyimpulkan hasil pencapaian pembelajaran peserta didik. 

Penilaian hasil belajar peserta didik dapat dilakukan oleh pemerintah, satuan pendidikan, dan pendidik. Penilaian hasil belajar  oleh pemerintah biasanya dilakukan dalam bentuk tes terstandar  baik  dalam penyiapan bahan  tes, pelaksanaan tes, maupun analisis dan pemanfaatan  hasil tes. Penilaian  hasil belajar oleh pemerintah  umumnya  mengukur ketercapaian hasil belajar aspek pengetahuan dan menggunakan bentuk soal yang secara teknis mudah untuk dilakukan penskoran misalnya bentuk soal pilihan ganda.

Oleh karena itu, penilaian hasil belajar yang dilakukan pemerintah belum mewakili seluruh aspek yang dimiliki  peserta  didik  yakni  aspek  pengetahuan,  keterampilan,  dan  sikap.  Selain  itu, penggunaan bentuk soal pilihan ganda belum maksimal menggali kemampuan mendalam dan kemampuan mengungkapkan pengetahuan peserta didik.

Panduan Penilaian Tes Tertulis Terbaru - Panduan  Bagi  Pendidik  Dalam  Melakukan  Penilaian  Tertulis


Panduan Penilaian Tes Tertulis Terbaru - Panduan  Bagi  Pendidik  Dalam  Melakukan Penilaian  Tertulis

Mekanisme penilaian hasil belajar oleh pendidik meliputi:
1. Perancangan strategi penilaian oleh pendidik dilakukan pada saat penyusunan Rencana Pelaksanaan  Pembelajaran  (RPP)  berdasarkan  silabus.  Dalam  hal  ini,  termasuk penentuan bentuk penilaian yang sesuai dengan kompetensi dasar yang ada di dalam kurikulum.

2. Penyusunan  instrumen  penilaian  mengikuti  langkah-langkah  pengembangan instrumen yang standar yaitu menentukan tujuan, menyusun kisi-kisi, menyusun soal, analisis kualitatif, uji coba, dan analisis kuantitatif.

3. Perakitan butir soal yang akan digunakan dalam penilaian sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.

4. Pelaksanaan penilaian oleh pendidik dan hasilnya ditafsirkan sebagai bahan laporan.

5. Hasil  penilaian  pencapaian  pengetahuan  peserta  didik  disampaikan  dalam  bentuk angka dan/ atau deskripsi.

Panduan Penilaian Tes Tertulis Terbaru - Panduan  Bagi  Pendidik  Dalam  Melakukan Penilaian  Tertulis

Buku  ini  berisi  panduan  bagi  pendidik  dalam  melakukan  penilaian  tertulis  sehingga pendidik dapat lebih mudah melaksanakan proses penilaian dan dapat lebih memfokuskan bentuk tes yang lebih otentik dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti bentuk tes uraian.

Isi  panduan  ini  disusun  secara  praktis  dengan  mengaitkan  teori  dan  konsep -konsep penilaian tertulis yang diimplementasikan pada konteks kehidupan sehari-hari.

Selengkapnya, Unduh Panduan Penilaian Tes Tertulis Terbaru - Panduan  Bagi  Pendidik  Dalam  Melakukan  Penilaian  Tertulis Disini.

Demikian Artikel Terbaru Terkait Panduan Penilaian Tes Tertulis Terbaru - Panduan  Bagi  Pendidik  Dalam  Melakukan  Penilaian  Tertulis, Semoga Ada Manfaatnya.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "Panduan Penilaian Tes Tertulis Terbaru - Panduan Bagi Pendidik Dalam Melakukan Penilaian Tertulis"