Panduan Penilaian Kinerja Terbaru (Performance Assessment) – Buku Mendorong Berpikir Tingkat Tinggi
DAPODIK.co.id - Panduan Penilaian Kinerja Terbaru (Performance Assessment) – Buku Mendorong  Berpikir Tingkat Tinggi. Penilaian kelas memiliki peran sangat penting untuk (a)  memberikan  informasi awal sebelum pembelajaran dimulai sehingga guru dapat  mendesain  skenario pembelajaran  dengan tepat; (b) memberikan umpan balik bagi guru dan peserta didik untuk
meningkatkan kualitas proses pembelajaran; dan (c) memberikan informasi
ketercapaian tujuan pembelajaran tertentu,  misalnya menyimpulkan ketercapaian 
sebuah  kompetensi  dasar 
pada mata pelajaran tertentu.
 
Panduan Penilaian Kinerja Terbaru (Performance Assessment) – Buku Mendorong  Berpikir Tingkat Tinggi

Agar penilaian yang dilakukan guru efektif dan 
bermakna, guru perlu (1) merumuskan target pembelajaran yang
akan dinilai dengan jelas, tegas, dan terukur; (2) memastikan teknik penilaian yang dipilih sesuai
dengan setiap target pembelajaran; (3) memastikan teknik penilaian yang digunakan sesuai dengan
kebutuhan peserta didik saat ini dan 
nanti. 
Teknik 
penilaian  saat  ini 
harus  memiliki  kontribusi 
nyata  terhadap pencapaian  mutu 
lulusan  yang  memiliki 
keterampilan  berpikir  kritis 
dan  kreatif, keterampilan berkomunikasi, dan keterampilan berkolaborasi. Oleh karena itu penilaian harus  fokus 
mengukur  kemampuan  berpikir 
tingkat  tinggi  dan 
mengukur  kinerja peserta didik.
Pelaksanaan 
penilaian  ini  dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai
bentuk penilaian sesuai dengan  kompetensi
mata pelajaran  yang akan diukur ketercapaiannya.
Bentuk penilaian di kelas yang telah dikenal, 
antara  lain  tes 
tertulis, tes  lisan,  dan 
penilaian  kinerja.  Penilaian 
kinerja merupakan  salah  satu 
bentuk  penilaian  yang 
perlu  ditingkatkan  penggunaannya 
di kelas.
Untuk diketahui semua pihak bahwa buku ini disusun
secara praktis sebagai  salah satu  panduan bagi pendidik dalam melakukan  penilaian 
kinerja.  Buku  ini 
merupakan  pengembangan  dari 
buku  yang pernah  diterbitkan 
oleh  Pusat  Penilaian Pendidikan.  Pada 
buku  ini  disajikan 
contohcontoh  soal  atau 
tugas  untuk  penilaian 
kinerja.  Contoh-contoh  tersebut 
diharapkan memberi wawasan, inspirasi kepada  pendidik 
bagaimana penilaian kinerja bermanfaat tidak  hanya 
untuk  menilai  kompetensi 
yang  sesuai  tetapi 
juga  dapat  mendorong berpikir tingkat tinggi.
Selengkapnya, Unduh Gratis Panduan Penilaian Kinerja
Terbaru (Performance Assessment) – Buku Mendorong Berpikir Tingkat Tinggi Disini.
Demikian
Artikel Terbaru Terkait Panduan Penilaian Kinerja Terbaru (Performance
Assessment) – Buku Mendorong  Berpikir
Tingkat Tinggi, Semoga Ada Manfaatnya.
Jika
artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan
pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti
berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow
akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan
terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.
Posting Komentar untuk "Panduan Penilaian Kinerja Terbaru (Performance Assessment) – Buku Mendorong Berpikir Tingkat Tinggi"
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.