Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Penilaian Kinerja Terbaru (Performance Assessment) – Buku Mendorong Berpikir Tingkat Tinggi

Penilaian kelas memiliki peran sangat penting untuk (a) memberikan informasi awal  sebelum 
pembelajaran dimulai sehingga guru dapat mendesain skenario pembelajaran  dengan tepat; (b) memberikan umpan balik bagi guru dan peserta didik untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran; dan (c) memberikan informasi ketercapaian tujuan pembelajaran tertentu, misalnya 
menyimpulkan ketercapaian  sebuah  kompetensi  dasar  pada mata pelajaran tertentu.


Agar penilaian yang dilakukan guru efektif dan  bermakna, guru perlu (1) merumuskan target pembelajaran yang akan dinilai dengan jelas, tegas, dan terukur; (2) memastikan teknik penilaian yang dipilih sesuai dengan setiap target pembelajaran; (3) memastikan teknik penilaian yang digunakan sesuai dengan kebutuhan peserta didik saat ini dan  nanti. 

Teknik  penilaian  saat  ini  harus  memiliki  kontribusi  nyata  terhadap pencapaian  mutu  lulusan  yang  memiliki  keterampilan  berpikir  kritis  dan  kreatif, keterampilan berkomunikasi, dan keterampilan berkolaborasi. Oleh karena itu penilaian harus  fokus  mengukur  kemampuan  berpikir  tingkat  tinggi  dan  mengukur  kinerja peserta didik.

Pelaksanaan  penilaian  ini  dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai bentuk penilaian sesuai dengan  kompetensi mata pelajaran  yang akan diukur ketercapaiannya. Bentuk penilaian di kelas yang telah dikenal,  antara  lain  tes  tertulis, tes  lisan,  dan  penilaian  kinerja.  Penilaian  kinerja merupakan  salah  satu  bentuk  penilaian  yang  perlu  ditingkatkan  penggunaannya  di kelas.

Untuk diketahui semua pihak bahwa buku ini disusun secara praktis sebagai  salah satu  panduan bagi pendidik dalam melakukan  penilaian  kinerja.  Buku  ini  merupakan  pengembangan  dari  buku  yang pernah  diterbitkan  oleh  Pusat  Penilaian Pendidikan.  Pada  buku  ini  disajikan  contohcontoh  soal  atau  tugas  untuk  penilaian  kinerja.  Contoh-contoh  tersebut  diharapkan memberi wawasan, inspirasi kepada  pendidik  bagaimana penilaian kinerja bermanfaat tidak  hanya  untuk  menilai  kompetensi  yang  sesuai  tetapi  juga  dapat  mendorong berpikir tingkat tinggi.

Selengkapnya, Unduh Gratis Panduan Penilaian Kinerja Terbaru (Performance Assessment) – Buku Mendorong Berpikir Tingkat Tinggi Disini.