Tidak Bisa Download Data Prefill EDS Ofline Versi 2019.12 Penjaminan Mutu Pendidikan Dikdasmen, Ini Solusinya

Tidak bisa download data prefill sekolah merupakan masalah yang paling umum terjadi. Biasanya ketika generate prefill muncul keterangan gateway time out atau browser berputar terus seperti tidak ada respon sama sekali, padahal jika di cek koneksi internet berjalan dengan lancar. Nah, pada kesempatan ini dapodik.co.id akan berbagi cara generate prefill EDS Ofline Penjaminan Mutu Pendidikan Dikdasmen dengan sempurna.

Tidak Bisa Download Data Prefill EDS Ofline Versi 2019.12 Penjaminan Mutu Pendidikan Dikdasmen 
Saat mengerjakan aplikasi PMP, ada dua langkah yang bisa dilakukan yakni secara online dan offline. Secara online kita cukup masuk di EDS Online memasukkan kode registrasi, username, dan password saja. Berbeda jika instalasi EDS Ofline maka diperlukan data prefill sekolah terbaru. Sangat tidak dianjurkan menggunakan data prefill lama.

Untuk mendapatkan prefill sekolah EDS Offline Dikdasmen terbaru kita harus mengunduhnya langsung melalui website resmi pmpdikdasmen. Namun, masalah yang paling sering terjadi adalah sulitnya mengakses link prefill sekolah  yang sudah disediakan secara resmi. Sering terjadi eror, time out gateway, hanya loading saja saat membuka link prefill sekolah, dan lain sebagainya.

Sebelum masuk ke pembahasan tentang langkah-langkah melakukan generate prefill EDS Offline Dikdasmen sebaiknya petugas pendataan mengetahui terlebih dahulu ketentuan-ketentuan umum antara lain:

Ketentuan Generate Prefill EDS Offline  Penjaminan Mutu Pendidikan Dikdasmen:

ü  Generate prell adalah tahapan untuk mengambil data awal sekolah periode semester sebelumnya dari server agar dapat diregistrasikan di aplikasi dapodik secara ofine.

ü  Isi prell merupakan database hasil sinkronisasi terakhir sekolah.

ü  Masukkan username, password yang lama dan koderegistrasi sesuai di aplikasi dapodik, Jika lupa username / password silakan hubungi admin Dinas untuk direset ulang.

ü  Untuk sekolah baru, hubungi KKDATADIK dinas untuk mengaktivasikan username dan password.

ü  Saat registrasi di aplikasi, isikan username dan password sesuai saat unduh prefill.

ü  Proses Registrasi aplikasi dapat dilakukan tanpa harus menggunakan le prell, dengan syarat harus online/ terhubung internet.

ü  Dinas Kab/Kota/Prov dapat membantu men-generate prefill Sekolah di wilayahnya untuk sekolah-sekolah dengan keterbatasan infrastruktur (internet, SDM, komputer, listrik, dll) dengan menggunakan akun di web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id.

ü  Dilarang registrasi dengan menggunakan prefill kadaluarsa (lama), jika ingin pindah ke komputer lain lakukan siklus "sinkronisasi > generate prell ulang". (untuk mencegah duplikasi data).

ü  Kode registrasi, username dan password bersifat rahasia, dapat di-reset oleh Dinas jika diperlukan (terjadi pergantian operator).

Proses Generate Prefill EDS Ofline Penjaminan Mutu Pendidikan Dikdasmen
Selengkapnya untuk memulai proses generate prefill EDS Offline silakan lakukan langkah-langkah di bawah ini:

1.    Buka laman http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan.

2.    Pilih Menu Data Prefill PMP.

3.    Pilih salah satu tautan unduh prefill EDS Offline yang tersedia.

4.    Masukan Username, password, dan kode registrasi yang sama seperti login aplikasi dapodik.

Apabila langkah diatas tidak berhasil atau gagal maka untuk mengatasi tidak bisa download data prefill EDS Offline PMP Dikdasmen, berikut beberapa langkah yang bisa dicoba:

1.    Bersihkan history browser yang digunakan.

2.    Bersihkan chace DNS melalui CMD. Caranya: tombol windows+R - ketik CMD lalu enter - ketik ipconfig /flushdns lalu enter.

3.    Restart (matikan lalu nyalakan lagi) modem/wifi/koneksi internet yang digunakan.

4.    Restart laptop atau komputer yang digunakan.

Demikian Cara Download Data Prefill EDS Ofline Penjaminan Mutu Pendidikan Dikdasmen yang bisa admin bagikan. Mohon maaf jika penjelasannya kurang dipahami, semoga bermanfaat.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

37 Komentar untuk "Tidak Bisa Download Data Prefill EDS Ofline Versi 2019.12 Penjaminan Mutu Pendidikan Dikdasmen, Ini Solusinya "

  1. tidak bisa dibuka prefiil PMP nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. menunggu beberpa hari, masih dalam proses perbaikan nasionalpmp nya sekarang

      Hapus
    2. sampai berapa lama lagi kami menunggu ??

      Hapus
    3. sampai sekarang belum ada ketentuan resmi kapan PMP kembali normal

      Hapus
    4. Tolong diperpanjang cut of pmp nya.

      Hapus
    5. akan disampaikan, terima kasih atas masukannya

      Hapus
  2. Prefil pmp nya gak bisa di unduh, tolong perbaiki dong .biar bisa unduh. Dan tolong di berikan perpanjangan waktu, untuk para operator bisa input.
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih buat masukannya, pasti akan di sampaikan

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. min mau tanya saya mau downlod preillnya yg jawatengah tapi usernam dan pasword salah padahal sudah menggunakan username dan pasword yg terbaru
    gimana solusinya min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah sudah ikuti langkah-langkah di artikel ini ya ?

      Hapus
  5. Min kenapa prefil nasional tidak tampil dilaman unduh prefil? apakah sudah ditutup? sampe skrg sy blm berhasil registrasi, bagaimana solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih tetap di buka prefil nasional,
      solusinya, update PMP 2019.12

      Hapus
  6. setelah mengikuti artikel anda bos, saya masih belum bisa unduh prefill pmp. selalu ada notifikasi username dan passd salah, mohon solusinya bos?

    BalasHapus
  7. min knp hasil unduhan prefill bentuknya pdf bukan PICS Rules

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti salahnya di leptop itu,,,,,,hapus dulu histori broswer baru unduh ulang prefill

      Hapus
  8. saya tidak bisa unduh prefil muncul pesan "username dan password salah" padahal saya menggunakan akun dapodik dan bisa diakses.. kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti salahnya di leptop itu,,,,,,hapus dulu histori broswer baru unduh ulang prefill

      Hapus
  9. setelah dientry quesionernya dan hampir selesai tiba2 aplikasi EDS Offline / PMP blank nggak bisa kebuka sama sekali,, sdh dicoba untuk uninstall dan lakukan registrasi tapi nggak bisa jg begitu juga dengan mengambil prefill-nya tetap juga semua link 1-20 tdk bisa kebuka....

    BalasHapus
  10. Mohon solusinya untuk sekolah yg belum pernah mengirim pmp...dan bagaimana caranya untuk generate prefil nasional...sementara laman unduh prefil nasional tidak lagi tersedia...

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung bertanya di operator dinas terkait

      Hapus
  11. Mohon solusinya, saya operator baru dan baru saja reset username dan password ke dinas dan berhasil melakukan registrasi di dapodik, tapi masalah yang timbul ada di eds nya, sebelumnya eds menggunakan username dan password lama dapodik yang belum di reset dan sudah mengisi kuesioner sekian persen. Ketika saya mau sinkron eds tersebut pada hari ini tiba-tiba muncul kata-kata pengguna tidak aktif lagi. dan sebelumnya saya belum pernah berhasil mensinkronkan eds ini karena maintanance. Karena hal ini saya berinisiatif untuk instal ulang edsnya, namun prefil terbaru tidak bisa diunduh dengan username dan password yang baru direset oleh dinas. Mohon solusinya ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan masih menggunakan username dan password yang lama

      Hapus
  12. Mohon solusinya.
    Data/nama guru tidak bisa tampil/muncul di EDS PMP versi terbaru. padahal dapodik sudah sinkron?
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hapus histori broswernya dan sinkron lagi dapodik terbaru

      Hapus
  13. Saya sudah hapus clear browser all time dapodik juga di server sudah terbaca hasil sincron dapodiknya dan sudah mengikuti langkah yang mas bagikan kemarin tanggal 30 maret 2020 sinkron terbaru dapodiknya, tapi tadi waktu saya mau download prefill pmp keterangannya akun atau password anda salah terus sama kayak yang lalu lalu juga jadi pmpnya blm bisa di kerjakan sampai skrg, apakah menunggu server pmp membaca dulu srrver dapodik baru bisa di atasi masalah ini atau bgmn pak, mohin solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar, memang harus server PMP membaca dulu server dapodiknya,,,,
      karena kalau sudah melakukan pembersihan broswernya dan kalau akun PMP sudah bernar belum ada solusi lainnya yang bisa kami berikan

      Hapus
    2. Sudah di lakukan seperti yang di saran kan pada blok ini tapi prefil pmp saya tetap ngga bisa di download di laptop

      Hapus
  14. Min...
    Link prefill nasional udah gak bisa di akses ya??
    Trus solusinya gimana ya??
    :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya benar, baca saja solusinya di blog sini juga sudah banyak di tulis

      Hapus
  15. min, mohon bantuannya.
    Saya sudah mengerjakan pmp pas bulan januari kemarin, dan di situs pmp status nya sudah terkirim tapi belum hitung.
    Dan ketika saya mau login pmp tidak bisa lagi, muncul tulisan pengguna tidak aktif atau password salah dan ketika saya mau download prefill nya lagi juga tidak bisa.
    mohon solusinya. terimakasih

    BalasHapus
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel