Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SOLUSI PERMASALAHAN EDS PMP DIKDASMEN OFFLINE TAHUN 2020

DAPODIK.CO.ID - Secara teknis Aplikasi EDS Daring PMP bersifat komponen opsional (add ons/pengaya) dari Aplikasi Dapodik, maka aplikasi dapat di-install dan berjalan jika dikomputer atau leptop tersebut telah ter-install Aplikasi Dapodik. Secara otomatis Aplikasi EDS Daring PMP akan mengambil entitas data pokok dari Aplikasi Dapodik seperti data profil sekolah, PTK, PD dan lainnya. Selanjutnya akan menampilkan daftar pertanyaan/kuesioner untuk masing-masing entitas data tersebut



Pada beber apa kasus peng gunaan Aplikasi PMP Online dan Aplikasi EDS Offline Dikdasmen, eperator sekolah banyak menemukan permasalahan pada saat gunaan Aplikasi PMP Online dan Aplikasi EDS Offline Dikdasmen diakses dan dikerjakan diantaranya :


Koneksi internet yang lambat

Tidak dapat melakukan sinkronisasi pada aplikasi PMP Oine / Aplikasi EDS Offline Dikdasmen

Tidak terdapat nama guru dan siswa pada manajemen pengguna di aplikasi PMP

Oleh karena itu, melalui postingan kali ini admin akan memberikan solusi untuk mengatasi baberapa masalah tersebut yang telah admin lakukan untuk membantu sahabat-sahabat operator di daerah terdekat admin, silahkan simak penjelasannya sebagai berikut:

Koneksi Internet Lambat Pada Aplikasi PMP Offline

Mengatasi masalah koneksi internet yang lambat pada Aplikasi PMP dan bahkan tidak ada jaringan internet yang terhubung, langkah-langkah untuk mengatasinya yaitu:

1.    Hubungkan laptop yang sudah terinstal dengan aplikasi PMP.


2.    Buka aplikasi dapodik yang terbaru.


3.    Jika aplikasi dapodik pada komputer atau leptop anda masih menggunakan versi lama, maka segera lakukan update aplikasi dapodik ke versi terbaru. Anda dapat mengunduh aplikasi dapodik terbaru di sini.


4.    Lakukan validasi lokal dan cek keseluruhan data dan pastikan data sudah tidak adal lagi yang invalid pada aplikasi dapodik terbaru anda.


5.    Lakukan sinkronisasi aplikasi dapodik.


6.    Langkah berikutnya yaitu buka aplikasi PMP pada computer atau leptop anda.


7.    Kemudian lakukan sinkronisasi aplikasi PMP secara Online. 


8.    Jika sudah selesai, maka lakukan refresh halaman dengan menekan tombol CTRL + F5.


Aplikasi PMP Offline atau Aplikasi EDS Dikdasmen Offline Tidak Dapat Melakukan Sinkronisasi

Ada beberapa kasus pada Aplikasi PMP Offline atau Aplikasi EDS Dikdasmen Offline  tidak dapat melakukan sinkronisasi, atau pada tampilan halaman sinkron PMP "KONEKSI ANDA DENGAN INTERNET : DISCONNECTED". Berikut admin berikan solusinya dengan langkah langkah yang dapat ditempuh untuk mengatasi aplikasi PMP  dibawah ini:

1.    Download le sinkronisasi.php.

2.    Copy paste file sinkronisasi.php ini ke direktori / folder C:\Program Files (x86) \ EDSDikdasmen \ dataweb \ sync.

3.    Kemudian replace le sinkronisasi.php dan klik oke.

4.    Setelah selesai copypaste dan replace lenya kemudian clear cache/history pada menu history pada browser/peramba yang digunakan.

5.    Kemudian buka dan login kembali aplikasi EDS Dikdasmen. 

6.    Lakukan Sinkronisasi kembali.


Nama Guru atau Siswa Tidak Muncul di Manajemen Pengguna Aplikasi PMP Offline

Selain beberapa permasalahan diatas, operator sekolah juga direpotkan kembali dengan tidak terdapatnya guru atau manajemen pengguna pada aplikasi PMP Online. Karena guru merupakan elemen yang wajib mengisi kuesioner PMP selain Kepala Sekolah, Komite Sekolah dan juga Siswa. Maka guru tersebut harus terdaftar pada manajemen pengguna di aplikasi PMP Online.

Jika nama guru atau siswa tidak ada atau tidak muncul di manajemen pengguna aplikasi PMP. maka untuk mengatasi masalah tersebut lakukan dengan cara sebagai berikut: 

1.    Login ke PMP online atau daring dengan menggunakan username dan password yang sama dengan dapodik.

2.    Pilih Pengaturan -> Manajemen Pengguna.

3.    3Setelah halaman manajemen pengguna terbuka,  Klik Ikon baris 3 di pojok kanan atas kemudian, pilih Salin PTK atau siswa dari Dapodik. 

4.    Pilih nama guru yang akan dijadikan responden kuesioner, kemudian klik salin data.

5.    Langkah berikutnya buka Aplikasi PMP dan lakukan sinkronisasi.

6.    Setelah proses sinkronisasi selesai, lakukan refresh browser dengan cara tekan tombol CTRL + F5.

7.    Selanjutnya adalah silahkan anda melihat manajemen pengguna, jika sinkronisasi berhasil maka otomatis guru atau siswa yang sudah ditambahkan akan berada pada menu manajemen pengguna.


Demikian Artikel Terbaru Terkait SOLUSI PERMASALAHAN EDS PMP DIKDASMEN OFFLINE TAHUN 2020. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.


Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "SOLUSI PERMASALAHAN EDS PMP DIKDASMEN OFFLINE TAHUN 2020"