Cara Menambah PTK Baru/ guru Honorer Pada Aplikasi Dapodikdasmen 2020 Dengan Mudah

Cara Menambah PTK Baru/guru Honorer Pada Aplikasi Dapodikdasmen 2020. Tim Dapodikdasmen dengan resmi akan merilis merilis Aplikasi Dapodikdasmen sebagai langkah menindak  lanjut penyatuhan Aplikasi Dapodik untuk jenjang Pendidikan Dasar (Dapodik SD/ SMP/SLB) dan jenjang Pendidikan Menengah Dapodik SMA/SMK).

Pada Aplikasi Dapodik 2020 terdapat beberapa perubahan dan pembenahan yang cukup segnifikan dalam hal referensi, registrasi, mekanisme memasukkan data GTK baru, pengaturan kurikulum dan pembelajaran. Pembenahan ini dilakukan sebagai upaya sinkronasi aturan/regulasi, prosedur dan mekanisme.


Cara Menambah PTK Baru/guru Honorer Pada Aplikasi Dapodikdasmen 2020
Pada kesempatan kali ini, admin akan memberikan informasil tentang Cara Menambah PTK Baru/guru Honorer Pada Aplikasi Dapodikdasmen 2020.

Silahkan simak penjelasannya di bawah ini:


            1.      Prosedur tambah PTK dilakukan oleh dinas kab/kota/provinsi melalui aplikasi manajemen dapodikdasmen (http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id)menggunakan SSO (Single Sign On) Dapodik.

              2.      Jika sekolah tersebut berstatus sekolah swasta, maka berkas yang perlu diberikan kepada petugas dinas kab/kota/provinsi adalah formulir identitas PTK baru dan SK Pengangkatan dari kepala sekolah/yayasan.
              3.      Jika sekolah yang akan menambahkan PTK Baru berstatus sekolah negeri, maka berkas yang perlu diberikan kepada petugas dinas kab/kota/provinsi adalah formulir identitas PTK baru dan SK Penugasan/Pengangkatan dari dinas kab/kota/provinsi.

              4.      Selanjutnya petugas dinas kab/kota/provinsi mengecek analisis kebutuhan guru di wilayahnya masing-masing melalui aplikasi SIM Rasio Guru. Seluruh kewenangan dalam prosedur penambahan PTK Baru diberikan kepada dinas kab/kota/provinsi setempat. 

       5.      Petugas dinas kab/kota/provinsi menambahkan PTK Baru melalui aplikasi manajemen dapodikdasmen.

              6.      Petugas dinas kab/kota/provinsi memberi informasi kepada sekolah bahwa proses tambah PTK Baru telah selesai dilakukan.

Itulah penjelasan singkat tentang panduan atau Cara Menambah PTK Baru/guru Honorer Pada Aplikasi Dapodikdasmen 2020. Semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman di dunia pendidikan diseluruh Indonesia. 


Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

10 Komentar untuk "Cara Menambah PTK Baru/ guru Honorer Pada Aplikasi Dapodikdasmen 2020 Dengan Mudah"

  1. Tolong minta penjelasannya admin, saya guru honor di sekolah negri tingkat smp, mulai mengajar sejak 14 juni 2018 sampai sekarang dan belum masuk dapodik, di karenakan kata operator apabila mau masuk dapodik harus mengajar 2 tahun, baru boleh mengajukan.


    Pertanyaanya, apakah benar prosedurnya /persyaratannya untuk masuk dapodik seperti itu, harus ngajar 2 tahun dulu baru bisa di proses...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak benar, langsung saja ketemu operator dinas saja,
      karena sekarang yang bisa masukin guru atau pegawai harus operator dinas

      Hapus
  2. Apakah guru honorer yang masuk tahun 2019 dan 2020 bisa masuk dapodik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa tidak bertentangan dengan PP 49 thn 2018..??

      Hapus
    2. Kan di PP trsbut tdak boleh mmsukan guru honorer baru..??

      Hapus
    3. Lalu apakan nanti stlah masuk dapodik dan mendapatkan NUPTK akan sah menerima horor sesuai permendikbud No 8 thn 2020.?

      Hapus
    4. yang penting sudah ada sk nya

      Hapus
  3. Untuk tambah ptk ke dapodik, operator dinas bidang apa yang kita temui ?
    Apakah operator dinas bidang PTK ?
    Tolong penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabupaten masing, kok bertanya ke sini????
      tanyakan langsung ke kepala dinas anda

      Hapus
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel